Kam. Okt 17th, 2019

Rumah Sentra Kemasan, Solusi Kemasan Bagi UKM

Dalam iklim bisnis yang semakin kompetitif, setiap usaha harus berupaya menjadi yang terbaik jika tetap ingin bertahan dan berkembang. Bagi bisnis-bisnis yang telah menjadi besar, hal ini bukanlah masalah. Dengan kekuatan finansial yang dimiliki, perusahaan-perusahaan besar dapat mengembangkan berbagai produk dan layanan yang berkualitas. Namun bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pengembangan produk dan jasa yang berkualitas menjadi menjadi kendala yang besar. Faktor terbesar tentu saja permasalahan permodalan, faktor yang lain yang tidak kalah penting adalah faktor pemasaran dan produksi.

Dalam memasarkan suatu produk, banyak faktor yang berperan, misalnya aspek kualitas produk, strategi pemasaran yang dipilih, kualitas pelayanan pelanggan dan tentu saja kesan yang ditimbulkan oleh produk tersebut. Suatu produk memberikan kesan yang positif jika penampilan dari produk tersebut cukup menarik. Sayangnya, banyak UKM yang melihat faktor penampilan menjadi nomor sekian, yang terpenting adalah kualitas produk yang bagus. Sebagian UKM yang lain yang sudah menyadari pentingnya penampilan dari produk mengalami kendala dalam mendisain kemasan yang menarik serta kemampuan finansial yang terbatas.

Menyadari keterbatasan yang dimiliki UKM, pemerintah yang memandang UKM sebagai salah satu pilar utama perekonomian nasional berinisiatif membantu UKM agar dapat mengemas produk-produknya dengan lebih baik. Salah satu inisiatif yang dilakukan dengan mendirikan Rumah Sentra Kemasan (RSK) yang saat ini sudah ada di 18 propinsi. Propinsi Banten merupakan salah satu propinsi yang memiliki RSK. Sayang kehadirannya belum banyak diketahui masyarakat sehingga belum banyak dimanfaatkan para pelaku UKM .

rumah_sentra_kemasan_info_bintaro

Rumah Sentra Kemasan wilayah Propinsi Banten berdiri pada 27 Maret 2015. Pendanaannya bersumber dari dana hibah pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian yang dikoordinasikan melalui Badan Ketahanan Pangan. Lokasi dari RSK Propinsi Banten berada di komplek Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, persis di sisi Selatan dari Pasar Modern BSD, BSD City, Tangerang Selatan.

Berbagai layanan yang berkaitan dengan kemasan bagi UKM diberikan oleh RSK, meliputi pembuatan design kemasan, pembuatan kemasan, penyablonan secara manual, digital printing dan offset printing. RSK juga melayani konsultasi pembuatan kemasan, sehingga UKM dapat mendiskusikan kemasan yang paling pas untuk produk-produknya. Tidak hanya itu, RSK juga melayani pengurusan izin bagi UKM, seperti PIRT, merek dagang, sertifikat halal, dll.

BACA JUGA  Shopee Super Brand Day Bersama Xiaomi Mencatatkan Sekitar 500.000 Pengunjung ke Official Store Xiaomi di Shopee

Menurut Junaedi, Executive Manager RSK Propinsi Banten, dalam upaya untuk memberikan layanan kepada UKM, pihaknya melakukan strategi jemput bola. Hal ini dilakukan dengan berbagai program. Beberapa program yang akan dijalankan dalam waktu dekat melakukan meliputi pelatihan pembuatan kemasan berbahan kertas yang akan dilakukan per kecamatan, jika RSK memiliki kemampuan yang cukup, program ini akan dilakukan per kelurahan. Pilot project program ini telah berjalan di beberapa lokasi di Tangerang Selatan, seperti Lengkong, Gudang Timur dan Kranggan. Program ini dilakukan bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT). Jika nantinya program ini dapat berjalan, maka dapat memberdayakan masyarakat maupun pelaku UKM. Junaedi melanjutkan, masyarakat seperti ibu rumah tangga maupun pemuda-pemuda yang menganggur dapat didayagunakan untuk memproduksi kemasan kertas yang nantinya kemasan itu akan dibeli oleh RSK untuk dijual kepada usaha-usaha UKM yang dilayaninya.

rumah_sentra_kemasan_info_bintaro_1

Program lain yang akan dijalankan merupakan kerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dimana UMN akan memberikan pelatihan pembuatan disain kemasan dengan software-software design graphis yang umum digunakan kepada peserta yang berasal dari masyarakat. Nantinya peserta dari pelatihan ini dapat didayagunakan untuk mendisain kemasan-kemasan bagi UKM.

RSK pun bisa melayani permintaan untuk memberikan pelatihan yang berkaitan dengan kemasan, yang diminta oleh masyarakat. Misalnya, pada suatu kelurahan, pelaku-pelaku UKM-nya ingin mendapatkan pelatihan mengenai pengemasan, dapat mengajukan kepada RSK. Persyaratannya sangat mudah, cuma tersedia minimal peserta 30 orang.

Masih banyak hal-hal yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha UKM melalui kehadiran RSK. Info Bintaro akan mengulas berbagai layanan RSK dalam artikel-artikel terpisah.

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi:

Rumah Sentra Kemasan
Kawasan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Jl. Letnan Sutopo Kav. 1 No. 1 Sektor 1.1 BSD City Serpong 15318
Tangerang Selatan, Banten
Email : rumahsentrapropbanten@gmail.com

Contact Person:
Junaedi
Hp : 0896 9116 5665
WA : 0877 7203 5553
Pin BB : 576A32E1
Email : ajuninnovation.ai2015@gmail.com

 

(ES)

 

Baca Juga

1 thought on “Rumah Sentra Kemasan, Solusi Kemasan Bagi UKM

Tinggalkan Balasan