Program Imunisasi Measles – Rubella (MR) Gratis, Membebaskan Anak dari Campak dan Rubella

Campak adalah penyakit yang menular dan serius disebabkan oleh virus. Pada tahun 1980, sebelum vaksinasi tersebar luas, campak menjadi penyebab kurang lebih 2,6 juta kematian setiap tahun. World Health Organization (WHO) mencatat pada tahun 2014, ada 114.900 kematian akibat campak, sekitar 314 kematian setiap hari atau 13 kematian setiap jam, sebagian besar adalah anak di bawah usia 5 tahun. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital (SRK) yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan. Walaupun dampaknya tidak sefenomenal campak, namun WHO mencatat di seluruh dunia setiap tahunnya terdapat lebih dari 100 000 bayi yang lahir dengan SRK.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi. Di masa lalu imunisasi kedua penyakit ini dilakukan secara terpisah dalam rentang waktu yang cukup jauh, yang seringkali menimbulkan kealpaan dari para orang tua karena kesibukannya. Kesadaran melakukan imunisasi baru timbul setelah anak terserang campak dan rubella.

Untuk memutuskan penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meluncurkan program Imunisasi Measles Rubella (MR) gratis bagi semua anak di Indonesia.

Imunisasi ini dilakukan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Artinya, Anda cukup mengikutkan buah hati Anda dengan program imunisasi ini, ada pun bila anak sudah pernah diimunisasi campak atau rubella, tetap dapat mengikuti program ini. Batasan usia 15 tahun dipilih dengan pertimbangan, anak yang usianya di atas 15 tahun sudah pernah mengalami rubella sehingga terbentuk antibodi secara otomatis di tubuhnya.

Kemenkes RI memasukan program imunisasi MR ini dalam program imunisasi nasional mulai tahun 2017. Dengan masuknya Program Imunisasi MR dalam program imunisasi nasional, untuk imunisasi yang sebelumnya dikenai biaya sebesar Rp. 400 ribu per anak, kini ditanggung pemerintah alias gratis.

Pemberian vaksin MR dalam program imunisasi nasional akan dimulai pada bulan Agustus – September 2017 di Pulau Jawa, yang kemudian akan dilanjutkan pemberian fase kedua pada Agustus – September 2018 di luar Pulau Jawa.

  • Bulan Agustus : Imunisasi MR diberikan untuk anak usia sekolah 7 tahun s.d. <15 tahun (SD/MI/Sederajat, SMP/MTS/sederajat), Imunisasi ini juga harus diberikan pada pada anak yang berusia 15 tahun atau telah bersekolah di SMU/sederajat. Pelaksanaan program imunisasi bagi anak usia sekolah ini dilakukan dengan menyediakan pos kesehatan di sekolah.
  • Bulan September : Imunisasi MR diberikan untuk bayi usia 9 bulan s.d anak usia <7 tahun yang dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Imunisasi dengan vaksin Measles – Rubella (MR) adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Ayo, lindungi buah hati, cucu, cicit, keponakan Anda dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit campak dan rubella, jangan lewatkan kesempatan ini sebelum segala sesuatunya terlambat.

Simak juga, Daftar Puskesmas di Tangerang Selatan:

Puskesmas Setu. Alamat: Jl. Raya Puspitek No. 1 Ds. Setu, Kec. Setu
Puskesmas Kranggan. Alamat: Jl, Puspitek No. 1, Kec. Setu
Puskesmas Bhakti Jaya. Alamat: Kec. Setu
Puskesmas Serpong I. Alamat: Jl. Raya Serpong, Kec. Serpong
Puskesmas Serpong II. Alamat: Kec. Serpong
Puskesmas Rawa Buntu. Alamat: Ds. Rawa Buntu, Kec. Serpong
Puskesmas Pamulang. Alamat: Jl. Raya Surya Kencana No. 1, Kec. Pamulang
Puskesmas Pondok Benda. Alamat: Ds. Pondok Benda, Kec. Pamulang
Puskesmas Benda Baru. Alamat: Ds. Benda Baru, Kec. Pamulang
Puskesmas Ciputat. Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantara No. 7, Kec. Ciputat
Puskesmas Kampung Sawah. Alamat: Jl. Gelatik Rt. 01/01 Kampung Sawah, Kec. Ciputat
Puskesmas Jombang. Alamat: Jl. Raya Sumatera No. 3, Kec. Ciputat
Puskesmas Situ Gintung. Alamat: Ds. Serua, Kec. Ciputat
Puskesmas Ciputat Timur. Alamat: Jl. Anggur No. 3 Kel Rempoa, Kec. Ciputat Timur
Puskesmas Pisangan. Alamat: Ds. Pisangan, Kec. Ciputat Timur
Puskesmas Pondok Ranji. Alamat: Ds. Pondok Ranji, Kec. Ciputat Timur
Puskesmas Rengas. Alamat: Ds. Rengas, Kec. Ciputat Timur
Puskesmas Pondok Aren. Alamat: Jl. Pondok Aren No. 4, Kec. Pondok Aren
Puskesmas Jurang Manggu. Alamat: Kel. Jurang Manggu, Kec. Pondok Aren
Puskesmas Parigi. Alamat: Kec. Pondok Aren
Puskesmas Pondok Betung. Alamat: Ds. Pondok Betung, Kec. Pondok Aren
Puskesmas Pondok Pucung. Alamat: Ds. Pondok Pucung, Kec. Pondok Aren
Puskesmas Pondok Kacang Timur. Alamat: Ds.Pondok Kacang Timur, Kec. Pondok Aren
Puskesmas Pondok Jagung. Alamat: Jl. Raya Serpong Perum Eka Bhakti, Kec. Serpong Utara
Puskesmas Pakualam. Alamat: Kec. Serpong Utara.

 

(ES)

Leave a Comment