Kesehatan

Resolusi 2018: Diet Ketat Miliki Resiko Eating Disorder

Ada banyak dari kita yang ingin menurunkan berat badan secara cepat di tahun ini. Tapi apakah kita sudah mengontrol makanan yang kita makan dan berolahraga? Banyak orang yang lebih memilih jalan pintas agar berat badan berkurang banyak dalam waktu singkat. Ancamannya Anda dapat terkena eating disorder.

Eating disorder (kelainan kebiasaan makan) adalah suatu kelainan atau gangguan yang terjadi pada kebiasaan makan seseorang yang disebabkan oleh beberapa hal. Apakah kelainan ini berbahaya? Lalu, apa saja penyebab dan solusi dari eating disorder?

Menurut sebuah artikel yang dilansir pada situs nhs.uk, eating disorder diartikan sebagai kelainan yang terjadi pada kebiasaan makan seseorang yang diakibatkan oleh kekhawatiran orang tersebut akan bentuk tubuhnya. Kekhawatiran yang berlebih itulah yang menyebabkan orang – orang tersebut terobsesi menjaga bentuk tubuh mereka dengan berbagai cara yang malah membahayakan mereka.

Ada 2 jenis eating disorder yang paling banyak dikenal, meliputi:

  • Anorexia, kelainan yang membuat seseorang terobsesi akan berat badan yang sangat kecil sehingga membuat mereka rela kelaparan atau bahkan berolahraga berlebihan.
  • Bulimia, kelainan pada seseorang yang membuat dia memuntahkan setiap makanan yang telah dikonsumsi untuk menjaga berat badannya tidak berubah.

Penyebab terjadinya eating disorder diyakini sebagian besar diakibatkan oleh tekanan lingkungan sekitar. Tren hidup yang menggemari postur tinggi langsing membuat banyak orang mencemooh orang berpostur tubuh tambun. Namun, selain faktor sosial, beberapa faktor biologis diyakini ikut andil sebagai penyebab eating disorder.

Efek dari eating disorder adalah gangguan kesehatan yang harus diterapi panjang, tidak bisa menghadiri acara sosial seperti orang normal, berat badan tidak pernah ideal, mengganggu pekerjaan sehari-hari, memiliki gangguan jiwa lainnya (gampang cemas, depresi, dll)

Di samping eating disorder, juga terdapat masalah-masalah dan penyimpangan pola makan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan serta menimbulkan berbagai penyakit kesehatan, yaitu:

  • Social eater. Di sini Anda mudah terpengaruh godaan makan bersama lingkungan dan sulit menolak ajakan lingkungan.
  • Emotional eating. Perilaku menggunakan makanan sebagai pelarian dari emois negatif ataupun sebagai reward dan pembangkit emosi positif.
  • Yoyo syndrome, sulit mempertahankan penurunan berat badan yang konsisten.
  • Compulsive overeating, perilaku makan berlebih dan sulit mengendalikan diri terhadap makanan.

Keinginan memiliki postur tubuh proporsional itu sah – sah saja. Selain sebagai alasan mempercantik penampilan, bertubuh proporsional akan menghindarkan seseorang dari risiko terserang penyakit. Namun, Anda harus melakukan cara yang benar untuk mendapatkan postur yang proporsional yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat yang benar.

Berdasarkan data National Institute of Mental Heatlh di Amerika, 1 dari 60 remaja mengalami masalah makan dan diperkirakan 1,7% remaja mengalami gangguan makan atau eating disorder (ED). Bukan hanya itu, gangguan makan merupakan masalah mental dengan tinggat kematian yang tinggi. Setiap 62 menit paling tidak seseorang mengalami kematian karena gangguam makan. Lebih spesifiknya, 1 dari 5 pendeita anoreksia meninggal dunia.

Di Indonesia sendiri data angka penderita gangguan makan belum terdeteksi karena minimnya pemahaman terhadap masalah ini. Namun pasien yang datang berkunjung ke klinik dengan keluhan gangguan makan semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Salah satu hal yang membuat orang sulit untuk mengenali gejala gangguan makan adalah karena sering kali dianggap sebagaim masalah makan yang sepele, akan hilang, atau berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Sebaliknya, ED adalah gangguan yang dapat menetap dan terus mempengaruhi kehidupan seseorang apabila tidak segera dilakukan penanganan. Masalah gangguan makan sangat menyentuh aspek kepribadian, perilaku, kebiasaan, emosi, dan pola pikir seseorang. Jika perubahan hanya dilakukan sebatas pada pengetahuan mengenai pola makan, maka tidak akan pernah cukup. Karena itulah, penanganan yang terintegrasi dan terstruktur sangat diperlukan.

Berikut ini adalah terapi-terapi yang dianjurkan dan telah sukses mengatasi gangguan makan berdasarkan penelitian :

Family Behavior Therapy (FBT)

Salah satu terapi yang terbukti memiliki tingkat kesuksesan tinggi untuk menangani gangguan makan, khususnya untuk remaja dan anak-anak, adalah Family Behavior Therapy (FBT). Dalam terapi ini, seluruh keluarga dilibatkan sebagai proses pemulihan. Bagaimanapun juga remaja atau anak-anak masih sangat bergantung pada keluarga. Keluarga merupakan pusat kehidupan mereka. Bagi mereka, mencoba untuk melawan gangguan makan sendiri akan jauh lebih sulit dengan kepribadian yang belum matang dibandingkan dengan adanya dukungan dari seluruh keluarga. Proses terapi akan diikuti oleh seluruh anggota keluarga dengan supervisi dari psikolog.

Cognitive Behavior Therapy (CBT)

Penderita ED memiliki pola berpikir yang salah terhadap bagaimana memandang tubuh, penampilan, diri sendiri dan juga lingkungan. CBT memfokuskan pada modifikasi pola pikir agar perubahan perilaku dan emosi dapat tercapai.

Selain dua terapi tadi, masih ada terapi-terapi penunjang lain, seperti :

Hipnotherapi

Hipnoterapi memfokuskan pada perubahan alam bawah sadar yang berkontribusi pada munculnya kebiasaan-kebiasaan dan perilaku makan yang salah.

Relaksasi

Berlatih relaksasi diperlukan untuk dapat mengatasi emosi negatif yang berlebihan yang dapat memicu atau memperkuat gangguan makan serta membantu  melatih pegendalian diri dengan tepat.

Eating coaching

Merupakan pendampingan makan yang bertujuan untuk melatih cara makan yang tepat dan benar agar dapat mengatasi pola makan yang salah yang berkontribusi pada munculnya gangguan makan dan penyimpangan makan lainnya.

lightHOUSE Indonesia

Bagaimana cara mendapatkan layanan-layanan terapi tadi? Kebetulan selain menjadi Weight Control Center, lightHOUSE Indonesia juga merupakan Eating Disorder Center. Silahkan hubungi kontak di bawah ini.

Info lebih lanjut:
LightHOUSE Indonesia Weight Control & Eating Disorder Center
Kebayoran Baru, Cilandak, Sudirman, Thamrin, Kelapa Gading, BSD, Cibubur, PIK
Telp: 0812 8811 500
E-mail: info@lighthouse-indonesia.com
www.lighthouse-indonesia.com

(EGS)

Tags

 

Baca Juga

  • Kerjasama dengan Korlantas Polri, Telkomsel Hadirkan Live-Streaming 50 CCTV di Jalur Mudik lewat MAXstream

    Kerjasama dengan Korlantas Polri, Telkomsel Hadirkan Live-Streaming 50 CCTV di Jalur Mudik lewat MAXstream

    Untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi mudik, Telkomsel bekerjasama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) menghadirkan saluran Mudik Hepi 2019 di aplikasi MAXstream yang dapat diakses dari tanggal 27 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019 dengan tanpa biaya tambahan. Saluran Mudik Hepi 2019 di MAXstream menghadirkan pantauan keadaan jalur mudik melalui 50 CCTV […]
  • Samsung Galaxy M30 Pertama Kali Hadir Eksklusif di LazMall

    Samsung Galaxy M30 Pertama Kali Hadir Eksklusif di LazMall

    Samsung Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan salah satu varian dari line-up smartphone Galaxy M Series terbaru yakni Samsung M30 dengan mengusung 3X Max yakni maximal baterai berkapasitas 5.000mAh, maximal kamera yang dilengkapi dengan triple kamera untuk mendukung hasil foto terbaik, serta maximal layar dengan desain Infinity-U untuk pengalaman entertainment yang lebih memuaskan. Galaxy M30 dikemas […]
  • Solusi Keamanan Siber untuk Aplikasi Rapat Digital

    Solusi Keamanan Siber untuk Aplikasi Rapat Digital

    Imbauan bekerja di rumah (work from home/WFH) telah menggiring jutaan pekerja untuk menggunakan aplikasi layanan rapat maupun pertemuan online, sebagai dampak pandemik virus corona (Covid-19). Namun, lonjakan pengguna aplikasi rapat online justru memunculkan kekhawatiran terkait keamanan siber (cyber security) seiring meningkatnya kesadaran tentang privasi data pribadi. Kasus kebocoran data pribadi dan serangan siber yang sebelumnya […]
  • Made Yogi Dwiyana Utama Meraih Predikat Mahasiswa Terberprestasi di acara MONSTER 2017 di PKN STAN

    Made Yogi Dwiyana Utama Meraih Predikat Mahasiswa Terberprestasi di acara MONSTER 2017 di PKN STAN

    Terlahir dari Bapak, dosen peternakan dan Ibu yang menjadi dosen manajemen di Universitas Udayana, Made mewarisi kecerdasan dari sang orang tua. Yang mengagumkan orang tua tidak memaksakan anak-anaknya untuk menekuni bidang yang sama. Made tidak tertarik untuk mendalami dunia peternakan maupun manajemen yang ditekuni orang tuanya. Sejak lama Made memiliki passion di bidang ekonomi makro, […]
  • RSPAD Gatot Soebroto Manfaatkan Teknologi Huawei Video Conference System untuk Lawan Covid-19

    RSPAD Gatot Soebroto Manfaatkan Teknologi Huawei Video Conference System untuk Lawan Covid-19

    Teknologi Huawei kembali dipercaya oleh dunia kesehatan Indonesia untuk mendukung upaya mereka melawan penyebaran Covid-19. Kali ini, dunia kesehatan Indonesia, tepatnya Rumah Sakit Kepresidenan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto akan memanfaatkan teknologi Video Conference System yang dikembangkan oleh Huawei. Sistem tersebut hadir di RSPAD Gatot Soebroto mulai 17 April 2020. Solusi video […]
  • Grab dan Puskopau Hadirkan Layanan Transportasi Online Resmi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo

    Grab dan Puskopau Hadirkan Layanan Transportasi Online Resmi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, bersama Pusat Koperasi Angkatan Udara (Puskopau) Lanud Adi Soemarmo, hari ini mengumumkan kerja sama strategisnya dalam memperkuat akses transportasi bagi penumpang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Solo. Grab menjadi perusahaan ride-hailing pertama yang secara resmi bekerja sama dengan otoritas bandara di Solo untuk memudahkan mobilitas wisatawan dalam […]
  • Therapy Zone, Pijat ‘Tune Up’ Untuk mengembalikan Berbagai Kondisi Tubuh

    Therapy Zone, Pijat ‘Tune Up’ Untuk mengembalikan Berbagai Kondisi Tubuh

    Tubuh manusia ibarat sebuah mesin yang tersusun atas berbagai bagian dan komponen yang bekerja dalam berbagai sistem yang menciptakan harmonisasi. Adanya satu masalah di satu bagian akan mempengaruhi sistem yang lebih besar, tidak menutup kemungkinan keseluruhan sistem akan terganggu. Setelah sekian puluh tahun keseluruhan sistem bekerja tanpa henti, sangat mungkin terjadi kerusakan atau kelemahan dalam satu […]
  • Kerja Sama IM3 Ooredoo dengan Snap.Inc

    Kerja Sama IM3 Ooredoo dengan Snap.Inc

    IM3 Ooredoo dan Snap Inc. mengumumkan kerja sama dengan memberikan kesempatan bagi Snapchatters untuk menampilkan kreativitas mereka serta berkomunikasi lebih bebas dengan teman dekat dan keluarga. Pelanggan IM3 Ooredoo akan mendapatkan benefit paket internet terbaru dan bonus 5GB kuota internet untuk akses Snapchat yang bisa diperoleh melalui aplikasi myIM3, serta mengakses lensa Augmented Reality untuk […]
  • Maxx Coffee Gandeng Grabfood untuk Layanan Pesan-Antar Makanan & Minuman

    Maxx Coffee Gandeng Grabfood untuk Layanan Pesan-Antar Makanan & Minuman

    MAXX Coffee, jaringan coffee shop lokal berstandar internasional terbesar di Indonesia, mengumumkan kerja sama dengan Grab, online-to-offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, dimana GrabFood akan menjadi layanan pesan-antar makanan & minuman utama untuk MAXX Coffee. Kerja sama ini diharapkan dapat mendekatkan MAXX Coffee dengan pelanggannya dan dapat memenuhi kebutuhan mereka akan kopi yang […]
  • Citilink Indonesia Akan Berlakukan Ketentuan Bagasi Baru bagi Penumpang Penerbangan Domestik

    Citilink Indonesia Akan Berlakukan Ketentuan Bagasi Baru bagi Penumpang Penerbangan Domestik

    Maskapai Berbiaya Hemat (LCC) Citilink Indonesia akan memberlakukan ketentuan baru untuk penumpangnya yang hendak bepergian dengan membawa bagasi tercatat pada rute-rute penerbangan domestik. “Ketentuan yang akan diberlakukan untuk bagasi tercatat penumpang merupakan penyesuaian dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 185 Tahun 2015 mengenai Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi,” kata Pjs. VP Sales & […]
  • 3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Gerai ke-56 Bakso Boedjangan Bintaro Sektor 7

    3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Gerai ke-56 Bakso Boedjangan Bintaro Sektor 7

    Semakin dekat dengan pecinta bakso, kini Bakso Boedjangan ke- 56 sudah hadir di Sektor 7 Bintaro sejak 10 Mei 2019 lalu. Bakso Boedjangan menjadi tempat lengkap buat ngebakso Siapa sih yang tidak pernah “ngidam” bakso? Apalagi bakso yang dilengkapi dengan berbagai macam isian yang favorit banget! Nah, sekarang buat kamu yang tinggal di Bintaro dan […]
  • Foto : Yang Tersisa dari GIIAS 2018

    Foto : Yang Tersisa dari GIIAS 2018

    Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung sejak 2-12 Agustus 2018, telah berakhir. Di ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini berbagai merek mobil maupun sepeda motor berlomba menggoda pengunjung untuk mampir ke booth-nya, syukur-syukur melakukan pembelian produk-produknya. Info Bintaro tidak ketinggalan meliput acara yang menjadi fokus masyarakat Indonesia selama 11 hari […]
  • AirAsia Luncurkan Program Penggalangan Dana #ToIDwithlove untuk Indonesia

    AirAsia Luncurkan Program Penggalangan Dana #ToIDwithlove untuk Indonesia

    AirAsia meluncurkan program penggalangan dana untuk memberikan bantuan bagi masyarakat Palu yang tertimpa musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami pada 28 September 2018 lalu. Program #ToIDwithLove berlangsung mulai hari ini hingga 31 Oktober 2018, dengan maksud untuk mengumpulkan donasi yang akan disalurkan melalui Yayasan Arkom Indonesia guna membangun kembali dan meningkatkan ketahanan bencana wilayah […]
  • Bank DBS Indonesia Menjadi yang Pertama di Indonesia dalam Meluncurkan Layanan Transaksi Cross-Border Nasabah Korporasi

    Bank DBS Indonesia Menjadi yang Pertama di Indonesia dalam Meluncurkan Layanan Transaksi Cross-Border Nasabah Korporasi

    Perkembangan teknologi mendorong sektor keuangan dan perbankan untuk melakukan transformasi digital dalam memenuhi kebutuhan nasabah. Sebagai bank yang senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan solusi dan inovasi perbankan, pada awal November 2020, Bank DBS Indonesia menjadi bank pertama di Indonesia yang meluncurkan sistem pelacakan daring cross-border untuk transaksi masuk bagi nasabah korporasi. Layanan ini merupakan pelengkap dari […]
  • Foto : Taman Wisata Lembah Hijau, Tempat Wisata Bernuansa Alam di Bandar Lampung

    Foto : Taman Wisata Lembah Hijau, Tempat Wisata Bernuansa Alam di Bandar Lampung

    Bertandang untuk habiskan masa liburan di Provinsi Lampung, ada baiknya Anda sempatkan waktu ke Taman Wisata Lembah Hijau di Bandar Lampung. Lokasi ini merupakan pionir wisata alam yang ada di Bumi Ruwa Jurai. Taman Wisata Lembah Hijau adalah taman wisata keluarga berorentasi lingkungan yang memadukan rekreasi, nuansa kesegaran alam nan hijau dan pengetahuan. Berdiri diatas […]
  • Dell Luncurkan Jajaran Terbaru XPS 15 Tertipis dan Terkecil

    Dell Luncurkan Jajaran Terbaru XPS 15 Tertipis dan Terkecil

    Dell Indonesia resmi meluncurkan Dell XPS 15 2-in-1 dan XPS 15 terbaru. Lini produk Dell XPS yang adalah jajaran terbaik di kelasnya, menawarkan perpaduan antara gaya, kemewahan dan kinerja. Perangkat XPS terbaru ini menghadirkan sejumlah terobosan “pertama” dan “terbaik” di kelasnya masing-masing – dari sisi terobosan penampilan, keunggulan layar, daya tahan baterai dan masih banyak […]
  • First Klaz Menjadi Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

    First Klaz Menjadi Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

    PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, terus menghadirkan program-program yang dapat mendukung berbagai langkah preventif yang dilakukan di tengah krisis pandemi ini. Dalam rangkaian kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, sebagai upaya untuk mendukung produktivitas di rumah, terutama terkait dengan kebijakan pemerintah untuk menerapkan metode belajar online, First Klaz produk milik First Media Business, menjadi […]
  • Mulai Hot Selling Day Vivo V15, Vivo Tawarkan Paket Garansi dan Promosi Khusus hingga 2 Tahun

    Mulai Hot Selling Day Vivo V15, Vivo Tawarkan Paket Garansi dan Promosi Khusus hingga 2 Tahun

    Mulai Selasa (12/3), Vivo V15 yang hadir dengan rangkaian fitur unggulan pada kamera dan desain sudah bisa didapatkan langsung di omni-channel baik di gerai resmi dan mitra ritel vivo yang tersebar di seluruh Indonesia maupun di official online store vivo yaitu: Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Dipasarkan dengan harga resmi Rp4.399.000, vivo melengkapi […]
  • Grab Luncurkan Layanan GrabExpress Car dan Fitur Grabexpress Nalangin

    Grab Luncurkan Layanan GrabExpress Car dan Fitur Grabexpress Nalangin

    Grab, online-to-offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, memperkenalkan dua layanan terbaru dari GrabExpress yaitu GrabExpress Car dan fitur GrabExpress Nalangin, untuk mendukung pertumbuhan bisnis wirausahawan mikro di Tanah Air melalui penyediaan layanan pengiriman barang yang semakin mudah, cepat, dan nyaman. Pelanggan dan merchant kini memiliki pilihan baru yang dapat mengakomodir kebutuhan mereka, khususnya […]
  • Pengoperasian Kembali Penerbangan Berjadwal AirAsia Indonesia

    Pengoperasian Kembali Penerbangan Berjadwal AirAsia Indonesia

    Sehubungan dengan alasan operasional dan perkembangan pembatasan perjalanan, AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) akan menyesuaikan rencana pengoperasian kembali penerbangan berjadwal, yang kini akan dimulai secara bertahap pada rute tertentu mulai tanggal 19 Juni 2020. AirAsia Indonesia akan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan penerbangan berjadwalnya. AirAsia […]