Kesehatan

Resolusi 2018: Diet Ketat Miliki Resiko Eating Disorder

Ada banyak dari kita yang ingin menurunkan berat badan secara cepat di tahun ini. Tapi apakah kita sudah mengontrol makanan yang kita makan dan berolahraga? Banyak orang yang lebih memilih jalan pintas agar berat badan berkurang banyak dalam waktu singkat. Ancamannya Anda dapat terkena eating disorder.

Eating disorder (kelainan kebiasaan makan) adalah suatu kelainan atau gangguan yang terjadi pada kebiasaan makan seseorang yang disebabkan oleh beberapa hal. Apakah kelainan ini berbahaya? Lalu, apa saja penyebab dan solusi dari eating disorder?

Menurut sebuah artikel yang dilansir pada situs nhs.uk, eating disorder diartikan sebagai kelainan yang terjadi pada kebiasaan makan seseorang yang diakibatkan oleh kekhawatiran orang tersebut akan bentuk tubuhnya. Kekhawatiran yang berlebih itulah yang menyebabkan orang – orang tersebut terobsesi menjaga bentuk tubuh mereka dengan berbagai cara yang malah membahayakan mereka.

Ada 2 jenis eating disorder yang paling banyak dikenal, meliputi:

  • Anorexia, kelainan yang membuat seseorang terobsesi akan berat badan yang sangat kecil sehingga membuat mereka rela kelaparan atau bahkan berolahraga berlebihan.
  • Bulimia, kelainan pada seseorang yang membuat dia memuntahkan setiap makanan yang telah dikonsumsi untuk menjaga berat badannya tidak berubah.

Penyebab terjadinya eating disorder diyakini sebagian besar diakibatkan oleh tekanan lingkungan sekitar. Tren hidup yang menggemari postur tinggi langsing membuat banyak orang mencemooh orang berpostur tubuh tambun. Namun, selain faktor sosial, beberapa faktor biologis diyakini ikut andil sebagai penyebab eating disorder.

Efek dari eating disorder adalah gangguan kesehatan yang harus diterapi panjang, tidak bisa menghadiri acara sosial seperti orang normal, berat badan tidak pernah ideal, mengganggu pekerjaan sehari-hari, memiliki gangguan jiwa lainnya (gampang cemas, depresi, dll)

Di samping eating disorder, juga terdapat masalah-masalah dan penyimpangan pola makan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan serta menimbulkan berbagai penyakit kesehatan, yaitu:

  • Social eater. Di sini Anda mudah terpengaruh godaan makan bersama lingkungan dan sulit menolak ajakan lingkungan.
  • Emotional eating. Perilaku menggunakan makanan sebagai pelarian dari emois negatif ataupun sebagai reward dan pembangkit emosi positif.
  • Yoyo syndrome, sulit mempertahankan penurunan berat badan yang konsisten.
  • Compulsive overeating, perilaku makan berlebih dan sulit mengendalikan diri terhadap makanan.

Keinginan memiliki postur tubuh proporsional itu sah – sah saja. Selain sebagai alasan mempercantik penampilan, bertubuh proporsional akan menghindarkan seseorang dari risiko terserang penyakit. Namun, Anda harus melakukan cara yang benar untuk mendapatkan postur yang proporsional yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat yang benar.

Berdasarkan data National Institute of Mental Heatlh di Amerika, 1 dari 60 remaja mengalami masalah makan dan diperkirakan 1,7% remaja mengalami gangguan makan atau eating disorder (ED). Bukan hanya itu, gangguan makan merupakan masalah mental dengan tinggat kematian yang tinggi. Setiap 62 menit paling tidak seseorang mengalami kematian karena gangguam makan. Lebih spesifiknya, 1 dari 5 pendeita anoreksia meninggal dunia.

Di Indonesia sendiri data angka penderita gangguan makan belum terdeteksi karena minimnya pemahaman terhadap masalah ini. Namun pasien yang datang berkunjung ke klinik dengan keluhan gangguan makan semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Salah satu hal yang membuat orang sulit untuk mengenali gejala gangguan makan adalah karena sering kali dianggap sebagaim masalah makan yang sepele, akan hilang, atau berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Sebaliknya, ED adalah gangguan yang dapat menetap dan terus mempengaruhi kehidupan seseorang apabila tidak segera dilakukan penanganan. Masalah gangguan makan sangat menyentuh aspek kepribadian, perilaku, kebiasaan, emosi, dan pola pikir seseorang. Jika perubahan hanya dilakukan sebatas pada pengetahuan mengenai pola makan, maka tidak akan pernah cukup. Karena itulah, penanganan yang terintegrasi dan terstruktur sangat diperlukan.

Berikut ini adalah terapi-terapi yang dianjurkan dan telah sukses mengatasi gangguan makan berdasarkan penelitian :

BACA JUGA  Memahami Obesitas dan Cara Mengatasinya - Seminar Awam RS Omni Alam Sutera

Family Behavior Therapy (FBT)

Salah satu terapi yang terbukti memiliki tingkat kesuksesan tinggi untuk menangani gangguan makan, khususnya untuk remaja dan anak-anak, adalah Family Behavior Therapy (FBT). Dalam terapi ini, seluruh keluarga dilibatkan sebagai proses pemulihan. Bagaimanapun juga remaja atau anak-anak masih sangat bergantung pada keluarga. Keluarga merupakan pusat kehidupan mereka. Bagi mereka, mencoba untuk melawan gangguan makan sendiri akan jauh lebih sulit dengan kepribadian yang belum matang dibandingkan dengan adanya dukungan dari seluruh keluarga. Proses terapi akan diikuti oleh seluruh anggota keluarga dengan supervisi dari psikolog.

Cognitive Behavior Therapy (CBT)

Penderita ED memiliki pola berpikir yang salah terhadap bagaimana memandang tubuh, penampilan, diri sendiri dan juga lingkungan. CBT memfokuskan pada modifikasi pola pikir agar perubahan perilaku dan emosi dapat tercapai.

Selain dua terapi tadi, masih ada terapi-terapi penunjang lain, seperti :

Hipnotherapi

Hipnoterapi memfokuskan pada perubahan alam bawah sadar yang berkontribusi pada munculnya kebiasaan-kebiasaan dan perilaku makan yang salah.

Relaksasi

Berlatih relaksasi diperlukan untuk dapat mengatasi emosi negatif yang berlebihan yang dapat memicu atau memperkuat gangguan makan serta membantu  melatih pegendalian diri dengan tepat.

Eating coaching

Merupakan pendampingan makan yang bertujuan untuk melatih cara makan yang tepat dan benar agar dapat mengatasi pola makan yang salah yang berkontribusi pada munculnya gangguan makan dan penyimpangan makan lainnya.

lightHOUSE Indonesia

Bagaimana cara mendapatkan layanan-layanan terapi tadi? Kebetulan selain menjadi Weight Control Center, lightHOUSE Indonesia juga merupakan Eating Disorder Center. Silahkan hubungi kontak di bawah ini.

Info lebih lanjut:
LightHOUSE Indonesia Weight Control & Eating Disorder Center
Kebayoran Baru, Cilandak, Sudirman, Thamrin, Kelapa Gading, BSD, Cibubur, PIK
Telp: 0812 8811 500
E-mail: info@lighthouse-indonesia.com
www.lighthouse-indonesia.com

(EGS)

 

Baca Juga

  • Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan

    Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan

    Kita sering mendengar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Namun sayangnya peran serta pemerintah belum banyak dirasakan oleh pelaku-pelaku ekonomi yang menempati porsi terbesar dalam menggerakan perekonomian, bahkan di saat kondisi ekonomi global mengalami penurunan seperti saat ini, usaha-usaha kerakyatan tetap bergerak dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang tidak […]
  • Bila Hobi Dapat Membuat Persaudaraan : Corolla E80 Community Jakarta

    Bila Hobi Dapat Membuat Persaudaraan : Corolla E80 Community Jakarta

    Kesamaan minat seringkali dapat membuat orang-orang yang tadinya tidak saling mengenal menjadi bersahabat, bahkan sudah seperti saudara. Hal inilah yang terjadi pada para anggota Corolla E80 Community Jakarta, sebuah komunitas penggemar mobil Toyota Corolla E80 lawas. Toyota Corolla E80 merupakan model mobil sedan besutan Toyota yang diproduksi dari rentang waktu 1983 – 1987. Merupakan generasi […]
  • Majapahit Nusantara Secondary School, Memfasilitasi Siswa Menjadi Lebih Aktif di Usia Mudanya

    Majapahit Nusantara Secondary School, Memfasilitasi Siswa Menjadi Lebih Aktif di Usia Mudanya

    Proses perkembangan seseorang dimulai dari usia dini. Lingkungan merupakan faktor yang sangat berperan membangun seseorang menjadi pribadi yang unggul, tidak saja dari sisi kecerdasannya namun kemampuannya dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapinya sekaligus membuat berbagai terobosan yang membawa dampak bagi lingkungannya. Pendidikan merupakan jembatan emas untuk membawa seseorang menuju kehidupan yang lebih baik. Namun kita […]
  • Wujud Nyata Komitmen Indosat Ooredoo Pada Pendidikan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Indonesia

    Wujud Nyata Komitmen Indosat Ooredoo Pada Pendidikan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Indonesia

    Indosat Ooredoo, dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan, memberikan donasi 1.400 komputer untuk mendukung pendidikan dan pemberdayaan sumber daya manusia di Indonesia. Hal ini sejalan dengan dua pilar pada program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Indosat Ooredoo yaitu pilar Edukasi dan pilar Pengembangan Komunitas. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan sumber daya […]
  • Nikmatnya Perjalanan Stasiun Jurangmangu – Tanah Abang Dengan Commuter Line

    Nikmatnya Perjalanan Stasiun Jurangmangu – Tanah Abang Dengan Commuter Line

    Perbaikan transportasi publik seperti commuter line menjadi fokus pemerintah. Info Bintaro mencoba melakukan perjalanan dari Stasiun Jurangmangu menuju Stasiun Tanah Abang dengan menggunakan commuter line. Berikut pengalamannya.   (ES) Berita Terkait:Ingin Mengundang WWF Panda Mobile Hadir ke Tempat Anda?Stasiun Pondok Ranji Riwayatmu KiniMencoba Rute Trans Jakarta Blok M - Bintaro Rute 8E : Blok M […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro  Kafe Ala Bikers Carburator Springs!

    Tempat Nongkrong di Bintaro Kafe Ala Bikers Carburator Springs!

    INFOBINTARO – Mencari tempat nongkrong di Bintaro yang tidak biasa? Maka artikel ini mungkin akan menjadi salah satu referensi kalian para sobat IB. Walaupun mungkin sudah banyak sobat IB yang mengetahui mengenai Carburator Springs, namun tidak ada salahya bila IB kembali mereview sedikit mengenai kafe unik satu ini. Tempat Nongkrong di Bintaro Dengan Dekorasi Motor […]
  • Cari Minatmu, Rencanakan Suksesmu! Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank – Bxperience

    Cari Minatmu, Rencanakan Suksesmu! Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank – Bxperience

    Selesai kuliah, mau ambil S-2, liburan bersama teman, atau langsung bekerja? Menikah atau malah buka coffee shop? Semuanya butuh rencana dan dana. Tapi sebelumnya, apa sih yang kamu cari dalam hidup? Apa ambisimu dan bagaimana membiayainya? Bagi kamu yang sedang di persimpangan jalan, baik mahasisiwi, perempuan pekerja, ibu rumah tangga atau apapun yang sekarang sedang kamu […]
  • Alasan Kenapa Dual Pop-Up Selfie Camera Vivo V17 Pro Patut Kamu Coba

    Alasan Kenapa Dual Pop-Up Selfie Camera Vivo V17 Pro Patut Kamu Coba

    Maraknya tren swafoto di masyarakat mendorong vivo untuk terus melakukan inovasi pada kamera depan (selfie camera). Mengusung beragam fitur inovatif yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen muda yang aktif, vivo melalui seri flagship terbarunya V17 Pro menjadi pionir dalam menghadirkan inovasi Dual Pop-Up Selfie Camera pertama di dunia. Dual Pop-Up Selfie Camera pada vivo V17 […]
  • Cicipi Bebek Kekinian Dengan Sambal yang Heboh di Bebek Ja N da

    Cicipi Bebek Kekinian Dengan Sambal yang Heboh di Bebek Ja N da

    Bebek Ja N da merupakan singkatan Jawa dan Sunda. Di sini Anda dapat menikmati perpaduan cita rasa dari bumbu khas Jawa N Sunda yang menyatu di setiap gigitan, yang akan buat ketagihan dan tidak akan merasa bosan. Keunggulan dari tempat kuliner ini adalah bebek gorengnya yang makyus. Biasanya bebek goreng yang lezat dimasak dengan daun salam, […]
  • Tips Menjaga Kesegaran Daging di Freezer Selama Mudik

    Tips Menjaga Kesegaran Daging di Freezer Selama Mudik

    Lebaran sudah tiba. Bagi Anda yang mudik, simak tip-tips berikut. Sebagian dari kita ada yang menggunakan transportasi umum, namun ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi. Sebagian besar tiket kereta api, pesawat maupun bis sudah habis terjual. Bahkan awal bulan Ramadhan lalu PT. Kereta Api Indonesia sudah mengumumkan tiket yang mereka jual sejak H-90 menjelang lebaran […]
  • Kolaborasi Inggris-Indonesia Hadirkan Pagelaran Mode Inklusif di Jakarta Fashion Week

    Kolaborasi Inggris-Indonesia Hadirkan Pagelaran Mode Inklusif di Jakarta Fashion Week

    British Council, organisasi internasional Inggris untuk hubungan budaya dan kesempatan pendidikan, menghadirkan pergelaran mode inklusif hasil kolaborasi desainer Inggris-Indonesia, Teatum Jones dan Sean Sheila, di Jakarta Fashion Week, Minggu 21 Oktober 2018. Pergelaran mode ini merupakan puncak kolaborasi para desainer setelah sebelumnya terlibat dalam sejumlah kegiatan termasuk dalam pelaksanaan lokakarya bersama fotografer mode Hilarius Jason […]
  • HP Mempercepat Peningkatan Kualitas Pendidikan untuk Tenaga Kerja Masa Depan Indonesia

    HP Mempercepat Peningkatan Kualitas Pendidikan untuk Tenaga Kerja Masa Depan Indonesia

    HP menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui berbagai inovasi pada acara Konvensi Nasional ke-4 Perkumpulan Sekolah SPK1 Indonesia. Di sisi lain, HP juga mengumumkan inovasi terbaru dengan menggabungkan pengetahuan lokal, dampak sosial dan kemitraan. Inovasi ini memberikan fasilitas pembelajaran secara inklusif melalui teknologi. Sebagaimana diketahui, Kementerian Perindustrian telah merancang Making Indonesia 4.0, […]
  • Cegah Penyebaran Virus Corona, Oppo Sarankan Pengguna Bersihkan Smartphone

    Cegah Penyebaran Virus Corona, Oppo Sarankan Pengguna Bersihkan Smartphone

    Penyebaran virus Corona atau novel coronavirus (SARS-CoV-2 atau Covid-19) yang masif dan meluas hingga ke Indonesia patut untuk diwaspadai. OPPO turut mengkampanyekan pola hidup sehat salah satunya dalam hal merawat smartphone agar senantiasa bersih dan bebas dari kuman. “Sebaiknya kita tetap tidak panik terhadap adanya kasus virus Corona, justru sebaliknya harus memulai pencegahan dari diri […]
  • ICEperience Destination Unknown: Event Dengan Tempat Rahasia Pertama di Tangerang

    ICEperience Destination Unknown: Event Dengan Tempat Rahasia Pertama di Tangerang

    CLIQUE sebagai salah satu lifestyle destination yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang, kembali melakukan gebrakan dengan membuat satu kegiatan bertajuk “ICEperience Destination Unknown”, sebuah acara dengan tempat tujuan rahasia pertama di Tangerang. Kegiatan ini pastinya sangat dinantikan oleh para party-goers Serpong, Tangerang, dan sekitarnya. Mengusung konsep rahasia, acara ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berbeda bagi […]
  • Samsung Umumkan Pemenang “Best Of 2018” Galaxy Apps Awards

    Samsung Umumkan Pemenang “Best Of 2018” Galaxy Apps Awards

    Samsung Electronics America, Inc. mengumumkan “Best of 2018” Galaxy Apps Awards yang pertama, memberikan pengakuan pada para kreator di balik aplikasi paling inovatif dan populer di Galaxy Apps Store. Di panggung Samsung Developer Conference, pemenang dari lima kategori menerima penghargaan ini dalam upacara penganugerahan khusus. Melalui “Best of 2018” Awards, Samsung menghargai kreator independen unggul […]
  • Maxx Coffee Gandeng Grabfood untuk Layanan Pesan-Antar Makanan & Minuman

    Maxx Coffee Gandeng Grabfood untuk Layanan Pesan-Antar Makanan & Minuman

    MAXX Coffee, jaringan coffee shop lokal berstandar internasional terbesar di Indonesia, mengumumkan kerja sama dengan Grab, online-to-offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, dimana GrabFood akan menjadi layanan pesan-antar makanan & minuman utama untuk MAXX Coffee. Kerja sama ini diharapkan dapat mendekatkan MAXX Coffee dengan pelanggannya dan dapat memenuhi kebutuhan mereka akan kopi yang […]
  • Kemitraan Strategis HOOQ & IM3 Ooredoo Berikan Penawaran Istimewa untuk Pecinta Film di Indonesia

    Kemitraan Strategis HOOQ & IM3 Ooredoo Berikan Penawaran Istimewa untuk Pecinta Film di Indonesia

    HOOQ, layanan video-on-demand pertama dan terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan Indosat Ooredoo, melalui IM3 Ooredoo. Penyedia layanan streaming video dan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia ini bekerjasama memberikan penawaran istimewa untuk para pelanggannya, guna menyajikan berbagai konten film dan serial berkualitas dari Indonesia, Asia, dan juga Hollywood. Para penikmat film […]
  • Berencana Beli AC? Simak Hal-Hal Berikut

    Berencana Beli AC? Simak Hal-Hal Berikut

    Penggunaan AC di negara beriklim tropis seperti Indonesia sudah merupakan kebutuhan penting. Tingginya suhu udara dengan kelembabannya membuat AC menjadi solusi utama dan paling gampang untuk membuat ruangan menjadi nyaman. Di pasaran beredar berbagai macam merek AC beserta ukurannya. Sebagai konsumen kita dimanjakan dengan mudahnya memperoleh AC untuk kebutuhan kita. Namun sebagai konsumen awam kita […]
  • Parcel Rumah I’m Star dari Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

    Parcel Rumah I’m Star dari Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

    NATAL & LIBURAN hampir tiba… Rumah I’m Star – Rumah kerja bagi warga negara berkebutuhan khusus, menyediakan parcel menarik berisi makanan ringan – untuk mengungkapkan tanda kasih maupun rasa terimakasih kepada teman2 tersayang dan keluarga tercinta… Order via WA: 0813 1724 9900 sampai tgl 30 Desember 2017 (selama persediaan masih ada) Berita Terkait:Layanan Prima Menghadapi […]
  • Peningkatan Transaksi di Shopee Big Ramadhan Sale hingga 500% Dibandingkan Tahun Lalu

    Peningkatan Transaksi di Shopee Big Ramadhan Sale hingga 500% Dibandingkan Tahun Lalu

    Kemeriahan Big Ramadhan Sale berhasil menjadikan Shopee sebagai destinasi belanja online nomor satu di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa maupun jelang Lebaran. Sepanjang Ramadhan, Shopee mengalami peningkatan yang signifikan baik dari segi transaksi maupun kunjungan. Momen ini juga berimbas pada tingginya angka donasi di dalam aplikasi dalam kampanye #MemberiDariHati yang disalurkan melalui Baznas […]