Sen. Des 16th, 2019

Pilih Sekolah Bisnis yang Handal Bila Anda Ingin Jadi Entrepreneur yang Hebat

Ada penelitian bahwa semangat enterprenuership generasi milineal jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Untuk mempersiapkan para enterprenur inilah Universitas Multimedia Nusantara menyediakan program studi managemen dengan beberapa peminatan seperti bisnis, marketing management, financial management, human capital management dan operation management.

Mengenai mutu pengajaran tidak diragukan lagi karena program studi manajemen UMN telah meraih akreditasi A, sebagaimana diputuskan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan tersebut menjadikan kedua program studi Fakultas Bisnis UMN resmi memperoleh peringkat ‘sangat baik’.

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang dapat melatih mahasiswa untuk dapat mempraktekkan ilmu manajemen seperti pojok bursa atau galeri investasi (bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia), di mana mereka dapat melihat pergerakan pasar modal dan bertransaksi langsung, serta lab simulasi bisnis dan manajemen untuk media praktek bagi mahasiswa-mahasiswi di semester V.

Keunggulan Program Studi Manajemen

Menurut Dewi Wahyu Handayani, S.E., M.M., Ketua Program Studi Manajemen UMN., program studi ini ada untuk mempersiapkan para calon manajer profesional dan technopreneur muda dalam menghadapi pesatnya perkembangan industri di Indonesia dan dunia yang banyak dipengaruhi oleh kemajuan di bidang teknologi, informasi dan komunikasi (ICT).

Kini, banyak startup dan e-commerce bermunculan dan memberikan sumbangan yang besar bagi perekonomian nasional bahkan dunia. Oleh sebab itu, penting bagi para calon manajer profesional dan technopreneur muda memiliki wawasan dan pemahaman mengenai ICT agar dapat membaca peluang pasar, meningkatkan serta menumbuhkan bisnis mereka.

Mari mengenal lebih lanjut masing-masing peminatan di prodi Manajemen. Peminatan pertama adalah Bisnis yang didesain untuk menyiapkan mahasiswa menjadi entrepreneur dengan memanfaatkan kemajuan Information and Communication Technology, memiliki jiwa kreatif yang tinggi, memiliki kemampuan melihat peluang dan melakukan analisis pasar serta menjalankan bisnis.

Mahasiswa akan mempelajari mulai dari pengembangan ide bisnis dengan cara mengidentifikasikan peluang yang ada, melakukan riset pasar, melakukan analisis pesaing, validasi ide, pengembangan ide, mengatasi hambatan, melakukan pitching ide bisnis sampai dengan memulai bisnis. Mahasiswa juga akan mempelajari karakteristik kesuksesan dari bisnis keluarga sehingga dapat dikembangkan menjadi lebih professional. Diharapkan kelak lulusannya dapat menjadi Entrepreneur, Technopreneur, Sociopreneur, Greenpreneur Maupun Womanpreneur.

Peminatan kedua yang dapat dipilih para mahasiswa adalah peminatan Marketing Management. Di sini akan dipelajari cara pengelolaan marketing strategy dan marketing program yang unik serta mampu mengimplementasikannya di dunia bisnis, sesuai dengan kondisi pasar terkini dan mampu memanfaatkan segala keunggulan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di dunia bisnis yang dinamis.

BACA JUGA  Iptek : Cara Pembuatan Briket Batu Bara

Mereka harus mengambil beberapa mata kuliah peminatan seperti brand management, e-marketing, service marketing, integrated marketing communication, marketing research. Prospek karir lulusannya adalah menjadi Technopreneur, Marketing & Brand Manager, Marketing Communication Manager, Product Development Manager, Media Planner, Account Executive, Market Researcher.

Buat Anda yang hobi dengan angka dan analisa hitung-hitungan, dapat mengambil peminatan Financial Management. Di peminatan ini akan dipelajari prinsip-prinsip dan teori-teori keuangan yang diperlukan dalam pengambilan putusan-putusan keuangan, seperti putusan investasi, putusan pembiayaan, dan putusan pembagian dividen yang bertujuan untuk memaksimalkan kesejahteraan para stakeholders. Para lulusan dari peminatan ini kelak akan mampu menjadi Corporate Finance Management, Investment & Capital Market Manager, Financial Analyst, Credit Analyst, Loan Officer, Wealth Manager, Financial Planner.

Selanjutnya buat mahasiswa yang gemar berelasi dengan manusia lain, dapat mengambil peminatan Human Capital Management. Peminatan ini akan mempelajari cara pengelolaan sumber daya manusia berbasis kompetesi secara terintegrasi mulai dari job analysis, attracting, developing, maintaining human resource, serta industrial and labor relationship, sehingga diharapkan human capital mampu menjadi strategic planner bagi manajemen perusahaan dalam mencapai company’s goal. Di saat lulus kuliah, para mahasiswa diharapkan memiliki karir sebagai Corporate HR (GA, Legal, Recruitment), Employee Relation & Labor Specialist, Compensation & Benefits Specialist, Learning & Organization Development Trainer.

Peminatan terakhir yang dapat dipilih adalah Operation Management. Manajemen operasional ini mengubah resources menjadi produk atau jasa dan membuat perencanaan, desain, pengendalian, dan meningkatkan kebutuhan akan sistem dan proses. Mahasiswa juga akan mempelajari tools dan teknik untuk menganalisis operasional dan konteks strategis dari pengambilan keputusan operasional. Perkembangan yang terjadi di dunia industri akan memperkaya mahasiswa untuk memahami manajemen operasional lebih lanjut. Para lulusannya dapat melamar sebagai Quality Control Manager, Operation Analyst, Retail Manager, Logistic Manager, Inventory & Loss Control Manager, District Operation Manager

Info lebih lanjut:
Universitas Multimedia Nusantara
Telp (021) 5422 0808

BACA JUGA  One-Stop Courses - The Bold Star

 

(EGS)

 

Baca Juga