PermataBank Mencetak 45 Tim Digitalpreneur Masa Depan dalam PermataYouthPreneur 2020

Setelah menyelenggarakan serangkaian program pelatihan digitalpreneur sejak April 2020, PermataBank melalui PermataHatiCSR hari Jumat, 26 Juni 2020 lalu meluluskan 45 tim pelajar SMA/K dan setara yang terpilih dalam PermataYouthPreneur (PYP) 2020.

Dalam acara ini, 10 tim terbaik mempresentasikan secara virtual versi beta dari produk financial technology (fintech) yang mereka kembangkan dihadapan para juri dan disaksikan oleh Dr. Ir. M. Bakrun M.M (Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Dr. Ahmad Saufi, S.Si., M.Sc. (Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kemendikbud RI) Anugrah Sutejo (Kepala Bagian Informasi, Direktorat Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan), Alfa Putra Kurnia (CEO Arkademy, dan Richele Maramis (Head of Corporate Affairs PermataBank). Tiga pemenang dan satu tim favorit diumumkan dipenghujung acara.

Memasuki tahun ketiga – program pelatihan digitalpreneur dan literasi keuangan bagi para siswa/i SMA/K setara ini – digelar sejalan dengan perkembangan Usaha Rintisan (startup) anak bangsa yang semakin pesat terutama di bidang fintech. Masa pandemic COVID-19, tidak menjadi halangan bagi PermataYouthPreneur untuk memberikan pelatihan dalam bentuk modul dan mentoring online dari experts dan pelaku startup kepada 135 pelajar dari berbagai daerah di Indonesia yang terpilih tahun ini.

Dengan mengusung tema “Challenging Future Fintech Leaders”, selama bulan April hingga Juni 2020 peserta disuguhi oleh modul seperti Business Validation, Product Validation, Software Development, Financial Literacy, hingga soft skills dalam bentuk Presentation dan Pitching Skill yang merupakan hasil kerjasama PermataBank dengan Arkademy dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Richele Maramis, Head of Corporate Affairs PermataBank mengatakan, “Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi kami untuk pertama kalinya menyelenggarakan PermataYouthPreneur dengan format sepenuhnya online. Kami juga berterima kasih kepada para peserta yang dengan penuh semangat mengikuti semua kelas mentorship dan modul pembelajaran yang diberikan walaupun dilakukan dalam jarak jauh namun mereka mampu menghasilkan ide-ide produk fintech yang fresh dan berkualitas. Apresiasi yang besar kami ucapkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, OJK, dan Arkademy serta para mentor yang telah menjadi mitra strategis bagi PermataBank dalam acara ini. Melalui acara ini PermataBank lewat PermataHati CSR diharapkan dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk tumbuh menjadi calon pemimpin bisnis digital yang sukses, siap menghadapi tantangan global dan berguna bagi masyarakat. ”

BACA JUGA  Telkom dan Jababeka & Co Jalin Kerjasama Peningkatan Kompetensi SDM Indonesia

Adapun pemenang dari PermataYouthPreneur 2020 adalah:

Pemenang 1: SeribuTiga – SMK Negeri 26 Jakarta

Ide Startup: Bayar

Pemenang 2: Coco Team – SMK Telkom Purwokerto

Ide Startup: DIGITAN

Pemenang 3: Tim Distancing – SMK Telkom Purwokerto

Ide Startup: SIBANKAN

Pemenang Favorit: WhyCode – SMK Telkom Purwokerto

Ide Startup: FiMo

Menyambut baik hasil dari PYP 2020, Dr. Ir. M. Bakrun, MM – Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud RI) menyampaikan, ”Adik-adik peserta PYP telah menjadi juara karena adik-adik mendapatkan pengalaman yang berharga dan ilmu yang bermanfaat bagi orang banyak dan masa depan kalian.  Selamat kepada semua peserta, semoga keikutsertaan adik-adik SMK pada kegiatan ini dapat mengembangkan ide-ide yang inovatif dan kreatif.  Saya juga menyampaikan selamat kepada Bapak/Ibu Guru Pembimbing. Terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada PermataBank dan Arkademy yang telah berkontribusi bagi kemajuan pendidikan kejuruan.  Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan semakin luas cakupannya dalam berbagai bidang ilmu terapan.”

Memberikan dukungan terhadap acara ini, Anugrah Sutejo – Kepala Bagian Informasi, Direktorat Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan, mengatakan, ”Kami memberikan apresiasi kepada PermataBank yang selalu mendukung program edukasi keuangan salah satunya melalui PermataYouthPreneur (PYP). Beberapa produk yang ditawarkan pada program PYP kali ini adalah bisnis fintech. Bisnis fintech saat ini yang bisa dikatakan cukup menjanjikan membuat semua kalangan tidak terkecuali para siswa maupun mahasiswa memulai bisnis fintech. Kami berharap bisnis fintech tetap mengikuti aturan-aturan yang ada sehingga perlindungan bagi konsumen fintech tetap menjadi prioritas utama.”

Sementara Alfa Putra Kurnia – CEO Arkademy menjelaskan, “Angkatan 2020 cukup berbeda, dikarenakan semua pembelajarannya dilakukan secara online. Berbagai modul pembelajaran seperti hacker (pembelajaran software engineering), hipster (pembelajaran design) & hustler (pembelajaran bisnis) dapat diselesaikan dengan cukup baik oleh peserta meskipun di saat bersamaan semua peserta harus menyesuikan dengan keadaan pandemi. Selamat untuk semua peserta, semoga bekal yang didapat bisa bermanfaat untuk masa depan.”

Pemenang PermataYouthPreneur 2020 berhak atas beasiswa bootcamp dari Arkademy dan total hadiah tunai sebesar 40 juta Rupiah. PermataYouthPreneur telah menghasilkan bibit-bibit startup unggul sejak diluncurkan tahun 2018, salah satunya adalah tim SMK Taruna Bhakti pada tahun 2019 yang mengembangkan aplikasi Canteen, yang mempermudah transaksi di kantin dan menjadi pilot project Kemendikbud RI di wilayah Depok.

BACA JUGA  Honda Berikan New Honda HR-V kepada Juara Pertama Indonesias Next Top Model 2020

(EV)

Baca Juga

Leave a Reply