Saya Belum Pernah Makan Masakan Solo, Tapi Saya Langsung Suka Begitu Makan di Warung Timlo Solo

warung_timlo_solo-2

Kuliner khas Solo sudah cukup dikenal masyarakat, namun harus diakui popularitasnya dibandingkan kuliner dari berbagai daerah masih kalah. Hal ini disebabkan tidak mudah untuk menemukan tempat makan entah itu restoran maupun kedai makanan yang menjajakan masakan Solo. Padahal banyak kuliner-kuliner khas Solo yang rasanya tidak kalah dengan kuliner lainnya. Sebagai contoh nasi liwet, timlo solo atau pun tengkleng.

Bagi Anda yang menggemari berbagai kuliner Solo atau mungkin ingin mencoba kuliner Solo, di Taman Jajan Bintaro Anda dapat menikmati khasnya kuliner asal kota batik ini. Info Bintaro mencoba mencicipi masakan Solo di salah satu dari 2 gerai di Taman Jajan yang mengkhususkan menjual masakan Solo yang bernama Warung Timlo Solo.

Warung Timlo Solo terletak di sisi utara dari Taman Jajan Bintaro, posisinya cukup dekat dengan pintu masuk kawasan Taman Jajan, bersebelahan dengan Bakmi Tops (baca juga : Bakmi Tops : Kuliner Chinesse Food Halal, Sekali Dicoba Pasti Suka). Gerai kuliner Solo ini dimiliki dan dikelola oleh sepasang suami istri yang asli berasal dari Solo, yaitu Bapak dan Ibu Gatot Prastowo. Meski pun baru membuka gerai di kawasan Bintaro, namun mereka telah cukup banyak memakan asam garam membuka usaha kuliner dengan membuka kantin di berbagai sekolah di kawasan sekitar Bintaro. Keinginan untuk membuka gerai kuliner Solo didasari pertimbangan belum banyaknya gerai yang menyediakan masakan khas Solo di sekitar Bintaro. Berbagai menu khas Solo seperti Timlo Solo, Nasi Langgi, Selat Solo, Nasi Liwet dan Bakso Tetelan tersedia di sini, disamping berbagai minuman.

warung_timlo_solo_3

 

Dalam menyiapkan masakan di gerainya, Ibu Gatot menuturkan, kualitas menjadi hal utama bagi mereka. Untuk menjaga kualitas ini mereka hanya membeli bahan-bahan makanan yang kualitasnya baik walau itu berarti harus membeli di tempat yang cukup jauh seperti di Serpong, walaupun mereka tinggal di kawasan Ciledug, demikian juga air untuk memasak makanan digunakan air yang terjamin kebersihannya walau untuk itu mereka harus membeli dengan harga yang lebih mahal. Hal yang lain, dalam meracik masakannya, penggunaan micin atau penyedap rasa ditiadakan. Beberapa bahan makanan pun didatangkan dari Solo demi menjaga cita rasa masakannya.

Dengan harga yang relatif murah dan porsi yang lebih banyak dari penjual kuliner Solo lainnya, bahkan dibandingkan dengan yang telah memiliki nama terkenal, mereka yakin bahwa makanan khas Solo yang dijualnya akan dapat diterima oleh masyarakat bahkan bagi yang belum pernah menjajal masakan Solo sekali pun. Kami pun menjadi penasaran untuk membuktikan ucapan mereka, semangkuk Timlo Solo dengan sepiring nasi dan sepiring Selat Solo pun terhidang untuk kami coba.

warung_timlo_solo_4

Kuah Timlo Solo yang hangat yang kami hirup dengan sendok membuktikan ucapan mereka. Rasa gurih kaldu terasa pas di lidah, bumbu-bumbu yang meresap di dalamnya terasa bercampur meninggalkan rasa segar namun tidak membuat eneg. Sosis Solo yang merupakan bagian utama dari Timlo Solo pun terasa renyah saat digigit, berpadu dengan nikmatnya pindang telur dan irisan hati ampla ayam. Begitu pun dengan Selat Solo, kesegaran kuahnya yang yang bercampur dengan mayones khas Solo terasa ringan dengan nuansa asam manis yang berasal dari nenas. Umumnya hidangan Selat Solo menggunakan jeruk nipis untuk menimbulkan rasa asam, namun mereka menggunakan nenas yang memang lebih mahal. Kami membuktikan kebenaran yang disampaikan sebelumnya kalau mereka mengutamakan kualitas.

 

Dengan teh tawar hangat, menjadi penutup yang pas bagi ritual uji coba yang kami lakukan. Ternyata walau pun kami belum pernah mencicipi kuliner Solo sebelumnya, kami harus mengakui bahwa kami menyukainya, khususnya yang disajikan oleh Warung Timlo Solo ini. Kami pun merekomendasikan Warung Timlo Solo dengan hidangannya sebagai kuliner yang patut Anda coba jika berkunjung ke Taman Jajan Bintaro.

Anda pun dapat membeli minuman sirup dan beras kencur khas Solo, serta kerupuk, di sini sebagai teman bersantai Anda di rumah

warung_timlo_solo_5

warung_timlo_solo_6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Warung Timlo Solo pun menyediakan layanan delivery order, dengan syarat pengorderan minimal 1 hari sebelumnya. Untuk delivery order, Anda bisa menghubungi Bapak Gatot di 0821 1269 1162 / 0822 9843 1238.

(ES)

One Thought to “Saya Belum Pernah Makan Masakan Solo, Tapi Saya Langsung Suka Begitu Makan di Warung Timlo Solo”

  1. memang yummy sekali kuliner khas solo ini.. wajib dicoba nih cita rasanya.. nyammmm…

Leave a Comment