Pendidikan

Sampoerna Academy Menerapkan Metode STEAM untuk Semangati Siswa Belajar Selama Virtual Schooling di Rumah

Terhitung sebulan sudah Pemerintah mewajibkan kegiatan belajar di rumah. Proses belajar yang sepenuhnya dilakukan dari rumah menjadi tantangan, bukan hanya bagi anak melainkan juga bagi guru dan orang tua.

Bagi anak, kegiatan yang semula bisa dilakukan di kelas bersama teman, kini berubah menjadi format daring yang menyebabkan siswa rentan kehilangan semangat belajar, sehingga baik guru dan orang tua harus mencari cara yang lebih menarik serta mendampingi anak lebih intens agar mereka tetap fokus, tetap engaged dan mendapatkan kualitas pembelajaran yang sama seperti saat di sekolah. Memahami hal ini, Sampoerna Academy sebagai pelopor STEAM di Indonesia, mengadakan diskusi daring bersama komunitas Parentalk berjudul “Tetap Fokus Belajar selama Virtual Schooling” pada hari Kamis, 23 April 2020.

Sampoerna Academy sebagai sekolah intercultural yang menawarkan pendidikan holistik dari jenjang prasekolah hingga menengah atas dengan pendekatan kurikulum internasional yang disesuaikan di setiap tingkatan (IEYC, Cambridge dan IBDP) yang didukung metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics), mempunyai kiat khusus untuk memastikan standarisasi kualitas tetap terpenuhi dan siswa tetap antusias belajar layaknya di sekolah melalui metode Virtual Schooling.

Frida Dwiyanti selaku Primary Principal – L’Avenue Campus Sampoerna Academy mengatakan, “Selama virtual schooling dijalankan, kami memprioritaskan tiga aspek utama agar siswa dapat memahami pelajaran dengan baik serta meminimalisir dilema orang tua saat membantu siswa virtual schooling; yang pertama dengan memperhatikan aspek infrastruktur, kedua dengan memperhatikan metode pengajaran agar anak tetap engaged dengan fokus pada STEAM, di mana Sampoerna Academy melihat bahwa sekolah bukan hanya untuk mengajarkan ilmu akademik tetapi juga membentuk 5C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity dan Character) serta yang ketiga memastikan peran keterlibatan orang tua.” jelas Frida dalam keterangan tertulis pada Kamis (23/4/2020).

Lebih lanjut mengenai teknologi infrastruktur, Frida menambahkan bahwa virtual schooling dilengkapi dengan Google classroom dan school dashboard untuk memonitor proses belajar mengajar di tiap kampus yang tersebar di beberapa lokasi, hingga memonitor berapa lama durasi mengajar. “School dashboard ini memudahkan proses pengulangan pelajaran di mana segala bentuk pembelajaran daring akan selalu direkam dan dikirimkan kepada siswa dan orang tua. Tim IT kami pun selalu tanggap apabila ada permintaan bantuan mengenai teknologi ini,” imbuh Frida.

Tak hanya itu, Sampoerna Academy konsisten mengedukasi dan melibatkan siswa melalui metode pembelajaran STEAM selama virtual schooling. Metode pembelajaran STEAM mencakup disiplin Sains, Teknologi, Teknik (Engineering), Seni (Arts), dan Matematika.

Melalui metode tersebut, para siswa diasah berpikir secara kritis, dengan belajar memecahkan dan menelaah masalah dengan alat-alat teknologi dan strategi belajar kolaboratif yang kreatif, menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Di Sampoerna Academy, metode ini membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang seutuhnya. Mereka tumbuh menjadi cerdas, berkemampuan sosial dan komunikasi yang baik.

Lebih lanjut, dengan metode STEAM yang juga erat kaitannya dengan pembelajaran abad 21 ini, para orang tua diajarkan bagaimana membuat aktivitas bersama anak saat kebijakan #DiRumahAja digaungkan Pemerintah.

Dalam virtual schooling, para orang tua diminta untuk terlibat aktif dalam mendorong anak bertanya, bekerja bersama anak yaitu terlibat dalam aktivitas anak, mengajarkan anak berpikir secara kreatif, mendorong anak menyelesaikan masalah (problem solving), mendorong anak mengeksplorasi dan mengambil risiko yang sudah diperhitungkan dampaknya bagi anak, menguji solusi suatu masalah, dan menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu, dengan STEAM dan kurikulum yang disesuaikan ini, siswa Sampoerna Academy mampu mengembangkan keterampilan 5C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, Creativity, Character).

Frida menggarisbawahi bahwa keterlibatan orang tua merupakan aspek yang sama pentingnya dengan aspek infrastruktur dan metode pengajaran pada pengalaman virtual schooling yang sukses. Studi menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara keterlibatan orang tua secara langsung dengan keberhasilan siswa. Dampak virtual schooling lebih maksimal ketika orang tua mengambil peran aktif dalam pendidikan anak mereka. Beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya orang tua memeriksa perkembangan anak secara berkala, terutama di masa minggu pertama hingga bulan kedua berjalannya proses virtual schooling.

Menurut Frida, beberapa orang tua yang turut berpartisipasi aktif dalam virtual schooling pun mengapresiasi metode virtual school dan konten belajar yang kreatif dari tenaga pendidik dari Sampoerna Academy. Bahkan mereka tidak segan memuji teknologi school dashboard yang memudahkan proses belajar di rumah.

Menanggapi Frida, Nucha Bachri sebagai Chief Content Officer Parentalk (platform berbasis digital yang berfokus pada konten parenting dan relationship) menyambut antusias metode STEAM yang diterapkan Sampoerna Academy. “Di tengah kondisi yang mengharuskan anak untuk belajar melalui virtual school, sebagai ibu dan orang tua yang bekerja, saya merasakan betul kesulitan dan tantangan yang dihadapi terutama bagaimana membuat anak untuk tetap fokus selama masa pembelajaran daring, sehingga harus mencari cara yang lebih kreatif dan efektif. Metode STEAM yang diterapkan Sampoerna Academy merupakan langkah yang tepat dan menarik untuk pengembangan belajar anak meskipun harus dilakukan secara virtual,” tukasnya.

“Meski orang tua memiliki kegiatan wajib yang dilakukan, terutama bagi orang tua yang bekerja, kami berharap orang tua tetap dapat bersama-sama dengan guru untuk memberikan pendampingan dan memainkan perannya agar anak-anak tetap mendapatkan kualitas pendidikan yang baik seperti ketika mereka belajar di kelas.” tutup Frida.

(BON)

 

Baca Juga

  • GM Berkomitmen Berikan Layanan Purna Jual kepada Seluruh Pelanggan Indonesia

    GM Berkomitmen Berikan Layanan Purna Jual kepada Seluruh Pelanggan Indonesia

    General Motors (GM) Indonesia memastikan kepada pelanggan setianya akan tetap hadir dan eksis dalam memberikan layanan purna jual. Hal ini merupakan komitmen yang diberikan oleh GM Indonesia setelah pengumumannya untuk menghentikan penjualan kendaraan-kendaraan baru pada akhir Maret 2020 mendatang. Setelah Maret 2020 mendatang, layanan purna jual dan aftersales akan tetap berada di bawah naungan GM […]
  • Klik-Apotek.com, Tebus Obat Tanpa Antre

    Klik-Apotek.com, Tebus Obat Tanpa Antre

    Pernah bete gara-gara lama nunggu pas nebus resep di apotek? Sekarang tidak perlu lagi sejak ada apotek online KLIK-APOTEK.com. Bayangkan bila Anda mengantar putra putri Anda yang sakit ke dokter, Anda mengharapkan agar cepat kembali ke rumah agar si sakit dapat segera istirahat. Anak-anak bakal rewel bila menunggu lama di apotek saat menebus obat. Klik-Apotek.com […]
  • Galang Hendra Raih Poin Pertama di Worldssp Portimao, Portugal

    Galang Hendra Raih Poin Pertama di Worldssp Portimao, Portugal

    Galang Hendra sukses meraih poin pertamanya di kompetisi World Supersport championship (WSSP), pada seri 3 yang berlangsung di sirkuit Portimao, Portugal, Minggu 9 Agustus 2020. Keberhasilannya di ajang kelas dunia itu, merupakan bukti bahwa  dia mampu bersaing di tahun pertamanya sebagai rookie atau pendatang baru. Rider asal Yogyakarta yang mengusung tim bLU cRU WorldSSP by […]
  • Kolaborasi Fila X Vespa untuk Tampil Lebih Penuh Gaya dan Ikonik

    Kolaborasi Fila X Vespa untuk Tampil Lebih Penuh Gaya dan Ikonik

    Tepat pada tanggal 7 Desember 2019 lalu, telah resmi diluncurkan koleksi Fila x Vespa yang terdiri produk apparel dan merchandise yang kontemporer, unik, dan tentunya bisa dipersonalisasikan dengan gaya sehari-hari terutama saat mengendarai Vespa kesayangan. Fila x Vespa merupakan kolaborasi antara Piaggio & C. S.p.A sebagai pemilik merek Vespa, sebuah merek skuter ikonik premium dari […]
  • Suarakan Kampanye Towards Zero Food Waste, Bank DBS Indonesia Galang Gerakan MakanTanpaSisa

    Suarakan Kampanye Towards Zero Food Waste, Bank DBS Indonesia Galang Gerakan MakanTanpaSisa

    Problematika mengenai sampah makanan jarang terdengar, padahal  Indonesia diperkirakan menghasilkan 64 juta ton sampah setiap tahunnya, dan 50% dari total sampah tersebut merupakan sampah organik, termasuk sampah makanan. Senada dengan laporan Food Sustainable Index 2018 oleh The Economist Intelligence Unit yang menyatakan Indonesia sebagai penghasil sampah makanan terbanyak kedua di dunia dengan 13 juta ton […]
  • Nikmati Sambal Ikan Roa, Salah Satu Kuliner Nusantara yang Membanggakan.

    Nikmati Sambal Ikan Roa, Salah Satu Kuliner Nusantara yang Membanggakan.

    Sambal tidak dapat dipisahkan dari menu kuliner negeri kita. Dari Sabang sampai Merauke dapat dijumpai beragam sambal nusantara yang tidak dapat dibandingkan satu sama lain, karena masing-masing memiliki rasa lezat tersendiri. Salah satu sambal nusantara yang terkenal berasal dari Manado yakni sambal roa. Sambal roa ini memiliki rasa yang  khas karena selain cabai, bahan utamanya […]
  • Bolt Terus Hadirkan Layanan Truly Unlimited Internet dan Berikan Paket Spesial di Bulan Ramadan untuk Pelanggan

    Bolt Terus Hadirkan Layanan Truly Unlimited Internet dan Berikan Paket Spesial di Bulan Ramadan untuk Pelanggan

    BOLT, pionir operator 4G LTE di Indonesia, tidak pernah gagal dalam memberikan pengalaman berinternet bagi pelanggan melalui “Unlimited Internet Access” di mana layanan ini memberikan akses internet tanpa batasan kuota dan batasan waktu tidak seperti penyedia lainnya. Oleh karena itu, BOLT sebagai operator 4G LTE di Indonesia telah memiliki kredibilitas sebagai satu-satunya operator yang menyediakan […]
  • Nikmatnya Nasi Uduk Pak Agus di Kuliner Malam Pasar Modern Bintaro

    Nikmatnya Nasi Uduk Pak Agus di Kuliner Malam Pasar Modern Bintaro

    Nasi uduk merupakan kuliner yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar fanatik. Memang rasa nasi uduk yang gurih membuat ketagihan banyak orang. Apalagi dengan kombinasi pecel lele, ayam goreng atau bebek goreng dan dimakan saat masih mengepul. Rasanya siapa pun tidak bisa memungkiri kenikmatannya. Karena banyaknya penggemar nasi uduk, tidak heran penjual nasi uduk dengan […]
  • Cooking Mania Maxim, Lomba Masak 18 Menit di Giant Bintaro

    Cooking Mania Maxim, Lomba Masak 18 Menit di Giant Bintaro

    Untuk memperkenalkan produk terbarunya Maxim Quattro Speed Cooker, Maxim, produsen peralatan masak terkemuka yang memegang hak paten untuk pelapis Teflon mengadakan lomba masak yang berlangsung di Giant Bintaro, Minggu, 13 November 2016. Berbeda dengan panci presto (pressure cooker) pada umumnya yang terbatas untuk presto, Maxim Quattro Speed Cooker merupakan panci presto multi fungsi yang dapat digunakan untuk […]
  • Bank DBS Indonesia Berkolaborasi dengan Blibli.com Hadirkan Diskusi Daring bagi Pelaku Usaha

    Bank DBS Indonesia Berkolaborasi dengan Blibli.com Hadirkan Diskusi Daring bagi Pelaku Usaha

    Sebagai salah satu kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia, usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki andil dalam menentukan kondisi ekonomi Indonesia terlebih di tengah pandemi Covid-19. Melihat hal tersebut, Bank DBS Indonesia sebagai institusi perbankan dengan wawasan bisnis dan industri terdepan, berkolaborasi dengan BliBli.com  untuk memberikan wawasan bagi merchant partner BliBli.com dan pelaku […]
  • Shopee 12.12 Birthday Sale di Indonesia Catatkan Pencapaian Terbesar 1,3 Triliun Rupiah Gross Merchandise Value (GMV) Da

    Shopee 12.12 Birthday Sale di Indonesia Catatkan Pencapaian Terbesar 1,3 Triliun Rupiah Gross Merchandise Value (GMV) Da

    Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, mencatatkan rekor terbaru di Indonesia dengan raihan 1,3 Triliun Rupiah GMV dalam 24 jam pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale. Selain itu, catatan mengesankan lainnya adalah terdapat 80 juta barang terjual dan lebih dari 80 juta kunjungan ke aplikasi Shopee di 7 negara. Chris Feng, […]
  • Honda Pamerkan Berbagai Mobil Modifikasi di Ajang Virtual Auto Salon 2021

    Honda Pamerkan Berbagai Mobil Modifikasi di Ajang Virtual Auto Salon 2021

    Pada ajang Virtual Auto Salon 2021 yang akan berlangsung pada 15 Januari 2021, Honda akan menampilkan secara visual modifikasi dari mobil Honda FIT e:HEV Crosstar dan Honda N-VAN bertema open cafe. Honda Fit yang dimodifikasi diambil dari generasi keempat Honda Fit tipe Crosstar yang diluncurkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019 lalu. Memiliki karakteristik yang […]
  • Gramedia X Shopee Super Brand Day: Festival Buku Online dengan Diskon 90%

    Gramedia X Shopee Super Brand Day: Festival Buku Online dengan Diskon 90%

    Gramedia, retail toko buku terbesar di Indonesia kembali mempersembahkan Festival Buku Online melalui Shopee Brand Festival pada tanggal 22 September 2020. Pengguna akan dimanjakan dengan penawaran menarik tiap harinya dengan diskon hingga 90% untuk ribuan buku dari berbagai macam genre dan penulis terkenal. Melengkapi kemeriahan Shopee Brand Festival, Gramedia bersama Shopee menghadirkan Limited Time Deals […]
  • Dorong Milenial Kembangkan Ekosistem Industri Games di Indonesia

    Dorong Milenial Kembangkan Ekosistem Industri Games di Indonesia

    Kementerian BUMN RI bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar event Spirit of Millennials Games Day 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/9). Festival ini merupakan bagian dari program Spirit of Millennials yang diinisiasi Kementerian BUMN untuk memberikan wadah kreativitas dan inovasi bagi karyawan muda yang akan dibentuk di masing-masing BUMN guna mendorong semangat transformasi […]
  • UNCTAD dan Alibaba Mulai Program eFounders Fellowship Asia Angkatan Kedua, Indonesia Diwakili Empat Pengusaha

    UNCTAD dan Alibaba Mulai Program eFounders Fellowship Asia Angkatan Kedua, Indonesia Diwakili Empat Pengusaha

    Empat puluh pendiri perusahaan rintisan dari 11 negara – termasuk empat pendiri dari Indonesia – terpilih menjadi angkatan kedua Kelas Asia dari eFounders Fellowship, program hasil kerja sama The United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) dan Alibaba Business School. Mereka akan mengikuti program intensif selama 14 hari di Tiongkok untuk mendapatkan wawasan dan […]
  • HP Mengumumkan Inisiatif Bantuan untuk Partner dan Pelanggan

    HP Mengumumkan Inisiatif Bantuan untuk Partner dan Pelanggan

    HP mengumumkan serangkaian inisiatif bantuan untuk komunitas partner channel global agar mereka dapat menghadapi tantangan operasional dan finansial yang diakibatkan COVID-19. Selain menyediakan berbagai opsi pembiayaan dan penyewaan untuk end-customer, perusahaan akan menawarkan insentif jangka pendek untuk partner channel yang disesuaikan menurut wilayah dan negara. Penawaran akan berbeda pada tiap wilayah dan tergantung pada kelayakan […]
  • Komitmen PermataBank Ciptakan Ekosistem untuk Memajukan Pendidikan

    Komitmen PermataBank Ciptakan Ekosistem untuk Memajukan Pendidikan

    PermataBank melalui PermataHati, program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, kembali memperkuat komitmennya untuk memberikan dan meningkatkan kualitas kehidupan dan pendidikan di Indonesia yang diwujudkan dengan menyelenggarakan Unite for Education (UFE) Sustainability Forum. Diusung sejak 2011, penyelenggaraan tahun ke-9 UFE Sustainability Forum mengambil tema Perempuan Pencipta Perubahan. Tema ini menekankan pada peran penting perempuan dalam menggerakkan […]
  • Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation Merilis 3 Panduan Baru untuk Rumah Sakit dalam Pandemi Covid-19

    Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation Merilis 3 Panduan Baru untuk Rumah Sakit dalam Pandemi Covid-19

    Di masa pandemi Covid-19 ini, sangat penting bagi para pemangku kepentingan dan tenaga medis yang telah memiliki pengalaman langsung menangani berbagai skenario kasus dan situasi terkait Covid-19 untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka ke tenaga medis dan administrator rumah sakit di seluruh dunia. Melalui platform Global MediXchange for Combating Covid-19 (GMCC), Jack Ma Foundation dan […]
  • Lewat BUMN Universities, BUMN Bersatu Cetak SDM Unggul

    Lewat BUMN Universities, BUMN Bersatu Cetak SDM Unggul

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno mendorong BUMN bersinergi mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Tnah Air. Dukungan tersebut salah satunya melalui pendirian “BUMN Universities” yang merupakan sebuah bentuk transformasi dari Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN ) menjadi sebuah Universitas. Hal ini diungkapkan Menteri Rini saat menyaksikan langsung Penandatanganan […]
  • Singkong Presto Abang Mas, Sebelum Habis Belum Mau Berhenti

    Singkong Presto Abang Mas, Sebelum Habis Belum Mau Berhenti

    Kalau kita mendengar nama kota Semarang, biasanya pikiran kita akan membayangkan lumpia atau bandeng presto. Sampai-sampai julukan yang sering disematkan kepada Semarang sebagai Kota Lumpia. Kedua kuliner ini selalu diidentikkan dengan Semarang. Setiap ada keluarga, teman atau kenalan yang akan pergi ke Semarang, biasanya kita akan memesan oleh-oleh ini. Begitu populernya oleh-oleh khas Semarang ini, sampai-sampai […]

Tinggalkan Balasan