Segarnya Sop Kimlo di Warung Makan Anita Wong Jowo

Kalau sekarang sedang tren istilah ‘fusion food’ alias makanan yang yang merupakan perpaduan beberapa budaya, bisa dikatakan Sop Kimlo ini merupakan jenis fusion food. Sop Kimlo memang identik dengan Solo, namun sebenarnya kuliner ini diperkenalkan oleh orang-orang Tiongkok yang masuk ke Indonesia berabad-abad yang lalu. Setelah masuk ke Indonesia, bumbu serta bahan-bahannya mengalami perubahan menyesuaikan dengan selera orang Indonesia.

Sop Kimlo merupakan kuliner khas Indonesia yang sudah populer sejak zaman dahulu. Sekilas makanan yang satu ini memiliki penampilan yang hampir mirip dengan soto, baik dari segi kuah atau pun bahan-bahan lainnya. Akan tetapi untuk rasa, Sop Kimlo ini jelas jauh berbeda dengan soto. Sop Kimlo merupakan salah satu sop yang kaya akan sayuran. Berbagai macam sayuran biasanya ditambahkan pada sop ini, dari mulai wortel, jamur kuping hingga bunga sedap malam. Tidak banyak gerai kuliner di Bintaro yang menyajikan Sop Kimlo di daftar menunya, salah satunya adalah di Warung Makan Anita Wong Jowo.

Warung Makan Anita Wong Jowo terletak di Foodbank CIMB Niaga, CBD Bintaro Sektor 7. Adalah Anita sebagai pemilik gerai kuliner yang menyajikan berbagai masakan khas Jawa ini. Anita mewarisi bakat mengelola usaha kuliner dari ibunya, yang sejak lama membuka usaha katering. Ibunya dapat memasak berbagai jenis masakan. Walaupun Anita mengakui keahlian masaknya belum seperti ibunya, namun sang ibu turut berperan dengan meracik berbagai masakan.

Dalam menyajikan berbagai menunya, Warung Makan Anita Wong Jowo sangat mengutamakan lidah pelanggan-pelanggannya. Hal ini terbukti dari respon para pelanggannya yang merasakan masakan-masakan di sini rasanya pas. Bila biasanya masakan Jawa identik dengan rasa yang manis, di Warung Makan Anita Wong Jowo rasanya tidak begitu manis, sehingga bisa masuk ke lidah kebanyakan orang.

Selain Sop Kimlo yang menjadi favorit pengunjung, menu favorit pengunjung lainnya adalah Gudeg, Krecek, Opor Ayam, Opor Telur Bulat dan Rendang Jawa. Bagi yang bingung dengan Rendang Jawa, Rendang Jawa bentuknya mirip seperti Rendang Padang, perbedaannya warnanya agak kemerahan karena bumbunya menggunakan tomat dan cabe.

Anita menjelaskan, untuk membuat menu-menu yang disajikan kualitasnya baik, proses memasak menjadi perhatian utama. Sebagai contoh, untuk daging seperti daging ayam dan daging sapi, proses masaknya 2x, supaya menghasilkan daging yang lembut. Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan merupakan bumbu-bumbu segar, bumbu tidak pernah distok untuk menjamin rasanya tidak berubah.

Selain menyediakan berbagai masakan yang dimakan di tempat, Warung Makan Anita Wong Jowo juga siap menerima pesanan, baik untuk makan siang karyawan, acara pernikahan, sunatan. Hal ini tidak mengherankan karena latar belakang dari Warung Makan Anita Wong Jowo adalah katering, sehingga sudah biasa menerima order dalam jumlah yang banyak.

Untuk pemesanan dalam jumlah besar, Anita menjelaskan, order minimum adalah 20 porsi dan bisa dipesan 2-3 hari sebelumnya. Khusus untuk pernikahan, minimum order adalah 100 porsi dan pemesanan dilakukan 3 bulan sebelumnya. Hal ini menyangkut pengalokasian bahan dan tenaga juru masak yang mempersiapkannnya. Untuk pengorderan dalam jumlah yang tidak begitu banyak, Anita menggunakan Gojek untuk pengantarannya.

Warung Makan Anita Wong Jowo, buka setiap hari dari pukul 10.00-15.30. Untuk pemesanan dapat menghubungi 021 – 736 5778, 0852 8449 4425 atau 0813 1667 5046 (khusus WA).

 

(BON)

 

Leave a Comment