Rumah Lombok Nuansa Maldives di Pahawang Lampung

Bagi Anda yang gemar melakukan travelling menjelajah berbagai tempat-tempat menarik, ada satu pilihan tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi karena tempat wisata ini menawarkan keunikan yang tidak Anda temukan di tempat lain. Destinasi wisata yang dimaksud adalah Little Maldives di Pahawang, Lampung.

Keunikan tempat ini karena menggabungkan berbagai keindahan tempat wisata yang sangat terkenal, yaitu Maldives, Raja Ampat, Bunaken dan Lombok. Tengok saja, dari bentuk pondok-pondok terapung di Little Maldives ini menyerupai rumah tradisional Suku Sasak di Lombok, namun jika kita lihat suasana pulau dan lautnya mirip-mirip pantai-pantai di Maldives yang lautnya berwarna biru jernih dan ombak yang tenang. Sementara jika menyelam kita akan melihat pemandangan bawah laut yang menawan dengan biota-biota lautnya, menyerupai Raja Ampat atau Bunaken.

Little Maldives terletak di Pulau Pahawang Besar yang merupakan bagian dari gugusan pulau-pulau kecil seluas 7,5 km2 yang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Pulau Pahawang Besar merupakan pulau terbesar di gugusan pulau ini, yang memiliki enam desa, yaitu Pahawang, Suakbuah, Penggetahan, Jeralangan, Kalangan, dan Cukuhnyai. Untuk mencapai pulau ini, pertama-tama dari Bandar lampung kita menuju ke Pelabuhan Ketapang, sebuah pelabuhan nelayan terdekat dengan Pulau Pahawang. Dari pusat kota Bandar Lampung menuju Pelabuhan Ketapang jaraknya sekitar 30 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1  jam. Moda transportasi yang bisa digunakan adalah mobil atau sepeda motor pribadi, disamping menggunakan sewa mobil, taksi, taksi online atau ojek online.

Setelah tiba di Pelabuhan Ketapang kita akan menyeberang menggunakan perahu motor berkapasitas 20 – 30 orang dari Pelabuhan Ketapang di Pesawaran. Lama perjalanan menuju Pulau Pahawang Besar berkisar 20 – 30 menit.

Pahawang Besar menjadi jantung dari wilayah Pahawang, Di sini kita bisa menemukan berbagai alternatif penginapan atau resort untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan yang ada. Jika ingin lebih murah kita bisa menyewa kamar-kamar di rumah penduduk setempat yang banyak disewakan untuk bermalam. Pulau-pulau lainnya berukuran lebih kecil, namun masing-masing pulau memiliki keindahan tersendiri. Kita pun bisa bermalam di pulau-pulau itu dengan fasilitas yang lebih terbatas, Kegiatan wisatawan yang biasa dilakukan di wilayah Pahawang adalah bersantai dan sekedar berjemur, hunting foto untuk mendapatkan obyek-obyek menarik  atau snorkeling.

Sama halnya dengan pusat akomodasi, pusat kuliner juga berada di Pulau Pahawang Besar. Di sini, beragam menu makanan Lampung bisa kita cicipi. Soal harga, memang tidak semurah di lokasi non wisata, tetapi tetap terjangkau.

Pilihan kulinernya sangat beragam, mulai dari makanan khas lokal, hingga menu seafood bakar dengan ikan dan cumi-cumi yang masih segar dari laut. Ikan bakar dabu-dabu adalah menu favorit wisatawan yang mencoba makan siang di Pahawang Besar.

Little Maldives adalah salah satu pilihan resort di Pulau Pahawang Besar yang bisa disewa oleh pengunjung untuk merasakan suasana yang sangat eksotis. Masyarakat setempat ada yang menyebutnya dengan Villa Lombok atau Villa Air. Resort ini baru dibuka menjelang akhir 2017. Saat ini (Februari 2018) ada 3 pondok terapung yang sudah digunakan oleh pengunjung untuk menginap, sedangkan yang lainnya masih dalam taraf pembangunan.

Pondok-pondok kayu tersebut terapung dan dilengkapi dengan teras yang sangat luas. Anda bisa melakukan yoga atau sekedar berjemur dan menikmati panas matahari, serta pemandangan indah sekitar dari sini. Setiap pondok bisa diisi hingga 10 orang dengan fasilitas dua sofa bed yang bisa digunakan. Biaya menginap di Little Maldives sekitar 3 juta-an per malam untuk satu pondok. Suasana eksotis akan terasa saat malam hari, dengan lampu-lampu pada masing-masing pondok yang berwarna kuning bak kunang-kunang, suara deburan ombak dan terpaan angin laut yang bertiup sepoi merupakan momen yang tidak terlupakan.

Jika Anda membawa anak yang masih kecil Anda harus ekstra melakukan pengawasan karena pondok-pondok di sini tidak dilengkapi pagar pengaman.

Sayangnya sampai dengan saat ini, untuk menginap disini kita belum bisa melakukan booking melalui aplikasi-aplikasi travelling seperti Agoda, Traveloka, dll. Untuk menginap di sini tidak ada cara lain selain ‘go show’ yang sifatnya untung-untungan, mengingat banyaknya pelancong yang berminat menginap di sini. Namun jangan kuatir, jika Little Maldives penuh Anda masih bisa menginap di resort atau penginapan lain di Pahawang. Alternatif lainnya adalah menggunakan travel tour yang bisa Anda temukan dengan melakukan searching di Google.

(ES)