Rumah Main Cikal Menjadi Rumah Kedua Bagi Para Muridnya

Sabtu, 22 September lalu diadakan kegiatan Open House di mana para calon orang tua dapat berkunjung ke Rumah Main Cikal Bintaro dan bercakap-cakap dengan volunteer parent yakni orang tua dari para murid yang telah bersekolah di sana. Para calon orang tua murid dapat langsung melihat fasilitas yang ada di Rumah Main Cikal Bintaro yang berlokasi di gedung Bintaro Junction, Heritage fashion gallery, lantai 3.Sekedar info, para murid Rumah Main Cikal ini kebanyakan berdomisili di  daerah Bintaro dan sekitarnya seperti Ciputat, Pamulang bahkan dari Joglo.

Dalam kesempatan itu Info Bintaro mewawancarai IbuPuti, Pimpinan Rumah Main Cikal yang berlokasi di Bintaro Sektor 7. Menurut beliau yang menjadi kelebihan dari Rumah Main Cikal adalah inisiatif pihak sekolah untuk selalu melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anaknya. Di sisi lain para guru pun dituntut untuk  memperlakukan anak-anak sesuai kebutuhannya. Tak heran hubungan antara guru dan orang tua murid sangat dekat sehingga para orang tua tidak segan berdiskusi dengan para guru mengenai perkembangan anaknya. Uniknya para guru disebut Om dan Tante. Sedangkan bagi staf yang lanjut usia, dipanggil eyang sehingga para murid pun merasa suasana sekolah seperti rumah kedua bagi mereka.

Agar para orang tua aktif terlibat dalam pendidikan putra putrinya sejak awal tahun ajaran baru, pihak sekolah sudah membagikan kalender akademik kepada para orang tua sehingga para orang tua dapat mengatur jadwalnya agar dapat hadir di event sekolah putra putrinya. Tidak hanya mengadakan event untuk para murid, Rumah Main Cikal juga mengadakan pelatihan untuk para orang tua berupa diskusi atau simulasi. Misalnya tentang membangun disiplin anak yang positif. “Tidak semata-mata menghukum anak, tapi orang tua juga wajib mengapresiasi tindakan anak yang terpuji. Contohnya membuang sampah pada tempatnya.” ujar Bu Puti.

Rumah Main Cikal terdapat di beberapa lokasi seperti di daerah Sudirman, Jakarta, Bintaro, Cilandak, Serpong dan Bandung. Sekolah ini didirikan oleh Najeela Shihab, pemerhati pendidikan yang meraih gelar BA dan MA di bidang Psikologi.Beliau merupakan putri cendikiawan muslim terkemuka M. Quraish Shihab dan kakak kandung Najwa Shihab, presenter program “Mata Najwa”.

Ada beberapa kelas di  Rumah Main Cikal. Pertama diperuntukkan bagi anak usia 9 bulan – 2 tahun yang disebut kelas adik-adik. Di kelas ini, tiap anak wajib didampingi oleh orang tua atau pengasuh anak. Selanjutnya anak berusia 2-3 tahun masuk ke dalam kelas kakak. Dan terakhir anak berumur 3-4 tahun masuk kelas pre kindie.

Menurut Bu Puti, yang merupakan lulusan Psikologi Universitas Atma Jaya Jakarta, dia memulai karir sejak tahun 2002 Sekolah Cikal Pejaten. Ketertarikannya pada dunia sekolah, berawal dari tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan, di mana ia harus mengunjungi sekolah. Sejak itulah ia menyadari passion-nya di dunia pendidikan khususnya di pendidikan pra sekolah.

Cikal 5 Stars Competencies

Ada yang menarik, di mana ada 5 kompetensi yang dikembangkan bagi anak didik di Rumah Main Cikal yang disebut sebagai Cikal 5 Stars Competencies yakni:

  1. Emotionally, spiritually and morally rich
  2. Broadminded and physically sound
  3. Skillful and an effective thinker
  4. Self-regulated learner
  5. Empowering Member of Just, Sustainable and Peaceful Global Society

Simak penjelasan lebih lanjut di video berikut: https://www.youtube.com/watch?time_continue=2&v=cOB3c1MuWdY

Sejak dini para murid diperkenalkan bahwa ada rutinitas yang harus diikuti. Misalnya sesi hore-hore, salam-salam, kumpul-kumpul, pilih-pilih, lapor-lapor, nyam-nyam. Guru pun harus mampu melaksanakan kegiatan dalam waktu yang pendek-pendek. Hal ini dikarenakan konsentrasi murid yang hanya 10 menit.

Di samping kegiatan di dalam kelas dan indoor playground,juga dilaksanakan kegiatan keluar sekolah seperti berkunjung ke Faunaland di Ancol atau bereksplorasi dengan air yakni dengan membawa para murid  ke kolam renang.

Staf Pengajar

Ada 8 guru yang mengajar di Rumah Cikal Bintaro saat ini. Dengan latar belakang pendidikan S1 yang beragam. Di saat awal perekrutan guru, terdapat pelatihan yang disebut sebagai foundation training selama 2 minggu. Diberikan materi intensif ke peserta pelatihan dan selama tiga bulan pertama dievaluasi.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai Rumah Main Cikal? Silahkan kontak di bawah ini.

Info lebih lanjut:
Rumah Main Cikal Bintaro
Bintaro Junction, Heritage Fashion Gallery, Lt. 3
Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan
Telp. : (021) 2942 7668

Instagram: https://www.instagram.com/rumahmaincikal/
Facebook: https://www.facebook.com/Sekolah-Cikal-277999462220412/?ref=br_rs
Twitter: https://twitter.com/RumahMainCikal

Website: www.cikal.co.id

(EGS)