Saus Premium Brenda & Abon Kuah Ikan, Nikmatnya Citarasa Khas Bangka Untuk Berbagai Makanan

Saus cocolan tidak bisa terpisahkan dari keseharian masyarakat Indonesia, dari sekedar teman makan kerupuk, campuran saat makan mie instan, sampai dengan ayam goreng, saus cocolan mesti ada untuk menambah selera makan kita. Umumnya saus cocolan buatan pabrik menawarkan rasa yang standar yaitu pedas manis asam dengan aroma khas saus. Dari sisi kesehatan, sudah menjadi rahasia umum saus sambal yang beredar di pasaran banyak yang menggunakan pengawet sehingga mampu bertahan dalam waktu yang cukup panjang.

saus_brenda_info_bintaro_1

Bagi Anda yang menginginkan saus cocolan yang berbeda, kini saatnya Anda merasakan saus sambal yang lebih menggoda selera dan tentu saja sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet, yaitu Brenda Premium Sauce.

Brenda Premium Sauce merupakan produk saus sambal olahan industri rumah tangga (homemade) milik Linggawati Saputra. Berawal dari kesukaannya akan saus cocolan untuk teman makan, Lisa, panggilan akrabnya, merasakan saus sambal yang beredar di pasaran kurang memenuhi seleranya. Untuk mengobati rasa kangennya akan cita rasa cuka dari Bangka, Lisa sering membuat sendiri saus cocolan untuk konsumsi pribadinya. Lama kelamaan Lisa berpikir untuk memproduksi saus sambal dengan mengambil inspirasi dari cuka khas dari Bangka. Pengertian cuka di Bangka berbeda dengan cuka pempek di Palembang yang berwarna coklat kehitaman. Penampilan fisik cuka Bangka menyerupai saus sambal dan berwarna merah. Cuka inilah yang disantap bersama pempek atau berbagai masakan lainnya dengan cara dihirup layaknya cuka pempek Palembang.

saus_brenda_info_bintaro

Keunikan dari Brenda Premium Sauce adalah rasanya, yang tidak Anda temukan pada berbagai produk saus buatan pabrik, karena tersedia dalam 3 varian rasa, yaitu Jeruk, Terasi dan Tauco. Pada awalnya, Lisa memproduksi saus sambal dengan rasa tauco, karena Lisa adalah penggemar tauco. Namun ia melihat, tidak semua orang menyukai tauco, karena itulah Lisa mengeluarkan varian rasa jeruk yang relatif bisa diterima banyak orang. Seiring dengan berjalannya waktu, permintaan pasar menginginkan adanya rasa terasi, sehingga Lisa juga memproduksi saus sambal dengan rasa terasi.

saus_brenda_cabe_merah_info_bintaroBahan baku Brenda Premium Sauce menggunakan cabai merah grade A yang segar. Cabai-cabai segar ini kemudian dicampur dengan berbagai bahan standar pembuatan saus sambal. Pada umumnya cuka digunakan sebagai bahan saus untuk memberi rasa asam, namun Brenda Premium Sauce menggunakan jeruk kunci yang lebih alami. Untuk menjaga kualitasnya, Brenda Premium Sauce hanya menggunakan air murni yang bebas dari zat-zat yang tidak baik bagi kesehatan. Proses penggilingannya juga sangat higienis karena menggunakan mesin penggiling yang khusus untuk pembuatan saus sambal. Brenda Premium Sauce tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga aman bagi kesehatan.

Tidak hanya memproduksi saus sambal, Lisa pun memproduksi Abon Kuah Ikan. Produksi Abon Kuah Ikan ini berawal dari satu kegagalan, Lisa ingin membuat abon ikan tenggiri, namun abon ikan tenggiri gagal dibuat. Lisa malah mendapatkan ide untuk membuat produk inovatif yang justru bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Salah satunya adalah Bakmi Ikan khas Bangka.

saus_brenda_info_bintaro_2
Bakmi Ikan

Dengan menggunakan Abon Kuah Ikan, proses pembuatan Bakmi Ikan menjadi sangat mudah. Biasanya kita harus menggiling/mencincang daging ikan tenggiri yang telah direbus untuk kemudian ditumis dengan berbagai bumbu sebagai bahan ikan dari bakmi. Proses ini cukup menyita waktu. Dengan menggunakan Abon Kuah Ikan yang diproduksi oleh Brenda Premium Sauce, proses pembuatan bahan ikan ini sudah tidak perlu dilakukan lagi. Cukup mencampurkan Abon Kuah Ikan ke dalam bahan-bahan bakmi, sim salabim bakmi ikan pun siap disantap dengan rasa yang sama. Sebagai variasi lainnya, mie bisa diganti dengan bihun, kwetiau atau soun. Abon Kuah Ikan dikemas dalam kemasan plastik dengan berat 200 gram. Setiap bungkus Abon Kuah Ikan dapat digunakan untuk membuat 10 mangkok Bakmi Kuah.

Tidak hanya untuk membuat bakmi ikan, Abon Kuah Ikan dari Brenda Premium Sauce juga bisa dijadikan bahan pembuatan kaldu untuk berbagai masakan seafood, bumbu nasi goreng, isi lemper, bakpau, panada, maupun dimasak bersama tumisan kangkung ataupun havermout. Lisa pun menyiapkan beberapa resep praktis menu-menu yang menggunakan Abon Kuah Ikan, biasanya Lisa memberikan resep-resep ini kepada pelanggannya melalui akun Facebook Brenda Premium Sauce.

Abon Kuah Ikan dari Brenda Premium Sauce dapat bertahan 1 minggu bila disimpan di udara terbuka (suhu kamar), sedangkan bila disimpan di lemari pendingin dapat bertahan sampai dengan 4 bulan.

saus_brenda_abon_kuah_ikan_info_bintaro
Abon Kuah Ikan

Dalam memasarkan produk-produknya, Lisa menggunakan Facebook, Instagram maupun melalui komunitas-komunitas, seperti Komunitas Juragan Kuliner. Sambutan positif dari pelanggan-pelanggannya ia peroleh, tidak hanya dari pelanggan-pelanggannya di Indonesia, melainkan juga pelanggan-pelanggan yang bermukim di Singapura, Malaysia, Filipina, bahkan Irlandia. Pelanggannya pun yang bermukim di Australia, saat kembali ke Australia selalu memesan produk-produk saus dan Abon Kuah Ikan untuk dibawa secara langsung (hand carry). Untuk mengirimkan pesanan dari pelanggan-pelanggannya di luar negeri, Lisa menggunakan plastik bubble wrapping dengan kardus double corrugated, sehingga barang-barang pesanan akan diterima tanpa mengalami kerusakan.

Untuk pemesanan produk-produk Brenda Premium Sauce dapat menghubungi 0811 1771 558 atau add pin BBM 59C9E896. Ikuti juga update produk-produk Brenda Premium Sauce di Facebook : Brenda Premium Sauce dan Instagram : @brenda_sauce

 

(ES)

 

Leave a Comment