Pendidikan

“Semerbak Nusantara”, Prestasi Membanggakan SMA Plus Pembangunan Jaya

Pada bulan Agustus lalu, para siswa SMA Plus Pembangunan Jaya mengikuti Indonesia Student Company Competition yang diselenggarakan di Lotte Shopping Avenue pada tanggal 26 Agustus 2017 dengan produk andalannya berupa pewangi mobil herbal yang dinamai “Semerbak Nusantara”.  Tim SMA Plus Pembangunan Jaya yang disebut sebagai Entrepezo Nature Indonesia  berhasil menjadi juara 1 sekaligus mendapatkan golden ticket mewakili Indonesia ke Asia Pacific Company of the Year 2018 di Beijing. Ini merupakan prestasi yang luar biasa karena mereka dapat bersaing dengan 9 peserta lain dari sekolah-sekolah ternama di Indonesia.

Pertama kali produk pengharum mobil ini diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2017. Ini merupakan car freshener dengan 3 macam aroma yakni kenanga, kopi dan lemon grass. Car freshener ini dibuat dari limbah serbuk kayu yang berasal dari industri mebel di Kalimantan. Produk pengharum ini bisa bertahan selama 3 minggu. Dan sampai saat ini sudah terjual 1.000 unit produk.

Produk yang dihasilkan oleh Entrepezo Nature Indonesia berawal dari kesadaran masalah lingkungan yakni Deforestation, Urban Life, dan juga banyaknya limbah serbuk kayu yang terbuang dari industri mebel. Ide ini lahir pada bulan Mei 2017. Semerbak Nusantara  merupakan Natural Car Air Freshner yang terbuat dari limbah serbuk kayu yang dicampur essensial oil tanpa menggunakan bahan sintetis. Ini sejalan dengan tujuan tim Entrepezo Nature Indonesia yakni enrich the resourcement, conserve the environment, and educate the heritage. Untuk setiap penjualan produk car freshener seharga Rp. 95.000,-, Rp. 1.000 akan disumbangkan untuk pelestarian hutan Indonesia.

Dalam memprodusi produk ramah lingkungan ini para siswa SMA Plus Pembangunan Jaya Bintaro bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI), lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan kewirausahaan. Menurut Ibu Evvie Farida, M.Pd, Kepala Sekolah SMA Plus Pembangunan Jaya, sekolah mereka memiliki beberapa program unggulan di antaranya mata pelajaran Entrepreneurship (Kewirausahaan).

“Program Kewirausahaan sudah diajarkan dari sejak SMP Pembangunan Jaya”, ujar Ibu Marini Diah N, Wakil Kepala Sekolah SMA Plus Pembangunan Jaya. Sejak SMP para siswa diberikan fondasi yang kuat tentang pendidikan kewirausahaan. Ini menjadi bekal bagi para siswa yang melanjutkan ke SMA.

Bapak Dwi Aji Ranakusuma, salah seorang guru SMA PJ bertindak sebagai pembimbing kegiatan ekskul yang dinamakan Perusahaan Siswa/Student Company (SC). Di kelas 10 dibuka pendaftaran bagi para siswa yang berminat tentang kewirausahaan. Dari 60 siswa yang berminat, disaring menjadi 22 siswa melalui serangkaian tes. Para siswa ini kemudian membentuk SC di mana  siswa belajar menjadi seorang pengusaha dengan mendirikan sebuah perusahaan. Ada yang menjadi Presiden Direktur, Marketing, Produksi, Finance, HRD, Public Relations. Para siswa menjalankan perusahaan tersebut seperti perusahaan aslinya seperti membuat profil perusahaan, mengadakan kegiatan rapat mingguan, membuat produk kreatif dan inovatif, menjual saham serta melakukan likuidasi di akhir periode. Dengan demikian para siswa mempelajari prinsip-prinsip kewirausahaan seperti kreatif dan inovasi.

Dengan tim yang terdiri dari 22 siswa ini, secara berkala mereka mengadakan rapat, gathering dan juga program CSR. Setiap produk yang dikembalikan ke tim Entrepezo, diolah menjadi tempat pensil dan alat peraga matematika bagi sekolah di Sumba. Menurut Balqis Sabita Khalila selaku President Director dari Entrepezo Nature Indonesia mengutip pesan dari Bapak Ciputra, bahwa seorang enterpreneur harus bisa mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna.

Persiapan ke Beijing

Pada tanggal 26 Agustus 2017 para siswa telah memenangkan ajang kompetisi Nasional, Indonesia Student Company 2017. Dan terpilih mewakili Indonesia dalam ajang internasional, Asia-Pasific Student Company Competition di Beijing pada bulan April 2018 mendatang. Setiap minggunya para guru dan pembimbing memberikan pendampingan kepada tim Entrepezo Nature Indonesia. Para orang tua pun mendukung persiapan ini. Sebagai contoh mereka berlatih melakukan presentasi dalam bahasa Inggris di kantor salah satu orang tua siswa.

BACA JUGA  Belajar Teknologi Berbasis Proses di DIGIKIDZ Bintaro

Rencananya bulan depan akan diluncurkan varian baru dari car freshener ini. Tidak hanya itu, ada juga produk freshdisk, yakni flashdisk yang dapat dipasang di mobil. Selain untuk mendengar lagu-lagu tentang lingkungan, konsumen juga dapat menghirup aroma tertentu. Bulan depan akan ada varian-varian aroma yang baru seperti Watatobi Breeze.

Untuk produksi masal, tim Entreprezo melakukan kerja sama dengan 2 pabrik untuk menghasilkan 10.000. Pembelian bisa dilakukan mulai sekarang (pre order). Produk tersebut akan dijual di Tokopedia dan Amazon. Dengan harga Rp. 95.000,-/buah.

Kerja sama

Tim Entreprezo pun telah diundang oleh tim pariwisata Indonesia Wonderful Indonesia. Produk car freshener akan menjadi souvenir khas dari Indonesia.

Simak video wawancara dengan Balqis selaku President Director dari Entrepezo Nature Indonesia di https://www.youtube.com/watch?v=hothIaNLmdg dan https://www.youtube.com/watch?v=vXcVJ8etB0Y.

Info Lanjut
Entrepezo Nature Indonesia SMA Plus Pembangunan Jaya
Instagram: @entrepezo.id
Telp: 0812 1973 2637
Website: www.entrepezo.com
Facebook: Entrepezo Nature Indonesia

Download Aplikasinya di : https://apkpure.com/entrepezo-nature-indonesia/apps.entrepezo

(EGS)

 

Baca Juga

  • Kiat Bugar Saat Traveling di Bulan Puasa

    Kiat Bugar Saat Traveling di Bulan Puasa

    Bulan Ramadan telah tiba. Bagi umat Muslim, menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Menahan rasa haus dan lapar mungkin terasa berat di tengah aktivitas padat, salah satunya saat traveling. Otomatis, kamu membutuhkan tubuh yang bugar selama traveling di bulan puasa. Selain mengonsumsi makanan bergizi, simak tips dari PEGI […]
  • The Belia, Halal, Selalu Enak Tanpa Pengawet

    The Belia, Halal, Selalu Enak Tanpa Pengawet

    Medan memang terkenal sebagai salah satu pusat kuliner di Indonesia. Berbagai jenis masakan pengaruh Melayu, Arab dan Cina, ditambah kuliner asli Tanah Batak membuat kuliner di Kota Medan menjadi sangat kaya. Di berbagai sudut kotanya kita akan mudah menemukan berbagai gerai kuliner, dari kelas kaki lima sampai dengan kelas restoran, yang mampu memanjakan lidah. Tidak heran, […]
  • Apakah Arti Nama Laksa?

    Apakah Arti Nama Laksa?

    Laksa adalah makanan berjenis mi yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling dikenal adalah yang berjenis Laksa Penang, bentuk mi-nya bulat putih dan sedikit tebal. Di Indonesia juga terdapat beberapa jenis laksa seperti Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Nama Laksa diambil dari bahasa […]
  • Cafe Pancake : Tempat Kongkow Nyaman dengan Berbagai Pilihan Menu Lezat

    Cafe Pancake : Tempat Kongkow Nyaman dengan Berbagai Pilihan Menu Lezat

    Siapa yang tidak tergiur melihat seporsi pancake tersaji di hadapan kita dengan krim manis berwarna merah lengkap dengan es krim dan potongan strawberry yang sangat menggoda? Mungkin walau pun kita sedang berbincang seru dengan lawan bicara, perhatian kita akan teralih untuk mencicipi pancake dan merasakan lezatnya pancake ini. Pancake seperti ini baru 1 menu dari sekian pilihan menu […]
  • Hari Pelanggan Nasional, Telkomsel Sebar Ragam Hadiah dan Paket Khusus 4G

    Hari Pelanggan Nasional, Telkomsel Sebar Ragam Hadiah dan Paket Khusus 4G

    Memperingati Hari Pelanggan Nasional yang ke-16 pada tanggal 4 September tahun ini, Telkomsel mengapresiasi seluruh pelanggan setianya dengan menghadirkan sejumlah program penawaran spesial. Diantaranya melalui paket Data #Harinya4G, yakni kuota internet khusus 4G sebesar 4GB seharga Rp10. Selain itu, sepanjang bulan September pelanggan juga berkesempatan meraih ragam hadiah melalui penukaran Telkomsel POIN dalam program Terimakasih […]
  • Belajar di Rumah, Siswa Bisa Dapat Hadiah, Ukur Kemampuan Belajar dengan Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru Gratis

    Belajar di Rumah, Siswa Bisa Dapat Hadiah, Ukur Kemampuan Belajar dengan Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru Gratis

    Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara, hadirkan Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru secara gratis sebagai sarana yang dapat dimanfaatkan jutaan siswa di seluruh Indonesia untuk meningkatkan performa dan menilai kemampuan belajar selama pembelajaran di rumah berlangsung akibat darurat kesehatan penyakit COVID-19. Peserta tryout juga berkesempatan untuk meraih total hadiah ratusan juta rupiah persembahan Ruangguru […]
  • Vivo Y17 Sudah Resmi Dijual di Indonesia

    Vivo Y17 Sudah Resmi Dijual di Indonesia

    Vivo Indonesia secara resmi memasarkan Y-Series terbaru, vivo Y17, dengan harga Rp 2.999.000 di Indonesia. Penjualan perdana/Super Selling Day untuk vivo Y17 pun telah dibuka per 28 April di vivo store dan mitra retail vivo yang tersebar di berbagai daerah seluruh Indonesia, serta vivo official online store eksklusif di Akulaku. Hadir dengan fitur unggulan AI Triple Camera di kamera belakang […]
  • Bubur Ayam Cirebon, Sarapan Pagi Murah, Sehat dan Praktis

    Bubur Ayam Cirebon, Sarapan Pagi Murah, Sehat dan Praktis

    Bubur merupakan salah satu jenis makanan yang cukup digemari di Indonesia. Biasanya orang mengonsumsi bubur ketika sarapan pagi. Umumnya, seporsi bubur nasi disajikan dengan irisan ayam, kacang, kecap, dan berbagai campuran lainnya. Campuran inilah yang membuat bubur menjadi lezat. Tidak hanya lezat, bubur juga dikenal karena kepraktisannya. Semangkuk bubur komplit bisa disantap dengan cepat dan […]
  • Tempat Nongkrong Asyik dan Makan Enak di Bintaro: Subhause Bintaro

    Tempat Nongkrong Asyik dan Makan Enak di Bintaro: Subhause Bintaro

    Bintaro memang gudangnya tempat-tempat nongkrong dengan makan enak. Lihat saja dari mulai Jl. RC Veteran sampai Graha Raya begitu banyak tempat-tempat makan yang dijadikan tempat nongkrong untuk mengisi waktu dengan sahabat atau keluarga. Tidak semuanya betul-betul nyaman untuk nongkrong. Sebagian mungkin menawarkan menu-menu yang enak, sebagian lagi menawarkan suasana yang nyaman. Tapi tidak banyak yang menawarkan keduanya, […]
  • BCA Dukung Gerakan Work From Home, Transaksi Mudah Tanpa Keluar Rumah

    BCA Dukung Gerakan Work From Home, Transaksi Mudah Tanpa Keluar Rumah

    BCA Senantiasa di Sisi Anda dengan komitmen penuh bersama seluruh bangsa Indonesia menghadapi tantangan kesehatan nasional. Mendukung anjuran pemerintah berkegiatan di rumah, BCA siap melayani transaksi perbankan nasabah melalui mobile banking BCA mobile dan internet banking KlikBCA. “Seiring dengan transformasi digital BCA, saat ini masyarakat juga dapat melakukan beragam transaksi melalui solusi perbankan digital yang […]
  • Lewat BUMN Universities, BUMN Bersatu Cetak SDM Unggul

    Lewat BUMN Universities, BUMN Bersatu Cetak SDM Unggul

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno mendorong BUMN bersinergi mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Tnah Air. Dukungan tersebut salah satunya melalui pendirian “BUMN Universities” yang merupakan sebuah bentuk transformasi dari Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN ) menjadi sebuah Universitas. Hal ini diungkapkan Menteri Rini saat menyaksikan langsung Penandatanganan […]
  • Sony Luncurkan RX0 II, Kamera Ultra-Ringkas Premium Paling Kecil dan Paling Ringan di Dunia

    Sony Luncurkan RX0 II, Kamera Ultra-Ringkas Premium Paling Kecil dan Paling Ringan di Dunia

    Sony memperkenalkan tambahan terbaru yang menarik pada lini kamera ringkasnya yang sangat populer dengan meluncurkan kamera ringkas premium paling kecil dan paling ringan6 di dunia, RX0 II (model DSC-RX0M2). Dirancang berdasarkan kualitas-kualitas dari RX0 yang pertama yaitu tahan air/tahan debu2, tahan guncangan2, tahan tindihan8 dan sangat ringkas, model terbaru ini menawarkan perekaman video internal 4K; […]
  • Beristirahat Sejenak dari Kebisingan Kota di Taman Kota 2 BSD City

    Beristirahat Sejenak dari Kebisingan Kota di Taman Kota 2 BSD City

    Padatnya aktivitas sehari-hari membuat setiap orang mengalami kelelahan fisik dan mental. Akibatnya banyak orang menginginkan dapat memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin untuk beristirahat, menyegarkan pikiran dan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan yang menyenangkan dapat bervariasi mulai dari aktivitas dalam rumah seperti mengerjakan berbagai hal yang disukai di rumah, maupun aktivitas di luar rumah  seperti berolah raga, bertemu […]
  • Belanja untuk Menghadiahi Diri Sendiri (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Belanja untuk Menghadiahi Diri Sendiri (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Jujur, setiap orang ingin diapresiasi dan dihargai atas usaha dan kerja kerasnya. Penghargaan dalam bentuk pujian sederhana dapat membuat diri sendiri merasa dihargai. Namun, kekecewaan kerap muncul karena mengharapkan apresiasi dari orang lain, pengharapan seperti itu berpotensi menjatuhkan rasa percaya diri yang selanjutnya menimbulkanperasaan negatif. Harga diri mencakup dua aspek: pertama, perasaan terhadap kompetensi pribadi […]
  • Butuh Tukang Duplikat Kunci? Simak Daftar Berikut Ini

    Butuh Tukang Duplikat Kunci? Simak Daftar Berikut Ini

    Seperti gas elpiji dan air mineral, duplikat kunci juga merupakan kebutuhan yang sering diabaikan, namun disaat dibutuhkan kita sering mengalami kesulitan mencarinya. Pernahkah Anda mengalami, saat malam hari Anda tiba di rumah dengan kondisi tubuh yang lelah, Anda tidak bisa masuk ke rumah karena kunci rumah hilang terjatuh atau kunci rumah macet. Pada saat inilah […]
  • Klik Tukang, Membuat Segala Permasalahan di Rumah Jadi Mudah

    Klik Tukang, Membuat Segala Permasalahan di Rumah Jadi Mudah

    Pekerjaan tukang untuk berbagai perbaikan di rumah sepintas terlihat sebagai sebuah pekerjaan yang sepele. Namun saat kita membutuhkan tukang karena ada suatu permasalahan semisal kebocoran pipa saluran air, maka akan terasa jasa seorang tukang menjadi amat penting. Akan lebih terasa lagi saat membutuhkan tukang pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat hari raya Lebaran dan tidak ada […]
  • Rizka Julia, Memilih Bisnis Kue Cubit Ketimbang Berkarir di Perusahaan Multinasional

    Rizka Julia, Memilih Bisnis Kue Cubit Ketimbang Berkarir di Perusahaan Multinasional

    Kita sering mendengar orang mengatakan, hidup adalah pilihan. Hal ini amat diyakini oleh seorang Rizka Julia, seorang dara cantik yang memiliki gerai Cubite Street Food Bintaro di Taman Jajan Bintaro. Bekerja di sebuah perusahaan oil and gas multinasional bergengsi yang sering menjadi impian banyak orang tidak selamanya menarik. Gaji dan fasilitas besar, prestise, kemapanan tidak […]
  • Bijak Memilih Daycare

    Bijak Memilih Daycare

    Tempat penitipan anak (Daycare) sebenarnya bukan semata-mata tempat penitipan anak, tetapi juga tempat yang menyediakan program-program stimulasi dan eksplorasi yang aman. Para orang tua wajib cermat memilih daycare untuk menjaga buah hati tercinta selama dia bekerja. Simak tipsnya berikut ini: Lokasi yang dekat rumah atau kantor. Pilih dan lakukan kunjungan investigasi ke beberapa daycare yang dekat  dengan tempat […]
  • Bakoel Mama, Memenuhi Berbagai Kebutuhan Catering Anda

    Bakoel Mama, Memenuhi Berbagai Kebutuhan Catering Anda

    Apakah saat ini Anda sedang mencari catering untuk acara kantor yang akan berlangsung dalam waktu dekat? Atau mungkin kantor Anda akan mengadakan syukuran pembukaan kantor cabang baru? Mungkin Anda sedang melakukan diet dan sedang mempertimbangkan untuk memesan catering ketimbang mengalami kerepotan dalam mempersiapkan menu yang akan dibawa ke kantor. Atau, di rumah tidak ada asisten rumah tangga, […]
  • Dapat Suntikan Dana dari Temasek, ShopBack Tutup Putaran Pendanaan Lanjutan Senilai US$ 75 Juta

    Dapat Suntikan Dana dari Temasek, ShopBack Tutup Putaran Pendanaan Lanjutan Senilai US$ 75 Juta

    ShopBack, aplikasi cashback dan kurator e-commerce terkemuka di Asia Pasifik, pada Kamis 12 Maret 2020 mengumumkan penutupan putaran pendanaan lanjutan yang dipimpin oleh Temasek, dengan partisipasi dari investor sebelumnya termasuk Rakuten, EDBI, EV Growth, Cornerstone Ventures, dan 33 Capital. Tambahan dana ini menghasilkan total pendanaan ShopBack pada putaran ini menjadi US$ 75 juta atau setara […]