Berita Utama

Pertama di Asia, Pusat Inovasi Apple di Tangerang Cetak 200 Pengembang Aplikasi

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada PT Apple Indonesia yang telah merealisasikan komitmennya untuk membangun pusat inovasi di Tanah Air. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memacu kegiatan penelitian dan pengembangan di dalam negeri khususnya sektor industri guna menciptakan produk yang bernilai tambah tinggi.

“Hadirnya pusat inovasi yang dibangun oleh Apple ini, ditargetkan mampu menghasilkan sebanyak 200 developer per tahun untuk setiap pusat inovasi. Diharapkan, para developer ini dapat memberikan manfaat di tengah perkembangan era revolusi industri 4.0 di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peresmian Fasilitas iOS Developer Academy di BSD City, Tangerang, Senin (7/5).

Pusat inovasi di Tangerang dengan luas 1500 m2 ini merupakan fasilitas inkubator untuk pengembangan aplikasi Apple yang pertama di Asia dan ketiga di dunia setelah Brasil dan Italia. Pada tahap awal, Apple Developer Academy Indonesia ini baru menerima 75 orang siswa. Seluruhnya merupakan hasil kerja sama dengan Universitas Bina Nusantara (Binus).

“Sekarang baru pre-launch, nanti grand launch di bulan Juni,” imbuh Menperin. Selain di Tangerang, rencananya PT. Apple Indonesia membangun dua pusat inovasi lagi. “Lokasi berikutnya, di Pulau Jawa tetapi di luar wilayah Jabodetabek serta akan mendirikan di luar Jawa,” ungkapnya.

Airlangga menyatakan, setelah semua beroperasi penuh, siapa pun bisa berkesempatan mendaftar di sekolah ilmu pemrograman khusus ekosistem aplikasi Apple tersebut atau terbuka untuk umum. Bahkan masuk di sekolah ini gratis alias tanpa dipungut biaya serta dapat beasiswa. “Dan bagusnya lagi, di sistem akademi Apple ini, pemegang hak patennya adalah para student,” tegasnya.

Menteri Airlangga menyampaikan, untuk memenuhi ketentuan regulasi mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), PT. Apple Indonesia memilih skema penghitungan TKDN berbasis pengembangan inovasi. “Untuk membangun tiga pusat inovasi, total investasi mereka senilai USD44 juta dalam jangka waktu tiga tahun sejak 2017,” ungkapnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menambahkan, kehadiran akademi Apple ini tidak akan bersaing langsung dengan developer lokal. “Karena menggunakan basis sistem pengajaran iOS. Tahap awal memang dengan Universitas Binus, tetapi berikutnya untuk semua orang,” jelasnya.

Rudiantara menambahkan, PT Apple Indonesia bakal mendatangkan mentor ilmu pemrograman dari berbagai belahan dunia untuk mengajar siswa-siswi di Indonesia. “Mentornya nanti dari berbagai regional Apple, ada yang dari Brasil, Italia, Cupertino dan lainnya,” ujarnya.

Kelas di Apple Developer ini mencakup Objective-C dan Swift. Swift adalah bahas pemrograman dari Apple yang diciptakan untuk membuat aplikasi untuk iOS, Apple TV dan Apple Watch.

Komunitas pengembang iOS di Indonesia semakin tumbuh hingga lebih dari 50 persen selama dua tahun terakhir. Data Apple menunjukkan, pada tahun 2017, pengembang iOS seluruh dunia menghasilkan pendapatan sebesar USD26,5 miliar.

Target pasar global

Apalagi, seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang pesat di dunia, Indonesia akan menjadi target pasar global karena merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke tiga di Asia setelah China dan India. “Saat ini, dalam era 4G LTE yang sedang berkembang, tentunya pengguna smartphone di Indonesia diprediksi semakin tumbuh,” papar Menperin.

Oleh karenanya, melalui penerbitan Permenperin No. 29/2017, dimaksudkan untuk mendorongterus penumbuhan industri komponen telepon seluler (ponsel), komputer genggam dan komputer tablet serta pengembang software di dalam negeri. Selainitu juga menumbuhkan pusat inovasi baru dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

Beleid TKDN tersebut diimplementasikan melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet. Ini menjadi salah satu tekad pemerintah menggenjot keberlanjutan industri telematika di Indonesia.

“Dengan bertumbuhnya industri-industri perakit dan pembuat komponen, sekitar 30 perusahaan ponsel dan tablet telah memenuhi TKDN 30 persen,” tutur Airlangga. Untuk itu, Kemenperin terus meningkatan daya saing produk lokal agar mampu berkompetisi dengan barang-barang impor.

BACA JUGA  Traveloka Gandeng Brand Ternama Menghadirkan Reward untuk Pelanggan Melalui Katalog Traveloka Poin

Alhasil, hingga saat ini industri ponsel di Tanah Airtumbuh signfikan, yang terdiri dari 28 merek global, 19 merek lokal, 2 SMT (surface mount technology), dan 7 EMS (Electronic Manufacturing Services). Selain itu,terdapat 30 industri komponen berbagai jenis,di antaranya menghasilkan PCBA, Charger, Earphone, USB cable, perakitan baterai lithium, dan kemasan.

“Adapun yang menerapkan TKDN hardware sebanyak 44 merek, software dan hardware sebanyak 2 merek, dan 1 merek melalui skema pusat inovasi yaitu yang dibangun oleh Apple,” sebut Airlangga. Dengan demikian, selain dapat mendongkrak kemampuan industri dalam negeri, Permenperin No. 29/2017 juga mendorong peningkatkan nilai tambah produk dan menciptakan lapangan kerja sehingga memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

(BON)

 

Baca Juga

  • Anda Harus Memahami Ini, Jika Akan Membeli Ban Kendaraan

    Anda Harus Memahami Ini, Jika Akan Membeli Ban Kendaraan

    Jika anda memiliki rencana untuk mengganti ban kendaraan kesayangan anda dalam waktu dekat, anda perlu mengetahui mengenai angka-angka yang tertera pada ban. Jika anda membeli ban, tentunya si penjual berusaha untuk menjual ban yang paling menguntungkannya, bukan yang paling anda butuhkan. Anda sebagai konsumen harus kritis dengan penawaran yang diberikan. Mari kita simak beberapa hal […]
  • Cegah Penyebaran Covid-19, Kemendag Tunda Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 Tahun 2020

    Cegah Penyebaran Covid-19, Kemendag Tunda Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 Tahun 2020

    Kementerian Perdagangan menunda pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 Tahun 2020. Hal itu berkenaan dengan perubahan status COVID-19 menjadi pandemi global berdasarkan pengumuman resmi dari World Health Organization (WHO). “Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menjalankan kebijakan demi menghambat menyebarnya pandemi COVID-19, Kemendag memandang perlu menunda pelaksanaan TEI ke-35 tahun 2020,” ujar Menteri Perdagangan […]
  • Pemerintah Tetapkan Aturan Pengendalian IMEI dengan Sistem Whitelist

    Pemerintah Tetapkan Aturan Pengendalian IMEI dengan Sistem Whitelist

    Pemerintah resmi menerapkan aturan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) per tanggal 18 April 2020. Penetapan aturan ini bertujuan untuk menekan penggunaan ponsel ilegal di Indonesia yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi negara dan masyarakat. “Tentunya, Kementerian Perindustrian konsisten mendukung penerapan aturan tersebut. Hal ini guna mendorong industri ponsel di dalam negeri agar mampu memiliki daya […]
  • Asia New Year 2017

    Asia New Year 2017

    Menutup tahun 2016, apakah rencana Anda? Bila belum punya rencana berlibur keluar kota maupun keluar negeri, mungkin Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati beragam event perayaan akhir tahun persembahan Bintaro Jaya Xchange Mall (BXC). Sebagai family mall terbesar di kawasan Bintaro dan sekitarnya, BXC Mall selalau memberikan persembahan spesial bagi pengunjungnya di akhir tahun. Sejak […]
  • Meriahkan Kemerdekaan Indonesia ke-74 dengan Berbagai Produk Lokal dari Shopee Kreasi Nusantara

    Meriahkan Kemerdekaan Indonesia ke-74 dengan Berbagai Produk Lokal dari Shopee Kreasi Nusantara

    Bersamaan dengan momentum Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, Shopee menggelar kampanye spesial Shopee Kreasi Nusantara dimana pengguna di seluruh Indonesia dapat menikmati diskon hingga 74% pada 74 produk lokal terkurasi melalui Kreasi Nusantara. Hal ini diinisiasi oleh Shopee, sebagai platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, guna memperkuat komitmennya untuk terus mendukung karya kreasi produk […]
  • PT Piaggio Indonesia Memulai 2020 dengan Memperluas Jaringan Diler Baru di Rawamangun, Jakarta Timur

    PT Piaggio Indonesia Memulai 2020 dengan Memperluas Jaringan Diler Baru di Rawamangun, Jakarta Timur

    PT Piaggio Indonesia mencatatkan sebuah tonggak prestasi di tahun 2020 melalui peresmian diler baru melalui kerja sama dengan PT Dwi Pratama Mandiri yang semakin memperkuat sosok Piaggio dan Vespa di Jakarta Timur. Ini merupakan diler keempat sejak keduanya memulai kolaborasi pada tahun 2018. Peresmian diler baru ini bertujuan untuk menghadirkan solusi mobilitas premium melalui produk […]
  • Foto : Griya Paseban, Penginapan Murah dan Bersih di Semarang dengan Aneka Masakan Nikmat

    Foto : Griya Paseban, Penginapan Murah dan Bersih di Semarang dengan Aneka Masakan Nikmat

    Kantor Anda memiliki rencana untuk mengadakan sebuah meeting tahunan di Semarang? Atau mungkin event rutin regional sales gathering di Semarang? Apapun acaranya, Anda perlu mempertimbangkan lokasi satu ini bila akan mengadakan sebuah acara di Semarang : Griya Paseban. Griya Paseban merupakan sebuah tempat penginapan di kota Semarang, Jawa Tengah yang dimiliki oleh Yayasan Penyelanggaraan Illahi […]
  • Sedang Mencari Vendor Barang-Barang Promosi Custom yang Bisa Melayani Pesanan dalam Jumlah Banyak? Di Zonacus Tempatnya

    Sedang Mencari Vendor Barang-Barang Promosi Custom yang Bisa Melayani Pesanan dalam Jumlah Banyak? Di Zonacus Tempatnya

    Buat Anda yang sedang mencari vendor untuk membuat barang-barang promosi, bisa mempertimbangkan usaha yang satu ini. Zonacus adalah salah satu jasa yang melayani pembuatan pembuatan barang-barang custom seperti helm, jaket, jas hujan, bantal, sarung tangan, tas motor, dll. Awalnya Zonacus hanya fokus pada pembuatan helm custom/promosi, namun dengan banyaknya permintaan helm,  jaket, jas hujan, bantal […]
  • Perluas Akses Transaksi Pembelian BBM Secara Non Tunai, Pertamina Gandeng MasterCard

    Perluas Akses Transaksi Pembelian BBM Secara Non Tunai, Pertamina Gandeng MasterCard

    PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Mastercard guna menunjang sistem pembayaran elektronik untuk transaksi di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di Indonesia. Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya kedua belah pihak dalam mendorong transaksi non tunai atau cashless di SPBU, sekaligus memperluas akses konsumen dalam bertransaksi dengan menggunakan kartu yang dikeluarkan […]
  • Tokopedia Salam Mudahkan Masyarakat Belanja Produk Halal dan Ibadah dari Rumah

    Tokopedia Salam Mudahkan Masyarakat Belanja Produk Halal dan Ibadah dari Rumah

    Masyarakat kini dapat menemukan produk bersertifikat halal di platform khusus ‘Tokopedia Salam’. Kemudahan ini adalah hasil kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Head of Tokopedia Salam, Garri […]
  • Grab Mudahkan Mudik Lebaran Masyarakat Indonesia dengan Aplikasi Ayo Mudik dan Fitur ‘Multi-City’ bagi Mitra Pengemudi GrabCar

    Grab Mudahkan Mudik Lebaran Masyarakat Indonesia dengan Aplikasi Ayo Mudik dan Fitur ‘Multi-City’ bagi Mitra Pengemudi GrabCar

    Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Grab, platform penyedia layanan transportasi on-demand dan pembayaran mobile terdepan di Asia Tenggara, meluncurkan aplikasi Ayo Mudik bagi masyarakat Indonesia yang hendak bepergian ke kampung halamannya selama periode mudik lebaran tahun ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kudo, sebuah perusahaan rintisan berbasis teknologi yang merupakan bagian […]
  • Canon Photomarathon Indonesia 2018 – Yogyakarta Ajang Kumpul Fotografer, Asah Kreativitas, dan Berburu Hadiah

    Canon Photomarathon Indonesia 2018 – Yogyakarta Ajang Kumpul Fotografer, Asah Kreativitas, dan Berburu Hadiah

    Jogja Istimewa! Keistimewaan ini juga tampak dari animo dan antusiasme para pencinta fotografi dalam memeriahkan ajang tahunan Canon PhotoMarathon Indonesia yang telah dihelat di Yogyakarta sejak tahun 2011. Setelah Jakarta, Canon PhotoMarathon Indonesia 2018 hadir di kota pelajar Yogyakarta, tepatnya di Auditorium Driyarkara, Universitas Sanata Dharma. Ribuan peserta datang dan berkumpul untuk memperebutkan total hadiah […]
  • 10 Hal Tentang GM dan Chevrolet yang Anda Tidak Ketahui

    10 Hal Tentang GM dan Chevrolet yang Anda Tidak Ketahui

    Seperti yang telah diberitakan di seluruh dunia, GM bersama Cruise Automation, perusahaan teknologi kendaraan self-driving, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Honda untuk mencapai target bersama dalam mengtransformasi mobilitas melalui penyebaran teknologi kendaraan otonom dalam skala besar. Honda akan bekerja bersama dengan Cruise dan General Motors untuk mendanai dan mengembangkan kendaraan otonom yang […]
  • Foto : Meriahnya Olympus 2017 PKN STAN

    Foto : Meriahnya Olympus 2017 PKN STAN

    Olympus yang merupakan akronim dari “Originally Memorable Experience Upon Last” merupakan ajang tahunan dari mahasiswa/i pajak dan penilai Politeknik Keuangan Negeri (PKN) STAN untuk menyambut mahasiswa baru Jurusan Pajak dan melepas mahasiswa yang akan lulus dan memasuki perjalanan panjang karirnya kelak. Digelar pada tanggal 13 dan 24 September 2017 di Kampus PKN STAN, Jurangmangu, Bintaro, […]
  • Iptek: Kaitan Global Warming Dengan Kulkas dan AC di Rumah

    Iptek: Kaitan Global Warming Dengan Kulkas dan AC di Rumah

    Anda tentu sering mendengar kata freon bukan? Terutama bila AC atau kulkas di rumah kurang dingin, maka lazim kita dengar, freonnya kudu ditambah nih. Freon adalah sejenis bahan kimia yang mengandung Chloro Fluoro Carbon (CFC) . Hampir seabad lamanya manusia menggunakan freon sebagai bahan pendingin. Tanda-tanda akhir kejayaan freon bermula dari ditemukannya penipisan ozon dalam atmosfer […]
  • Iflix dan Screenplay Films Akan Merevolusi Dunia Hiburan di Indonesia dengan Deretan Konten Baru untuk 2019

    Iflix dan Screenplay Films Akan Merevolusi Dunia Hiburan di Indonesia dengan Deretan Konten Baru untuk 2019

    iflix, layanan hiburan terkemuka di Asia Tenggara, berkolaborasi dengan Screenplay Films, studio film utama di Indonesia, hari ini mengumumkan deretan konten premium yang menarik untuk 2019, menawarkan pengguna di Indonesia katalog konten lokal terbesar untuk ditonton melalui streaming maupun diunduh, secara gratis. Ini adalah langkah terbaru iflix dalam menghadirkan lebih banyak film yang tayang langsung […]
  • Mengisi Liburan Anak Dengan Kegiatan yang Bermanfaat di Gramedia Academy Memory Holiday Camp

    Mengisi Liburan Anak Dengan Kegiatan yang Bermanfaat di Gramedia Academy Memory Holiday Camp

    Sudahkah mendapatkan ide untuk mengisi liburan putra/putriAnda dengan kegiatan yang bermanfaat? Student Memory Course (SMC) yang didirikan oleh Yudi Lesmana, “Grandmaster of Memory” dari World Memory Sports Council yang bermarkas di Inggris, bekerjasama dengan Gramedia Academy mengadakan Gramedia Academy Holiday Camp tanggal 5-7 Januari 2017 di Wisma Kompas Gramedia Cipanas. Gramedia Academy Memory Holiday Camp […]
  • Harga Sejutaan, Samsung Galaxy A01 Ditenagai Snapdragon 439 dan Dual Camera

    Harga Sejutaan, Samsung Galaxy A01 Ditenagai Snapdragon 439 dan Dual Camera

    Samsung Electronics Indonesia meluncurkan Samsung Galaxy A01 dengan sistem operasi Android 10, ditenagai Snapdragon 439, dan dilengkapi dual kamera berkapasitas 13MP+2MP untuk rear camera dan 5MP front camera serta berbagai fitur-fitur menarik lainnya untuk aktivitas entertainment para generasi Z. Galaxy A01 hadir dengan desain yang stylish dengan dua pilihan warna, Black dan Blue ditawarkan dengan […]
  • Danamon Gelar Danamon Run 2019

    Danamon Gelar Danamon Run 2019

    PT Bank Danamon Indonesia Tbk akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan pertama di Indonesia dimana pelari dapat menentukan garis finish ketika sedang berlari. Di tahun ketiganya, Danamon Run 2019 dijadwalkan terlaksana pada 10 November 2019 di area ICE BSD, Tangerang Selatan. Dengan target 6.000 peserta, ajang lari ini […]
  • Vivo V19 Resmi Diluncurkan

    Vivo V19 Resmi Diluncurkan

    Memperkuat posisi ke-2 brand smartphone di Indonesia[2], vivo menghadirkan vivo V19  dengan tagline “Perfect Night, Perfect You,” sebagai awal langkah vivo di tahun 2020. Mengusung desain Ultra O Screen dengan ukuran lubang kamera depan terkecil di kelasnya, vivo V19 memberikan pengalaman visual lebih maksimal bagi konsumen. Selain desain layar trendi, vivo V19 juga dilengkapi dengan […]