Sab. Agu 24th, 2019

Rumah Sakit Hewan Jakarta Sangat Membantu Penyayang Hewan

Warga Bintaro, para pencinta hewan seringkali merasa bingung bila hewan kesayangan kita jatuh sakit. Kini tidak perlu khawatir lagi. Sudah ada rumah sakit hewan di Jakarta yang buka 24 jam termasuk akhir pekan dan tanggal merah. Rumah sakit ini diresmikan oleh alm. Ibu Tien Soeharto, istri Presiden RI kedua pada tahun 1993. Rumah Sakit Hewan Jakarta (selanjutnya disingkat menjadi RSH) terletak di kawasan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Tepatnya dekat Taman Margasatwa Ragunan. Simak videonya di https://www.youtube.com/watch?v=SFKOSOSSEkQ

Beberapa waktu lalu Info Bintaro berkesempatan berkunjung ke RSH untuk melihat-lihat fasilitas yang ada di sana. Mari simak foto-foto berikut ini:

Ruang Registrasi

Ketika kita pertama kali tiba di RSH, kita harus mendaftarkan hewan peliharaan kita sebagai pasien. Biaya registrasi bagi hewan yang baru pertama kali berobat sebesar Rp. 27.500. Selanjutnya kita akan mengantri untuk cek up dengan dokter hewan di ruang poli. Biaya per visit Rp. 125.000

Laboratorium

Apabila diperlukan kita dapat memeriksakan darah hewan peliharaan dan melakukan pengecekan organ dalam hewan via pemeriksaan rontgen dan USG.

Ruang UGD, Bedah & Rawat Inap

Rawat Inap adalah Pelayanan yang disediakan oleh Rumah Sakit Hewan Jakarta terhadap hewan-hewan yang perlu pemantauan dari dokter hewan terhadap penyakitnya. Seperti hewan penderita penyakit menular yang disebabkan oleh virus (parvo distemper, calici) dan Penyakit Kulit (jamur, kutu, kanker kulit dan lain-lain) serta penyakit ginjal, jantung, hati dan lain-lain.

Tersedia ruang rawat inap bagi hewan dengan penyakit menular  (di sini disebut sebagai ruang isolasi). Misalnya untuk hewan berkutu mendapatkan ruangan tersendiri. Di sisi lain juga tersedia ruang rawat inap untuk penyakit tidak menular.

Ada ruang rawat inap khusus bagi hewan yang baru melahirkan, termasuk inkubator bagi sang bayi.

RSH pun memiliki unit gawat darurat seperti rumah sakit manusia yang melayani pasien hewan yang membutuhkan pertolongan segera (tanpa menunggu antrian) seperti:
- Pendarahan / Bleeding
- Kejang-kejang
- Sesak Nafas
- Kecelakaan / Luka akibat Tertabrak
- Patah Tulang Terbuka
- Keracunan
- Menelan Barang-barang Berbahaya

Hewan yang dirawat inap ini menempati kandang masing-masing. Satu hewan satu kandang. Sedangkan pasien anjing yang berjenis besar akan ditempatkan di ruangan khusus. Dokter jaga akan memeriksa tiap hewan yang ada setiap setengah jam sekali.

Meskipun demikian bila hewan Anda hanya menderita sakit tua, dokter di sana menyarankan agar dipelihara di rumah karena mereka akan berbahagia menghabiskan hari-hari terakhirnya di tengah orang-orang yang mengasihinya. Suasana ruang rawat inap dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=wvTr3-2Gymg


Ruang Akupuntur
Akupuntur adalah pelayanan pengobatan alternatif meliputi terapi syaraf dengan menggunakan tusuk jarum yang digetarkan. Pengobatan ini meliputi pengobatan untuk hewan yang menderita syaraf kejepit, otot, tulang dan sejenisnya hingga hewan yang menderita kelumpuhan.
Jumlah titik akupuntur hewan berbeda-beda pada tiap speciesnya dan lebih sedikit daripada titik akupunktur pada manusia. Letak titiknya juga hampir sama seperti pada manusia, hanya beberapa titik saja yang letaknya berbeda. Jika pada manusia terdapat lebih dari 350 titik, jumlah titik akupunktur pada anjing hanya lebih kurang 84 titik,sedangkan untuk kucing lebih sedikit.
Bagi hewan yang sulit berjalan, dapat dibantu dengan terapi di ruang akupuntur ini. Juga tersedia salon untuk hewan di RSH ini.



BACA JUGA  Foto : Sudut-Sudut GIIAS 2017 Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Apotek dan Pet Shop


Setelah berkonsultasi dengan dokter hewan di ruang poli, Anda dapat menebus obat di apotek RSH. Apotek tersebut menyediakan obat-obatan untuk hewan rawat jalan yang perlu dibekali obat saat pulang.

Apoteknya terletak satu tempat dengan Pet Shop di Rumah Sakit Hewan Jakarta menyediakan barang-barang keperluan hewan, mulai dari keperluan Makanan, Vitamin, Susu, Makanan Cemilan, Perangkat Kandang, Collar, Tali Rantai, Kalung, Tempat Minum, Shampoo, Pembersih Kotoran Hewan dan lain-lain.

Hewan Siap Adopsi

Di dekat resepsionis RSH terdapat papan yang ditempel foto-foto beberapa anjing dan kucing.Mereka adalah anjing dan kucing yang kurang beruntung. Ditelantarkan pemiliknya, setelah berobat mereka tidak ditebus. Pengunjung RSH dapat mengadopsinya. Lihat videonya di https://www.youtube.com/watch?v=OHwnBKu4Llo

Info lebih lanjut:
Rumah Sakit Hewan Jakarta
Alamat: Jl. Harsono RM No.28, RT.9/RW.4, Ragunan, Kec. Ps. Minggu
Google Maps: https://goo.gl/maps/y7nZs9RAJ4B6UpGM7
Jam buka: 24 jam setiap hari.
Telepon: (021) 7891093
Website: http://www.rumahsakithewanjakarta.com/
Video Profile: https://www.youtube.com/watch?v=9nP7Y6tn8B4

(EGS)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan