Rizka Julia, Memilih Bisnis Kue Cubit Ketimbang Berkarir di Perusahaan Multinasional

Kita sering mendengar orang mengatakan, hidup adalah pilihan. Hal ini amat diyakini oleh seorang Rizka Julia, seorang dara cantik yang memiliki gerai Cubite Street Food Bintaro di Taman Jajan Bintaro. Bekerja di sebuah perusahaan oil and gas multinasional bergengsi yang sering menjadi impian banyak orang tidak selamanya menarik. Gaji dan fasilitas besar, prestise, kemapanan tidak membuatnya betah berlama-lama bekerja sebagai profesional. “Saya dituntut untuk bekerja dari pagi sampai malam, untuk sesuatu yang bukan saya miliki. Bagi saya berusaha mandiri memiliki tantangan lebih besar, karena berhasil atau gagal tergantung dari saya sendiri,” Jelas Rizka saat bertemu dengan Info Bintaro di gerainya yang sedang dipenuhi pengunjung yang datang silih berganti.

kue_cubite_info_bintaro_1

Tentu saja tantangan datang dari orang-orang di sekitarnya. “Ibu saya adalah orang pertama yang menentang keputusan saya untuk keluar bekerja dan mulai membangun usaha. Sebagai orang tua sangat wajar bila ibu memandang pekerjaan saya di perusahaan oil & gas terkenal sangat baik, semua orang tua pun akan berpikir hal yang sama terhadap anak-anaknya,” sambung Rizka. Namun, kebulatan tekad Rizka, membuat ibunya akhirnya luluh dan mendukung pilihan yang diambil Rizka.

Berbekal tabungannya selama bekerja, ia memulai usahanya. Bintaro pun dipilihnya sebagai lokasi yang menjanjikan untuk berbisnis kuliner, walau untuk itu di awal usahanya, ia harus bolak-balik Bekasi-Bintaro setiap hari dari tempat tinggalnya. Awalnya ia merasa berat dengan jauhnya perjalanan yang harus ditempunya setiap hari. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Rizka pun menjadi terbiasa. “Apalagi dengan semakin baiknya berjalannya usaha ini, saya tidak harus datang ke Bintaro untuk setiap hari untuk mengontrol, karyawan-karyawan saya bisa bertanggung jawab dengan pekerjaannya walau pun tidak ada saya,” Jelas Rizka. Hal ini ternyata tidak terlepas dari caranya memperlakukan karyawan-karyawannya. Rizka meniru apa yang diterapkan dalam manajemen sumber daya manusia di perusahaan tempatnya bekerja sebelumnya. Rizka memberikan penghargaan atas setiap pekerjaan yang dilakukan karyawan-karyawannya. Hal ini membuat karyawan-karyawannya betah bekerja dan bekerja dengan baik.

kue_cubite_info_bintaro_3

Pilihan untuk mengambil franchise Cubite Street Food, didasari kesenangannya akan kue cubit semasa ia kecil. Rizka kecil tiap hari membeli jajanan kue cubit di depan sekolahnya (baca juga : Di Cubite Street Food Bintaro, Bisa Nongkrong Menikmati Berbagai ‘Cubitan’ Menggoda Selera). Cubite Street Food Bintaro merupakan sebuah franchise, sehingga menu-menu yang tersedia merupakan menu-menu dari franchisor, sehingga Rizka hanya perlu mengontrol operasi gerainya dan menjaga kualitas dari menu-menu yang disajikan dan pelayanan yang diberikan. Ia mengakui merasa pilihan mengambil franchisee dari Cubite merupakan pilihan yang tepat. Rizka merasakan hubungan bisnis dengan franchisor-nya terjalin sangat baik, baik komunikasi maupun support yang diberikan. Gerai Cubite di Taman Jajan Bintaro ini merupakan pindahan dari gerai di Bintaro 9 Walk dan telah berjalan dari pertengahan 2016. Kepindahan ke Taman Jajan Bintaro dirasakannya malah membuat gerainya bertambah ramai, baik pelanggan-pelanggan lamanya sejak di Bintaro 9 Walk, maupun pelanggan-pelanggan baru setelah kepindahan ke Taman Jajan.

Dara yang ramah ini bercita-cita untuk membuka gerai kedua Cubite Street Food-nya di tempat lain. Ia sudah mengincar beberapa lokasi yang cukup prospektif di seputaran Jabodetabek. Namun ia tetap berhati-hati dalam memutuskan. Baginya, gerai Cubite yang sudah berjalan cukup baik di Bintaro tetap menjadi fokus utamanya. “Doakan saja rencana ini dapat terwujud,” kata Rizka saat mengakhiri perbincangan dengan Info Bintaro. Kami pun mengamini cita-cita dari Rizka. Rizka telah menunjukkan semangatnya sebagai anak muda yang tidak gentar dengan tawaran kemapanan yang diberikan perusahaan bergengsi di mana ia pernah bekerja. Sesuatu yang langka di masa kini, dan perlu menjadi satu contoh bagi anak-anak muda lainnya.

 

(Policy dari Info Bintaro : Untuk menjaga privasi dari narasumber, kami tidak menampilkan foto dan data pribadi dari narasumber Kanal Profile, kecuali narasumber bersedia untuk ditampilkan)

 

(ES)

 

Leave a Comment