Universitas Pembangunan Jaya

Remaja dan Body Image

Ketika seseorang memasuki periode remaja, yaitu antara 11-20 tahun, maka terhitung sejak pubertas ia mulai menjalani transisi menuju kedewasaan dan menjalani tugas perkembangan mencari identitas, menjalin hubungan sosial dan memperoleh kemandirian. Proses membangun citra tubuh (body image) termasuk di dalam tugas tersebut. Hal ini karena pada tingkatan usia remaja, mereka masih memiliki pandangan yang sangat subjektif mengenai dunia, seperti belum bisa menerima dengan baik sudut pandang orang lain termasuk pandangan mengenai bentuk tubuh ideal yang seharusnya dimiliki.

Body image sendiri merupakan penilaian dan perasaan seseorang tentang bentuk dan ukuran tubuhnya sendiri berdasarkan penilaian pribadi maupun orang lain. Hal ini dipengaruhi banyak faktor, antara lain usia, jenis kelamin, media massa, teman sebaya, dan orang tua. Remaja dengan body image positif lebih mudah menerima keadaan tubuhnya dan cenderung lebih percaya diri; sebaliknya mereka yang memiliki body image negatif berpotensi terhambat menjalin hubungan dengan orang lain.

Body image positif sangat penting bagi remaja terutama remaja perempuan karena dapat memberikan perasaan nyaman terhadap tubuh sendiri dan lebih mudah diterima kelompok sosial. Mereka mempercayai bahwa penampilan yang baik atau body image positif merupakan hal yang menentukan dirinya diterima atau tidak oleh lingkungan. Pada masa ini, remaja memiliki kesadaran mengenai tubuh dan cenderung sensitif terhadap kritik orang lain. Sensitivitas terhadap kritik dari orang lain dapat membuat mereka mengembangkan perasaan negatif terhadap bentuk tubuh.

Sayangnya, remaja cenderung khawatir dengan bentuk tubuh dan berat badan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini berdampak pada usaha berlebihan untuk mengontrol berat badan yang umumnya terjadi pada remaja perempuan dibandingkan remaja laki-laki. Padahal pada masa pubertas, normal bagi remaja perempuan untuk mengalami kenaikan berat badan. Mereka tidak puas dengan penampilan dan memiliki citra tubuh negatif berpotensi mengalami gangguan pola makan (eating disorder).

Selain itu, remaja perempuan cenderung memiliki standar kecantikan mengenai penambilan dan bentuk tubuh yang ideal seperti kulit putih, hidung mancung, rambut panjang dan tubuh langsing. Media massa juga mempengaruhi citra tubuh individu di mana perempuan cenderung membandingkan diri dengan model kurus yang mereka anggap menarik.

Body image negatif lebih banyak ditemukan pada perempuan dibandingkan laki-laki. Perempuan lebih peduli terhadap penampilan fisik dan memiliki pandangan tersendiri mengenai body image. Perempuan cenderung merasa tidak puas akan tubuh sendiri dan memberikan perhatian lebih pada penampilan. Hal ini berkontribusi pada fenomena hypercare yaitu upaya perawatan dan penyempurnaan penampilan tubuh secara berlebihan dengan bantuan kemajuan teknologi kosmetik dan medis.

Citra tubuh remaja terbentuk seiring pertumbuhan fisik dan kematangan mental. Orang tua merupakan salah satu faktor penting dalam pembentukan body image positif pada remaja. Hal ini karena selama masa perkembangannya, remaja cenderung melihat pada figur yang akan menjadi panutannya dalam melakukan segala tindakan serta figur yang dapat memberikan pandangan mengenai body image mereka. Faktor lainnya yaitu teman sebaya atau peer, di mana remaja cenderung membandingkan fisik dan penampilannya dengan teman sebayanya dan umpan balik yang diterima mempengaruhi konsep diri termasuk perasaan tentang penampilan fisik mereka sendiri.

Oleh karena itu, body image positif pada remaja dapat dikembangkan melalui orang tua dan teman sebaya – yang memiliki pandangan positif tentang tubuh mereka serta memberikan penilaian positif terhadap tubuh si remaja tersebut. Mengingat pentingnya memiliki body image positif pada remaja perempuan, orang tua dan sesama teman sebaiknya ikut berkontribusi positif mengembangkan hal ini.

Artikel ini disusun oleh:

  • Rismanino Chandra, Mahasiswi Program Studi Psikologi UPJ yang sedang menyusun skripsi tentang body imagedan kelekatan (attachment) dengan orang tua dan teman sebaya,  dengan fokus pada remaja perempuan yang menyandang penyakit Lupus yang menyebabkan gangguan fisik seperti ruam dan koreng.
  • Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo, Dosen Program Studi Psikologi UPJ

Referensi

  1. Cash, T. F., & Pruzinsky, T. (2002). Body image: A handbook of theory, research and  clinical. New York: Guilford Publications.
  2. Destiani, T. (2016). Apakah anda tahu jika body image bisa sebabkan krisis percaya diri pada anak dan remaja?. Diunduh dari http://www.ants.harianbernas.com/berita-17428-Apakah-Anda-Tahu-Jika-Body-Image-Bisa-Sebabkan-Krisis-Percaya-Diri-pada-Anak-dan-Remaja.html
  3. Honigman, R., & Castle, D. J. (2007). Living with your looks. Victoria: University of Western Australia Press.
  4. Januar, V., & Putri, D. E. (2007). Citra tubuh pada remaja menikah dan memiliki anak. Jurnal Psikologi. Depok: Universitas Gunadharma.
  5. (2008). Manipulasi dan dehumanisasi perempuan dalam iklan. Yogyakarta.
  6. Kim, J., & Lennon, S. J. (2007). Mass media and self-esteem, body image, and eating disorder tendencies. Clothing and Textiles Research Journal.
  7. McCabe, M., Ricciardelli, L., & Banfield, S. (2001). Body image, strategies to change muscles and weight, and puberty. Do they impact on positive and negative affect among boys and girls?. International Journal of Eating Disorders.
  8. Melliana, A. (2006). Menjelajah tubuh: Perempuan dan mitos kecantikan. Yogyakarta: Lkis.
  9. Papalia, E. D., Olds, W. S., & Feldman, D. R. (2004). Human development. (10th). New York: McGraw-Hill.
  10. Santrock, J. W. (2003). Adolescence. New York: McGraw-Hill.
  11. Santrock, J. W. (2007). Child development. New York: McGraw-Hill.
  12. Santrock, J. W. (2011). Life-span development. (13th Ed.). Avenue of the Americas, New York: McGraw-Hill.
  13. Thompson, J. K. (2003). Body image and eating disorder: An intergrative guide for assessment and treatment. USA: American Psychological Association.
  14. William, E. F. (2004). The body image quality of life inventory further validation with college men and women. Body Image: An International Journal of Research.

Tags

Baca Juga

  • Penyelenggaraan Virtual Hari Karir 2021 oleh Sinarmas World Academy : Mempersiapkan Anak Menghadapi Situasi Kompetitif d

    Penyelenggaraan Virtual Hari Karir 2021 oleh Sinarmas World Academy : Mempersiapkan Anak Menghadapi Situasi Kompetitif d

    “Ketidakpastian adalah satu-satunya kepastian yang ada, dan mengetahui bagaimana hidup dalam ketidakamanan (insecurities) adalah satu-satunya keamanan (security)” – John Allen Paulos Dunia selalu berubah, tidak pernah konstan, terlebih lagi dengan adanya transformasi digital yang terjadi. Tapi tidak ada satupun yang siap dengan peristiwa yang terjadi di tahun 2020,  yang mempercepat terjadinya perubahan secara drastis. Mengacu […]
  • Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Sesuai dengan tagline “Perfect Night, Perfect You”, vivo V19 hadir dengan memperkenalkan salah satu fitur keunggulannya yakni Super Night Mode. Teknologi yang tersemat di kamera 32MP Super Night Selfie dan kamera belakang 48MP AI Quad Camera ini mampu menghasilkan foto yang jernih dan tajam, meskipun saat berada di kondisi minim cahaya atau malam hari. Didukung […]
  • Telkom Berikan Beasiswa untuk Sepuluh Pemenang Indihome Gideon Badminton Academy Selama Setahun

    Telkom Berikan Beasiswa untuk Sepuluh Pemenang Indihome Gideon Badminton Academy Selama Setahun

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk Negeri. Meski dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19, Telkom melalui layanan fixed broadband unggulannya IndiHome mendukung agar masyarakat tetap semangat dan produktif melakukan kegiatan belajar dan bekerja dari rumah. Kali ini, Telkom mendukung perkembangan olahraga bulutangkis Indonesia agar maju terus bersama IndiHome. Bersama atlet […]
  • Asuransi Astra Siapkan 1 Triliun untuk Perlindungan Diri Pemudik

    Asuransi Astra Siapkan 1 Triliun untuk Perlindungan Diri Pemudik

    Dalam rangka memberikan ketenangan kepada masyarakat selama perjalanan mudik Lebaran 1439 H, Asuransi Astra telah menyiapkan sedikitnya 1 triliun rupiah untuk memberikan jaminan perlindungan kepada para pemudik di seluruh Indonesia. Program ini adalah wujud komitmen Perusahaan dalam memberikan peace of mind serta upaya membantu pemerintah meningkatkan angka literasi asuransi. Jaminan perlindungan diri atau personal protection […]
  • BNI Syariah Salurkan Bantuan kepada Masyarakat Terdampak Letusan Gunung Sinabung

    BNI Syariah Salurkan Bantuan kepada Masyarakat Terdampak Letusan Gunung Sinabung

    BNI Syariah bersama Yayasan Hasanah Titik (YHT) menyalurkan bantuan kepada korban letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dalam program BNI Syariah Peduli Bencana Sinabung, disalurkan bantuan paket sembako senilai total Rp50 juta. Bantuan ini diserahkan oleh Pemimpin BNI Syariah Kantor Cabang Medan, Imam Samekto kepada Ketua PMI Sumatera Utara, Rahmat Syah untuk kemudian disalurkan […]
  • Mengisi Liburan Akhir Tahun di Rumah

    Mengisi Liburan Akhir Tahun di Rumah

    Terkadang orang tua merasa pusing di saat libur tiba. Tidak setiap saat keluarga mempunyai budget yang memadai untuk pergi keluar kota. Apakah saat ini putra putri Anda ngambek karena belum diajak liburan keluar kota? Sebenarnya banyak aktivitas liburan bersama anak yang dapat dilakukan di dalam rumah. Libur sekolah tak berarti harus jalan-jalan atau berlibur ke […]
  • Ramadhan Earn Wave, Wadah Bagi Anak Muda Untuk Memahami Ajaran Islam Dalam Kehidupan Modern dari Genmuda.com

    Ramadhan Earn Wave, Wadah Bagi Anak Muda Untuk Memahami Ajaran Islam Dalam Kehidupan Modern dari Genmuda.com

    Dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H, Genmuda.com akan menggelar acara yang bertajuk Ramadhan Earn Wave pada Jumat-Minggu, 9-11 Juni 2017 dengan mengambil tempat di Piazza, Gandaria City, Jakarta Selatan. Genmuda.com merupakan portal informasi anak muda masa kini yang dikemas secara ringan, renyah, mudah ditangkap, modern, dilengkapi data dan fakta. Dengan tagline Jiwa Muda Bicara, […]
  • Terus Berinovasi dan Berkolaborasi, OVO Kini Bisa untuk Bayar Uang Sekolah

    Terus Berinovasi dan Berkolaborasi, OVO Kini Bisa untuk Bayar Uang Sekolah

    OVO, platform pembayaran digital, rewards dan layanan finansial terdepan di Indonesia terus memberikan inovasi dan layanan yang semakin berkembang untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam melakukan pembayaran secara digital. Terbaru, OVO kini menghadirkan fitur pembayaran pendidikan atau SPP, baik untuk pendidikan dasar, perguruan tinggi dan lembaga kursus, yang bisa diakses langsung melalui aplikasi OVO. Menurut Head […]
  • Bikin Vlog Makin Mudah dengan Memaksimalkan Fitur Kamera di Vivo V17 Pro

    Bikin Vlog Makin Mudah dengan Memaksimalkan Fitur Kamera di Vivo V17 Pro

    Mendukung tren vlogging (video blogging) sebagai bagian dari aktivitas yang diminati oleh berbagai kalangan, vivo melalui V17 Pro menghadirkan rangkaian fitur kamera dan video yang mendukung pengalaman vlogging pengguna menjadi lebih mudah dan berkualitas. Bukan hanya kamera dengan resolusi mumpuni, ada berbagai fitur cerdas lainnya yang dapat dimaksimalkan saat ingin melakukan vlogging menggunakan vivo V17 […]
  • Danone SN Indonesia Dukung IPB University Berdayakan Masyarakat dan Mahasiswa Terdampak Pandemi

    Danone SN Indonesia Dukung IPB University Berdayakan Masyarakat dan Mahasiswa Terdampak Pandemi

    Diberlakukannya protokol kesehatan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah daerah merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Penerapan aturan ini di lingkungan kampus, termasuk Kampus IPB, memberikan dampak pada berkurangnya aktivitas perekonomian masyarakat di sekitar kampus. Kondisi tersebut mendorong Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melaksanakan salah satu program […]
  • 4 Hal Ini Harus Menjadi Perhatian Bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

    4 Hal Ini Harus Menjadi Perhatian Bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

    Anak adalah anugerah dari Sang Pencipta kepada setiap orang tua. Setiap orang tua memiliki harapan besar buah hatinya tumbuh sehat dan menjadi pribadi yang unggul nantinya. Namun bagaimana jika orang tua menghadapi kenyataan anaknya termasuk pada kategori Anak Berkebutuhan Khusus? Sedih sudah pasti, namun yang terpenting adalah penanganan yang harus diperhatikan sehingga anak-anak bisa tumbuh […]
  • Mandiri Perkuat Transaksi Elektronik Lewat Kopi

    Mandiri Perkuat Transaksi Elektronik Lewat Kopi

    Bank Mandiri terus memperkuat transaksi elektronik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan beragam program promosi menarik serta memberikan layanan pembayaran elektronik di Mandiri Jakarta Coffee Week (Jacoweek) yang digelar pada 30 Agustus–1 September 2019 di PIK Avenue Mall, Jakarta Utara. Kehadiran perseroan pada event tahunan itu merefleksikan dukungan Mandiri kepada pertumbuhan industri kopi. Harapannya, […]
  • Citilink Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 8 Mei 2020

    Citilink Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 8 Mei 2020

    Maskapai Citilink Indonesia kembali akan melayani penerbangan domestik mulai pukul 00.00 WIB tanggal 8 Mei 2020. Layanan penerbangan domestik yang dimaksud, diperuntukkan bagi pelanggan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di antaranya adalah pelanggan yang melakukan perjalanan kedinasan, repatriasi WNI/pelajar/pekerja migran/pemulangan orang dengan alasan khusus, pasien yang membutuhkan pelayanan […]
  • Belanja Cerdas dan Hemat di Bulan Ramadan Bersama Hero Group

    Belanja Cerdas dan Hemat di Bulan Ramadan Bersama Hero Group

    Menyambut bulan Ramadan, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) menggelar talk show bertajuk “Anti Boncos di Bulan Ramadan” bertempat di Plaza Kuningan, Jakarta Selatan. Acara yang dipandu oleh Astrid Tiar ini menghadirkan Perencana Keuangan, Ligwina Hananto yang memberikan tips mengelola keuangan di bulan Ramadan. “Ramadan adalah momen istimewa yang selalu ditunggu oleh mayoritas keluarga Indonesia […]
  • Metode Penurunan Berat Badan Terbaru

    Metode Penurunan Berat Badan Terbaru

    Indonesia saat ini masuk 10 besar negara dengan penderita obesitas terbanyak. Sekitar 40 juta orang di Indonesia mengalami kegemukan/obesitas. Menurut data IDF, ada 10 juta kasus diabetes pada tahun 2015. pola makan tinggi gula/karbohidrat, kurang gerak serta kegemukan berpengaruh terhadap peningkatan penderita diabetes. Komplikasi diabetes di antaranya adalah kebutaan, gagal ginjal, luka kronis bahkan amputasi. Obesitas […]
  • Permatabank dan Line Today Berkolaborasi dengan Dipha Barus Meluncurkan Gerakan #CountMEin

    Permatabank dan Line Today Berkolaborasi dengan Dipha Barus Meluncurkan Gerakan #CountMEin

    PermataBank bersama dengan LINE TODAY meluncurkan gerakan #CountMEin yang diwujudkan dalam bentuk single dan video movement Money Honey #CountMEin oleh Dipha Barus dan Monica Karina. Acara ini berlangsung pada  Kamis, 5 April 2018 dengan mengambil tempat di Glass House Level 8, The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Gerakan #CountMEin merupakan bagian dari inisiatif #BicaraUang oleh […]
  • Huawei Watch GT 2 Resmi Hadir di Indonesia

    Huawei Watch GT 2 Resmi Hadir di Indonesia

    Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia meluncurkan perangkat smart wearable yang mendukung gaya hidup sehat ke pasar Indonesia, yaitu HUAWEI WATCH GT 2 dalam lini termutakhir Huawei. HUAWEI WATCH GT 2 terbaru tampil dengan desain menawan dan baterai lebih tahan lama, yakni dua pekan. Smart watch teknologi tinggi ini diprediksi akan memberikan skala efisiensi biaya […]
  • Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek, platform teknologi pelopor konsep super app karya anak bangsa, luncurkan inovasi layanan terbaru bernama GoSure. Bekerja sama dengan PasarPolis, penyedia platform asuransi digital inovatif terdepan di Indonesia. GoSure merupakan salah satu wujud komitmen Gojek untuk selalu memberikan solusi teknologi yang memudahkan keseharian pelanggan. Bertujuan membantu pelanggan beraktivitas tanpa resah, GoSure hadir dengan tiga keunggulan […]
  • Shopee Ajak Generasi Muda Berkreasi lewat Waktu Indonesia Bikin Konten

    Shopee Ajak Generasi Muda Berkreasi lewat Waktu Indonesia Bikin Konten

    Meningkatnya kemajuan teknologi dari waktu ke waktu mendorong lahirnya berbagai profesi baru, salah satunya adalah content creator. Membuat konten melalui social media sedang digemari oleh masyarakat khususnya generasi muda. Fakta ini ditandai dengan semakin maraknya kehadiran konten video menarik dan kreatif yang membahas seputar traveling, tech review, kuliner, make-up bahkan keseharian para content creator. Hal […]
  • Kemendikbud Gandeng Telkomsel Sediakan Akses Internet Terjangkau

    Kemendikbud Gandeng Telkomsel Sediakan Akses Internet Terjangkau

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) bekrja sama dengan PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menyediakan akses internet terjangkau bagi civitas akademika dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara virtual oleh Sekretaris Ditjen Dikti, Paristiyanti Nurwardani dengan Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir […]