Rab. Okt 16th, 2019

Resolusi 2018 : Apakah Anda Mau Pindah Jalur Karir?

Biasanya di awal tahun, kita melakukan evaluasi dan penetapan resolusi. Salah satu resolusi yang biasa Anda buat adalah terkait pekerjaan Anda. Bisa saja kenaikan gaji, berganti pekerjaan, kenaikan jenjang karir atau bahkan pindah jalur karir. Untuk kenaikan gaji, berganti pekerjaan dan kenaikan jenjang karir biasanya akan ditetapkan berdasarkan atas prestasi pekerjaan yang dibuat pada tahun-tahun ke belakang. Semakin baik prestasi, tentunya kenaikan gaji atau jenjang karir akan semakin mudah tercapai. Namun berbeda dengan ketika Anda memilih untuk pindah jalur karir.

Pindah jalur karir dan pindah jenjang karir adalah sesuatu serupa tapi tak sama. Ketika Anda memutuskan untuk pindah jenjang karir atau pindah tempat kerja, biasanya faktor yang mendukung adalah lebih ke faktor eksternal. Contoh faktor eksternal tersebut adalah gaji yang tidak sesuai, lingkungan kerja yang tidak nyaman, atasan yang tidak koperatif atau hal-hal lain yang berasal dari kantor atau pekerjaan itu sendiri. Sedangkan untuk pindah jalur karir, dorongan faktor internal seperti passion lah yang lebih banyak mempengaruhi.

Ya, passion adalah faktor utama yang membuat banyak orang melakukan perpindahan jalur karir. Mungkin di antara rekan kerja Anda ada yang memutuskan berhenti kerja lalu ia membuka toko online. Atau, ada yang rekan kerja Anda yang tadinya seorang akuntan, ketika ia pindah kerja, ia memutuskan menjadi seorang fotografer. Hal tersebut sebenarnya lumrah dalam dunia kerja. Karena setiap orang memang memiliki passion yang berbeda-beda. Namun, mengubah jalur karir tidak semudah ketika Anda memutuskan resign dan pindah kantor. Ada hal-hal perlu Anda pertimbangkan, ketika Anda memang memilih untuk pindah jalur karir. Simak tips dari QERJA berikut ini:

Jangan Hanya Mengikuti Passion

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, passion memang menjadi faktor utama seorang pekerja untuk melakukan perpindahan jalur karir. Namun passion adalah sesuatu yang abstrak baik dalam kehidupan atau dunia kerja. Passion tidak dapat diukur secara pasti dari mana datangnya. Satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah passion Anda tersebut sesuai dengan kepribadian, skill dan kemampuan Anda saat ini.

BACA JUGA  Tips Aman Belanja Online Saat Harbolnas

Melihat Pasar Tenaga Kerja

Tidak bisa dipungkiri, setiap pekerjaan yang ada saat ini adalah dimaksudkan untuk memenuhi pasar tenaga kerja. Pasar tenaga kerja menentukan sebanyak apa pekerjaan yang tersedia untuk bidang tertentu. Sebelum Anda memutuskan untuk pindah jalur karir dan mengikuti passion Anda, sebaiknya Anda bertanya pada konsultan karir atau mengecek situs job listing seperti Jobstreet atau JobsDB. Di situ Anda bisa melihat apakah banyak pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda.

Mempertimbangkan Masa Depan

Sama seperti Anda memutuskan untuk resign dan berganti tempat kerja, ketika Anda memutuskan perpindahan jalur karir, Anda pun juga harus mempertimbangka masa depan Anda di jalur karir Anda yang baru. Berapa gaji yang ditawarkan? Benefit apa yang Anda dapatkan selain gaji? Bagaimana jenjang karir baru Anda tersebut? Anda bisa bertanya pada konsultan karir Anda untuk hal tersebut atau Anda juga bisa mengecek bagaimana gaji serta benefit yang diterima di situs ulasan gaji dan perusahaan. Di sini Anda bisa melihat banyak ulasan gaji, pekerjaan dan perusahaan secara lengkap sehingga Anda dapat meyakinkan diri untuk pindah jalur karir mengejar passion Anda.

Meningkatkan Skill & Kemampuan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengejar passion berarti Anda harus siap untuk meng-upgrade skill Anda sehingga Anda memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk menjalani karir baru Anda. Mengejar passion tidak hanya sekedar mengejar keinginan, tetapi juga mengejar kemampuan dan skill.

Memantapkan Diri Sendiri

Jika Anda sudah yakin dengan skill, kemampuan dan proyeksi masa depan dengan mengikuti passion Anda, selanjutnya Anda harus meyakinkan diri apakah passion Anda ini hanya sesaat atau Anda dapat mempertahankannya. Karena bisa saja passion itu bisa bersifat sementara dan bisa berubah setiap saat. Jika Anda hanya mengikuti trend yang ada, bisa saja nanti Anda jadi bosan sama seperti ketika Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini. Selamat menetapkan resolusi Anda di tahun baru ini.

 

(EGS)

 

Baca Juga