Proses Pembuangan Racun Dalam Tubuh Manusia

Artikel ini patut disimak oleh mereka yang suka begadang. Terkadang banyak orang yang menghabiskan waktunya hingga larut malam untuk menyelesaikan pekerjaannya, namun tidak sedikit pula yang menghabiskan malamnya hanya untuk begadang tanpa tujuan. Segala kesibukan aktivitas yang Anda lakukan tidak bisa dijadikan alasan untuk mengurangi jam tidur Anda. Kebiasaan seperti ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Tubuh memiliki sistem yang sangat canggih sehingga mampu mebuang racun yang masuk secara alamiah. Proses pembuangan racun dalam tubuh ini lazim disebut dengan detoksifikasi. Proses detoksifikasi diatur melalui jadwal alamiah tubuh pada saat kita tidur. Maka kebutuhan waktu untuk tidur harus tercukupi dengan baik agar jadwal detoksifikasi tidak kacau. Berikut adalah jam biologis tubuh dalam melakukan detoksifikasi

Pukul 21.00-23.00 : Proses detoksifikasi terjadi pada sistem antibodi yang bekerja di kelenjar getah bening. Pada waktu yang sama juga terjadi proses tumbuh kembang pada anak. Maka idealnya tidur malam sebelum pukul 21.00 .

Pukul 23.00-01.00 : Proses detoksifikasi terjadi pada organ hati.

Pukul 01.00-03.00 : Proses detoksifikasi terjadi pada organ empedu.

Pukul 03.00-05.00 : Proses detoksifikasi terjadi pada organ paru-paru. Pada orang yang sering menderita batuk pada jam tersebut pasti akan terjadi batuk yang hebat. Hal ini disebabkan karena adanya pembersihan organ paru-paru dari racun yang menumpuk. Pada tahap ini jangan terburu-buru minum obat.

Pukul 05.00-07.00 : Proses detoksifikasi terjadi pada organ usus besar. Makanya waktu ini merupakan waktu yang ideal untuk BAB (Buang Air Besar)

Pukul 07.00-09.00 : Proses penyerapan zat gizi oleh usus kecil. Pada tahap ini sebaiknya jangan melewatkan sarapan bergizi.

Patut dicatat bahwa pada rentang waktu antara pukul 24.00-04.00 terjadi proses produksi darah oleh sumsum tulang belakang. Oleh karena itu penting umtuk memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur kurang lebih 7-9 jam perhari. Mau tahu manfaat tidur yang cukup? Klik video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=xxxWv6PM4EM

Dikutip dari berbagai sumber.

(EGS)