Gaya Hidup Kesehatan

Satu Lagi Jamu Modern Hadir di Bintaro

Seperti ramai diberitakan di media massa beberapa waktu lalu, obat virus korona sudah ditemukan pada curcumin yang ada pada jahe, kunyit, sereh dan temulawak yang biasa dibuat bumbu masak serta minuman segar alias jamu.Seorang peneliti Surabaya bernama Chaerul Anwar Nidom menegaskan, untuk menghadapi virus corona sebenarnya cukup mudah.

Nidom yang merupakan Guru Besar Biokimia dan Biologi Molekuler Universitas Airlangga Surabaya menyebut, ada dua macam virus corona, yaitu low pathogenic yang tidak begitu ganas, dimana reseptornya ada di saluran atas.Sedangkan yang kedua adalah high pathogenic, di mana reseptornya ada di paru yang dapat berakibat fatal pada manusia.

Guna menangkal virus corona, adalah dengan menangkal badai sitokin. Badai sitokin adalah sebuah proses biologis dalam paru karena ada infeksi virus corona yang menempel pada paru.

Disebutkan, untuk menangkal badai sitokin terdapat pada curcumin yang ada pada jahe, kunyit, sereh dan temulawak yang biasa dibuat bumbu masak serta minuman segar. “Di beberapa tempat saya tawarkan apa yang bisa digunakan untuk menangkal adalah herbal atau tanaman obat yang ada di sekitar kita. Dan kita biasa meminum atau mengonsumsi itu, yaitu yang kandungannya curcumin,” kata Nidom.

Menurutnya, obat-obat herbal itu sudah biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu dapat dipahami bahwa virus corona belum menyebar di Indonesia.Nidom mengatakan, ini bisa jadi karena masyarakat Indonesia terbiasa minum jamu atau bisa juga karena virus itu tidak sesuai dengan kondisi tubuh masyarakat Indonesia.

Nidom yang berpengalaman menghadapi wabah virus flu burung pada 2005 lalu menyarankan masyarakat tidak menunggu obat-obat yang dikeluarkan industri farmasi. “Konsumsilah apa yang biasa dilakukan. Kami sudah pernah mempunyai pengalaman-pengalaman yang lalu. Jadi produk-produk di daerah, tumbuhan-tumbuhan di Indonesia sudah cukup mampu menangkal (virus corona),” katanya lagi.

Jahe, kunyit dan temulawak lazim diracik sebagai minuman tradisional jamu. Nah, ada kabar gembira nih buat warga Bintaro yang suka jamu namun kesulitan mendapatkannya. Ada satu gerai jamu yang hadir di Pasar Modern Bintaro sejak bulan Januari lalu. Namanya Jamu Mbak Suni.

Ini merupakan gerai ketiga yang dimiliki oleh Jamu Mbak Suni. Sebelumnya jamu ini telah hadir di pasar modern BSD dan Café di Gading Serpong. Buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga jam 3 sore. Pengunjungnya berasal dari kalangan menengah ke atas berusia 30an di kawasan Bintaro.

Info Bintaro berkesempatan mewawancarai pemilik gerai Ameeta Bhagchandani, yang merupakan kakak kandung dari Sunita Bhagchandani, pendiri Jamu Mbak Suni. Dari namanyalah merek ini berasal.. Sunita merupakan sarjana lulusan jurusan bisnis Prasetiya Mulya angkatan 2010. Sejak kuliah sudah menetapkan dirinya menjadi seorang enterpreneur.

Ameeta dan Sunita lahir dari ayah keturunan India dan ibu Solo, yang membuat mereka akrab dengan jamu sejak kecil. Suni telah bereksperimen dengan membuat minuman tradisional India dan Indonesia, menawarkannya kepada teman dan kerabat sebelum mendirikan toko online di tahun 2015, di bawah merek DrinkSunny.

Usaha kakak beradik ini berawal dari Pasar Modern BSD pada bulan Februari 2019. Tentu keinginannya membuka usaha di pasar tradisional mengundang tanya dari teman dan kerabat. Di saat para teman sebayanya bercita-cita bekerja di kantor mentereng dengan penyejuk udara dan berpenampilan necis, Ameeta dan Sunita memilih hal yang berbeda.

Penampilan Ameeta dan Sunita jauh dari gambaran mbok penjual jamu yang biasa berjualan jamu gendong. Baik Ameeta dan Sunita kerap berpenampilan casual di gerainya. Tak jarang mereka hanya mengenakan T-shirt khas baju anak muda bila berada ada di gerainya.

Seperti anak muda masa kini yang memiliki jiwa wirausaha yang kuat, mereka bercita-cita menawarkan waralaba Jamu Mbak Suni kepada publik. Agar lebih banyak yang mengenal jamu.

Sesudah lulus kuliah, Suni mulai serius mempelajari jamu. Tidak hanya membaca buku atau browsing internet, Suni pun rela bepergian ke Solo dan Yoga untuk mempelajari proses pembuatan jamu. Hasilnya dia memperoleh pengetahuan yang luas tentang ramuan tradisional dan rempah-rempah, juga manfaat dan efek sampingnya.

Di antaranya adalah soal ketidaktahuan awam tentang penyakit ginjal. Ada anggapan bahwa jamu bisa menyebabkan sakit ginjal. Itu bisa terjadi bila Anda mengonsumsi jamu yang mengandung bahan kimia dan tidak cukup minum.

Setiap kali pelanggan datang menjelaskan gejala atau masalah kesehatan mereka, Suni akan menyarankan minuman tertentu, atau mencampur bahan-bahan tertentu untuk membantu mereka mendapatkan kembali kebugaran.

Ameeta menuturkan bahwa banyak pelanggan dari gerainya di Bintaro membawa jamu untuk dibawa bepergian keluar negeri untuk menjaga stamina tubuh.

Oh ya ada kabar gembira, bila Anda sibuk dan tak sempat datang ke gerai, saat ini Anda pun dapat memesan Jamu Mbak Suni di aplikasi Go Food.Beragam jamu tradisional dapat dipesan di sana seperti kunyit asem, beras kencur, wedang jahe, gula asem, kunyit, rosella. Sedangkan di gerainya kita dapat menikmati jamu segar dengan pilihan diminum di tempat berupa gelas seharga Rp. 12.000 maupun di botol kemasan 250 ml (Rp. 20.000) dan 500 ml (Rp. 30.000).

Peminat warga Bintaro amat besar. Bahkan menurut penuturan Ameeta, di saat akhir pekan, ramai pengunjung memenuhi gerainya dan rela antri agar mendapatkan jamu yang diinginkan. Bila Anda ingin nongkrong dengan nyaman, disarankan datang pada saat weekdays, bukan weekends.

Tenggok Jamu

Umumnya penjual jamu adalah perempuan, biasanya penjual jamu menggunakan kebaya dan kain batik untuk menjajakan jamunya, tenggok jamu yang terbuat dari anyaman bambu ini berisikan botol-botol jamu lalu digendong menggunakan jarik untuk dijajakan.

1 tenggok berisikan 10 botol jamu ini memiliki berat sekitar 10-15 kg lho! Kebayang kan berat yang harus dipikul Ibu penjual jamu? Di gerai Jamu Mbak Suni, Anda dapat menemukan tenggok jamu yang terdiri dari 9 bahan yakni kunyit, temulawak, sirih, cabe puyang, kunyit putih, pahitan, beras kencur, wedang jahe dan gula asem. Sungguh ramuan tradisional yang dijamin sehat dan tanpa pengawet.

Jamu Godhog

Tidak hanya tenggok jamu, di gerai Jamu Mbak Suni kita juga dapat menemukan Jamu Godhog yang merupakan obat warisan dunia hasil dari kreasi nenek moyang Bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan.

Kita dapat menemukan jamu godhog, ramuan jamu tradisional yang direbus, disajikan dengan tombo wedang jahe, uyub-uyub, pegel linu, watukan, bersih darah dan diabet.

Silahkan simak podcastnya di https://www.youtube.com/watch?v=VnTvwYlGFvk atau video liputannya di https://www.youtube.com/watch?v=hwE-v2abRmo&feature=emb_logo

Yuk, bantu usaha mereka dengan melestarikan jamu dengan mampir di gerai Jamu Mbak Suni di Pasar Modern Bintaro KA 75, Pintu Selatan 2, Bintaro Jaya Tangerang Selatan

Follow Instagramnya : https://www.instagram.com/jamumbaksuni.bintaro/

#JamuBintaro #JamuMbakSuni #PasarModernBintaro #waralababintaro

(EGS)

Tags

 

Baca Juga

  • Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Sesuai dengan tagline “Perfect Night, Perfect You”, vivo V19 hadir dengan memperkenalkan salah satu fitur keunggulannya yakni Super Night Mode. Teknologi yang tersemat di kamera 32MP Super Night Selfie dan kamera belakang 48MP AI Quad Camera ini mampu menghasilkan foto yang jernih dan tajam, meskipun saat berada di kondisi minim cahaya atau malam hari. Didukung […]
  • Promo Akhir Tahun XL Prioritas Bundling Smartphone dan Paket Data Mulai Rp 150 Ribu

    Promo Akhir Tahun XL Prioritas Bundling Smartphone dan Paket Data Mulai Rp 150 Ribu

    PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menghadirkan program khusus akhir tahun bagi pelanggan pascabayar. Mengusung tema “Pesta Tahun Baru Serba Rp 150 Ribu”, program ini memberikan kesempatan kepada setiap pelanggan baru XL PRIORITAS untuk memilih paket bundling smartphone atau paket data unlimited mulai dari harga Rp 150 ribu. Group Head Premium Direct Channel XL Axiata, […]
  • Vivo Konfirmasi S1 Pro Siap Hadir di Indonesia

    Vivo Konfirmasi S1 Pro Siap Hadir di Indonesia

    Di penghujung tahun 2019, vivo Indonesia kembali menghadirkan kejutan dengan mengonfirmasi kehadiran vivo S1 Pro sebagai line-up produk terbaru dari vivo di Indonesia. “Kami mengonfirmasi vivo S1 Pro, sebagai seri S terbaru dari vivo siap untuk hadir di Indonesia. Hal ini merupakan bentuk jawaban vivo atas respon positif masyarakat terhadap seri pendahulunya, yaitu S1 yang […]
  • Shopee Rayakan Rekor Baru Dalam 12.12 Birthday Sale, dengan 12 Juta Produk Terjual dalam 24 Menit Pertama di 12 Desember

    Shopee Rayakan Rekor Baru Dalam 12.12 Birthday Sale, dengan 12 Juta Produk Terjual dalam 24 Menit Pertama di 12 Desember

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, menutup kampanye festival belanja akhir tahun dengan mencatatkan pencapaian terbaru melalui 12.12 Birthday Sale. Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke 5, Shopee memecahkan semua rekor pada tanggal 12 Desember dimana 12 juta produk berhasil terjual dalam waktu 24 menit pertama dan mencatatkan penjualan tertinggi dimana 1 […]
  • Inilah Alasan Galaxy A31 Cocok untuk Para Gamers

    Inilah Alasan Galaxy A31 Cocok untuk Para Gamers

    Bermain live gaming di smartphone merupakan salah satu aktivitas yang tengah digemari, terutama pada saat sedang banyak menghabiskan waktu di rumah seperti saat ini. Generasi Z termasuk diantaranya, tercatat 98.8% dari mereka aktif menggunakan smartphone dan seringkali memanfaatkannya untuk kebutuhan live gaming . Tidak hanya untuk kebutuhan bermain saja, mereka pun juga gemar menciptakan beragam […]
  • Bukalapak Perluas Cakupan Bukamart Hingga Menjangkau 90 Kota di Indonesia

    Bukalapak Perluas Cakupan Bukamart Hingga Menjangkau 90 Kota di Indonesia

    Pola hidup tatanan baru (new normal) telah menjadikan belanja online sebagai salah satu pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, termasuk kebutuhan sehari – hari. Hal ini tercatat di data Bukalapak bahwa semenjak pandemi hingga sekarang, kebutuhan pokok dan sehari – hari kerap menjadi kategori yang diminati oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Di awal masa pandemi pada […]
  • Bank Commonwealth Menduduki Peringkat Teratas Sebagai Bank Terbaik Dalam Pelayanan Prima

    Bank Commonwealth Menduduki Peringkat Teratas Sebagai Bank Terbaik Dalam Pelayanan Prima

    PT Bank Commonwealth (Bank Commonwealth) berhasil meningkatkan kualitas layanannya dan menduduki peringkat teratas sebagai Bank Terbaik dalam Pelayanan Prima 2018. Hasil tersebut berdasarkan survei “Bank Service Excellence Monitor” (BSEM) 2018 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) bekerja sama dengan Infobank. Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati mengatakan, “Kami sangat bangga karena upaya berkelanjutan kami […]
  • Foto : Gramedia Math Competition di Gramedia World Emerald Bintaro

    Foto : Gramedia Math Competition di Gramedia World Emerald Bintaro

    Bertempat di Gramedia World Emerald Bintaro, Gramedia mengadakan Gramedia Math Competition pada hari Minggu, 27 Agustus 2017. Acara yang diikuti oleh 300-an peserta SD/MI kelas 4-6 ini memperebutkan hadiah berupa uang, piala dan sertifikat serta goody bag dari Gramedia dan Stabillo. Acara dimulai pada pukul 07.30-12.30 dengan juri berasal dari Gramedia dan sponsor, Stabillo. [masterslider id=”22″] […]
  • Ikuti Perkembangan Dunia Komunikasi di UPJ, 5-8 Desember 2017

    Ikuti Perkembangan Dunia Komunikasi di UPJ, 5-8 Desember 2017

    Himpunan Mahasiswa Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) kembali menggelar Communication Festival (COMMFEST) pada tanggal 5-8 Desember 2017 mendatang. COMMFEST ini merupakan acara tahunan program studi ilmu komunikasi. Tahun ini merupakan pelaksanaan yang ketiga kalinya yang bertujuan menambah pengetahuan dunia komunikasi. Event ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai kampus di Jakarta dan Tangerang Selatan. […]
  • Bank DBS Indonesia Hadirkan Layanan Transaksi Investasi Tanpa Tatap Muka Sebagai Solusi Hadapi Iklim Investasi Saat Ini

    Bank DBS Indonesia Hadirkan Layanan Transaksi Investasi Tanpa Tatap Muka Sebagai Solusi Hadapi Iklim Investasi Saat Ini

    Bank DBS Indonesia melihat adanya kebutuhan untuk bertransaksi lebih aman dan nyaman secara digital dalam memasuki iklim investasi saat ini. Terdapat tren peningkatan pembelian obligasi ritel online di atas 50% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peluang ini diambil oleh Bank DBS Indonesia dengan selalu berinovasi untuk menghadirkan layanan transaksi investasi yang komprehensif tanpa tatap […]
  • Mastercard Mengembangkan Teknologi Nirsentuh untuk Dunia Kuantum

    Mastercard Mengembangkan Teknologi Nirsentuh untuk Dunia Kuantum

    Mastercard mengumumkan akan menerapkan teknologi-teknologi quantum-resistant terbaru untuk pembayaran nirsentuh generasi selanjutnya agar konsumen dapat terus menikmati keamanan dan kenyamanan tingkat tinggi untuk beberapa dekade ke depan. Spesifikasi Enhanced Contactless (Ecos) yang baru adalah yang pertama di industri dan akan membantu memastikan teknologi nirsentuh bertahan di masa depan seiring perkembangan lanskap digital yang dinamis, dan […]
  • Apakah Kamu Posesif Terhadap Pacar? Bisa Jadi Karena Ini

    Apakah Kamu Posesif Terhadap Pacar? Bisa Jadi Karena Ini

    Apakah kamu termasuk orang yang selalu mengontrol pacar setiap saat? Ataukah kamu penasaran mengapa ada orang yang posesif, namun ada orang lain yang tidak posesif? Ternyata hal ini bisa jadi ada kaitannya dengan bagaimana kelekatan (attachment) kita dengan orang lain, terutama orang tua, di masa kecil. Koq bisa? Berikut penjelasannya. Kelekatan (attachment) adalah perasaan kedekatan […]
  • Rustic Christmas dan SAIL 2017 di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Rustic Christmas dan SAIL 2017 di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Akhir tahun telah tiba! Penghujung tahun 2016 menjadi waktu yang ingin ditandai setiap keluarga dengan momen kebersamaan. Hotel Santika Premiere Bintaro mempersembahkan serangkaian penawaran yang akan menemani liburan panjang akhir tahun para tamu dengan konsep berbeda. Diawali dengan Smart Stay Room Package, hadir spesial untuk akhir pekan panjang di pertengahan bulan Desember dalam rangka Maulid […]
  • E-Commerce Indonesia Menempati Posisi Pertama di Asia Tenggara

    E-Commerce Indonesia Menempati Posisi Pertama di Asia Tenggara

    Tim riset Bank DBS Indonesia melakukan survei kepada lebih dari 500 responden di Pulau Jawa, termasuk Jakarta dan sebagian kecil di luar Pulau Jawa dengan judul “Indonesia Consumption Basket” beberapa waktu lalu dan menemukan bahwa pelanggan e-commerce di Indonesia naik menjadi 66% setelah pandemi yang merupakan dampak dari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bahkan […]
  • Telkomsel Luncurkan Aplikasi mBanking (Mobile Banking)

    Telkomsel Luncurkan Aplikasi mBanking (Mobile Banking)

    Telkomsel meluncurkan layanan terbaru Digital Banking yaitu aplikasi mBanking Telkomsel, sebuah aplikasi Mobile Banking Telkomsel yang memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat mengakses rekening Bank yang dimiliki melalui ponsel. Aplikasi ini dapat diunduh melalui smartphone sistem Android dan menyusul di sistem iOS pada akhir Desember 2018. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pelanggan diharapkan sudah memiliki […]
  • Foto : Bazaar Puri Bintaro “Love Indonesia Festival 2018”

    Foto : Bazaar Puri Bintaro “Love Indonesia Festival 2018”

    Berlangsung pada hari Sabtu, 18 Agustus digelar acara memperingati kemerdekaan RI di RW 9 Puri Bintaro yang terletak di pinggir danau Puri Bintaro. Acara kegiatan digelar di sana di antaranya lomba lari, sepeda hias, panjat pinang. Yang tidak kalah serunya adalah lomba anak-anak yakni lari membawa bendera, isi botol air, menjaring ikan plastik, memasukkan bola […]
  • Waspadai Jika Buah Hati Mengalami Tanda-Tanda Kesulitan Bicara Ini

    Waspadai Jika Buah Hati Mengalami Tanda-Tanda Kesulitan Bicara Ini

    Apakah anak Anda mengalami kondisi-kondisi berikut ini pada usia pertumbuhannya? Jika tidak, Anda harus mewaspadainya karena hal ini bisa menjadi tanda suatu perkembangan yang tidak wajar dalam kemampuan bicaranya. Pada umur satu bulan, apakah bayi Anda memberikan reaksi terhadap bunyi lonceng? Sedangkan di bulan kedua, apakah mulai bersuara? Selanjutnya di umur 3 bulan, apakah sudah mampu […]
  • Tokopedia, Ovo dan Grab Bersatu Perangi Covid-19

    Tokopedia, Ovo dan Grab Bersatu Perangi Covid-19

    Tokopedia, OVO dan Grab — ekosistem digital terbesar di Indonesia — mendonasikan masing-masing Rp1 miliar (total Rp3 miliar) untuk membantu memerangi COVID-19. Inisiatif gabungan ini sekaligus menjadi ajakan bagi seluruh kalangan masyarakat agar menyatukan suara dan langkah, bergotong royong menekan laju penyebaran COVID-19. Donasi akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga […]
  • Vivo Siap Hadirkan Varian Terbaru Z1 Pro 6GB

    Vivo Siap Hadirkan Varian Terbaru Z1 Pro 6GB

    Semakin menjawab kebutuhan akan konsumen untuk smartphone dengan performa dan spesifikasi yang tangguh untuk berbagai kebutuhan, vivo siap menghadirkan varian Z1 Pro Series terbaru yaitu vivo Z1 Pro 6GB. Hadir dengan RAM serta kapasitas memori/ROM yang lebih besar yaitu 6GB serta 128GB yang mendukung rangkaian fitur unggulan lainnya seperti prosesor SD 712 AIE dan baterai […]
  • Gelaran Telkomsel Oh My Gig Hadirkan Girl Band KPop Gfriend

    Gelaran Telkomsel Oh My Gig Hadirkan Girl Band KPop Gfriend

    Girl band KPop “GFriend” kembali menyapa penggemarnya di Indonesia, yang kali ini akan hadir dalam gelaran festival Oh My Gig yang diselenggarakan Telkomsel pada 7 & 8 Desember 2019 di Plaza Parkir Timur Gelora Bung Karno, Jakarta. Selain itu, keseruan yang berbeda dalam gelaran Oh My Gig akan semakin terasa dengan hadirnya penampilan sejumlah artis […]

Tinggalkan Balasan