Rab. Des 11th, 2019

PSI UPJ Tuan Rumah Sumpah Profesi Psikolog Klinis Banten

Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya (PSI UPJ) menjadi tuan rumah pelaksanaan sumpah profesi Psikolog Klinis dengan 17 orang psikolog yang berada di bawah keanggotaan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Banten, bekerjasama dengan Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Banten. Pengambilan sumpah ini berlangsung pada Sabtu, 7 April 2018 di Kampus UPJ dengan dihadiri oleh Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia yaitu Dr. Indira Laksmi Gamayanti, M.Si., Psikolog bersama-sama dengan Mulyanto, S.Psi, M.Psi., Psikolog Ketua IPK Banten.

Baca juga: Ikatan Psikolog Indonesia https://ipkindonesia.or.id/

Praktik psikolog klinis sendiri diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no 45 tahun 2017 terkait dengan izin dan penyelenggaraannya. Sumpah profesi merupakan bagian dari upaya IPK untuk memastikan agar anggota-anggotanya memberikan layanan psikologi klinis yang profesional dan sesuai kompetensi.

Psikolog klinis adalah psikolog yang fokus pada konsep-kosnep psikologi abnormal, psikologi perkembangan, psikopatologi dan psikologi kepribadian serta berbagai prinsip asesmen dan intervensi. Yang dilakukan oleh psikolog klinis adalah memahami dan memberikan bantuan bagi mereka yang mengalami masalah. Masalah-masalah yang berada dalam penanganan psikolog klinis antara lain gangguan penyesuaian diri dan tingkah laku abnormal.

Saat ini HIMPSI tersebar di 23 wilayah di provinsi di Indonesia dengan anggota lebih dari 9.100 orang. Jumlah perguruan tinggi yang memiliki program pendidikan psikologi mencapai lebih dari 80 fakultas / program studi di seluruh Indonesia, termasuk di dalamnya Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya.

Kepala Program Studi PSI UPJ Gita Soerjoatmodjo menjelaskan, “Kegiatan ini merupakan buah dari Memorandum of Understanding dan Memorandum of Agreement antara PSI UPJ dengan HIMPSI Banten untuk terus bersama-sama mengembangkan pengetahuan psikologi. PSI UPJ sendiri memiliki ciri urban karena lahir dan dibesarkan oleh Kelompok Usaha Pembangunan Jaya dan kerjasama-kerjasama seperti ini relevan bagi pengembangan psikologi untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di wilayah perkotaan. Menjadi tuan rumah untuk kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan wujud kontribusi PSI UPJ bersama HIMPSI Banten untuk terus berkolaborasi mendukung perkembangan ilmu psikologi.”

BACA JUGA  Mengembangkan Bakat Bermusik Sang Buah Hati di Willy Soemantri Music School Bintaro

Info lebih lanjut:

Sekretariat HIMPSI Banten

Komplek Batan Indah Blok D-27
Tangerang Selatan 15313
 E-mail: Sekretariathimpsibanten@gmail.com
Facebook: @himpsi.banten

 

 

Baca Juga

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.