Sen. Okt 14th, 2019

Pernah Coba Pengharum Mobil Dari Aromaterapi?

Aromaterapi ialah istilah generik bagi salah satu jenis pengobatan alternatif yang menggunakan bahan cairan tanaman yang mudah menguap, dikenal sebagai minyak esensial, dan senyawa aromatik lainnya dari tumbuhan yang bertujuan untuk mempengaruhi suasana hati atau kesehatan seseorang, yang sering digabungkan dengan praktik pengobatan alternatif dan kepercayaan kebatinan.

Minyak esensial berbeda susunan kimianya dari produk herbal lainnya karena proses distilasi yang hanya memulihkan fitomolekul ringan.

Dalam penulisannya aromaterapi kadang ditulis aroma terapi atau aromatherapy atau aroma therapy.

Aromaterapi sudah ada sejak 6000 tahun yang lalu. Kata “aromaterapi” digunakan oleh kimiawan Perancis Rene-Maurice Gattefosse pada tahun 1920-an, yang mencurahkan hidupnya untuk meneliti sifat penyembuhan minyak esensial setelah musibah laboratorium parfumnya.

Namun, dalam perkembangannya aroma terapi tidak hanya berbentuk cairan essential saja. Namun, dalam beragam bentuk. Berikut berbagai bentuk aroma terapi.

Bentuk – Bentuk Aromaterapi

Essential Oil Aroma Therapy / Minyak Essensial Aroma Terapi

Sesuai dengan namanya, aroma terapi jenis ini berbentuk cairan/minyak. Penggunaannya bermacam-macam, dipanaskan pada tungku (tungku listrik aroma terapi atau tungku lilin aroma terapi), dioleskan pada kain, dioleskan pada bola lampu dan dioleskan pada saluran udara.

Dupa Aroma Terapi / Stick Incense Aromatherapy

Dupa tidak hanya digunakan untuk kegiataan keagamaan tertentu, kini bentuk dupa pun menjadi salah satu bentuk aroma terapi. Dengan bentuk yang padat, sehingga anda tidak perlu takut tumpah. Hanya saja karena jenis aroma terapi ini berasap, aroma terapi jenis dupa lebih tepat digunakan untuk ruangan yang besar atau di ruangan terbuka. Jenis dupa aroma terapi sendiri saat ini ada 3 jenis, yaitu berupa dupa aroma terapi panjang, dupa aroma terapi pendek dan dupa aroma terapi berbentuk kerucut.

Lilin Aroma Terapi / Candle Aroma Therapy

Berkaitan dengan aroma terapi ada 2 jenis lilin yang digunakan, lilin untuk pemanas tungku dan lilin aroma terapi. Lilin yang digunakan untuk memanaskan tungku aroma terapi tidak memiliki wangi aroma terapi karena fungsinya adalah memanaskan tungku yang berisi aroma terapi essential oil. Sedangkan lilin aroma terapi adalah lilin yang jika dibakar akan mengeluarkan wangi aroma terapi.

Message Oil Aroma Therapy / Minyak Pijat Aroma Terapi

Bosan bukan jika dipijat dengan minyak yang baunya aneh-aneh. Nah, variasi baru dari aroma terapi yaitu berbentuk minyak pijat. Wanginya sama saja seperti aroma terapi bentuk lainnya hanya saja bentuk dan cara penggunaannya yang berbeda.

Garam Aroma Terapi / Bath Salt Aromatherapy

Mandi menggunakan air garam hangat dipercaya mampu mengeluarkan toksin/racun yang ada di dalam tubuh. Dengan garam aroma terapi ini suasana mandi air garam Anda akan lebih menyenangkan. Untuk menggunakan garam aroma terapi ini sebaiknya Anda mandi dengan cara berendam atau bisa juga digunakan untuk merendam bagian tubuh tertentu seperti telapak kaki untuk mengurangi rasa lelah anda.

BACA JUGA  Buy First. Think Later

Sabun Aroma Terapi / Soap Aroma Therapy

Sabun dengan aroma terapi, bentuknya yang saat ini beredar adalah berupa sabun padat namun dengan berbagai wangi aroma terapi, tidak hanya wangi saja namun berbagai kandungan/ekstrak dari tumbuh-tumbuhan dibenamkan di dalam sabun ini sehingga sabun ini juga baik untuk kesehatan tubuh, seperti menghaluskan kulit, menjauhkan serangga dan lainnya.

Pengharum Mobil dari Aroma Terapi

Aroma Terapi memiliki berbagai jenis aroma. Masing-masing aroma dalam aroma terapi tersebut memiliki berbagai fungsi yang tidak hanya berguna untuk mengharumkan ruangan atau wewangian namun juga memiliki berbagai fungsi luar biasa bagi kesehatan anda.

Bahkan aroma terapi pun bisa digunakan sebagai pengharum mobil. Seperti yang dilakukan oleh Entrepezo Nature Indonesia yang berasal dari SMA Plus Pembangunan Jaya, Bintaro. Tahun lalu mereka mengikuti kompetisi Indonesia Student Company yang diselenggarakan di Lotte Shopping Avenue pada tanggal 26 Agustus 2017 dengan produk andalannya berupa pewangi mobil herbal yang dinamai “Semerbak Nusantara”.  Tim ini berhasil meraih juara 1 sekaligus mendapatkan golden ticket mewakili Indonesia ke Asia Pacific Company of the Year pada bulan April 2018 di Beijing. Ini merupakan prestasi yang luar biasa karena mereka dapat bersaing dengan 9 peserta lain dari sekolah-sekolah ternama di Indonesia.

Baca Juga: https://www.infobintaro.com/semerbak-nusantara-prestasi-membanggakan-sma-plus-pembangunan-jaya/

Pertama kali produk pengharum mobil ini diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2017. Ini merupakan car freshener dengan 3 macam aromaterapi yakni kenanga, kopi dan lemon grass. Produk Natural Car Air Freshner ini terbuat dari limbah serbuk kayu yang dicampur essensial oil tanpa menggunakan bahan sintetis. Limbal serbuk kayunya berasal dari industri mebel di Kalimantan. Produk pengharum ini bisa bertahan selama 3 minggu. Dan sampai saat ini sudah terjual 1.000 unit produk. Mari mengenal tiap varian aromaterapinya.

Kenanga

Bunga kenanga terkenal dengan baunya yang sangat wangi, mengandung minyak atsiri yang juga menjadi anti serangga alami. Bunga kenanga pun digunakan sebagai anti-depressant dan dapat menenangkan syarat dan merilekskan tubuh. Pas banget dipakai di mobil di Jakarta yang kerap macet.

Kopi

Kopi ini terkenal akan kemampuannya menetralkan aroma tidak sedap. Sebagai aromaterapi, kopi pun dapat meningkatkan energi dalam tubuh, mencegah sulit tidur dan pelepas stress.

Lemon Grass (Sereh)

Nenek moyang kita telah mengenal khasiat daun sereh ini. Sereh dengan aroma jeruknya yang segar dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menstimulasi tubuh menjadi relaks dan juga dapat digunakan untuk menghilangkan stress, membantu tidur lebih nyenyak serta menghilangkan sakit kepala. Apakah Anda sering pusing karena macet di jalan? Aromaterapi sereh ini cocok Anda gunakan di mobil Anda.

BACA JUGA  Mudik Happy dan Bebas Khawatir Bersama HappyOne.id

Produk baru

SMA Plus Pembangunan Jaya akan meluncurkan beberapa varian aromaterapi yang baru di bulan Februari 2018. Silahkan kunjungi www.entrepezo.com

Produk ini dijual Rp. 95.000/buah. Setiap penjualan produk ini, Rp. 1.000,- akan disumbangkan ke pelestarian hutan Indonesia.

Freshdisk

Salah satu produk baru yang juga diluncurkan bulan depan adalah freshdisk. Produk inovatif ini berupa flash disk yang memiliki aromaterapi. Bila dicolok ke USB Port yang ada di mobil, Anda akan mendengar lagu-lagu cinta alam. Salah satu penyanyinya adalah Glenn Fredly. Menarik bukan?

Ingin mengenal lebih lanjut tentang Entrepezo Nature  Indonesia? Simak video wawancara dengan Balqis selaku President Director dari Entrepezo Nature Indonesia di https://www.youtube.com/watch?v=hothIaNLmdg. Balqis pun menceritakan strategi pemasaran produknya di video berikut:  https://www.youtube.com/watch?v=vXcVJ8etB0Y.

Info Lanjut
Entrepezo Nature Indonesia
SMA Plus Pembangunan Jaya
Instagram: @entrepezo.id
Telp: 0812 1973 2637
Website: www.entrepezo.com
Facebook: Entrepezo Nature Indonesia

Download Aplikasinya di : https://apkpure.com/entrepezo-nature-indonesia/apps.entrepezo

(EGS)

 

 

Baca Juga