Rab. Mei 22nd, 2019

Perpaduan Kultur Dalam Kuliner: Resto Mama Malaka

Adanya berbagai kultur yang dimiliki oleh berbagai etnis di dunia yang saling berinteraksi menyebabkan terjadinya proses akulturasi berbagai aspek kehidupan. Proses percampuran budaya ini justru memperkaya budaya yang sudah ada tanpa menghilangkan budaya asli yang dibawa masing-masing etnis. Proses bercampurnya budaya ini juga terjadi dalam bidang kuliner. Salah satunya adalah munculnya berbagai masakan yang disebut masakan peranakan.

Istilah peranakan mengacu pada perpaduan budaya berbagai bangsa di dunia dengan budaya Melayu. Pada umumnya orang menghubungkan istilah peranakan dengan perpaduan budaya Melayu dan Tiongkok, padahal perpaduan budaya itu tidak hanya terjadi di antara 2 etnis ini melalinkan dengan etnis lainnya, sebut saja India dan Eropa.

Salah satu resto yang menyajikan berbagai masakan adalah Mama Malaka. Resto yang menghadirkan berbagai menu kuliner peranakan ini hadir di Bintaro tepatnya di Bintaro Xchange Mall Lt. UG No. 301. Resto yang telah berdiri semenjak 1959 ini di Indonesia telah memiliki beberapa cabang seperti Grand Indonesia, Supermal Karawaci, Trans Mart Cikokol, One Bell Park Fatmawati, dan Bintaro Xchange.

mama_malaka_info_bintaro_1

Begitu memasuki resto ini kita akan melihat gaya arsitektur dan interiornya yang mencerminkan perpaduan budaya, namun justru itu yang membuat tampilan resto ini unik dan menarik. Tengok saja bentuk jendelanya yang mewakili budaya Melayu, sementara lampion-lampion bergantungan di langit-langit yang mewakili budaya Tiongkok. Untuk memperkuat identitas bahwa resto ini merupakan resto yang menyajikan kuliner peranakan, di bagian depan dipasang sebuah display delivery order bergambar skuter, yang kita tahu berasal dari India.

Resto Mama Malaka buka dari pukul 10.00-21.00. Pengunjung dapat memilih duduk di bagian dalam resto atau di bagian balkon bagi perokok atau yang ingin menikmati pemandangan di seputar Bintaro Xchange dari atas ketinggian.

Pilihan menunya cukup lengkap dari mulai appetizer, main course hingga dessert tersedia dalam pilihan menunya, disamping tentu saja berbagai pilihan minuman. Sebut saja Pai Tee untuk appetizer. Pai Tee yang terdiri dari campuran berbagai sayuran dengan daging ayam dan dibungkus dengan wadah dari adonan tepung yang crunchy sungguh pas sebagai pembuka acara santap. Pai Tee yang dicocol dengan saos sambal ini akan membuat lidah kita siap untuk menyantap hidangan berikutnya. Pai Tee sendiri merupakan salah satu menu favorit di Mama Malaka. Ingin appetizer yang merupakan perpaduan kuliner India dan Melayu, cobain Egg Canai yang merupakan roti canai yang terbuat dari telur.

BACA JUGA  Warung Prospera, Tempat Mencari Makanan Khas Tanagu Kaili - Sulawesi Tengah
mama_malaka_info_bintaro
Pai Tee

Meningkat ke main course, ada beberapa pilihan menu favorit di sini, sebut saja Nasi Enche Kabin. Enche Kabin merupakan kuliner asal Penang, Malaysia yang merupakan ayam yang digoreng tanpa minyak di wajan dan direndam dalam saus. Atau Nasi Gulai Ayam Babah. Nasi Babah merupakan nasi berbumbu khas Melayu, mungkin serupa seperti nasi lemak atau nasi uduk, berwarna kebiruan yang berasal dari bunga kelopak mata. Nasi babah ini dilengkapi dengan gulai ayam dengan kuah santan yang kental.

Masih ada lagi menu favorit yang juga menjadi favorit di Malaysia, seperti Ikan Belah Belakang. Ikan Belah Belakang di Mama Melayu sedikit berbeda dengan di Malaysia. Di Mama Melayu digunakan ikan gurame, dengan sambal yang terpisah dari ikannya. Bentuknya sepintas mirip dengan ikan gurami terbang di Indonesia. Di Malaysia Ikan Belah Belakang lazim dimasak dengan bumbu yang diselipkan di daging ikan pagian punggung yang dibelah (belah belakang), sehingga tampilannya menyerupai ikan yang disambal pada masakan Indonesia.

Untuk dessert tak kalah banyak pilihan menunya dan sangat mengundang selera. Kita bisa memilih Pulut Hitam yang serupa dengan bubur ketan hitam, Sago Puding berupa puding terbuat dari tepung sagu yang direndam pada santan manis. Dessert berupa makanan dingin juga tersedia, seperti Ice Cream, Mama’s Banana Split, Pisang Kopi Malaka. Atau Martabak Mini dengan berbagai variannya seperti Keju, Coklat atau Kopi

mama_malaka_info_bintaro_2
Martabak Manis Mini Topping Keju

Berbagai menu di Resto Mama Malaka dapat diorder, baik dengan pengorderan langsung ke 021 – 2221 0245 atau melalui GoFood.

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan