Gaya Hidup Kesehatan

Satu Lagi Jamu Modern Hadir di Bintaro

Seperti ramai diberitakan di media massa beberapa waktu lalu, obat virus korona sudah ditemukan pada curcumin yang ada pada jahe, kunyit, sereh dan temulawak yang biasa dibuat bumbu masak serta minuman segar alias jamu.Seorang peneliti Surabaya bernama Chaerul Anwar Nidom menegaskan, untuk menghadapi virus corona sebenarnya cukup mudah.

Nidom yang merupakan Guru Besar Biokimia dan Biologi Molekuler Universitas Airlangga Surabaya menyebut, ada dua macam virus corona, yaitu low pathogenic yang tidak begitu ganas, dimana reseptornya ada di saluran atas.Sedangkan yang kedua adalah high pathogenic, di mana reseptornya ada di paru yang dapat berakibat fatal pada manusia.

Guna menangkal virus corona, adalah dengan menangkal badai sitokin. Badai sitokin adalah sebuah proses biologis dalam paru karena ada infeksi virus corona yang menempel pada paru.

Disebutkan, untuk menangkal badai sitokin terdapat pada curcumin yang ada pada jahe, kunyit, sereh dan temulawak yang biasa dibuat bumbu masak serta minuman segar. “Di beberapa tempat saya tawarkan apa yang bisa digunakan untuk menangkal adalah herbal atau tanaman obat yang ada di sekitar kita. Dan kita biasa meminum atau mengonsumsi itu, yaitu yang kandungannya curcumin,” kata Nidom.

Menurutnya, obat-obat herbal itu sudah biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu dapat dipahami bahwa virus corona belum menyebar di Indonesia.Nidom mengatakan, ini bisa jadi karena masyarakat Indonesia terbiasa minum jamu atau bisa juga karena virus itu tidak sesuai dengan kondisi tubuh masyarakat Indonesia.

Nidom yang berpengalaman menghadapi wabah virus flu burung pada 2005 lalu menyarankan masyarakat tidak menunggu obat-obat yang dikeluarkan industri farmasi. “Konsumsilah apa yang biasa dilakukan. Kami sudah pernah mempunyai pengalaman-pengalaman yang lalu. Jadi produk-produk di daerah, tumbuhan-tumbuhan di Indonesia sudah cukup mampu menangkal (virus corona),” katanya lagi.

Jahe, kunyit dan temulawak lazim diracik sebagai minuman tradisional jamu. Nah, ada kabar gembira nih buat warga Bintaro yang suka jamu namun kesulitan mendapatkannya. Ada satu gerai jamu yang hadir di Pasar Modern Bintaro sejak bulan Januari lalu. Namanya Jamu Mbak Suni.

Ini merupakan gerai ketiga yang dimiliki oleh Jamu Mbak Suni. Sebelumnya jamu ini telah hadir di pasar modern BSD dan Café di Gading Serpong. Buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga jam 3 sore. Pengunjungnya berasal dari kalangan menengah ke atas berusia 30an di kawasan Bintaro.

Info Bintaro berkesempatan mewawancarai pemilik gerai Ameeta Bhagchandani, yang merupakan kakak kandung dari Sunita Bhagchandani, pendiri Jamu Mbak Suni. Dari namanyalah merek ini berasal.. Sunita merupakan sarjana lulusan jurusan bisnis Prasetiya Mulya angkatan 2010. Sejak kuliah sudah menetapkan dirinya menjadi seorang enterpreneur.

Ameeta dan Sunita lahir dari ayah keturunan India dan ibu Solo, yang membuat mereka akrab dengan jamu sejak kecil. Suni telah bereksperimen dengan membuat minuman tradisional India dan Indonesia, menawarkannya kepada teman dan kerabat sebelum mendirikan toko online di tahun 2015, di bawah merek DrinkSunny.

Usaha kakak beradik ini berawal dari Pasar Modern BSD pada bulan Februari 2019. Tentu keinginannya membuka usaha di pasar tradisional mengundang tanya dari teman dan kerabat. Di saat para teman sebayanya bercita-cita bekerja di kantor mentereng dengan penyejuk udara dan berpenampilan necis, Ameeta dan Sunita memilih hal yang berbeda.

Penampilan Ameeta dan Sunita jauh dari gambaran mbok penjual jamu yang biasa berjualan jamu gendong. Baik Ameeta dan Sunita kerap berpenampilan casual di gerainya. Tak jarang mereka hanya mengenakan T-shirt khas baju anak muda bila berada ada di gerainya.

Seperti anak muda masa kini yang memiliki jiwa wirausaha yang kuat, mereka bercita-cita menawarkan waralaba Jamu Mbak Suni kepada publik. Agar lebih banyak yang mengenal jamu.

Sesudah lulus kuliah, Suni mulai serius mempelajari jamu. Tidak hanya membaca buku atau browsing internet, Suni pun rela bepergian ke Solo dan Yoga untuk mempelajari proses pembuatan jamu. Hasilnya dia memperoleh pengetahuan yang luas tentang ramuan tradisional dan rempah-rempah, juga manfaat dan efek sampingnya.

Di antaranya adalah soal ketidaktahuan awam tentang penyakit ginjal. Ada anggapan bahwa jamu bisa menyebabkan sakit ginjal. Itu bisa terjadi bila Anda mengonsumsi jamu yang mengandung bahan kimia dan tidak cukup minum.

BACA JUGA  Film dan Serial Ini Bisa Kamu Tonton Sebagai Hiburan di Rumah

Setiap kali pelanggan datang menjelaskan gejala atau masalah kesehatan mereka, Suni akan menyarankan minuman tertentu, atau mencampur bahan-bahan tertentu untuk membantu mereka mendapatkan kembali kebugaran.

Ameeta menuturkan bahwa banyak pelanggan dari gerainya di Bintaro membawa jamu untuk dibawa bepergian keluar negeri untuk menjaga stamina tubuh.

Oh ya ada kabar gembira, bila Anda sibuk dan tak sempat datang ke gerai, saat ini Anda pun dapat memesan Jamu Mbak Suni di aplikasi Go Food.Beragam jamu tradisional dapat dipesan di sana seperti kunyit asem, beras kencur, wedang jahe, gula asem, kunyit, rosella. Sedangkan di gerainya kita dapat menikmati jamu segar dengan pilihan diminum di tempat berupa gelas seharga Rp. 12.000 maupun di botol kemasan 250 ml (Rp. 20.000) dan 500 ml (Rp. 30.000).

Peminat warga Bintaro amat besar. Bahkan menurut penuturan Ameeta, di saat akhir pekan, ramai pengunjung memenuhi gerainya dan rela antri agar mendapatkan jamu yang diinginkan. Bila Anda ingin nongkrong dengan nyaman, disarankan datang pada saat weekdays, bukan weekends.

Tenggok Jamu

Umumnya penjual jamu adalah perempuan, biasanya penjual jamu menggunakan kebaya dan kain batik untuk menjajakan jamunya, tenggok jamu yang terbuat dari anyaman bambu ini berisikan botol-botol jamu lalu digendong menggunakan jarik untuk dijajakan.

1 tenggok berisikan 10 botol jamu ini memiliki berat sekitar 10-15 kg lho! Kebayang kan berat yang harus dipikul Ibu penjual jamu? Di gerai Jamu Mbak Suni, Anda dapat menemukan tenggok jamu yang terdiri dari 9 bahan yakni kunyit, temulawak, sirih, cabe puyang, kunyit putih, pahitan, beras kencur, wedang jahe dan gula asem. Sungguh ramuan tradisional yang dijamin sehat dan tanpa pengawet.

Jamu Godhog

Tidak hanya tenggok jamu, di gerai Jamu Mbak Suni kita juga dapat menemukan Jamu Godhog yang merupakan obat warisan dunia hasil dari kreasi nenek moyang Bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan.

Kita dapat menemukan jamu godhog, ramuan jamu tradisional yang direbus, disajikan dengan tombo wedang jahe, uyub-uyub, pegel linu, watukan, bersih darah dan diabet.

Silahkan simak podcastnya di https://www.youtube.com/watch?v=VnTvwYlGFvk atau video liputannya di https://www.youtube.com/watch?v=hwE-v2abRmo&feature=emb_logo

Yuk, bantu usaha mereka dengan melestarikan jamu dengan mampir di gerai Jamu Mbak Suni di Pasar Modern Bintaro KA 75, Pintu Selatan 2, Bintaro Jaya Tangerang Selatan

Follow Instagramnya : https://www.instagram.com/jamumbaksuni.bintaro/

#JamuBintaro #JamuMbakSuni #PasarModernBintaro #waralababintaro

(EGS)

 

Baca Juga

  • Asya Hadirkan Cluster Semayang Hunian Idaman Keluarga di Jantung Kawasan Jakarta Timur

    Asya Hadirkan Cluster Semayang Hunian Idaman Keluarga di Jantung Kawasan Jakarta Timur

    Asya, sebuah proyek hunian terpadu di Jakarta Garden City, Jakarta Timur seluas 70 hektar dengan danau seluas 15 hektar, yang dikembangkan oleh PT Astra Modern Land telah berhasil melakukan serah terima unit kepada pelanggan tepat waktu untuk cluster pertamanya, cluster Semayang pada hari ini (19/2). Cluster Semayang didesain untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup penghuninya. […]
  • Tokopedia, Ovo dan Grab Bersatu Perangi Covid-19

    Tokopedia, Ovo dan Grab Bersatu Perangi Covid-19

    Tokopedia, OVO dan Grab — ekosistem digital terbesar di Indonesia — mendonasikan masing-masing Rp1 miliar (total Rp3 miliar) untuk membantu memerangi COVID-19. Inisiatif gabungan ini sekaligus menjadi ajakan bagi seluruh kalangan masyarakat agar menyatukan suara dan langkah, bergotong royong menekan laju penyebaran COVID-19. Donasi akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro Untuk Anak Muda dan Keluarga

    Tempat Nongkrong di Bintaro Untuk Anak Muda dan Keluarga

    INFOBINTARO (IB) – Minuman bubble kini sudah menjamur banget dikalangan anak muda. Bagi kamu yang sedang mencari jenis minuman tersebut, Fat Bubble bisa jadi pilihan tempat nongkrong di Bintaro yang pas untuk kamu yang berencana untuk kumpul sama teman atau keluarga sambil jajan. Fat Bubble Tempat Nongkrong di Bintaro yang Sediakan 30 Menu Minuman Bubble […]
  • Vivo Resmi Mengonfirmasi Tanggal Peluncuran Vivo V17 Pro

    Vivo Resmi Mengonfirmasi Tanggal Peluncuran Vivo V17 Pro

    Setelah beberapa waktu lalu vivo Indonesia memberikan sedikit bocoran mengenai kemunculan rangkaian V-Series terbaru mereka, akhirnya vivo Indonesia resmi mengonfirmasi tanggal peluncuran seri vivo V17 Pro. Smartphone yang mengusung tagline “Wider Selfie, Clearer Night” ini, dipastikan akan meluncur pada Senin, 23 September 2019. Edy Kusuma, Senior Brand Director vivo Indonesia menyatakan, “vivo melihat antusiasme publik […]
  • Citi Indonesia Dinobatkan Sebagai Best International Bank di Indonesia

    Citi Indonesia Dinobatkan Sebagai Best International Bank di Indonesia

    Citi Indonesia (Citibank, N.A., Indonesia) baru saja dinobatkan sebagai “Best International Bank in Indonesia” dari salah satu publikasi keuangan terkemuka di Asia, yaitu Finance Asia, dalam ajang penghargaan tahunan Country Awards 2020. Ajang ini mengakui bank-bank terbaik, pialang, dan firma hukum di Asia, serta lembaga pemeringkat terbaik di wilayah Cina. Dalam situs resminya, Finance Asia […]
  • KB & TK Islam Bintang Pagi Mengembangkan Kecerdasan Multi Dimensi Anak Melalui Metode Sentra

    KB & TK Islam Bintang Pagi Mengembangkan Kecerdasan Multi Dimensi Anak Melalui Metode Sentra

    Dalam tahap perkembangan seorang anak, bermain adalah bagian yang terpenting. Karena dengan bermain seorang anak dapat belajar banyak hal yang menjadi dasar bagi kehidupannya nanti. Bermain merupakan cara yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan anak usia dini sesuai kompetensinya. Melalui bermain, anak memperoleh dan memproses informasi mengenai hal-hal baru dan berlatih melalui keterampilan yang ada. Selain […]
  • Kartu Prakerja Diluncurkan Pemerintah, Ovo Jadi Mitra Resmi Uang Elektronik

    Kartu Prakerja Diluncurkan Pemerintah, Ovo Jadi Mitra Resmi Uang Elektronik

    Program Kartu Prakerja secara resmi diluncurkan sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kompetensi kerja, produktivitas, dan daya saing serta mengembangkan jaring pengaman sosial selama pandemi COVID-19. OVO, platform pembayaran digital terkemuka di Indonesia, menjadi mitra resmi uang elektronik, bersama dengan bank milik negara, BNI. Pemerintah juga menggandeng 8 mitra resmi lainnya untuk platform […]
  • Komunitas Trailblazer Indonesia Tempuh Jarak 2.445 km, Rekatkan Silaturahmi dengan Touring ke Banyuwangi

    Komunitas Trailblazer Indonesia Tempuh Jarak 2.445 km, Rekatkan Silaturahmi dengan Touring ke Banyuwangi

    Bagi komunitas otomotif, momen touring merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu, tak hanya berkesempatan menjajal kendaraan kebanggaan, silaturahmi dan mempertebal rasa persaudaraan menjadi agenda utama dalam kegiatan tersebut. Hal ini merupakan semangat yang mendasari “Trailblazer Explore Banyuwangi 2018” yang dihelat oleh Komunitas Trailblazer Indonesia (TBZI), diadakan dari tanggal 16 – 23 Agustus. “Kami sangat mengapresiasi antusiasme teman-teman […]
  • CIMB Niaga, Accorhotels, dan Mastercard Luncurkan Kartu Kredit Co-Brand

    CIMB Niaga, Accorhotels, dan Mastercard Luncurkan Kartu Kredit Co-Brand

    PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bekerjasama dengan AccorHotels dan Mastercard meluncurkan kartu kredit co-brand hotel pertama di Indonesia, ”CIMB Niaga Le Club AccorHotels Card” di Jakarta, Kamis (31/1/2019). Kartu kredit baru ini hadir untuk mendukung gaya hidup masyarakat yang kerap melakukan perjalanan baik wisata maupun bisnis, dengan memberikan beragam keuntungan dan kemudahan dalam […]
  • Huawei Menggelar Berbagai Promo dan Cashback di Harbolnas

    Huawei Menggelar Berbagai Promo dan Cashback di Harbolnas

    Dalam rangka menyambut tahun baru 2020 dan Hari Belanja Online Nasional di tanggal 12 Desember 2019, Huawei CBG Indonesia siap mempersembahkan berbagai promo menarik di beragam platform e-commerce untuk serangkaian produk terbarunya yang diluncurkan tahun ini, mulai dari produk smartphone Mate 30 Pro, Nova 5T, dan P30 Series, hingga produk wearables seperti FreeBuds 3, Watch […]
  • Sssssstttttt…Infonya iPhone 9 Segera Rilis

    Sssssstttttt…Infonya iPhone 9 Segera Rilis

    Dilansir dari laman 9to5Mac, Jumat, 3 April 2020, Apple akan meluncurkan ponsel entry level-nya bukan dengan nama iPhone 9 melainkan iPhone SE. Artinya, ponsel ini akan merujuk pada iPhoe seri SE versi 2020 atau generasi kedua setelah perusahaan telah meluncurkan iPhone SE generasi pertama pada 2016. iPhone 9 digadang-gadang akan menjadi suksesor dari iPhone SE. Berkaitan […]
  • Fasilitasi Niat Ibadah Wakaf Masyarakat, Prudential Indonesia Hadirkan Program Wakaf dari Prusyariah

    Fasilitasi Niat Ibadah Wakaf Masyarakat, Prudential Indonesia Hadirkan Program Wakaf dari Prusyariah

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah yang menawarkan pilihan bagi nasabah dan calon nasabah dalam menyalurkan wakaf. Program ini sesuai dengan Fatwa MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang Wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah, yang membolehkan masyarakat berwakaf dalam bentuk asuransi. Wakaf adalah bentuk kedermawanan dalam Islam yang memberikan […]
  • Wisata Kuliner : Anda Penggemar Telur Asin? Simak Berbagai Pilihan Menu Dengan Telur Asin di Seputar Bintaro

    Wisata Kuliner : Anda Penggemar Telur Asin? Simak Berbagai Pilihan Menu Dengan Telur Asin di Seputar Bintaro

    Telur asin kini sedang naik daun. Kalau dulu telur asin identik dengan makanan ala warteg, sekarang telur asin sudah naik kelas. Telur asin tidak hanya dimakan secara bulat matang namun juga digunakan sebagai campuran berbagai masakan, mulai dari rice bowl dengan ayam goreng tepung, martabak hingga keripik diberi bumbu telur asin. Awalnya, inovasi menu olahan telur […]
  • Unboxing Samsung Galaxy A01, Smartphone Sejutaan untuk Sejuta Gaya

    Unboxing Samsung Galaxy A01, Smartphone Sejutaan untuk Sejuta Gaya

    Samsung Electronics Indonesia menghadirkan Samsung Galaxy A01 dengan sistem operasi Android 10, ditenagai Snapdragon 439, dan dilengkapi dual kamera berkapasitas 13MP+2MP untuk rear camera dan 5MP front camera serta berbagai fitur-fitur menarik lainnya untuk aktivitas harian para generasi Z dalam mengekspesikan berjuta gaya hidup unik yang mereka miliki. Galaxy A01 hadir dengan desain yang stylish […]
  • Pengalaman Kremasi Hewan di Pondok Pengayom Satwa

    Pengalaman Kremasi Hewan di Pondok Pengayom Satwa

    Ada sebagian dari kita yang hobi memelihara hewan kesayangan seperti anjing atau kucing. Hubungan ini terjalin saat erat sehingga pada saat hewan kesayangan meninggal, ada rasa kehilangan. Agar dapat senantiasa dekat dengan hewan kesayangan, banyak yang menempuh cara kremasi. Setelah dikremasi, abu hewan kesayangan kita akan tetap berada di dekat kita. Info Bintaro berkesempatan mengunjungi […]
  • Dapatkan Paket 2 in 1 BBQ & Suki di Ngunya, Hanya Rp. 99.000 All You can Eat

    Dapatkan Paket 2 in 1 BBQ & Suki di Ngunya, Hanya Rp. 99.000 All You can Eat

    Saat ini banyak restaurant barbeque alias BBQ di Bintaro. Menu ini memang dinikmati beramai-ramai bersama keluarga atau teman. Ada pula yang menyukai menu suki dari Jepang. Memang restoran BBQ khas Korea dan Jepang biasanya yang paling dijadikan favorit karena cita rasa makanannya yang sangat unik dan dijual dengan sistem all you can eat. Namun sayangnya […]
  • Shopee Mencatatkan Pencapaian Luar Biasa pada 11.11 Big Sale dengan 70 Juta Total Barang Terjual pada Puncak 11 November

    Shopee Mencatatkan Pencapaian Luar Biasa pada 11.11 Big Sale dengan 70 Juta Total Barang Terjual pada Puncak 11 November

    Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, menghasilkan performa luar biasa pada kampanye 11.11 Big Sale tahun ini. Shopee melanjutkan komitmennya untuk memberikan pengalaman berbelanja yang baik kepada seluruh pengguna Shopee di seluruh negara Shopee beroperasi, hingga mencatatkan penjualan terbaiknya pada puncak kampanye tanggal 11 November 2019 kemarin, dilihat dari: 70 juta total […]
  • 30 Varian Sambal di Warung SS Bintaro

    30 Varian Sambal di Warung SS Bintaro

    INFOBINTARO (IB) – Siapa yang makan wajib pakai sambal? Nah, sebagai penggemar pedas, kamu harus coba Warung Spesial Sambal (SS) Bintaro karena rumah makan ini menyediakan lebih dari 30 varian sambal yang rasa pedasnya nempel banget di lidah. Jangan lupa pilih sambal yang cocok dengan lauk pilihan kamu. Warung SS Bintaro Sajikan Rasa Pedas yang […]
  • Telkomsel Hadirkan Paket Special Society Heroes Solusi untuk Akses Belajar dari Rumah Mahasiswa Telkom University

    Telkomsel Hadirkan Paket Special Society Heroes Solusi untuk Akses Belajar dari Rumah Mahasiswa Telkom University

    Telkomsel terus proaktif dalam mendukung peningkatan produktifitas para pelajar dan mahasiswa untuk dapat belajar dimanapun dan kapanpun, khususnya ditengah pandemik global Corona Virus Disease (Covid-19) yang membuat universitas atau kampus menerapkan Distance Learning, seperti Telkom University. Saat ini Telkomsel bekerja sama dengan Telkom University dalam menghadirkan layanan komunikasi yang berkualitas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar […]
  • Waspada Pelecehan Seksual Pada Anak!

    Waspada Pelecehan Seksual Pada Anak!

    Tahun baru seharusnya diawali dengan hal-hal positif beserta resolusi-resolusi baru. Namun sayangnya, awal tahun ini terdapat kabar yang memprihatikankan. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat selama 2018 ada 4.885 pengaduan kasus pelanggaran hak anak yang diterima pihaknya. Komisioner KPAI Putu Elvina menyebutkan pengaduan didominasi kasus anak berhadapan hukum sebanyak 1434 kasus.Adapun kasus hukum tersebut kebanyakan […]

Tinggalkan Balasan