Seminar Anak Tentang Gadget Policy

Parenting is doing what’s best not what’s easy. Pernah mendengar kisah orang tua yang memberi gadget kepada anaknya supaya anaknya anteng alias diam tidak mengganggu orang tuanya? Ini salah besar.

Sebagai orang tua, kita harus bijak memberikan gadget kepada putra/putri kita. Mari simak tips menarik tentang gadget policy yang dibahas di event garASIKiTaKidsFair2017 yang berlangsung di Titan Center pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017. Tampil sebagai narasumber adalah  Ibu Dhita Rachman, M. Psi, psikolog dari Riang Kemintang

Materi dari Ibu Dhita sendiri menarik sekali. Apa sih bermain itu, mengapa sedemikian penting untuk anak-anak. Bermain menstimulasi otak, mengasah motorik halus/kasar, mengelola emosi, keterampilan sosial, kecerdasan majemuk, dsb.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam gadget policy. Pertama, anak di bawah 2 tahun tidak terpapar dengan gadget. Bila anak sudah berumur 2 tahun dan dapat bermain gadget, tentukan bahwa area bermain gadget hanya di ruangan tengah atau ruang keluarga kumpul bersama. Orang tua harus menggunakan aplikasi untuk memfilter situs yang tidak baik untuk anak. Bersama dengan anak, tentukan aturan yang disepakati bersama, baik mengenai frekuensi, durasi dan daftar situs atau games yang dapat diakses. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa ada games yang memacu perilaku kekerasan pada anak. Last but not least, ingatkan anak Anda bahwa data yang bersifat pribadi atau area pribadi tidak layak diketahui orang asing atau orang yang baru dikenal.

Perlu dicamkan bahwa anak berusia 0-3 tahun, sebaiknya terhindar dari gadget. Dan seiring waktu, penggunaannya harus dalam pengawasan ortu. Ketika anak  beranjak remaja, orang tua wajib memiliki kesepakatan penggunaan gadget. Ingat, orang tua adalah role model (contoh panutan). Jadilah teladan terbaik. Ortu harus hangat, playful & ahli. Kenali anak anda, jadilah teman terbaik mereka.

.Era digital tidak perlu disikapi dengan kekhawatiran berlebihan, namun sebaiknya dimanfaatkan dengan optimal untuk menunjang perkembangan anak. Hiduplah dengan seimbang, serta jadilah orang tua yang hangat, ahli mengenal sang anak dan menjadi teman yang asyik bagi sang anak. Dengan demikian orang tua akan mudah menanamkan nilai-nilai kehidupan yang positif yang kelak menjadi bekal sang anak menghadapi era digital.


Tentang GarASI KiTa (Gerakan Peduli ASI sekitar Tangerang Selatan)

GarASI KiTa (Gerakan Peduli ASI sekitar Tangerang Selatan) adalah non-profit community support group yang terbentuk sejak tahun 2012. Wadah untuk mom-to-be dan para Ibu yang ingin bertukar pikiran, belajar bersama, dan saling berbagi pengalaman seputar ASI dan tumbuh kembang anak.

Info Lebih Lanjut:
Facebook Fanpage: Gerakan Peduli ASI sekitar Tangerang Selatan Twitter: @garASI_kita
Email: info.garasi@gmail.com
Website: garasikitacommunity.blogspot.co.id
Telpon 0818-997-342 dan/atau 0815-1433-6082 (WA/SMS only)

 

(EGS)