Berita Utama

Potensi Fintech bagi Optimalisasi Penyaluran Program Bantuan Sosial Pemerintah

Pandemi COVID-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk aspek ekonomi, di tingkat global. Performa sebagian besar sektor industri mengalami penurunan. UMKM, terutama di sektor pariwisata dan ritel mengalami dampak negatif yang signifikan. Daya beli masyarakat pun ikut menurun, seiring dengan lesunya perekonomian.

Guna mengurangi dampak negatif pandemi COVID-19 terhadap perekonomian nasional, pemerintah Indonesia menerapkan beberapa program penguatan perlindungan sosial dan stimulus ekonomi, di antaranya: Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Prakerja, Bansos, Stimulus UMKM Mikro dan Ultra Mikro, serta penurunan tarif listrik.

Sebagian besar dari program-program ini merupakan program-program yang telah rutin dilakukan pemerintah. Terkait dengan COVID-19, pemerintah kemudian meningkatkan jumlah penerima bantuan dari program-program yang telah disebutkan sebelumnya.

Sejak diterapkan pertama kalinya ditahun 1990-an, program bantuan sosial pemerintah kepada masyarakat telah mengalami berbagai perubahan bentuk dan menjangkau lebih banyak penerima manfaat. Pada tahun 2005, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) diperkenalkan untuk pertama kalinya sebagai pengganti subsidi BBM.

Guna mengurangi dampak negatif dari pandemi COVID-19 terhadap perekonomian, pemerintah melalui Kemensos telah menerapkan berbagai program bantuan sosial seperti: peningkatan jumlah penerima bantuan pada Program Keluarga Harapan, program bantuan non-tunai atau Program Sembako dengan perluasan jumlah penerima dari 15,2 juta menjadi 20 juta keluarga, serta alokasi tambahan bansos khusus sembako bagi 1.3 juta keluarga di wilayah DKI Jakarta dan 600 ribu keluarga yang berada di wilayah yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta seperti Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Bekasi, Kota Depok dan sebagian Kota Bogor.

Hasil studi yang dilakukan selama ini menunjukkan implementasi dari program bantuan sosial pemerintah, terutama aspek penyalurannya, menghadapi beberapa tantangan seperti: (a) pencairan dana kepada penerima manfaat yang tepat; (b) penyaluran nilai dan jumlah bantuan yang tepat; dan (c) durasi program. Guna memperbaiki proses penyaluran bantuan sosial pemerintah, BAPPENAS menyusun konsep arsitektur G2P (Government-to-Person) 4.0 berdasarkan 2 (dua) dokumen utama: (i) Peraturan Presiden No.63/2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai, dan (ii) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-24, melalui koordinasi dan konsultasi dengan para pemangku kepentingan utama (termasuk KemenkoPMK, Kemensos dan TNP2K).

Selanjutnya sejak 2014, TNP2K telah melakukan berbagai penelitian dan beberapa proyek percontohan yang menunjukkan kontribusi positif fintech terhadap pembayaran G2P di Indonesia, seperti program bantuan sosial Elpiji 3 kg untuk 14 ribu rumah tangga di 6 provinsi menggunakan teknologi berbasis blockchain biometrik (2018-19); perluasan program sembako non tunai dengan 4 opsi pembayaran yang berbeda: kartu sim, NFC, kartu, dan kode QR (2016); serta adopsi rekening ponsel dalam program Simpanan Keluarga Sejahtera (2014).

Guna mendukung efektivitas penyaluran program bantuan sosial pemerintah, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan pemerintah daerah (PEMDA) terus melakukan perbaikan ketepatan status penerima bantuan.

Melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang merupakan basis data yang dipakai untuk penyaluran bansos secara nasional, Dirjen Dukcapil memadankan data kependudukan miliknya berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dengan penerima bantuan pada DTKS yang diyakini keberadaannya berdasarkan NIK, sehingga penyaluran diyakini tepat sasaran.

Menyadari pentingnya untuk memodernisasi pembayaran G2P, khususnya selama pandemi COVID-19, AFTECH telah secara aktif melakukan diskusi dengan pemangku kepentingan utama pemerintah Kemenko PMK, BAPPENAS, TNP2K, Kementerian Sosial, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Riset & Teknologi/BRIN, Bank Indonesia dan OJK; serta Pemerintah Provinsi. “Tujuan advokasi AFTECH terkait G2P payment adalah untuk mendukung partisipasi fintech dalam optimalisasi penyaluran program bantuan sosial”, ujar Ketua Harian AFTECH Mercy Simorangkir.

AFTECH menyelenggarakan Webinar dengan tema “G2P Payment 4.0: Fintech & Optimalisasi Penyaluran Program Bantuan Sosial Pemerintah” sebagai bentuk partisipasi aktif industri untuk mendorong optimalisasi penyaluran dana bantuan pemerintah melalui adopsi teknologi keuangan (fintech).

BACA JUGA  Jack Ma: Tidak Hanya Perlengkapan Medis, Berbagi Pengalaman Penting untuk Kalahkan Covid-19

Acara ini  dihadiri oleh figur penting seperti Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh (Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI), Andi ZA Dulung (Staff Ahli Menteri bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI), Muhammad Cholifihani (Direktur Perencanaan Kependudukan dan Perlindungan Sosial, Kementerian PPN/BAPPENAS RI), Elan Satriawan (Kepala Kelompok Kerja Kebijakan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan/TNP2K) dan Haryati Lawidjaja (Direktur Utama PT Fintek Karya Nusantara/LinkAja).

Acara juga dihadiri oleh Vincent Iswara (CEO Dana) selaku moderator diskusi yang menutup acara dengan komitmen tinggi dari fintech untuk mendukung optimalisasi penyaluran program bantuan sosial Pemerintah.

(AB)

 

Baca Juga

  • DBS Dinobatkan Sebagai Bank Terbaik di Dunia

    DBS Dinobatkan Sebagai Bank Terbaik di Dunia

    Pertama kalinya bagi bank asal Singapura dan Asia, Bank DBS unggul dari bank-bank yang lebih besar dan lebih mapan untuk dinobatkan sebagai Best Bank in The World. Penghargaan tertinggi dan bergengsi ini diberikan kepada DBS oleh Global Finance dalam Penghargaan World’s Best Global Banks 2018. Menerima penghargaan sebagai Best Bank in the World menambah pengakuan […]
  • Grabexpress Ajak Keluarga Indonesia Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Para Ibu Melalui Program #1000kadodihariibu

    Grabexpress Ajak Keluarga Indonesia Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Para Ibu Melalui Program #1000kadodihariibu

    Hari Ibu tanggal 22 Desember menjadi sebuah momen tepat bagi setiap anak untuk mengungkapkan kasih sayang dan rasa terima kasih kepada sang Ibu. Menyambut momen spesial ini, Grab, Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara mempersembahkan 1000 kado istimewa untuk para ibu melalui peluncuran kampanye #1000KadoDiHariIbuyang didukung oleh layanan kurir instan, GrabExpress. Program ini diadakan serentak di 4 […]
  • Open House Sekolah HighScope Indonesia Bintaro

    Open House Sekolah HighScope Indonesia Bintaro

    Untuk memperkenalkan kurikulum, sistem belajar dan fasilitas yang tersedia di Sekolah HighScope Bintaro kepada orang tua calon siswa baru, Sekolah HighScope Indonesia Bintaro mengadakan kegiatan Open House pada Sabtu, 15 Oktober 2016. Open House dimulai pada pukul 09.00-11.00 dengan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Kindergarten (Taman Kanak-Kanak) dan Elementary – Middle School (SD dan SMP). Menurut […]
  • Ayo, Wisata Kuliner Bakso di Bintaro

    Ayo, Wisata Kuliner Bakso di Bintaro

    Saat hujan sore-sore seringkali membuat perut lapar. Ngebakso adalah salah satu alternatif pilihannya. Bakso merupakan makanan populer Indonesia yang berasal dari Cina. Tepatnya di Fuzhou, pada akhir Dinasti Ming, atau sekitar awal abad ke-17. Pada saat itu, ada seorang pria bernama Meng Bo. Meng Bo ini anaknya nurut banget. Dia sangat sayang sama ibunya. Ibu […]
  • Menemukan Bakat Anak Semenjak Dini – Seminar Parenting GIM Care Services

    Menemukan Bakat Anak Semenjak Dini – Seminar Parenting GIM Care Services

    Sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari di mana para orang tua bingung menilai bakat apa yang ada pada putra dan putri kesayangannya. Padahal peran orang tua sangat besar dalam mendukung dan memfasilitasi bakat yang dimiliki sang anak, sehingga bakat ini dapat berkembang sebagaimana mestinya dan berpengaruh kepada kehidupannya kelak. Untuk memberikan wawasan kepada para orang […]
  • Samsung Galaxy M11, Sobat Anti Lowbat Satu Jutaan Spesial Flash Sale

    Samsung Galaxy M11, Sobat Anti Lowbat Satu Jutaan Spesial Flash Sale

    Mendukung kebutuhan yang menuntut untuk selalu #StayConnected, Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru Samsung Galaxy M series, yaitu Galaxy M11. Smartphone yang dirancang untuk menjadi smartphone andalan sehari-hari yang dilengkapi fitur penting untuk tetap terkoneksi dan menghadirkan performa luar biasa, seperti baterai kuat 5.000 mAh, prosesor pintar Snapdragon 450, layar luas Infinity-O 6,4 inci […]
  • AirAsia Beroperasi di Lokasi Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Mulai 6 Juni 2018

    AirAsia Beroperasi di Lokasi Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Mulai 6 Juni 2018

    AirAsia memindahkan operasionalnya ke lokasi baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, pada 6 Juni 2018. Terminal baru berjarak 6 Km dari terminal lama atau sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Sehubungan dengan perpindahan ini, jadwal penerbangan AirAsia tidak mengalami perubahan, namun AirAsia mengimbau penumpang yang akan berangkat dari Semarang untuk melakukan online check-in melalui aplikasi […]
  • Anak Komunitas Honda Peduli Pejuang Terdepan Pembasmi Covid 19

    Anak Komunitas Honda Peduli Pejuang Terdepan Pembasmi Covid 19

    Asosiasi Honda Jakarta terjun langsung donasikan 2.000 masker medis dan 150 baju hazmat untuk ‘pejuang’ kesehatan yang berada digarda terdepan pandemi Covid 19. Bertajuk komunitas Honda Wujudkan Satu Hati Bersama Indonesia Sehat, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) menjadi fasilitator donasi yang diberikan kpada dua rumah sakit yaitu RS […]
  • Surganya Anak-Anak Bermain di Toys & Comic Fair 2017, Gramedia Kids BSD

    Surganya Anak-Anak Bermain di Toys & Comic Fair 2017, Gramedia Kids BSD

    Apakah buah hati Anda sedang menyukai Gundam? Atau mungkin sedang hobi mengoleksi berbagai kostum-kostum dari karakter-karakter tertentu? Atau mungkin ia memiliki hobi baru dengan mengoleksi dan memainkan yoyo yang berwarna-warni? Anak-anak memang memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Sebagai orang tua, tentunya Anda sering dikagetkan dengan kehebohan-kehebohan seputar hal-hal yang sedang disukai si kecil. Tidak […]
  • 5 Alasan Vivo V15 Cocok Sebagai Pelengkap Aktivitas Ramadan

    5 Alasan Vivo V15 Cocok Sebagai Pelengkap Aktivitas Ramadan

    Ramadan menjadi momen istimewa bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk berbagi kebahagiaan. Salah satu hal yang lazim dilakukan untuk merayakan bulan penuh berkah ini adalah dengan memiliki perangkat smartphone baru, baik untuk keluarga, teman, rekan, atau bahkan diri sendiri. Salah satu smartphone yang dapat menjadi pilihan adalah vivo V15 yang belum lama meluncur di Indonesia. […]
  • Acer Luncurkan Swift 5, Laptop Super Ringan Kurang dari 1 Kg

    Acer Luncurkan Swift 5, Laptop Super Ringan Kurang dari 1 Kg

    Acer mengumumkan laptop terbarunya dari lini ultrathin, Swift 5 yang dirancang untuk pengguna yang menginginkan portabilitas luar biasa, kinerja yang mumpuni serta sentuhan desain yang penuh gaya. Dengan layar 15 inci, casing yang elegan dan memiliki berat kurang dari 1 kg (2,2 lbs) , ideal untuk mereka yang penuh dengan mobilitas tinggi. Laptop Swift 5 […]
  • Grab Bermitra dengan Kementerian Pertanian Memberi Kemudahan Akses Kebutuhan Pangan Selama PSBB

    Grab Bermitra dengan Kementerian Pertanian Memberi Kemudahan Akses Kebutuhan Pangan Selama PSBB

    Dengan implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar yang telah dimulai sejak 10 April 2020 di Jakarta, masyarakat diimbau untuk tetap tinggal di rumah agar dapat melandaikan kurva penyebaran virus COVID-19. Saat kita semua  terus beradaptasi pada kebiasaan baru untuk belajar, bekerja, dan beribadah  di rumah, Grab bekerja sama dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia serta berbagai mitra […]
  • Dukung Himbauan Social Distancing Pemerintah, Skill Academy by Ruangguru Buka Pelatihan Online Gratis

    Dukung Himbauan Social Distancing Pemerintah, Skill Academy by Ruangguru Buka Pelatihan Online Gratis

    Ruangguru, perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan bahwa unit usahanya, Skill Academy by Ruangguru, platform pelatihan online dan offline bersertifikat terbesar di Indonesia, membuka kelas pelatihan online gratis selama 14 hari. Dengan kode voucher KELASGRATIS, pengguna dapat secara gratis mengakses satu kelas pilihannya di antara ratusan kelas dengan […]
  • Cargill Dukung Pemerintah Lindungi Masyarakat dari Penyebaran Covid-19

    Cargill Dukung Pemerintah Lindungi Masyarakat dari Penyebaran Covid-19

    Cargill terus memberikan dukungan kepada pemerintah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, sebagai bagian dari upayanya untuk mengatasi pandemik Covid-19 melalui program dukungan yang mencakup, pendidikan masyarakat, kegiatan sanitasi dan disinfeksi, menyediakan pasokan Alat Pelindung Diri (APD) dan peralatan medis ke rumah sakit terdekat, serta distribusi bahan pangan pokok kepada masyarakat setempat. “Keselamatan adalah hal terpenting di […]
  • Akademisi dan Fiat 500 Kesayangannya

    Akademisi dan Fiat 500 Kesayangannya

    Di Bintaro dan sekitarnya terdapat berbagai macam komunitas hobi yang salah satunya adalah otomotif. Mobil klasik memiliki penggemar fanatik yang cukup banyak, tidak hanya penggemar mobil-mobil keluaran terbaru. Berbicara mengenai mobil klasik di Bintaro, tidak lengkap rasanya jika tidak mengulas mengenai pemiliknya dan tentunya juga mobil klasik yang dimilikinya. Salah satu yang ditemui oleh Info […]
  • Nissan Dekatkan New Terra dengan Penggemar SUV di Jakarta

    Nissan Dekatkan New Terra dengan Penggemar SUV di Jakarta

    Perkembangan pesat infrastruktur di Indonesia mendorong kebutuhan akan mobil yang mampu melewati beragam kondisi jalan, baik di perkotaan maupun jalan yang lebih menantang. Nissan menghadirkan New Terra untuk memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat di segmen SUV di Indonesia. “Terra akan membawa pengalaman berkendara ke level yang lebih tinggi,” kata President Director PT. Nissan Motor Indonesia, […]
  • Samsung Perkenalkan Smartphone Galaxy J6+ dan J4+

    Samsung Perkenalkan Smartphone Galaxy J6+ dan J4+

    Samsung Electronics Indonesia mengumumkan anggota terbaru dari seri Galaxy J, yaitu Samsung Galaxy J6+ dan J4+. Menampilkan desain dan display elegan, kamera yang disempurnakan dan kapabilitas kinerja yang tinggi, kedua produk ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak hal dari smartphone Galaxy J sebelumnya. “Galaxy J6+ dan J4+ merupakan gambaran dari dasar-dasar inovasi Samsung Galaxy, […]
  • T-Week Latte Art Competition Unika Atma Jaya Serpong, Ajang Melatih Kemampuan Para Barista Profesional

    T-Week Latte Art Competition Unika Atma Jaya Serpong, Ajang Melatih Kemampuan Para Barista Profesional

    Pekerjaan seorang barista (peracik kopi) sebagian merupakan seni. Betapa tidak, selain dituntut memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai berbagai macam kopi dan karakternya, seorang barista juga harus bisa menggunakan berbagai teknik dan peralatan dengan menggabungkan pengetahuan dan skill-nya untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Namun, kenikmatan dari kopi saja belum cukup, pada waktu belakangan ini berkembang tren […]
  • Zenius dan Gojek Sediakan Layanan Belajar Online Gratis

    Zenius dan Gojek Sediakan Layanan Belajar Online Gratis

    Zenius, pelopor layanan belajar daring di Indonesia bekerja sama dengan Gojek, platform teknologi terdepan di Asia Tenggara, meluncurkan solusi belajar mandiri secara daring bagi para siswa. Kerja sama dua perusahaan karya anak bangsa tersebut menghadirkan layanan teledukasi gratis yang bisa diakses melalui Aplikasi Gojek, sehingga membantu proses belajar tetap berjalan terutama di masa pandemi COVID-19 […]
  • Mengenal 4 Tokoh Pahlawan Nasional di Hari Nusantara 13 Desember 2017

    Mengenal 4 Tokoh Pahlawan Nasional di Hari Nusantara 13 Desember 2017

    Tahukah Anda bahwa hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat. Melalui Keppres No.126/2001 dikukuhkan sebagai Hari Nusantara, artinya setiap tanggal 13 Desember mulai diperingati sebagai salah satu Hari Nasional. […]

Tinggalkan Balasan