Pertama Kalinya, Indonesia Menjadi Tuan Rumah Ajang Skate Tingkat Asia : Skate Asia 2017

Indonesia patut berbangga, sekali pun merupakan negara tropis namun Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah ajang kompetisi olah raga musim dingin, ice skating, tingkat Asia melalui Skate Asia 2017. Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah, dan BX Rink Bintaro menjadi tempat pelaksanaan event yang berlangsung pada tanggal 6-13 Agustus 2017.

Dengan menjadi tuan rumah ini merupakan bukti bahwa kemampuan Indonesia pada olah raga ice skating ini semakin diperhitungkan. Wiwin Darmawan Salim, Manager BX Rink sekaligus Assistant Competition Director Skate Asia 2017 pada Press Conference yang berlangsung pada Selasa, 8 Agustus 2017 menyatakan, “Kami sangat bangga BX Rink menjadi bagian dari sejarah kompetisi ice skating di Indonesia. Sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 1999, inilah pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah ajang Skate Asia.”

Total ada 339 atlet yang berasal dari 21 ice rink dari 10 negara di Asia yang berpartisipasi memperebutkan tempat terbaik pada cabang figure skating. Adapun kategori pertandingan pada Skate Asia 2017 ini meliputi artistic, solo competition, jump & spin dan production team dengan jumlah pertandingan mencapai 371 events. Negara-negara yang berpartisipasi pada Skate Asia 2017 ini adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja, Hongkong, Taiwan, Tiongkok, Kuwait dan Uni Emirat Arab.

Selain itu ada 50 pelatih dari Asia yang mendampingi para atlet, serta 4 juri dari Amerika Serikat dan 6 juri dari Asia yang menjadi juri penilai.

Skate Asia 2017 didukung oleh berbagai pihak, seperti Perusahaan Gas Negara (PGN), Golden Horse, Risport, SP Teri, Skaters Zone dan Chick ‘n Roll. “Kami juga berterima kasih kepada semua pihak, baik sponsor, media dan pihak lain yang telah membantu terselenggaranya ajang Skate Asia 2017 ini,” tutup Wiwin.

 

(ES)

 

Leave a Comment