Secangkir Kopi Bagi Tanah Air dari Baracik Coffee

Indonesia memiliki ragam kekayaan kopi yang sangat kaya. Berbagai jenis kopi baik dari jenis Robusta dan Arabika bisa ditemukan di sebagian daerah di Indonesia dengan berbagai variannya. Namun di masa lalu kopi-kopi hasil pertanian dari petani-petani kita terpinggirkan, kalah pamor dengan berbagai kopi impor. Minum kopi dianggap sebagai kebiasaan kaum marjinal. Tidak heran kehidupan petani-petani kopi kita tidak pernah lepas dari kemiskinan.

baracik_info_bintaro

Syukurlah pada waktu belakangan ini tren minum kopi di masyarakat makin meningkat hal ini terlihat dari makin menjamurnya gerai-gerai yang menyajikan kopi sebagai menu utamanya. Pelan-pelan minum kopi bukan lagi dianggap sebagai kebiasaan dari masyarakat golongan bawah atau orang tua, namun telah menjadi satu bagian dari gaya hidup. Makin banyak orang yang melihat minum kopi merupakan seni, karena berbagai keunikan rasa dan aroma kopi asli Indonesia.

Salah satu gerai kopi yang konsisten mempromosikan kopi-kopi asli Indonesia adalah Baracik Coffee. Baracik Coffee merupakan gerai kopi yang dimiliki oleh satu entitas bisnis yang bernama Kopi Tanah Air Kita. Kopi Tanah Air Kita memiliki 2 brand untuk gerai-gerai kopinya. Selain Baracik Coffee, Kopi Tanah Air Kita memiliki brand lain utuk gerai kopinya yaitu Sekopi. Baracik Coffee dan Sekopi bisa kita temukan di D’Breeze, sebuah mall yang berkonsep leissure di BSD City, Serpong.

Baracik Coffee yang terletak di bagian outdoor dari D’Breeze. Letaknya dekat bangunan foodcourt, dekat dari panggung di mana berbagai acara kerap diadakan oleh D’Breeze. Gerainya merupakan gerai terbuka, layaknya di sebuah kedai kopi. Pada sore hari, Anda juga dapat memilih untuk duduk di bangku-bangku yang terletak di luar dari gerainya sambil mengobrol santai dengan rekan-rekan Anda.

baracik_info_bintaro_1

Berbagai jenis kopi asli Indonesia bisa ditemukan di Baracik Coffee, mayoritas merupakan kopi yang berjenis Arabika walaupun ada juga varian Robusta. Pengunjung dapat melihat sampel-sampel biji kopi dalam botol-botol yang telah diberi nama berdasarkan asal kopinya, membauinya serta menanyakan kepada barista sampai Anda menemukan yang sesuai dengan selera Anda. Baracik Coffee memiliki lebih dari 100 varian kopi, tidak semua didisplay pada botol-botol sampel. Jika Anda menginginkan varian kopi yang lain, maka barista akan mengambilkan dari gerai Sekopi yang jaraknya tidak jauh dari situ yang memiliki stok kopi lebih banyak.

Bagi Anda yang masih awam soal perkopian, barista akan menanyakan dulu metode penyiapan kopi yang Anda inginkan. Ada berbagai metode penyiapan kopi, seperti kopi tubruk, kopi tungkup, kopi siram, kopi press, kopi press angin dan kopi tetes. Anda bisa minta penjelasan mengenai masing-masing metode penyajian dengan kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan varian kopi yang akan dipesan. O ya disini semua penyiapan kopi dilakukan secara manual (manual brew), bukan menggunakan mesin. Manual brew diyakini dapat menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih orisinil.

Tidak hanya berbagai pilihan kopi, Baracik Coffee juga menyediakan berbagai aneka minuman, seperti teh, jeruk, bandrek maupun soda. Anda pun bisa memilih menu-menu makanan yang berkategori cemilan.

Baracik Coffee buka setiap hari dari pukul 09.00-22.00 (weekdays), untuk hari Sabtu, buka dari pukul 10.00-24.00, sedangkan hari Minggu, Baracik Coffee buka dari pukul 10.00-22.00.

baracik_info_bintaro_2

 

(ES)

Leave a Comment