Sekolah Kreasi Anak Bangsa, Sekolah Sekaligus Daycare Bagi Anak Anda

Tempat Penitipan Anak (TPA) bermunculan di perkotaan. Kehadirannya di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menjadi tempat alternatif mengasuh anak saat orangtua bekerja. Meski belum menjadi pilihan utama, kehadiran “TPA atau day care” tersebut dinilai penting dan memenuhi kebutuhan pekerja.

Ada beragam alasan orang tua menitipkan anaknya ke TPA. Menurut Harian Kompas, 6 Agustus 2017 di antaranya adalah orang tua merasa aman meninggalkan anak. Ada jaminan kenyamanan serta sang anak mendapatkan pendidikan lebih baik 

Namun para orang tua harus bijak dalam memilih daycare bagi buah hati kesayangannya. Baca juga: http://www.infobintaro.com/bijak-memilih-daycare/

Saat ini keberadaan TPA dikuatkan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 yang menyebut, pendidikan anak usia dini bisa diselenggarakan lewat jalur formal, nonformal, dan informal. Tempat penitipan anak merupakan bagian dari jalur pendidikan anak usia dini nonformal. Hingga 2015 terdapat 3.472 lembaga TPA di Indonesia dalam aplikasi pendataan daring.

Di Jabodetabek, sarana itu mulai marak pada 2000-an. Perlahan mulai dikenal warga, seperti tercermin dalam survei Harian Kompas medio Juni lalu. Sepertiga warga mengetahui TPA di sekitarnya. Catatan Kemdikbud (2015), ada 14 lembaga TPA di Jakarta. Selain itu, dari penelusuran sejumlah laman di internet, ada 53 unit TPA di Jakarta dan 23 unit TPA di Bodetabek (Bogor, Tangerang dan Bekasi)

Salah satu tempat daycare di Tangerang Selatan yang cukup bagus adalah Sekolah Kreasi Anak Bangsa (SKAB). Mengapa? Karena sekolah ini sekaligus menjadi tempat penitipan anak-anak usia 2,5 tahun hingga 6 tahun yang dinamakan Playtime Daycare.

Berada di lokasi yang sama di daerah Pondok Jagung, kawasan Graya Raya Bintaro, SKAB menggunakan metode letterland di mana anak belajar mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan. Sebagai contoh, huruf A, diperkenalkan sebagai Ant (semut dalam bahasa Inggris). Di samping itu juga diajarkan metode Montessori di mana anak memahami tentang adanya moral dan keberagaman di Indonesia.

Tempat penitipan anak (TPA/day care) yang berdiri sejak pertengahan tahun 2016 ini merupakan upaya terorganisasi mengasuh anak-anak di luar rumah selama beberapa jam. Sarana pengasuhan anak ini dirancang khusus, baik program, staf, maupun pengadaan alat- alatnya. Tujuannya membantu mengasuh anak saat orangtuanya bekerja.

Baca juga: http://www.thejakartapost.com/news/2017/07/07/playtime.html

Playtime daycare memiliki tempat bermain dalam dan luar ruang yang luas. Serta menyediakan ruang tidur siang yang nyaman bagi putra/putri Anda. Staff guru dan nannies yang terlatih untuk mengasuh anak. Di sini seluruh ruang menggunakan penyejuk ruangan (AC) dan diawasi oleh CCTV.  Playtime Daycare memiliki program sekolah PAUD dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Ketika anak Anda memasuki usia pra TK, mereka dapat mulai mempelajari penggunaan komputer dan belajar bahasa Mandarin.

Dengan berbagai fasilitas dan program pendukung tumbuh kembang anak tersedia di sana., anak dapat bermain secara terarah dalam kelompok, termasuk belajar mandiri. Contohnya belajar mandi dan mengenakan pakaian sendiri.

EnerGym Kidz

Di samping belajar matematika, bahasa Indonesia, bahasa mandarin, anak-anak di SKAB memdapatkan pelajaran olah raga yang disebut EnerGym Kidz. Dengan program ini, anak-anak akan belajar sambil bermain. Tersedia program pendidikan jasmani dan kesehatan untuk anak usia 10 bulan hingga 7 tahun dengan beragam aktivitas menarik seperti gimnastik, keterampilan prakarya, gerak dan lagu, karyawisata dan konser anak.

Menurut Julian Valensia, BA Pimpinan Playtime Daycare dan Sekolah Kreasi Anak Bangsa, anak-anak di sini dilarang memegang gadget. “Mereka harus aktif bergerak, bersosialisasi dengan anak lain dan tidak boleh menggunakan gadget selama di area sekolah”, ujar Julian. Beliau mengutarakan keprihatinannya terhadap fenomena gadget yang ada di anak-anak masa kini. “Pernah ada anak yang mau mendaftarkan diri ke sekolah ini, mereka dites untuk menaiki tangga. Ternyata mereka tidak bisa melakukannya. Kemampuan motoriknya sangat rendah. Setelah didalami, anak tersebut memang jarang melakukan aktivitas fisik. Dia lebih banyak bermain dengan gadget-nya, “jelas Julian.

Nah, tunggu apalagi? Anda dapat cermat memilih TPA yang sesuai dengan kebutuhan putra-putri Anda. Keberadaannya menjadi alternatif mengasuh anak jika orangtua bekerja atau jasa asisten rumah tangga/babysitter sulit dicari.

Independence Day Promo

Selama bulan Agustus 2017 ada  promo di Sekolah Kreasi Anak Bangsa, diskon 17% untuk pendaftaran, 8 % untuk keanggotaan dan 45% untuk school fee.

Info lebih lanjut:

Sekolah Kreasi Anak Bangsa & Playtime Daycare (Penitipan Anak)
Jl. Pd. Jagung No.8, Pd. Jagung Timur
Serpong Utara, Tangerang Selatan
Telp. 021 – 538 3378
Facebook: @sekolahkreasipj;
IG: @skab.pondokjagung dan @Playtime.daycare01

 

(EGS)

Leave a Comment