Rab. Okt 16th, 2019

Rocksmoke, Aslinya Daging Panggang Ala Texas

rocksmoke_2

Menikmati kuliner daging panggang? Itu sudah biasa. Kita dengan mudah menemukan berbagai gerai di seputaran Bintaro yang menyajikan menu utama daging panggang, entah itu steak, iga bakar, kambing guling dan lain-lainnya. Namun kalau kita ingin merasakan cita rasa yang berbeda, ada satu gerai kuliner di Warung Jajan Veteran yang menyajikan menu daging panggang asap yang lain daripada yang lain, yaitu Rocksmoke.

Rocksmoke merupakan gerai kuliner yang menyajikan menu daging panggang asap ala negeri Paman Sam yaitu Texas Barbeque. Texas Barbeque merupakan jenis kuliner yang berasal dari negara bagian Texas di Amerika Serikat. Ingat Texas, pikiran kita melayang kepada koboi dengan kudanya yang sedang menggembalakan kawanan sapi. Istilah Texas Barbeque memang tidak bisa dilepaskan dari sejarahnya pada pertengahan abad 19 saat kehidupan di Amerika masih didominasi oleh perang saudara dan masa-masa awal perkembangan Amerika Serikat yang masih mengandalkan kehidupan masyarakatnya dari pertanian dan peternakan.

Pada masa itu, imigran-imigran dari daratan Eropa seperti Jerman dan Ceko yang bermukim di wilayah Texas bagian tengah, membawa kebiasaan di negaranya dimana penjual daging akan mengasapkan daging yang tidak laku terjual pada hari itu untuk disimpan dan akan dijual pada keesokan harinya. Lambat laun kebiasaan ini diikuti oleh imigran-imigran dari berbagai negara dengan mengasapkan daging dengan tujuan untuk mengawetkan. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh tempat pemotongan hewan, konsumen-konsumen pada saat itu akhirnya meniru dan melakukannya di rumahnya masing-masing, sehingga daging asap menjadi populer. Tujuannya bukan lagi semata untuk mengawetkan, melainkan juga menjadi alternatif untuk mengolah daging untuk disantap.

Texas Barbeque sendiri terdiri dari 4 cara berbeda yang mewakili masing-masing wilayah di Texas, yaitu :

  • Cara Texas bagian timur : daging sapi dipanggang pada wadah logam  yang menggunakan kayu hickory sebagai kayu bakarnya, panas dari tungku dinaikkan secara perlahan-lahan sampai daging terpanggang secara keseluruhan, sebagai pelengkap daging hasil pemanggangan digunakan saus manis yang berbasis tomat.
  • Cara Texas bagian tengah: daging sapi dibalur dengan bumbu rempah-rempah dan kemudian dipanggang langsung di atas api yang menggunakan kayu oak sebagai kayu bakarnya.
  • Cara Texas bagian barat : daging sapi dipanggang di atas api yang menggunakan kayu mesquite, setelah daging matang kemudian daging diberi bumbu.
  • Cara Texas bagian selatan : daging sapi dipanggang sambil terus dibalur dengan bumbu khusus yang merupakan campuran dari gula tetes, sehingga daging panggang yang dihasilkan sangat basah.
BACA JUGA  Mau Ayam Geprek Mozzarella Dengan Keju 3 Macam? Di Sini Tempatnya

 

Untuk menemukan gerai Rocksmoke sangat mudah, begitu Anda memasuki kawasan Warung Jajan Veteran, Anda akan segera menemukan sebuah gerai yang menggunakan kontainer berwarna kuning di dekat pintu masuk dari area Warung Jajan Veteran. Gerai yang buka setiap hari dari pukul 17.00-24.00 ini menyediakan menu utama daging sapi panggang, seperti Barbeque Smoke Brisket, Barbeque Smoke Ribs dan Barbeque Smoke Combo, yang merupakan kombinasi dari Brisket dan Ribs. Disamping menu-menu utama tersebut, juga tersedia Smoke Reuben Sandwich yang menggunakan daging sapi panggang, menu ayam dengan Barbeque Chicken Wings, kentang goreng dan Chicken Schnitzel.

rocksmoke_1

Dalam mempersiapkan menu-menunya, Rocksmoke memanggang daging sapi yang telah dilumuri bumbu khusus menggunakan suatu tungku yang diimpor langsung dari Amerika. Sebagai bahan bakar dari tungku ini digunakan kayu-kayu bakar khusus dari kayu pohon buah-buahan. Daging dipanggang dalam waktu yang cukup lama, berkisar 8-12 jam. Daging panggang yang dihasilkan berbeda dengan daging panggang yang dimasak secara umum. penampilan dari daging panggang Rocksmoke berwarna gelap di bagian luar dan kemerahan di bagian dalamnya. Jangan kuatir daging panggang ini betul-betul matang di bagian luar dan dalam tanpa rasa pahit akibat daging yang terbakar.

Daging panggang yang disajikan terasa lembut dengan bumbu yang terasa sampai ke bagian dalam dari daging. Aroma harum yang berasal dari asap kayu bakar begitu terasa, sehingga tiap suapan daging akan terasa aroma daging bakar yang nikmat sampai tertelan pada kerongkongan. Dengan saus tomat yang gurih yang merupakan paduan rasa asam, manis dan asin, berpadu dengan nikmatnya daging panggang. Sepotong roti tawar dan jagung manis bakar akan melengkapi nuansa daging panggang ala Texas.

Sebagai pelepas dahaga setelah menikmati berbagai menu yang ada, Anda dapat memesan Ice Thai Tea, yang merupakan teh asli dari Thailand, atau Ice Thai Green Tea mau pun Rock Yoghurt, yang merupakan yoghurt yang diproduksi sendiri oleh Rocksmoke.

Penasaran? Datang saja langsung ke Rocksmoke di Warung Jajan Veteran, dan nikmati daging panggang ala Texas, tanpa Anda harus jauh-jauh ke Texas di Amerika Serikat.

BACA JUGA  Menikmati Menu Tradisional Bernuansa Internasional di Cozyfield Cafe

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan