Gaya Hidup

Pernak Pernik Dekorasi Menjelang Tahun Baru Imlek

Biasanya 10 hari menjelang tahun baru Imlek, warga keturunan Tionghoa mulai mendekorasi rumahnya untuk menyambut perayaan tahun baru. Apa saja pernak perniknya? Simak di artikel berikut.

Lampion Berwarna Merah – Mengusir Pergi Kemalangan

Lampion merah digunakan dalam berbagai pesta dan festival penting, seperti Festival Imlek, Festival Lampion (Cap Go Meh) dan Festival Pertengahan Musim Gugur (Tiong Chiu). Sementara lampion berwarna putih digunakan pada acara berkabung.

Selama Tahun Baru Imlek, lazim dijumpai banyak lampion yang tergantung di pohon-pohon di sepanjang jalan pusat pecinan, gedung-gedung perkantoran, dan pintu-pintu depan rumah. Menggantung sepasang lampion di depan pintu rumah dipercaya dapat mengusir pergi nasib buruk.

Seiring dengan perkembangan jaman, bentuk-bentuk lampion mulai dibuat unik. Salah satunya adalah lampion yang dibuat dari kertas pembungkus angpau.

Untaian Bait Sajak di Pintu – Harapan Baik di Tahun Mendatang

Untaian bait sajak Tahun Baru (对联; duìlián) ditempelkan pada pintu masuk rumah. Bait sajak tersebut mengungkapkan pernyataan atau pengharapan yang baik.

Harapan baik di tahun baru biasanya dinyatakan secara berpasangan (sajak 2 bait), karena dalam budaya Tionghoa, jumlah yang genap berkaitan dengan nasib baik dan keberuntungan. Untaian bait sajak berupa seni tulis kaligrafi yang ditulis menggunakan kuas bertinta hitam di atas sehelai kertas berwarna merah.

Kedua baris bait sajak biasanya terdiri dari 7 karakter yang ditempel pada kedua sisi pintu keluar masuk. Kebanyakan isi sajak bercerita mengenai datangnya musim semi. Beberapa berisi mengenai pernyataan harapan atau keyakinan si penghuni rumah, seperti keharmonisan dan kesejahteraan.

Sajak ini akan tetap berada di tempatnya sampai diperbarui kembali pada tahun baru berikutnya. Dalam nada yang sama, harapan baik berupa idiom 4 karakter juga sering ditambahkan mendatar pada bingkai pintu.

Karya Seni Ukir Kertas – Keberuntungan dan Kebahagiaan

Kerajinan ukir kertas merupakan karya seni disain memotong kertas (dalam warna apapun, tetapi untuk Festival Musim Semi terutama menggunakan warna merah), kemudian ditempelkan pada latar yang berwarna kontras atau pada permukaan yang transparan (seperti jendela).

Ini sesuai dengan adat masyarakat di Tiongkok utara dan tengah yang menempelkan karya seni ukir kertas berwarna merah pada pintu dan jendela rumah.

Gambar berupa tanaman atau hewan yang melambangkan keberuntungan biasanya menjadi tema dari karya seni ukir kertas di Tahun Baru. Setiap hewan atau tanaman mewakili harapan yang berbeda.

Beberapa contoh hasil seni ukir kertas, misalnya buah persik melambangkan umur panjang, buah delima melambangkan kesuburan, bebek mandarin melambangkan cinta, pohon pinus melambangkan awet muda, bunga peony melambangkan kehormatan dan kekayaan, burung murai yang bertengger di atas dahan pohon prem pertanda akan segera terjadi peristiwa yang menguntungkan, dsb.

Lukisan Tahun Baru – Simbol Salam Tahun Baru

Lukisan Tahun Baru (年画; niánhuà) dipasang pada pintu dan dinding selama tahun baru bertujuan sebagai dekorasi dan sebagai simbol salam tahun baru. Gambar pada lukisan biasanya berupa tanaman atau hewan yang menurut legenda melambangkan keberuntungan.

Karakter Fu – Keberuntungan ‘Dicurahkan’

Yang mirip dengan untaian bait sajak dan karya seni ukir kertas adalah menempelkan kertas kaligrafi berbentuk wajik berukuran besar dengan karakter Mandarin 福 (fú) pada pintu rumah.

Adapun versi lain dari Karakter Fu ini adalah dengan sengaja dibuat / ditempel terbalik. Fu berarti ‘nasib baik’. Dengan menempatkan karakter tersebut dengan posisi bagian atas dibalik ke posisi bawah, mengartikan bahwa mereka menginginkan ‘nasib baik’ “ditumpahkan atau tercurah” ke atas mereka.

Posisi yang benar dari karakter ini menurut aslinya adalah piktogram dari sebuah kendi. Jadi dengan membalikkan posisi karakter tersebut ibarat sedang “menuang” nasib baik keluar dari kendi kepada semua orang yang masuk melalui pintu tersebut!

Legenda Fu yang Terbalik

Tradisi yang menarik ini mungkin berasal dari kesalahan yang tidak disengaja. Pada suatu hari di di Hari Tahun Baru Imlek (tidak diketahui tahun persisnya), sebuah keluarga membuat kesalahan ceroboh dengan memasang 福 (fu) secara terbalik.

Pada hari pertama di tahun baru, datanglah tamu pertama yang berkunjung, melihat huruf 福 dalam posisi terbalik, serta-merta berseru “你們的福倒了! (Nǐmen de fú dàole) Yang kira-kira berarti “berkah kalian telah turun!”

Huruf 倒 (dao) selain mempunyai arti ‘terbalik’, juga berarti “tumpah”. Sehingga kalimat “你們的福倒了!” juga dapat diartikan sebagai ‘fu (berkah) kalian sudah tercurah’. Lama kelamaan masyarakat mulai menggemari makna alternatif ini, sehingga mulailah dipasang dekorasi fu dalam posisi terbalik untuk “memohon” ‘curahan berkat’.

BACA JUGA  Pertama dan Terbesar, Gemerlap Lampion Asian Games di Pantai Festival Ancol

Konon tradisi menempel karakter Fu (福) secara terbalik ini digemari etnis Tionghoa di Malaysia, dan mulai menyebar ke Singapore dan Indonesia pada 1 dekade terakhir. Simak videonya di https://www.youtube.com/watch?v=NpHFDPuoNnE

Pohon Kumquat – Harapan akan Kekayaan dan Keberuntungan

Dalam bahasa kanton, kumquat (kumkuat) disebut ‘gam gat sue’. Kata ;gam; (金; Jīn) merupakan bahasa kanton untuk kata ‘emas’, dan kata gat memiliki lafal seperti kata ‘beruntung’ dalam Bahasa Kanton.

Demikian pula dalam Bahasa Mandarin, kumquat disebut Jinju shu (金桔树; jīnjú shù). Kata ‘jin’ (金) berarti ‘emas’. Sementara kata ‘ju’ memiliki pelafalan yang mirip seperti kata ‘beruntung’ (吉; jí).

Oleh sebab itu, keberadaan pohon kumquat di dalam rumah melambangkan harapan akan kekayaan dan keberuntungan. Pohon kumquat merupakan tanaman yang sangat populer dipajang selama festival tahun baru, terutama di Tiongkok selatan yang berbahasa kanton, seperti Hong Kong, Makau, Guangdong dan Guangxi. Ingin mengenal bentuk pohon kumquat? Simak di https://www.youtube.com/watch?v=UJrOSznVtpQ

Bunga yang Mekar – Harapan akan Tahun yang Sejahtera

Tahun Baru Imlek disebut juga dengan Festival Musim Semi, menandakan dimulainya periode musim semi. Menghias rumah dengan bunga yang bermekaran sangatlah umum, sebagai lambang tibanya musim semi dan harapan akan tahun baru yang lebih sejahtera.

Menurut tradisi, tanaman yang populer digunakan selama periode ini adalah : bunga prem yang berkembang, anggrek, peoni dan persik. Di Hong Kong dan Makau sendiri, tanaman dan bunga sangatlah populer digunakan sebagai dekorasi tahun baru Imlek.

Sementara di Indonesia, pohon sakura atau pohon Meihua (美花) yang lebih dikenal dengan sebutan pohon Imlek yang berwarna merah muda, sangat populer di masyarakat Tionghoa.

Pohon ini biasa dihias dengan aneka gantungan ornamen khas Imlek, seperti lambang shio2, ornamen ikan, dan kertas angpau (sering juga disebut pohon angpau). Pohon Meihua ini juga punya beberapa warna lho…simak di https://www.youtube.com/watch?v=cAurw2GTSl0

Angpau

Kalau diterjemahkan, angpau berarti amplop merah. Warna merah adalah warna yang dipercaya dapat menangkal pengaruh jahat. Oleh karena itu hadiah uang tahun baru pun dimasukkan ke dalam angpau (dialek Hokkian) atau Hongbao (bhs.Han). di atas angpau biasanya dituliskan aksara-aksara keberuntungan. Angpau diberikan mereka yang lebih tua kepada saudara yang belum menikah atau kepada yang dituakan, seperti kakek dan nenek. Bagi yang memberikan, angpau merupakan simbol berbagi rejeki. Bagi yang menerima, angpau dilambangkan sebagai pembawa kebahagiaan untuk satu tahun ke depan.

Petasan dan Kembang Api

Penemuan petasan dan kembang api diyakini berasal dari 2 ribu tahun lalu di China. Keberadaanya muncul saat koki China tidak sengaja mencampur materi KN03, belerang dan arang.

Bahan tersebut dipanaskan di atas api dan dikeringkan sehingga menghasilkan bubuk pipih hitam yang jika dibakar akan menghasilkan ledakan yang keras. Campuran awal ini dikenal sebagai bubuk mesiu.

Nama China bagi bubuk hitam itu adalah huo yao atau bahan kimia api. Campuran tersebut dimasukkan ke dalam bambu dan dilemparkan ke dalam api. Gas yang dihasilkan dari bubuk di dalam bambu tersebut akan menciptakan tekanan sehingga meledakkan tambung itu.

Keberadaan materi ledakan yang menghasilkan cahaya indah tersebut menjadi bagian penting bagi kebudayaan China seperti pernikahan, ritual agama, perayaan kepercayaan dan cara untuk menakut-nakuti roh jahat.

Baca juga: https://www.infobintaro.com/tradisi-kembang-api-di-malam-tahun-baru/

(EGS)

 

Baca Juga

  • Mengenal Aneka Bumbu Khas Tiongkok

    Mengenal Aneka Bumbu Khas Tiongkok

    Baru-baru ini kita melewati perayaan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh. Sudah barang tentu kita mengenal beberapa kuliner Indonesia yang merupakan pengaruh dari budaya Tiongkok seperti bakso, bebek peking, kwe tiau, cap cay, fu yung hai, bak cang, bak pao, jiaozi (siomay udang/ikan), Citra rasa dan aroma unik nan menggugah dari Chineese Food, tercipta […]
  • Menguasai Musik Klasik Adalah Jalan Masuk Untuk Menguasai Jenis Musik Lainnya – Talkshow Bersama Ananda Sukarlan

    Menguasai Musik Klasik Adalah Jalan Masuk Untuk Menguasai Jenis Musik Lainnya – Talkshow Bersama Ananda Sukarlan

    Pada Talkshow bersama Ananda Sukarlan yang diadakan oleh Petrof Piano House Bintaro, Sabtu, 12 November 2016  di Kidscenter Bintaro (baca juga: Manfaat Musik Klasik Bagi Anak-Anak : Talkshow, Seminar & Master Class Bersama Ananda Sukarlan), salah satu pertanyaan yang mengemuka dari pengunjung adalah apakah dengan mempelajari musik klasik akan membuat anak sulit untuk menguasai jenis […]
  • Alibaba Luncurkan Paviliun Indonesia di Tmall Global

    Alibaba Luncurkan Paviliun Indonesia di Tmall Global

    Alibaba Group Holding Limited meluncurkan Paviliun Indonesia di platform Tmall Global. Hal ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman ratusan juta konsumen Tiongkok tentang produk-produk terbaik Indonesia menjelang 11.11 Global Shopping Festival, pesta belanja satu hari terbesar di dunia yang digelar tiap tanggal 11 November. Momentum untuk memperkenalkan merek-merek Indonesia ini merupakan salah satu hasil […]
  • Melayani Kebutuhan Bayi, Nenen Baby Shop

    Melayani Kebutuhan Bayi, Nenen Baby Shop

    Buat warga Bintaro yang super sibuk, tidak banyak waktu tersisa untuk membeli keperluan bayi. Saat ini sudah ada toko perlengkapan bayi yang lengkap di Bintaro. Namanya Nenen Baby Shop. Toko yang terletak di ruko Emerald Avenue ini sebelumnya berada di kawasan Pondok Indah dan Senopati. Beragam barang ada di sana. Dari jumper, selimut hingga tas […]
  • Perluas Jangkauan Same Day Service, Pelanggan Tiki di Jawa Dapat Menikmati Layanan Kiriman Tiba di Hari yang Sama

    Perluas Jangkauan Same Day Service, Pelanggan Tiki di Jawa Dapat Menikmati Layanan Kiriman Tiba di Hari yang Sama

    PT Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, hari ini secara resmi mengumumkan perluasan jangkauan produkSame Day Service(tiba di hari yang sama) untuk pengiriman dari dan ke wilayah Jawa. Dengan tersedianya produk Same Day Service, para pelanggan di wilayah Jawa dapat menikmati layanan kiriman tiba di hari yang sama atau jaminan […]
  • Memahami Survey Menjelang Pilpres

    Memahami Survey Menjelang Pilpres

    Menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada hari Rabu, 17 April 2019, berita-berita di media massa makin marak, salah satunya mengenai hasil survei. Misalnya saja ringkasan hasil survei beberapa lembaga survei di Indonesia (Elektabilitas Jokowi vs Prabowo, 2019) yang dipaparkan baru-baru ini. Mungkin saja bagi pendukung pasangan capres-cawapres yang dimenangkan dalam survei-survei ini akan […]
  • Traveloka Travel and Lifestyle Fair 2018 Ajak Masyarakat Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

    Traveloka Travel and Lifestyle Fair 2018 Ajak Masyarakat Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

    Menyambut musim liburan di penghujung tahun 2018, Traveloka untuk pertama kalinya mengadakan Traveloka Travel and Lifestyle Fair (TTLF) 2018 di Main Atrium, Gandaria City. Mengusung tema “Actionable Inspirations”, Traveloka mengajak para pengunjung untuk mewujudkan inspirasi menjadi aksi dengan memanfaatkan beragam produk di aplikasi Traveloka, mulai dari produk-produk liburan wisata hingga gaya hidup. Dilengkapi dengan berbagai […]
  • Dell Kembali Berinovasi Dengan Dell XPS 13 Terbaru

    Dell Kembali Berinovasi Dengan Dell XPS 13 Terbaru

    Dell Indonesia resmi meluncurkan Dell XPS 13 terbaru, laptop 13 inci terkecil dan paling tangguh di kelasnya. Selain memperkenalkan salah satu perangkat tercantik di dunia, Dell juga mengungkapkan inovasi tersembunyi luar biasa yang terdapat di produk ini, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja, fungsi, dan pengalaman pengguna secara menyeluruh. “Di Dell, inovasi tidak pernah berhenti. Kami […]
  • Ingin bisa masak? Yuk, Datang ke Gramedia BSD World Sabtu ini

    Ingin bisa masak? Yuk, Datang ke Gramedia BSD World Sabtu ini

    Bagi calon pengantin wanita seringkali merasa panik karena menjelang pernikahannya belum bisa memasak di dapur. Apa kata calon mertua dan calon suami? Kini kekhawatiran ini bisa teratasi bila Anda mau serius belajar. Gimana caranya? Gramedia baru saja menerbitkan sebuah buku yang dapat menjadi panduan bagi semua orang agar bisa memasak. Pengarangnya adalah Heni Maria. Buku […]
  • Sejarah Hari Peristiwa Pemberontakan PETA

    Sejarah Hari Peristiwa Pemberontakan PETA

    Hari ini bukan hanya dikenal sebagai hari Valentine. Sejarah Indonesia mencatat tanggal 14 Februari 1945 sebagai hari peringatan peristiwa Pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) di Kota Blitar pada tahun 1945. Peristiwa ini terjadi hanya 6 bulan sebelum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Gerakan PETA tersebut dipimpin oleh Shodancho Supriyadi  (shodancho adalah sebutan komandan peleton) 14 Februari memiliki arti yang […]
  • Listerine melalui Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ Dukung Kemajuan Pendidikan di Indonesia

    Listerine melalui Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ Dukung Kemajuan Pendidikan di Indonesia

    Listerine salah satu produk unggulan PT Johnson & Johnson Indonesia sekaligus sebagai pemimpin pasar produk mouthwash yang didukung oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia, hari ini secara resmi meluncurkan kampanye terbarunya, ‘Ubah Dengan Suara’ bertempat di DoubleTree Hotel, Jakarta Pusat. Melalui inisiatif ini, Listerine bermitra dengan Indonesia Mengajar untuk meningkatkan kompetensi para pengajar mudanya yang tersebar […]
  • Foto : Resto Ayam Bakar Pak Atok

    Foto : Resto Ayam Bakar Pak Atok

    Tidak banyak resto di Bintaro yang menawarkan suasana yang asyik, Resto Ayam Bakar Pak Atok salah satunya. Resto yang menjadikan menu ayam bakar sebagai menu andalannya di ini sebetulnya menyajikan menu-menu Sunda yang telah mengalami penyesuaian dengan cita rasa Jawa. Suasana Jawa juga terasa kental dari bangunan dan pernak-pernik interiornya. Resto Ayam Bakar Pak Atok […]
  • Berburu Berbagai Busana Cantik di Bazaar CIMB Niaga

    Berburu Berbagai Busana Cantik di Bazaar CIMB Niaga

    Anda berencana mencari busana dan aksesorisnya? Ada alternatif lho untuk membeli berbagai jenis busana dan aksesorisnya yang cantik. Di lobby Griya CIMB Niaga 2, CBD Bintaro Sektor 7 sedang berlangsung bazaar yang berlangsung dari tanggal 27 Februari – 10 Maret 2017. Bazaar yang bertema “Love in The Air” ini diisi 10 tenant yang menampilkan berbagai busana, […]
  • Chevrolet Hadirkan Tips Bepergian Bersama Hewan Kesayangan

    Chevrolet Hadirkan Tips Bepergian Bersama Hewan Kesayangan

    Bulan Agustus menjadi momen penting bagi pecinta hewan, dengan International Cat Day yang jatuh pada tanggal 8 Agustus serta International Dog Day yang jatuh di tanggal 26 Agustus. Jika Anda berencana bepergian bersama hewan peliharaan kesayangan, Chevrolet memberikan beberapa tips agar perjalanan yang lebih lancar, aman, dan menyenangkan bersama fur babies Anda. Penelitian menunjukkan bahwa […]
  • Herbalife Nutrition Dukung Atlet Indonesia Berlaga di Asian Games 2018

    Herbalife Nutrition Dukung Atlet Indonesia Berlaga di Asian Games 2018

    Sebagai perusahaan yang bertujuan untuk membuat dunia semakin sehat dan bahagia, Herbalife Nutrition Indonesia, pada hari ini secara resmi mengumumkan dukungannya kepada atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September 2018 yang akan datang. Dukungan ini salah satunya berbentuk penyediaan asupan […]
  • Mau Berlatih Bela Diri? Yuk Bergabung di Moenson Martial Arts Center

    Mau Berlatih Bela Diri? Yuk Bergabung di Moenson Martial Arts Center

    Kehidupan yang semakin sulit dan keras seringkali membuat kita berada dalam kondisi bahaya. Di mana-mana kita berada, selalu ada kemungkinan kita bertemu dengan orang-orang yang berniat jahat maupun orang-orang yang ingin memaksakan kemauannya dengan melakukan kekerasan. Seringkali karena tidak tahu apa yang bisa dilakukan, kita menjadi korban. Sebelum situasi seperti ini terjadi, yuk kita berlatih bela […]
  • Pepsodent Kampanyekan Pentingnya Sikat Gigi Malam di Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020

    Pepsodent Kampanyekan Pentingnya Sikat Gigi Malam di Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020

    Pepsodent, brand perawatan kesehatan gigi dan mulut produksi PT Unilever Indonesia, Tbk. bekerjasama dengan FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) kembali memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020. Dalam kesempatan ini, Pepsodent mengangkat hasil survei yang dilakukan di 8 negara mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan menyikat gigi pada malam hari; sebuah […]
  • Tahukah Anda, Bubur Adalah Menu Sehat Untuk Makan Malam?

    Tahukah Anda, Bubur Adalah Menu Sehat Untuk Makan Malam?

    Orang mengenal bubur sebagai salah satu alternatif menu sarapan pagi. Sifat bubur yang ringan sering dianggap baik bagi perut yang baru beristirahat semalaman dari mencerna makanan. Ternyata hal ini merupakan kebiasaan yang kurang tepat. Mengapa? Para ahli gizi menyarankan, komposisi makan yang baik bagi kesehatan adalah : untuk sarapan sebaiknya kita memakan makanan yang berkategori […]
  • Apa Hubungannya Antara Thai Tea dan  Bohlam Lampu

    Apa Hubungannya Antara Thai Tea dan Bohlam Lampu

    Saat ini banyak dijual dipasarkan aneka thai tea. Tapi cuma di Yoidrink, Anda dapat menemukan thai tea yang dikemas dalam wadah plastik berbentuk bohlam lampu. Lucu kan? Menurut Carmen, pemilik YOIDRINK, mereka menjual authentic thai tea dan greentea tanpa bahan pengawet , tanpa pemanis buatan, awet selama 3 hari dalam keadaan dingin. siap langsung untuk […]
  • Satu Dekade Perjalanan Inovasi, Samsung Terus Menetapkan Tren Teknologi Smartphone Teranyar

    Satu Dekade Perjalanan Inovasi, Samsung Terus Menetapkan Tren Teknologi Smartphone Teranyar

    Pembaharuan teknologi pada pasar smartphone terus melaju menawarkan kenyamanan dan memudahkan hidup yang penuh tantangan. Sejak awal perjalanan, Samsung telah menjadikan inovasi sebagai DNA dalam menghadirkan pembaharuan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Semangat inovasi ini pula lah yang membuat Samsung Electronics Indonesia menghadirkan inovasi terdepan yang ditawarkan ke pasar premium terlebih dahulu. Terobosan teknologi yang […]