Berita Utama

Pertama di Asia, Pusat Inovasi Apple di Tangerang Cetak 200 Pengembang Aplikasi

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada PT Apple Indonesia yang telah merealisasikan komitmennya untuk membangun pusat inovasi di Tanah Air. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memacu kegiatan penelitian dan pengembangan di dalam negeri khususnya sektor industri guna menciptakan produk yang bernilai tambah tinggi.

“Hadirnya pusat inovasi yang dibangun oleh Apple ini, ditargetkan mampu menghasilkan sebanyak 200 developer per tahun untuk setiap pusat inovasi. Diharapkan, para developer ini dapat memberikan manfaat di tengah perkembangan era revolusi industri 4.0 di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peresmian Fasilitas iOS Developer Academy di BSD City, Tangerang, Senin (7/5).

Pusat inovasi di Tangerang dengan luas 1500 m2 ini merupakan fasilitas inkubator untuk pengembangan aplikasi Apple yang pertama di Asia dan ketiga di dunia setelah Brasil dan Italia. Pada tahap awal, Apple Developer Academy Indonesia ini baru menerima 75 orang siswa. Seluruhnya merupakan hasil kerja sama dengan Universitas Bina Nusantara (Binus).

“Sekarang baru pre-launch, nanti grand launch di bulan Juni,” imbuh Menperin. Selain di Tangerang, rencananya PT. Apple Indonesia membangun dua pusat inovasi lagi. “Lokasi berikutnya, di Pulau Jawa tetapi di luar wilayah Jabodetabek serta akan mendirikan di luar Jawa,” ungkapnya.

Airlangga menyatakan, setelah semua beroperasi penuh, siapa pun bisa berkesempatan mendaftar di sekolah ilmu pemrograman khusus ekosistem aplikasi Apple tersebut atau terbuka untuk umum. Bahkan masuk di sekolah ini gratis alias tanpa dipungut biaya serta dapat beasiswa. “Dan bagusnya lagi, di sistem akademi Apple ini, pemegang hak patennya adalah para student,” tegasnya.

Menteri Airlangga menyampaikan, untuk memenuhi ketentuan regulasi mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), PT. Apple Indonesia memilih skema penghitungan TKDN berbasis pengembangan inovasi. “Untuk membangun tiga pusat inovasi, total investasi mereka senilai USD44 juta dalam jangka waktu tiga tahun sejak 2017,” ungkapnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menambahkan, kehadiran akademi Apple ini tidak akan bersaing langsung dengan developer lokal. “Karena menggunakan basis sistem pengajaran iOS. Tahap awal memang dengan Universitas Binus, tetapi berikutnya untuk semua orang,” jelasnya.

Rudiantara menambahkan, PT Apple Indonesia bakal mendatangkan mentor ilmu pemrograman dari berbagai belahan dunia untuk mengajar siswa-siswi di Indonesia. “Mentornya nanti dari berbagai regional Apple, ada yang dari Brasil, Italia, Cupertino dan lainnya,” ujarnya.

Kelas di Apple Developer ini mencakup Objective-C dan Swift. Swift adalah bahas pemrograman dari Apple yang diciptakan untuk membuat aplikasi untuk iOS, Apple TV dan Apple Watch.

Komunitas pengembang iOS di Indonesia semakin tumbuh hingga lebih dari 50 persen selama dua tahun terakhir. Data Apple menunjukkan, pada tahun 2017, pengembang iOS seluruh dunia menghasilkan pendapatan sebesar USD26,5 miliar.

Target pasar global

Apalagi, seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang pesat di dunia, Indonesia akan menjadi target pasar global karena merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke tiga di Asia setelah China dan India. “Saat ini, dalam era 4G LTE yang sedang berkembang, tentunya pengguna smartphone di Indonesia diprediksi semakin tumbuh,” papar Menperin.

Oleh karenanya, melalui penerbitan Permenperin No. 29/2017, dimaksudkan untuk mendorongterus penumbuhan industri komponen telepon seluler (ponsel), komputer genggam dan komputer tablet serta pengembang software di dalam negeri. Selainitu juga menumbuhkan pusat inovasi baru dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

Beleid TKDN tersebut diimplementasikan melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet. Ini menjadi salah satu tekad pemerintah menggenjot keberlanjutan industri telematika di Indonesia.

“Dengan bertumbuhnya industri-industri perakit dan pembuat komponen, sekitar 30 perusahaan ponsel dan tablet telah memenuhi TKDN 30 persen,” tutur Airlangga. Untuk itu, Kemenperin terus meningkatan daya saing produk lokal agar mampu berkompetisi dengan barang-barang impor.

Alhasil, hingga saat ini industri ponsel di Tanah Airtumbuh signfikan, yang terdiri dari 28 merek global, 19 merek lokal, 2 SMT (surface mount technology), dan 7 EMS (Electronic Manufacturing Services). Selain itu,terdapat 30 industri komponen berbagai jenis,di antaranya menghasilkan PCBA, Charger, Earphone, USB cable, perakitan baterai lithium, dan kemasan.

“Adapun yang menerapkan TKDN hardware sebanyak 44 merek, software dan hardware sebanyak 2 merek, dan 1 merek melalui skema pusat inovasi yaitu yang dibangun oleh Apple,” sebut Airlangga. Dengan demikian, selain dapat mendongkrak kemampuan industri dalam negeri, Permenperin No. 29/2017 juga mendorong peningkatkan nilai tambah produk dan menciptakan lapangan kerja sehingga memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • PermataBank Sukses Masuk Jajaran ASEAN Asset Class

    PermataBank Sukses Masuk Jajaran ASEAN Asset Class

    PT Bank Permata Tbk masuk dalam daftar Perusahaan Tercatat dengan kategori ASEAN Asset Class, berdasarkan penilaian ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS). Terpilih di urutan ke-6 dari 10 Perusahaan Tercatat di Indonesia yang masuk dalam kategori tersebut, memberikan validasi bagi PermataBank sebagai bank yang dinilai memiliki tata kelola perusahaan yang baik dan layak dilirik oleh kalangan […]
  • Perusahaan Rintisan Digital Diharapkan Jadi Solusi

    Perusahaan Rintisan Digital Diharapkan Jadi Solusi

    Perusahaan rintisan (startup) digital terus dibangun dengan harapan dapat berkembang lebih cepat dan menjadi solusi dalam menghadapi segala tantangan atau persoalan ekonomi di Indonesia di era ekonomi digital. Salah satu program yang disiapkan pemerintah adalah Gerakan Nasional 1.000 Startup. Gerakan ini telah dimulai sejak 2016 dan ditargetkan dapat membangun 1.000 perusahaan rintisan digital baru pada […]
  • Grab Jalin Kerjasama Dengan ITB Luncurkan GrabWheels, Wujudkan Moda Transportasi Personal yang Inovatif

    Grab Jalin Kerjasama Dengan ITB Luncurkan GrabWheels, Wujudkan Moda Transportasi Personal yang Inovatif

    GrabWheels merupakan skuter elektrik (e-scooter) sejenis otoped yang diperkenalkan Grab untuk memperluas jenis kendaraan yang dapat digunakan masyarakat. Melalui kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Grab kini dapat memperluas penggunaan GrabWheels sebagai moda transportasi ramah lingkungan di ITB , kampus Ganesha, Bandung. Peluncuran perdana GrabWheels di lingkungan kampus ITB, merupakan bagian dari kerjasama […]
  • Foto : Seminar International 15th Economix Global Economic Challenges FEB UI

    Foto : Seminar International 15th Economix Global Economic Challenges FEB UI

    Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Kanopi (Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEBUI) menggelar sebuah seminar internasional untuk berbagi, berdiskusi dan menemukan solusi berbagai isu ekonomi global terkini. Seminar yang bertajuk “The Resurgence of Neo-Protectionism: A changing world” ini merupakan bagian dari 15th Economix Global Economic Challenges, yang tahun ini memasuki […]
  • Aneka Sambal dan Lalap di Rasana Sunda

    Aneka Sambal dan Lalap di Rasana Sunda

    Apa yang paling dikangeni orang Indonesia pada saat travelling ke luar negeri? Sambal dan nasi tentunya. Bagi mayoritas orang Indonesia, makan tidak sedap tanpa ditemani sambal. Bahkan ada yang bawa botol sambal ketika bepergian ke luar negeri. Kali ini kita akan membahas aneka sambal yang ada di Rasana Sunda, resto khas makanan sunda yang terletak […]
  • Di Tengah Covid-19, Astra Life Maksimalkan Layanan dan Pemasaran Online

    Di Tengah Covid-19, Astra Life Maksimalkan Layanan dan Pemasaran Online

    Pandemi virus Corona masih belum mereda. Pertumbuhan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus bertambah membuat diberlakukannya pembatasan pergerakan manusia untuk mengurangi pertambahan angkanya. Dampak pandemi ini juga sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika mulai diberlakukan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Astra […]
  • Royal Enfield Buka Store Baru di Jakarta

    Royal Enfield Buka Store Baru di Jakarta

    Royal Enfield, pemimpin global produsen motor kelas menengah, pada tanggal 16 Juni 2020 mengumumkan pembukaan store baru di Jakarta – yang merupakan rumah bagi lebih dari 15 juta pengendara sepeda motor. Merek dengan pertumbuhan tercepat di segmen menengah ini terus memperkuat kehadirannya di wilayah Asia-Pasifik, di mana Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi Royal […]
  • Vivo Y15, Smartphone vivo Terbaru dengan Kapasitas Baterai Besar dan Tiga Kamera Belakang

    Vivo Y15, Smartphone vivo Terbaru dengan Kapasitas Baterai Besar dan Tiga Kamera Belakang

    Segmen entry-level masih menjadi pasar yang aktif digarap oleh vivo, salah satunya dengan membawa vivo seri Y. Smartphone Y-Series terbaru vivo, yaitu Y15 secara resmi meluncur dengan harga Rp2.499.000 pada Jumat, 26 Juli 2019. Setelah sebelumnya tersedia dalam varian 3GB, vivo Y15 hadir dengan rangkaian fitur unggulan seperti: kapasitas baterai super besar 5000mAh, AI Triple […]
  • Indosat Ooredoo Siapkan Jaringan Telekomunikasinya Secara Nasional Hadapi Ramadhan dan Lebaran

    Indosat Ooredoo Siapkan Jaringan Telekomunikasinya Secara Nasional Hadapi Ramadhan dan Lebaran

    Ramadhan dan Lebaran menjadi momen istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, yang ditandai dengan meningkatnya volume berkomunikasi sebagai wujud silaturahmi kepada sanak saudara dan teman. Indosat Ooredoo berkomitmen untuk dapat terus melayani pelanggan dan masyarakat di momen-momen istimewa tersebut, melalui kesiapan layanan dan jaringan telekomunikasinya agar masyarakat tetap dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar. Hal ini […]
  • ACG School Jakarta Pelopori Program Inisiatif Siswa, Hadirkan Dampak Positif di Kehidupan Sosial

    ACG School Jakarta Pelopori Program Inisiatif Siswa, Hadirkan Dampak Positif di Kehidupan Sosial

    Menghadirkan pengalaman belajar yang bermakna adalah prioritas bagi ACG School Jakarta, terutama dalam mempersiapkan kesuksesan siswa di masa depan. Lewat program-program yang menginspirasi siswa untuk menjadi kreatif, terampil dalam memecahkan masalah, serta memiliki keahlian wirausaha, ACG School Jakarta juga mengusung filosofi holistik dengan prioritas pendidikan berempati, kolaborasi, dan keberanian untuk menciptakan perubahan baik di tengah komunitas […]
  • Komitmen BMW Group Berikan Layanan Terbaik Untuk Penggunanya

    Komitmen BMW Group Berikan Layanan Terbaik Untuk Penggunanya

    Konsisten dengan komitmen untuk selalu berikan layanan terbaik bagi penggunanya, BMW Group Indonesia kembali komunikasikan layanan purnajual online yang berikan informasi terkini dari unit kendaraan para pengguna BMW, Online Technical Updates. Seluruh pengguna kendaraan BMW dapat menggunakan layanan online tersebut untuk mengetahui seputar pembaruan yang dibutuhkan untuk kendaraan miliknya. Pada kesempatan kali ini, secara khusus, […]
  • Surganya Anak-Anak Bermain di Toys & Comic Fair 2017, Gramedia Kids BSD

    Surganya Anak-Anak Bermain di Toys & Comic Fair 2017, Gramedia Kids BSD

    Apakah buah hati Anda sedang menyukai Gundam? Atau mungkin sedang hobi mengoleksi berbagai kostum-kostum dari karakter-karakter tertentu? Atau mungkin ia memiliki hobi baru dengan mengoleksi dan memainkan yoyo yang berwarna-warni? Anak-anak memang memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Sebagai orang tua, tentunya Anda sering dikagetkan dengan kehebohan-kehebohan seputar hal-hal yang sedang disukai si kecil. Tidak […]
  • Manjakan Konsumen di Bulan Ramadhan, Lebaran dan Setelah Lebaran Mitsubishi Fuso Berikan Diskon Service Besar-besara

    Manjakan Konsumen di Bulan Ramadhan, Lebaran dan Setelah Lebaran Mitsubishi Fuso Berikan Diskon Service Besar-besara

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, menyambut Bulan Suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1439H dengan menyelenggarakan program Lebaran Campaign bertema “Mudah Servisnya Berlimpah Hadiahnya” yang digelar secara serentak di 229 jaringan bengkel resmi Mitsubishi Fuso mulai 1 Juni – 31 Juli 2018. Bukan tanpa alasan, […]
  • Inilah Hal yang Perlu Diketahui Pelaku Wirausaha Sosial untuk Kembangkan Bisnis

    Inilah Hal yang Perlu Diketahui Pelaku Wirausaha Sosial untuk Kembangkan Bisnis

    Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-bangsa (UN-ESCAP), hingga akhir 2018 terdapat sekitar 340.000 wirausaha sosial di Indonesia. Berbeda dengan jenis usaha lain, wirausaha sosial membuka peluang inklusif dan kesetaraan sebagai inti bisnis dengan misi sosial. Namun masih banyak tantangan yang dihadapi oleh para pelaku wirausaha sosial ini. Mulai dari permasalahan […]
  • Menyambut Ramadhan, Lenovo Tebar Berbagai Promo Menarik bagi Pelanggan

    Menyambut Ramadhan, Lenovo Tebar Berbagai Promo Menarik bagi Pelanggan

    Lenovo, vendor PC nomor satu dan salah satu dari tiga penyedia perangkat keras untuk server berbasis x86 paling besar di dunia, menyambut Ramadhan dan momen tengah tahun dengan mengadakan promo produk-produk data center unggulan. Promo yang berlangsung sejak tanggal 1 April hingga 31 Mei 2018 ini memberikan berbagai penawaran menarik bagi kalangan profesional dan pelaku […]
  • Realme Konfirmasi Akan Meluncurkan Realme 7 | 7i 64MP Power Master di Indonesia pada 17 September

    Realme Konfirmasi Akan Meluncurkan Realme 7 | 7i 64MP Power Master di Indonesia pada 17 September

    Sebagai merek Favoritnya Anak Muda, realme berkomitmen untuk terus memberikan kejutan bagi para penggemar dan pecinta gadget di Indonesia melalui produk-produk tech trendsetter miliknya. Setelah sukses diluncurkan di India, realme Indonesia hari ini mengonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan realme 7 series ke Indonesia. Seri angka terbaru dari realme yang selalu ditunggu-tunggu ini akan diluncurkan secara […]
  • Dukung Budaya Literasi, Sinar Mas Land Bantu Sarana Perpustakaan SD dan MI di Sekitar BSD City

    Dukung Budaya Literasi, Sinar Mas Land Bantu Sarana Perpustakaan SD dan MI di Sekitar BSD City

    Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk, memberikan bantuan pendidikan berupa sarana kelengkapan perpustakaan kepada 10 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Pemberian bantuan ini merupakan salah satu bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land di bidang pendidikan. Hal ini […]
  • Nokia 5.3 Memungkinkan Para Penggemarnya Menciptakan dan Menikmati Konten dengan Cara Berbeda

    Nokia 5.3 Memungkinkan Para Penggemarnya Menciptakan dan Menikmati Konten dengan Cara Berbeda

    HMD Global, the home of Nokia phones, mengumumkan kehadiran Nokia 5.3 di pasar Indonesia. Nokia 5.3 hadir dengan quad camera, Qualcomm® Snapdragon™ 665 Mobile Platform dan umur baterai andalan 2 hari. Quad camera dengan dukungan AI menjadikan pengambilan gambar sempurna dimanapun Anda berada, bahkan dalam kondisi redup, berkat Night mode. Lensa wide-angle dan macro membantu […]
  • Kopi Kenangan Memberi Jaminan Kesehatan Hadapi Covid-19

    Kopi Kenangan Memberi Jaminan Kesehatan Hadapi Covid-19

    Di tengan wabah COVID-19, peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan yang tengah berkembang pesat saat ini, menerapkan langkah-langkah dan upaya dalam memastikan kebersihan, sekaligus memberikan rasa tenang dan aman bagi para karyawan, mitra pesan antar dan pelanggan. Chief Operating Officer dan Co-Founder Kopi Kenangan James Prananto mengatakan, “Sejak awal berdirinya Kopi Kenangan tiga tahun lalu, core […]
  • Iptek: Kaitan Global Warming Dengan Kulkas dan AC di Rumah

    Iptek: Kaitan Global Warming Dengan Kulkas dan AC di Rumah

    Anda tentu sering mendengar kata freon bukan? Terutama bila AC atau kulkas di rumah kurang dingin, maka lazim kita dengar, freonnya kudu ditambah nih. Freon adalah sejenis bahan kimia yang mengandung Chloro Fluoro Carbon (CFC) . Hampir seabad lamanya manusia menggunakan freon sebagai bahan pendingin. Tanda-tanda akhir kejayaan freon bermula dari ditemukannya penipisan ozon dalam atmosfer […]