Acara

Popok Baby Happy Mengedukasi Masyarakat untuk Bangkit Menjawab Beragam Tantangan Keluarga di Era Normal Baru

Baby Happy, popok sekali pakai dari Wings Care menggelar webinar “Bangkit & Menghebat di Era New Normal (Kesehatan, Parenting dan Pendidikan) sebagai bagian dari rangkaian program CSR “Baby Happy, Keluarga Happy”. Hal merupakan bentuk kepedulian Baby Happy terhadap situasi masyarakat di Indonesia yang tengah beradaptasi dengan kebijakan pola hidup normal baru dimana masyarakat dapat melakukan aktivitas normal, namun dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Situasi tersebut memberikan beragam dampak, baik pada pemulihan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat, terutama bagi keluarga Indonesia yang memiliki anak-anak. Oleh karena itu penting bagi masyarakat untuk memiliki strategi dalam menghadapi tantangan yang ada khususnya dalam lingkup keluarga.

Julie Widyawati selaku Marketing Manager Baby Happy (Wings Group Indonesia) mengatakan “Popok Baby Happy memahami kebutuhan keluarga Indonesia khususnya anak batita yang harus tetap terpenuhi meskipun masih di masa sulit seperti saat ini. Melalui program webinar series dalam kampanye Baby Happy, Keluarga Happy, kami berharap orang tua khususnya para Ibu dapat lebih mengetahui peran dirinya demi menjaga ketahanan keluarga serta pentingnya memperhatikan kesehatan anak dan imunisasi di masa pandemi.

Selain itu, kami juga berharap materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat menginspirasi keluarga Indonesia untuk menerapkan pola asuh yang lebih baik demi tumbuh kembang anak yang optimal di tengah keterbatasan masa pandemi.”

Lebih lanjut Julie menambahkan bahwa dalam pendampingan ini popok Baby Happy turut menggandeng beberapa partner termasuk Ketua PKK dan kepala pemerintahan setempat sebagai narasumber. Seperti halnya Atalia Praratya Kamil selaku Ketua Penggerak PKK Jawa Barat yang dalam kesempatan ini membawakan edukasi berupa tips untuk menjadi wanita tangguh dalam menjalani hari-hari masa pandemi Covid-19 dan Airin Rachmi Diany selaku Walikota Tangerang Selatan yang membagikan program pemerintah yang tengah dijalankan demi menguatkan peran wanita dalam keluarga di tengah pandemi Covid-19 ini, terlebih dalam hal pengasuhan dan pendampingan balita.

Menjadi Guru Bagi Anak di Rumah

Tidak hanya membahas mengenai pendampingan anak-anak dalam kegiatan sehari-hari, Popok Baby Happy juga menyoroti pentingnya pendidikan bagi anak usia dini. Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si selaku Guru Besar Bidang Gizi dan Pangan & Pakar PAUD dari Himpaudi menyebutkan bahwa setiap manusia lahir ke dunia dengan seluruh sel otak yang jumlahnya bisa mencapai lebih dari 100 triliun sel tergantung dari kualitas kehamilan, namun hal ini baru dapat berfungsi hanya dengan stimulasi.

“Para orang tua khususnya Ibu harus memahami bahwa usia 0-2 tahun merupakan masa krusial pada anak karena apabila sel otaknya tidak tersambung atau terstimulasi dengan baik maka terjadilah fase penghapusan sel otak atau yang lebih dikenal dengan istilah use it or loose it. Hal ini ditentukan oleh kualitas dan kuantitas stimulasi karena setiap detik terjadi 1,684 juta sambungan sel otak. Sedangkan, untuk kualitas stimulasi terkait pada aspek perkembangan atas apa saja yang distimulasikan pada anak dengan cara yang tepat atau tidak,” tambah Prof. Netti.

Lebih lanjut Prof. Netti membagikan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua demi keberhasilan keberlangsungan pendidikan anak usia dini. Menurutnya, anak sedari dini harus dilatih berpikir kritis atau “critical thinking”, ini disebabkan karena terlalu banyaknya informasi yang masuk di era digital seperti sekarang, sehingga anak terlatih untuk memilah informasi mana yang berguna, mana yang tidak. Selain itu anak juga harus dilatih untuk berpikir kreatif dan mengembangkan kemampuan kognitif agar memiliki daya juang lebih, terlebih di era pandemi seperti ini.

Selain nutrisi gizi, orang tua dihimbau untuk tidak lupa memberikan nutrisi hati kepada anak agar anak tidak memiliki trauma atau luka masa kecil yang bisa dibawa hingga dewasa nanti. Para orang tua terutama Ibu pun harus paham pola komunikasi yang baik dan benar dengan anak karena itu juga merupakan aspek stimulasi yang penting pada anak usia dini.

“Jangan takut untuk mulai mendaftarkan anak pada fasilitas pendidikan sejak usia 2 tahun, sedini mungkin agar dapat mengembangkan karakter dan life skill. Guru dapat membuat rencana kegiatan pembelajaran, orang tua dapat mengimplementasikan rencana kegiatan dari rumah,” jelas Prof. Netti.

Anak Sehat, Keluarga Bahagia

Baru-baru ini dalam jurnal JAMA Pediatrics disebutkan bahwa anak-anak di bawah 5 tahun atau balita dapat membawa materi genetik Covid-19 10 hingga 100 kali lebih tinggi dalam nasofaring mereka dibandingkan anak yang lebih tua dan orang dewasa. Selain itu, anak-anak juga ternyata memiliki resiko komplikasi yang lebih besar bila terpapar Covid-19, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kronis bawaan, seperti penyakit imun atau obesitas.

Melihat kondisi tersebut, tentunya para orang tua perlu ekstra hati-hati dalam memperhatikan kondisi kesehatan keluarga terutama anak-anak di masa pandemi ini. Dr. Kanya Ayu Paramastri, Sp.A yang merupakan Dokter Spesialis Anak RS Hermina Jatinegara pada kesempatan ini menyampaikan bahwa menjaga kesehatan anak terbaik adalah dengan memberikan nutrisi adekuat agar mencapai status gizi yang baik sehingga daya tahan tubuh dapat terpacu secara optimal.

“Pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus lebih aware dengan urusan kesehatan jiwa raga seluruh anggota keluarga, khususnya anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Untuk itu diperlukan nutrisi adekuat yang mencukupi kebutuhan zat gizi yang diperlukan anak sehari-hari. Satu lagi yang penting yaitu imunisasi. Jangan sampai karena anak tidak divaksin, begitu pandemi selesai, maka muncul wabah infeksi lain yang seharusnya bisa dicegah oleh imunisasi. Jangan lupa untuk cek rekomendasi vaksinasi anak usia 0-18 tahun yang telah diperbaharui tahun 2020 lalu oleh IDAI,” jelas Dr. Kanya.

Lebih lanjut Dr. Kanya menjelaskan, pada masa awal pandemi ketika kita harus beraktivitas di rumah saja termasuk bersekolah dan bekerja, jumlah pasien dan kunjungan ke poli anak sangat jauh berkurang. Di sisi lain, jumlah pasien sehat yang datang untuk diimunisasi jauh meningkat. Orang tua tidak perlu khawatir pergi ke fasilitas kesehatan untuk mengimunisasi anaknya, karena faskes pada umumnya telah membedakan lokasi dan waktu untuk pasien sehat dan pasien sakit, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bagi orang tua yang masih harus keluar rumah untuk bekerja, jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melepas sepatu di luar rumah, meletakkan barang bawaan di wadah terbuka, masuk kamar mandi, lepas pakaian dan masker kain lalu segera rendam dengan sabun cuci. Setelah itu, segera bersihkan diri dengan mandi, keramas, sikat gigi, berkumur, dan cuci hidung.

Setali tiga uang dengan pernyataan sebelumnya, Dude Harlino, Brand Ambassador Baby Happy juga membagikan pengalaman tentang pentingnya kekompakan orang tua dalam menghadapi semua tantangan yang ada di masa pandemi ini, termasuk tantangan dalam menjaga dan mendidik anak.

“Bagi saya, urusan rumah tangga dan mengurus anak tidak hanya menjadi urusan Ibu. Para Ayah di rumah pun harus turut andil mendukung pekerjaan rumah tangga bersama Ibu, termasuk bila harus perlu mengganti popok si bayi. Dengan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, kita jadi lebih memanfaatkan waktu lowong untuk quality time bersama keluarga.

Saya sangat salut dan mengapresiasi Baby Happy yang tidak berhenti untuk mengingatkan peran ayah dalam parenting, sejak beberapa tahun lalu. Itu selalu saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga terus memperhatikan jadwal imunisasi anak agar tidak menciptakan wabah penyakit baru. Jangan takut untuk pergi ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan, yang penting lakukan protokol kesehatan yang ketat,” jelas Dude.

Setelah webinar pertama ini, Baby Happy akan melanjutkan rangkaian programnya ke Tangerang Selatan, Bogor dan berakhir di Jakarta pada April mendatang. Tidak hanya memberikan pendampingan melalui program edukasi ini, Baby Happy juga menyalurkan bantuan secara langsung berupa popok bayi kepada pemerintahan dan partner setempat.

Jangan lupa, lengkapi kebutuhan bayi Anda di era new normal dengan Baby Happy yang bisa didapatkan di minimarket, supermarket atau e-commerce kesayangan Anda. Cek keseruan kegiatan ini melalui akun instagram official @babyhappydiapers. Yuk, ciptakan momen #FunWithDad dengan si Kecil dan lengkapi kebahagiaan Keluarga Anda!

(EV)

 

Baca Juga

  • Tahukan Anda bahwa Gus Mus, Kiai Pertama Penerima Yap Thiam Hien Award?

    Tahukan Anda bahwa Gus Mus, Kiai Pertama Penerima Yap Thiam Hien Award?

    Pada hari Rabu, 24 Januari 2018 diselenggarakan penyerahan Yap Thiam Hien Award 2017 kepada Gus Mus, antara lain, dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Laode M Syarif, serta perwakilan keluarga Yap Thiam Hien. Simak video penyerahan award tersebut di […]
  • Peringati HUT DKI Jakarta, TIKI Berikan Diskon 49,2 Persen

    Peringati HUT DKI Jakarta, TIKI Berikan Diskon 49,2 Persen

    TIKI, perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, memberikan diskon 49,2 persen untuk memperingati Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-492 pada tanggal 22 Juni 2019 mendatang. Diskon berlaku selama satu hari untuk transaksi pengiriman dengan menggunakan produk layanan regular untuk dari DKI Jakarta dan tujuan JABODETABEK. Titi Oktarina, President Director TIKI mengatakan “TIKI telah hadir melayani […]
  • Dukung Transformasi Digital di Indonesia, Telkomsel MSIGHT Perkenalkan Layanan Telco Big Data

    Dukung Transformasi Digital di Indonesia, Telkomsel MSIGHT Perkenalkan Layanan Telco Big Data

    Telkomsel memperkenalkan Mobile Consumer Insight (MSIGHT) kepada public sebagai salah satu upaya mendukung transformasi digital Indonesia menuju revolusi industri 4.0. Melalui partisipasi pada event Tech in Asia (TIA) 2018 yang diadakan di Jakarta Convention Center, MSIGHT akan memperkenalkan kapabilitas dan manfaat dari layanan Telco Big Data kepada Komunitas Industri, Pemerintah dan Startup. Era digital telah […]
  • Glow Your Skin, Glow Your Financial

    Glow Your Skin, Glow Your Financial

    Sequis bersama Skin+ Indonesia mengadakan gathering karyawan dengan topik Glow Your Skin, Glow Your Financial. Ini adalah salah satu cara Sequis mengedukasi karyawannya untuk peduli pada kesehatan agar tetap produktif karena karyawan yang produktif dapat bekerja maksimal dan hasil kerja pun semakin optimal. Salah satu masalah kesehatan yang penting tetapi sering diabaikan oleh pekerja kantoran […]
  • Ruangguru Hadirkan Roboguru: Fitur Baru untuk Fasilitasi Siswa Diskusi Belajar

    Ruangguru Hadirkan Roboguru: Fitur Baru untuk Fasilitasi Siswa Diskusi Belajar

    Ruangguru menghadirkan inovasi terbaru pada fitur roboguru yang memudahkan para siswa untuk mempelajari solusi soal-soal sulit. Para siswa tidak hanya dapat menanyakan solusi soal mata pelajaran, tetapi juga dapat menonton video konsep yang terkait dengan soal sulit tersebut, sekaligus berdiskusi untuk membantu siswa lainnya yang kesulitan memahami jawaban soal. Fitur ini mendorong para siswa untuk […]
  • Ramadhan Hijrah Festival 24-26 Mei 2019, Tiket Bisa Dibeli di KiosTix

    Ramadhan Hijrah Festival 24-26 Mei 2019, Tiket Bisa Dibeli di KiosTix

    Seiring dengan semakin berkembangnya fenomena hijrah dan meningkatnya jumlah komunitas Muslim di Indonesia, meningkat pula kebutuhan akan wadah berkumpulnya umat dan komunitas Muslim. Hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut, serta ingin mengulang sukses Hijrah Festival pertama 2018 lalu, kini kembali digelar Ramadhan Hijrah Festival 2019. Festival ini akan berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu/24-26 Mei 2019, dengan […]
  • Roambee, Startup Logistik Berbasis IoT Asal Amerika Serikat Peroleh Investasi Seri B1 dari Telkomsel Mitra Inovasi

    Roambee, Startup Logistik Berbasis IoT Asal Amerika Serikat Peroleh Investasi Seri B1 dari Telkomsel Mitra Inovasi

    Unit ventura Telkomsel Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) bersama MDI Ventures mengumumkan pendanaan seri B1 untuk Roambee, startup penyedia layanan di bidang logistik dan pemantauan asset berbasis internet-of-things (IoT). Investasi TMI dan MDI Ventures untuk startup yang berasal dari Amerika Serikat tersebut juga mencerminkan tingginya potensi pasar industri digital Indonesia untuk menarik startup skala global yang […]
  • Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Sesuai dengan tagline “Perfect Night, Perfect You”, vivo V19 hadir dengan memperkenalkan salah satu fitur keunggulannya yakni Super Night Mode. Teknologi yang tersemat di kamera 32MP Super Night Selfie dan kamera belakang 48MP AI Quad Camera ini mampu menghasilkan foto yang jernih dan tajam, meskipun saat berada di kondisi minim cahaya atau malam hari. Didukung […]
  • Lenovo Hadirkan Keamanan dan Mobilitas bagi Generasi Bisnis Modern Indonesia melalui Thinkbook

    Lenovo Hadirkan Keamanan dan Mobilitas bagi Generasi Bisnis Modern Indonesia melalui Thinkbook

    Sebagai salah satu merk PC terdepan di dunia, Lenovo meluncurkan produk terbaru dari salah satu sub brand segmen komersil, yaitu ThinkBook 14 di Indonesia. Perangkat tersebut didesain untuk menjawab kebutuhan pada generasi bisnis modern yang menginginkan laptop dengan performa powerful, kemampuan seamless untuk berkolaborasi dengan fitur bisnis modern masa kini, sistem keamanan data yang terjamin, […]
  • Sweet Asoka, Japanese Cheesecake Lembut Menggugah Selera Tanpa Enek

    Sweet Asoka, Japanese Cheesecake Lembut Menggugah Selera Tanpa Enek

    Siapa tidak kenal dengan Japanese Cheesecake? Kue satu ini belakangan ini sedang jadi tren dan banyak dicari karena keunikannya. Bahkan beberapa waktu yang lalu ramai berita antrian panjang pengunjung sebuah mall di Jakarta untuk membeli Japanese Cheseecake. Para calon pembeli rela mengantri lama menunggu giliran untuk membeli Japanese Cheesecake pesanan dibuat. Sebetulnya cheesecake bukan berasal […]
  • Konsistensi Telkomsel Perkuat Ekosistem eSports untuk Akselerasikan Gaya Hidup Digital di Indonesia

    Konsistensi Telkomsel Perkuat Ekosistem eSports untuk Akselerasikan Gaya Hidup Digital di Indonesia

    Melanjutkan kosistensi untuk bertransformasi menjadi digital telco company terdepan di Indonesia, Telkomsel selalu berupaya menghadirkan ragam solusi inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan perlanggan, termasuk dalam mengakomodir perkembangan ekosistem esports secara menyeluruh dan berkelanjutan. Salah satu komitmen yang diwujudkan Telkomsel melalui partisipasi dalam gelaran IDByte Esports 2019 yang diselenggarakan di Tengerang Selatan, Banten. Bertindak sebagai salah […]
  • Mobil Esemka Siap Mengaspal, Wujud Kekuatan Industri Otomotif Nasional

    Mobil Esemka Siap Mengaspal, Wujud Kekuatan Industri Otomotif Nasional

    Industri otomotif Tanah Air terus menggeliat dan semakin menunjukkan daya saingnya. Hal ini dibuktikan oleh hadirnya produsen kendaraan bermotor roda empat dengan principal (pemilik produk) dari Indonesia, yakni PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK). Kehadiran pabrik mobil bermerek ESEMKA tersebut, ditargetkan dapat meningkatkan penyerapan komponen otomotif dalam negeri, khususnya yang diproduksi Industri Kecil dan Menengah […]
  • Celebrity Endorsement (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Celebrity Endorsement (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh perusahaan sebagai salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan secara luas. Serta dapat dimanfaatkan sebagai media bisnis online – yang sedang marak di era digital saat ini. Salah satu strategi agar produk baru […]
  • Berbagai Pilihan Kuliner Solo dan Indonesia di Caos Dahar

    Berbagai Pilihan Kuliner Solo dan Indonesia di Caos Dahar

    Solo tidak hanya identik dengan batiknya. Di kota yang terkenal dengan julukan “kota yang tidak pernah tidur” ini juga terkenal sebagai gudangnya kuliner lezat. Berbagai makanan minuman maupun jajanan yang khas dapat dengan mudah dijumpai di Solo. Anda akan dimanjakan oleh keanekaragaman makanan yang tersebar di berbagai sudut kota ini, yang menyajikan cita rasa khas dan eksotis […]
  • Lazada Pelopori Kepastian Pengiriman dengan Peluncuran Layanan Jaminan Pengiriman Lazmall Serentak di Kawasan Asia Tenggara

    Lazada Pelopori Kepastian Pengiriman dengan Peluncuran Layanan Jaminan Pengiriman Lazmall Serentak di Kawasan Asia Tenggara

    Pemimpin platform e-commerce Asia Tenggara, Lazada Group, telah resmi menggulirkan Jaminan Pengiriman LazMall (LazMall Guaranteed Delivery), layanan pengiriman bergaransi pertama di kawasan ini yang menjanjikan kepastian pengantaran untuk pembelian di LazMall – mall virtual di platform Lazada – dengan kompensasi langsung apabila terjadi keterlambatan pengantaran. Jaminan Pengiriman LazMall telah tersedia di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam […]
  • Mercedes-Benz Sprinter Exhibition di Senayan City dari 24 hingga 30 Juni 2019

    Mercedes-Benz Sprinter Exhibition di Senayan City dari 24 hingga 30 Juni 2019

    Melalui ajang Mercedes-Benz Sprinter Exhibition 2019, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menghadirkan jajaran produk yang mampu mengakomodasi keperluan bisnis dan liburan. Menghadirkan dua varian Sprinter, Mercedes-Benz menampilkan kendaraan yang memenuhi kebutuhan akan kenyamanan, keselamatan dan keamanan baik bagi penggunaan profesional maupun pribadi. Dua varian, yaitu Sprinter 315 CDI A2 dan Sprinter 315 CDI A3 akan menjadi […]
  • Idul Fitri 2018, Pelindo 1 Siapkan Mudik Gratis 4.750 Peserta Pelindo 1 Prioritaskan Faktor Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan bagi Pemudik

    Idul Fitri 2018, Pelindo 1 Siapkan Mudik Gratis 4.750 Peserta Pelindo 1 Prioritaskan Faktor Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan bagi Pemudik

    Guna mempermudah masyarakat untuk merayakan Idul Fitri 2018 di kampung halamannya, PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 menggelar program mudik gratis bagi 4.750 peserta melalui 11 rute mudik yang akan dilayani dengan moda darat dan laut. Program Mudik Gratis ini juga bertujuan untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi […]
  • Ovo, Visionet dan Kadin Paradigma Baru Kota Tangerang Teken Kerja Sama untuk Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

    Ovo, Visionet dan Kadin Paradigma Baru Kota Tangerang Teken Kerja Sama untuk Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

    Bertempat di Lapangan Green Lake City, Cipondoh, Tangerang, OVO dan Kamar Dagang dan Industri Paradigma Baru (KADIN PB) Kota Tangerang menandatangani Nota Kesepahaman yang bertujuan untuk menjadikan OVO QR code tersedia sebagai platform pembayaran untuk para pelaku UMKM di Kota Tangerang. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur OVO, Johnny Widodo dan Hadi B.Sc selaku Ketua Dewan […]
  • Menikmati Soto Kudus di Warung Soto Kudus Kauman, Gratis bagi Wanita Hamil Selamanya

    Menikmati Soto Kudus di Warung Soto Kudus Kauman, Gratis bagi Wanita Hamil Selamanya

    Bila Anda lewat di Jalan Tegal Rotan, Anda akan melewati deretan warung-warung di sisi jalan. Salah satu di antaranya adalah Soto Kudus Kauman. Walaupun namanya Soto Kudus Kauman, tidak hanya tersedia soto kudus. Anda dapat menikmati Pecel Lele, Pecel Ayam, Bebek Sambal Ijo, dan Sop Iga. Soto Kudus merupakan kuliner khas kota Kudus Jawa Tengah. […]
  • Tangsel Kembali Raih WTP

    Tangsel Kembali Raih WTP

    Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Banten memberikan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan 2017 kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel). “Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas laporan keuangan Pemkot Tangsel tahun 2017, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan, maka BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan […]

Tinggalkan Balasan