Pilihan Untuk Berbagai Kuliner Nasional, Culture Kitchen

Pilihan bagi warga Bintaro untuk menikmati beragam kuliner Indonesia semakin bertambah dengan hadirnya pusat kuliner baru, Culture Kitchen. Berlokasi di Jl. Bintaro Utama 9 Blok JB V No. 6, Bintaro Sektor 9, Culture Kitchen cukup mudah dicapai dari berbagai wilayah di Bintaro karena lokasinya berada di jalan akses utama Bintaro Jaya.

kitchen_culture_info_bintaro

Soft opening Culture Kitchen dilakukaan pada tanggal 15 September 2016, sedangkan grand opening-nya berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2016. Culture Kitchen berkonsep foodcourt alias multi tenant. Ada 19 gerai yang siap menyambut pengunjung dengan berbagai pilihan kuliner. Sesuai dengan namanya yang menggunakan kata ‘culture’, gerai-gerai di Culture Kitchen mayoritas menyajikan berbagai pilihan kuliner nasional.

Suasana yang ditampilkan oleh Culture Kitchen sangat berbeda dari tempat-tempat makan yang berkonsep foodcourt di Bintaro. Pengunjung akan disambut dengan deretan meja dan kursi kayu, yang walaupun sederhana namun cukup representatif dan membuat suasana terkesan akrab. Deretan gerainya memanjang di ketiga sisinya, tertata rapi dengan spanduk maupun banner yang menampilkan daftar menu yang disajikannya. Salah satu ukuran foodcourt yang baik adalah kebersihan, di Culture Kitchen Anda tidak akan menemukan sampah bertebaran, karena pelayan-pelayan gerai maupun petugas kebersihan akan dengan sigap membersihkan sisa-sisa makanan dan minuman begitu pengunjung meninggalkan Culture Kitchen.

Lokasi yang ditempati oleh Culture Kitchen, dulunya merupakan tempat makan yang cukup populer di Bintaro, Teras 9. Namun berbeda dengan Teras 9 yang masih sederhana, lantainya masih tanah dan menggunakan tenda-tenda, di Culture Kitchen lantainya beralas keramik putih sehingga terlihat bersih dan rapi, atapnya dibiarkan terbuka menonjolkan tiang-tiang penyangganya dan ditutup dengan lembaran asbes berwarna putih.

Pilihan menu yang disajikan Culture Kitchen cukup beragam, ambil contoh Dapoer Mamakoe yang menyajikan menu asal Makassar, seperti Coto Makassar, Pallumara, Pallubassa, Es Pisang Ijo dan Es Pallubutung. Atau, Sate RSPP yang menyajikan Sate Ayam, Sate Kambing dan Mie Kangkung. Ada lagi Bubur Ayam Monas, yang cukup terkenal di Bintaro. Namun untuk Bubur Ayam Monas ini, jika Anda ingin menikmatinya, Anda harus datang dari pukul 07.00-09.00 saja. Karena larisnya Bubur Ayam Monas ini, pengunjung telah mengantri dari pagi hari. Di atas jam 09.00, Bubur Ayam Monas telah tutup, sehingga Anda harus datang keesokan harinya untuk menikmati bubur ayam di sini.

kitchen_culture_info_bintaro_2

Untuk membuat variasi menu yang beragam, pihak pengelola Culture Kitchen menerapkan aturan bagi tenant-tenant-nya dimana masing-masing gerai hanya bisa memiliki 2 menu utama yang tidak boleh sama persis dengan menu yang disajikan oleh gerai lainnya. Bila ada 2 gerai atau lebih yang memiliki menu utama yang sama, maka gerai yang belakangan akan diminta untuk mengganti menu utamanya tersebut.

Pilihan 2 menu utama ini bisa ditambah dengan menu-menu tambahan, namun menu tambahan ini juga tidak boleh memiliki kesamaan dengan menu utama di gerai lain. Jika ada satu gerai yang memiliki menu tambahan yang belum dimiliki gerai lain, saat ada gerai baru yang menyajikan menu utama sama dengan menu tambahan gerai tersebut, maka gerai yang menyajikan menu tambahan tersebut diminta untuk mengganti menu tambahannya yang sama tersebut dengan menu lain.

Dari fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pengelola Culture Kitchen, terlihat Culture Kitchen sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung dan lingkungan. Sebut saja penghisap asap yang terpasang di masing-masing gerai, sehingga pengunjung dapat bersantap dengan nyaman tanpa terganggu dengan asap makanan yang keluar saat makanan dimasak oleh gerai-gerai di sini.

Selain itu, di setiap gerai juga dilengkapi dengan fat-trap, alias alat penyaring lemak dari air pencucian peralatan makan dan masak. Bagi pengujung yang ingin berselancar di internet sambil bersantap, Culture Kitchen menyediakan fasilitas wifi gratis. Belum lagi mushola, toilet dan westafel. Ke depannya, Culture Kitchen akan menyediakan beberapa televisi yang berukuran besar, dimana pengunjung dapat menikmati berbagai acara televisi, termasuk nonton bareng saat ada pertandingan-pertandingan sepak bola.

kitchen_culture_info_bintaro_1

Culture Kitchen buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00, sementara Sabtu dan Minggu maupun hari libur nasional, jam bukanya sedikit lebih panjang, yaitu pukul 10.00-23.00.

 

(ES)

Leave a Reply