Kam. Okt 17th, 2019

Resolusi 2018: Mau Naik Jabatan Tahun ini?

Sekarang baru kita memasuki hari-hari pertama di tahun 2018. Bagaimana jika kita meninjau karier kita selama selama 2017, apakah kita sudah mencapai target promosi atau naik jabatan? Jika belum, seberapa jauh kita tertinggal? Untuk menghindari kegagalan dalam mencapai tujuan karier di tahun depan, ada baiknya memulai pemetaan langkah-langkah menuju puncak karier. Simak lima hal yang harus dilakukan untuk mendapat promosi pada 2018 seperti disarikan dari Business Insider berikut ini.

Menghadiri pertemuan terkait pekerjaan

Salah satu cara efektif untuk memerbaiki posisi demi mendapat kesempatan karier lebih baik adalah dengan mengikuti konferensi yang terkait dengan industri yang digeluti. Banyak organisasi yang memberi peluang belajar pada karyawan yang tertarik untuk mendalami industri. Dengan menghadiri konferensi tersebut, Anda bisa memerluas jaringan, membangun keterampilan dan menambah pengalaman. Selain itu, Anda akan mendapat banyak kesempatan untuk bergabung dengan para profesional di berbagai bidang sehingga bisa menambah pengetahuan. Anda juga akan mendapat informasi terkini tentang industri, berita, dan sumber lain yang bisa memperbaiki perkembangan karier pribadi.

Melanjutkan sekolah

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapat promosi adalah dengan melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Apakah Anda belum punya gelar master? Jika ya, maka inilah saatnya untuk cuti sejenak dan mengikuti kuliah. Atau, Anda juga bisa mengambil kelas di luar jam kerja.

Baca juga: https://www.infobintaro.com/kuliah-sambil-kerja-mengapa-tidak/

Dengan tambahan titel di depan atau belakang nama, maka Anda akan lebih mudah mendapat kenaikan jabatan. Ingat, bahwa Anda tidak mungkin mencapai level senior pada manajemen tanpa gelar yang lebih tinggi. Selain itu, gelar juga akan menbawa Anda pada karier yang lebih baik. Dengan menyandang titel master atau doktor, maka Anda akan lebih percaya diri jika ingin melamar pekerjaan di perusahaan lain di tahun 2018.

Baca Juga: https://www.infobintaro.com/tips-sukses-kuliah-sambil-kerja/

Meningkatkan hubungan dengan rekan kerja, senior, dan atasan

BACA JUGA  Tips Aman Belanja Online Saat Harbolnas

Apakah Anda memiliki hubungan baik dengan rekan kerja, senior, dan atasan? Apakah Anda merasa bisa berhasil dalam pekerjaan tanpa membina hubungan dengan orang-orang kantor? Anda yakin bisa sukses sendirian?

Ingatlah, jika Anda tidak memiliki hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan, maka mereka bisa berbalik merugikan karier Anda. Jika Anda belum bisa bergaul dengan baik dengan rekan di tempat kerja, mungkin ini memperbaiki semuanya sekarang.

Memperbaharui informasi tentang keahlian Anda

Kebanyakan karyawan secara tidak sadar membatasi pertumbuhan karier diri sendiri. Mereka tidak memperbaharui resume selama bertahun-tahun. Akibatnya, tidak ada orang yang tahu tentang pertumbuhan pengalaman dan keahlian mereka. Padahal, mereka punya akun media sosial profesional yang bisa menunjukkan peningkatan karier. Bila ingin ada perusahaan besar yang mengintip profil akun media sosial profesional Anda, maka segeralah memperbaharui informasi tentang diri sendiri. Pamerkan keahlian baru dan jabatan terkini Anda. Anda bisa membuat jadwal untuk menambah daftar keahlian di akun media sosial profesional setiap beberapa bulan sekali.

Perbaiki penampilan

Ternyata, cara berpakaian bisa memengaruhi karier Anda. Berdasarkan survei, sekitar 80 persen eksekutif mengatakan bahwa pakaian karyawan akan mempengaruhi kesempatan untuk mendapat promosi. Penelitian lain juga menemukan hubungan antara berpakaian dan kepercayaan diri pegawai serta peluang karier. Jadi, jika Anda ingin dianggap lebih serius, dan tidak ingin ditolak untuk mendapat peluang karier lebih baik, maka segeralah meng-upgrade lemari pakaian Anda.

 

(EGS)

 

Baca Juga