Profil

Perjalanan 120 Tahun Mercedes dari Brand Mobil Premium Menjadi Holistic Luxury Brand

Pada bulan April 1900, Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) dan pengusaha Emil Jellinek membangun fondasi untuk salah satu brand premium paling bernilai di dunia. Emil Jellinek, seorang penggemar mobil yang tinggal di Nice, adalah diler kendaraan Daimler terbesar pada saat itu dan telah mendaftarkan mobil-mobil tersebut untuk ajang balap.

Sejak saat itu, semua kendaraan DMG diberi nama sama dengan nama putrinya, Mercédès. Mercedes 35 PS, mobil pertama dengan nama putrinya, memenangkan hampir semua balapan selama pekan balapan Nice pada tahun 1901 dan memukau masyarakat dengan desainnya yang benar-benar baru dan elegan. Nama Mercedes pun dengan pesat menjadi identik dengan inovasi dan kemewahan di bidang otomotif di seluruh dunia. Tujuan dari perwujudan kemewahan yang sempurna dan penggerak inovasi adalah bagian dari DNA brand Mercedes sejak awal.

Mercedes pertama – mobil modern pertama

Mercedes 35 PS tidak hanya mencapai kesuksesan spektakuler di arena balap, tetapi juga mobil modern pertama. Dengan bentuk independen, mobil ini telah mengakhiri era jenis mobil kereta dan berhasil mengubah dunia mobilitas. Sampai hari ini, Mercedes 35 PS dianggap sebagai mahakarya keindahan dan penyempurnaan teknis. Bentuknya yang memanjang merupakan fitur karakteristiknya, sebuah mesin yang dipasang jauh ke dalam rangka dan radiator yang terintegrasi secara organik ke bagian depan.  Radiator ini menjadi sebuah fitur khas brand Mercedes. Nama Mercedes didaftarkan sebagai merek dagang pada 23 Juni 1902 dan mendapatkan perlindungan hukum pada 26 September 1902.

Kebangkitan simbol Bintang-Sudut-Tiga

Pada tahun 1909, DMG menambahkan simbol dagang yang mencolok, yaitu three-pointed star atau bintang-sudut-tiga. Simbol bintang-sudut-tiga ini melambangkan visi Gottlieb Daimler tentang penggunaan mesinnya secara universal “di darat, di atas air dan di udara.” Dia menggunakan bintang untuk menandai rumahnya di sebuah kartu pos dengan gambar kota Deutz, ketika dia menjabat sebagai technical director  di pabrik mesin gas Deutz. Simbol bintang Mercedes digunakan pada tahun-tahun awal tanpa cincin melingkar dan, mulai tahun 1910 dan seterusnya, dipakai sebagai hiasan radiator. Pada tahun 1913, bintang-sudut-tiga kemudian dikombinasikan dengan cincin lebar dan tulisan “Mercedes,” ditambah dengan empat bintang kecil di dalam lingkaran. Simbol dagang ini kemudian menghiasi roda kemudi pada semua mobil Mercedes.

Nama Benz yang terkenal, dengan karangan bunga laurel

Pada tahun yang sama dengan DMG, perusahaan pesaing saat itu, Benz & Cie. juga telah mengembangkan merek dagang sendiri. Carl Benz telah menemukan mobil pada tahun 1886 dengan Patent Motor Car roda tiga, dan sejak itu telah mengembangkan namanya di bidang mesin dan konstruksi kendaraan. Dalam merek dagang yang diperkenalkan pada tahun 1909, tulisan “Benz” dibingkai oleh karangan bunga laurel sebagai elemen utama. Simbol klasik kehormatan ini merupakan lambang keberhasilan Benz & Cie dalam balapan mobil.

Sama seperti Daimler-Motoren-Gesellschaft, Benz & Cie. juga telah berulang kali menetapkan standar baru dalam pengembangan otomotif dengan berbagai inovasi. Salah satunya adalah “Blitzen-Benz” pada tahun 1909, mobil pertama dengan mesin pembakaran yang mampu mencapai kecepatan lebih dari 200 km/jam, dua kali lebih cepat dari kecepatan pesawat terbang pada saat itu. Desain inovatif kendaraan ini adalah yang pertama menerapkan aspek aerodinamisme.

Simbol Bintang dan lingkaran bunga laurel bersatu

Merek dagang baru dibuat pada tahun 1926 setelah Daimler-Motoren-Gesellschaft dan Benz & Cie. bergabung. Gabungan ini menyatukan unsur-unsur penting dari simbol sebelumnya: bintang-sudut-tiga tetap menonjol di bagian tengah. Nama “Mercedes” dipindah ke atas dari tepi bawah lingkaran, digantikan oleh nama “Benz”. Lingkaran karangan bunga laurel Benz menggabungkan kedua nama. Maka, brand Mercedes-Benz lahir. Nama “Mercedes-Benz” terdaftar sebagai merek dagang pada 7 Oktober 1927 dan logo sebagai merek dagang pada 28 Agustus 1928. Merek dagang inilah yang sampai sekarang masih menghiasi kendaraan dalam versi sedikit diadaptasi, dan dipandang sebagai simbolisasi tradisi, inovasi dan kemewahan oleh dunia di sektor otomotif.

Keseimbangan desain antara tradisi dan modernitas

Berkat kreativitas konseptual dan kekuatan inovasi, hingga kini, Mercedes-Benz telah berhasil memberikan dorongan baru untuk kemajuan industri otomotif, dengan menciptakan kembali waktu mobilitas individu dan sekali lagi membuka peluang untuk adanya pengaplikasian baru. Di balik kesuksesan dan reputasi global ini, terdapat pencapaian rekayasa inovatif dan strategi desain yang secara ahli memediasi antara tradisi dan kemajuan, sejak awal brand Mercedes-Benz lahir.

Dream cars tahun 1930-an

Garis desain yang kuat mencirikan model-model Mercedes-Benz tahun 1920-an, baru mulai awal 1930-an dan seterusnya desain bergeser pada garis yang lebih luwes, mengalir, dengan elemen-elemen bulat. Bintang di periode ini adalah model 500 K tahun 1934, dan penerusnya 540 K produksi 1936. Dengan model yang didisain khusus dan garis mengalir dan elegan, model ini masih dianggap sebagai objek kesempurnaan dan keindahan sampai sekarang. Versi roadster khusus dari model ini dianggap sebagai mobil impian tahun 1930-an, sedangkan versi coupé merupakan awal dari tradisi coupé modern Mercedes-Benz.

Ke zaman modern dengan bentuk ‘ponton‘

Pada tahun 1953, Mercedes-Benz melompat ke era modern dengan model 180. Model sedan ini dikarakterisasi dengan desain three-box –“box“ ketiga setelah kompartemen mesin dan ruang penumpang adalah bagasi. Bodi “ponton” model ini meyakinkan bukan hanya karena lebih stabil tetapi juga aspek keselamatan dari kecelakaan yang sudah ditingkatkan. Untuk pertama kalinya, fender dan lampu depan sepenuhnya terintegrasi ke dalam bodi, yang juga mencakup ruang mesin dan ruang bagasi di belakang. Hasilnya adalah interior yang harmonis, menurut standar saat itu.

Disain ikonik “Gullwing” yang legendaris

Banyak model Mercedes-Benz yang memiliki pengaruh abadi terhadap pengembangan desain mobil dan menjadi ikon, seperti “Gullwing” dari tahun 1954. Mercedes-Benz 300 SL adalah desain otomotif paling hebat di masanya, dan tetap menjadi mobil impian hingga saat ini dan terpilih sebagai “Mobil Sport Abad Ini” oleh juri internasional pakar otomotif pada tahun 1999. Mercedes-Benz 300 SL tidak hanya mempesona dengan pintu Gullwing-nya, tapi juga merupakan seri mobil penumpang Mercedes-Benz pertama sejak 1945 yang tidak memiliki gril radiator vertikal.

Sebagai gantinya, model ini dihiasi dengan pembukaan asupan udara horisontal dengan bintang di tengah. Wajah baru ini menjadi ciri semua generasi SL berikutnya. Lampu depan vertikal dengan indikator yang terintegrasi diperkenalkan pada tahun 1957 pada 300 SL Roadster, yang menjadi representasi fitur bergaya dan membentuk desain depan mobil penumpang Mercedes-Benz hingga awal 1970-an. Saat ini, Mercedes-Benz adalah satu-satunya pabrikan yang mengintegrasikan symbol mereknya baik pada gril radiator dan dalam bentuk plastik pada kap mesin.

Bentuk “Fintail” yang tak tertandingi

Limusin 220, 220 S dan 220 SE, yang populer sebagai “Fintail” atau di Indonesia dikenal sebagai “Batman” dan diperkenalkan pada tahun 1959, juga menjadi standar dengan bentuknya yang menggabungkan fungsi dan keanggunan, tanpa tandingan. Di tahap awal, ekor sirip, yang selain kelihatan indah juga berfungsi membantu parkir, dan pandangan mewah, dibuat demi mengantisipasi keinginan konsumen yang berubah. Mercedes “Fintail” juga merupakan kendaraan pertama di dunia dengan rigid passenger cell dan energy-absorbing crumple zones. Model ini telah membuka bab baru dalam teknologi keselamatan.

Persamaan versus diferensiasi

Terlepas dari semua kemiripan yang membuat seri model yang berbeda mudah dikenali sebagai anggota keluarga model Mercedes-Benz, desain juga menciptakan diferensiasi yang diperlukan yang diharapkan oleh konsumen. Sebagai contoh, versi coupé dua pintu 220 SE yang diproduksi tahun 1961 menampilkan elemen desain independen, seperti penghilangan tail fins. Garis desain yang cantik coupé mendominasi desain Mercedes-Benz tahun 1960-an dan mempengaruhi desain seri sedan kelas atas dan kelas atas ukuran sedang.

Keseimbangan antara inovasi dan tradisi

Mercedes-Benz juga menulis sejarah desain dengan kendaraan konsep dan eksperimental seperti C 111 dari tahun 1969. Meskipun tidak pernah diproduksi secara massal, kendaraan konsep C 111 memberi dorongan kuat untuk perkembanan otomotif di masa depan. Inovasi desain merupakan ciri khas Mercedes-Benz, tetapi identitas brand selalu dipertahankan.

Pada C 111, misalnya, identitas ini dipertahankan lewat desain pintu gullwing, yang kembali dibuat di tahun 2009 pada SLS AMG. Jadi, tidak pernah ada pilihan antara inovasi atau tradisi – keduanya adalah tujuan. Premis utama adalah bahwa mobil Mercedes-Benz harus selalu dikenali sebagai Mercedes-Benz – dan bukan hanya karena simbol bintang-sudut-tiga yang ada di bagian depan.

Gorden Wagener, Chief Design Officer Daimler Group: “Yang terutama adalah memahami identitas brand sebagai strategi jangka panjang dan dengan jeli mengembangkan nilai-nilai dan karakteristik yang membentuk identitas. Kami mencapai ini dengan mengolah stylistic elements kami yang telah teruji dan menggabungkannya dengan ide-ide baru tanpa mengubah esensinya.” Misalnya pada gril radiator, telah dirubah baik dalam proporsi dasar maupun desain terperinci, namun demikian penampilan keseluruhannya masih sama dengan 120 tahun yang lalu.

Menciptakan segmen pasar baru dengan kreativitas konsep

Dengan strategi desain ini, Mercedes-Benz telah berhasil mengembangkan konsep-konsep baru dan juga membuka segmen pasar yang sama sekali baru. Pada tahun 1977, model Estate memulai debutnya sebagai mobil station wagon lifetyle pertama yang menyandang slogan “Pariwisata dan Transportasi”. 1979 adalah tahun kelahiran kendaraan off-road klasik G-Class, yang menjadi legenda sejak awal dan terus memikat konsumen setelah lebih dari 40 tahun.

Model kompak Mercedes-Benz 190, diperkenalkan pada tahun 1982, menjadi dasar bagi C-Class yang ada sekarang ini, yang sejak saat itu telah menjadi seri terlaris dengan empat varian model. Setelah itu, pada tahun 1997, M-Class sebagai SUV premium pertama di dunia.

Pada tahun 2004, CLS membuka segmen pasar baru sebagai coupé empat pintu pertama. Untuk pertama kalinya, model ini menggabungkan keanggunan dan kedinamisan sebuah coupé dengan kenyamanan dan fungsi sebuah sedan. Sambutan konsume ketika itu sangat positif, dan para pesaing pun kagum. Selama bertahun-tahun CLS tetap menjadi coupé empat pintu satu-satunya di kelasnya.

Pada tahun 2012, Mercedes-Benz sekali lagi menampilkan kreativitas konsep yang menjadi panutan melalui CLS Shooting Brake dan memperkuat posisi terdepannya dalam desain. CLS Shooting Brake jelas merupakan coupé dalam proporsinya, tetapi dengan lima pintu dan atap yang memanjang hingga ke belakang, model ini menawarkan kemungkinan baru yang sangat luas. Mengingat kesuksesannya, Mercedes-Benz juga mentransfer kedua varian model, CLA dan Shooting Brake, ke segmen kompak.

Era desain sebaru Sensual Purity

Dengan A-Class yang sepenuhnya baru dikembangkan pada 2012, Mercedes-Benz mendefinisikan ulang segmen kompak dan bergeser menuju era desain baru Sensual Purity. Setelah dipromosikan pada tahun 2008, gaya desain baru dan progresif yang dikembangkan oleh chief designer Gorden Wagener dan timnya ini bertujuan untuk menciptakan bentuk yang jelas dan permukaan sensual yang menampilkan teknologi tinggi tapi juga membangkitkan emosi.

Desain ini mengekspresikan dualisme kecerdasan dan emosi, yang juga diaplikasikan pada interior. Fokus utamanya adalah pada keseimbangan antara pengerjaan tradisional dan teknologi tinggi. Seiring dengan perkembangan digital, desainer Mercedes-Benz UX menciptakan ruang hidup yang menghubungkan orang, kendaraan, rumah, dan tempat kerja.

Berkat filosofi desain Sensual Purity, Mercedes-Benz telah melakukan transisi dari kemewahan tradisional ke kemewahan modern. Hal ini berperan penting pada peremajaan brand dan keberhasilan penjualan perusahaan. “Dengan desain kami, kami menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menginspirasi dengan ide-ide avant-garde dan tetap setia pada semangat brand yang sudah berusia lebih dari 120 tahun,” kata Gorden Wagener. “Kami telah mengubah kemewahan tradisional Mercedes-Benz menjadi kemewahan modern, menafsirkan kembali merek dengan bintang dan membuatnya menarik, nyata, dan, yang paling penting, diinginkan oleh konsumen muda juga.”

Avant-garde electro-aesthetics masa depan

Masa depan desain Mercedes-Benz akan semakin progresif dan avant-garde. Hal ini tampak pada model listrik pertama dari produk dan brand teknologi EQ baru. EQC (kombinasi konsumsi daya: 20,8-19,7 kWh / 100 km; emisi CO2 gabungan: 0 g / km) memiliki banyak detail desain perintis dan aksen warna khas brand.

Lampu depan dan asupan udara sangat mencolok dan menyatu menjadi estetika elektro panel-hitam. Bahkan pada interior berkualitas tinggi, Mercedes adalah pelopor elektro-estetika avant-garde di antara kendaraan listrik. Desain interior terinspirasi oleh dunia elektronik konsumen. Sebagai contoh, finned collar yang tersedia pada panel instrumen mengingatkan pada cooling fin dari amplifier hi-fi. EQC mewujudkan desain kemewahan progresif, luar dalam.

Perjalanan menuju holistic luxury brand

Baik dari aspek kendaraan, jenis huruf, atau showroom – filosofi desain Sensual Purity menyentuh semua aspek brand – dan telah jauh melampaui itu. Sejak 2010, desainer Mercedes-Benz juga telah bekerja dengan mitra terpilih di bawah label Mercedes-Benz Style untuk merancang berbagai produk di luar mobil.

Contohnya seperti interior helikopter Airbus eksklusif “Helicopter H145,” kapal mewah “ARROW460 – Granturismo” dan pendant light lampu gantung yang futuristik “Ameluna” oleh Artemide. Produk-produk ini menampilkan desain progresif yang nyata ke dunia produk dan area kehidupan lainnya, seperti mobilitas, gaya hidup, dan desain interior. Mercedes-Benz berkembang dari sebuah brand otomotif premium menjadi holistic luxury brand.

“Vision Mercedes Simplex” – Simbol transformasi kemewahan

Dengan “Vision Mercedes Simplex”, para desainer telah memvisualisasikan asal dan masa depan brand mewah Mercedes-Benz dengan cara yang menarik pada tahun 2019. Hal ini melambangkan transisi ke era baru desain dan teknologi, dan pada saat yang sama juga merupakan penghormatan terhadap warisan sejarah dan kelahiran brand Mercedes-Benz. “Vision Mercedes Simplex” membawa semangat perintis dan fitur desain saat itu hingga abad ke-21. Pesannya: Semangat untuk kemewahan dan inovasi adalah bagian dari DNA brand Mercedes-Benz. Dan DNA ini memberi Mercedes-Benz kekuatan untuk terus menetapkan standar baru dalam mobilitas – kemarin, hari ini dan besok.

Patung itu dengan demikian memperjelas bahwa Mercedes-Benz adalah pelopor dalam transformasi mobil dan mobilitas menuju kemewahan yang berkelanjutan dan digital – seperti sekitar 120 tahun yang lalu selama transformasi dari kereta bermotor menjadi mobil modern. Gorden Wagener: “Hanya brand sekuat Mercedes-Benz yang dapat berhasil dalam simbiosis fisik sejarah dan masa depan. ‘Vision Mercedes Simplex’ melambangkan transformasi kemewahan khusus merek Mercedes-Benz. ”

Merek mobil mewah paling bernilai di dunia

Berkat prestasi panjangnya, Mercedes-Benz telah mampu untuk terus meningkatkan nilai mereknya. Sejak 2016, merek dengan bintang-sudut-tiga ini secara konsisten menjadi merek mobil mewah paling bernilai di dunia dan merupakan satu-satunya merek Eropa yang masuk peringkat 10 teratas “Best Global Brands 2019”, pilihan perusahaan konsultan brand ternama AS, Interbrand.

“Bagi saya, merupakan tugas utama untuk mengembangkan brand seperti Mercedes-Benz dari brand seorang ayah yang disegani menjadi brand yang disegani dan dicintai untuk semua generasi,” kata Bettina Fetzer, Kepala Pemasaran Mercedes-Benz AG. “Mercedes-Benz, dulu dan sekarang, merupakan brand yang membangkitkan emosi dan memberikan pengalaman holistik bagi konsumen. Tujuan kami adalah untuk melekatkan brand ini di hati masyarakat selama 120 tahun ke depan.”

(AB)

 

Baca Juga

  • Lazada dan IdEA Bagikan Tips Jitu Transaksi Berlimpah di Festival Belanja Sebagai Kunci Sukses UMKM di e Commerce

    Lazada dan IdEA Bagikan Tips Jitu Transaksi Berlimpah di Festival Belanja Sebagai Kunci Sukses UMKM di e Commerce

    Memahami pentingnya peran UMKM bagi perekonomian Indonesia, dibutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak untuk mendukung UMKM bertahan di tengah pandemi yang berkepanjangan. Hari ini, Lazada dan idEA kembali menggelar webinar edukasi yang bertajuk “Road to Harbolnas 2020: Cara Jitu Raih Transaksi Berlimpah” untuk membantu para pelaku UMKM yang berekspansi di jalur online, agar dapat menjalankan […]
  • Jajanan Khas Pasar Malam Taiwan di Bintaro: Shihlin

    Jajanan Khas Pasar Malam Taiwan di Bintaro: Shihlin

    Di berbagai belahan dunia, jajanan pasar malam identik dengan dagangan kaki lima yang murah meriah. Biasanya jajanan pasar malam disajikan dengan cukup sederhana dengan pembungkus kertas atau plastik yang dapat dinikmati pembeli sambil berjalan-jalan. Hal inilah yang diadopsi oleh Shihlin Taiwan Street Snacks, sebuah jaringan gerai kuliner cepat saji yang mengkhususkan diri menyediakan jajanan khas […]
  • Tut Wuri Handayani di Era Revolusi Industri 4.0 (Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional)

    Tut Wuri Handayani di Era Revolusi Industri 4.0 (Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional)

    Pada tanggal 2 Mei, Ki Hadjar Dewantara merintis sekolah untuk kaum pribumi agar bisa setara dengan penjajah Belanda. Saat ini, musuh terbesar bukan lagi penjajah, melainkan kesempatan pendidikan yang tidak merata. Seperti kita ketahui pendidikan merupakan aktivitas pemberian ilmu dari seorang pendidik kepada pelajar. Tujuannya untuk membantu  mengembangkan potensi diri yang ia miliki sehingga muncul […]
  • Kompas Gramedia dan PPI Australia Sambung Literasi ke Timur Indonesia

    Kompas Gramedia dan PPI Australia Sambung Literasi ke Timur Indonesia

    Kompas Gramedia melalui program CSR #AkuBaca mendukung program IMPACT (Improving Papua and East Nusa Tenggara’s Education) yang diinisiasi oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA). Bentuk dukungan #AkuBaca KG direalisasikan melalui donasi paket Buku Bergerak untuk lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua. Sejumlah paket buku yang terdiri atas buku […]
  • Mendorong Berkembangnya Koperasi di Tangerang Selatan

    Mendorong Berkembangnya Koperasi di Tangerang Selatan

    Sebagai stakeholder yang berperan besar mendorong perkembangan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional, pemerintah memiliki fungsi terbesar sebagai inisiator, fasilitator sekaligus regulator bagi terciptanya iklim yang kondusif bagi  masyarakat untuk berpartisipasi pada badan usaha yang berbasis kerakyatan ini. Untuk itu, Pemkot Tangsel terus mendorong berdirinya berbagai koperasi di wilayah Tangserang Selatan melalui berbagai upaya. Untuk […]
  • Dukung Program Nasional BanggaBuatanIndonesia, Blibli Hubungkan Penjual ke Pelanggan di Seluruh Indonesia

    Dukung Program Nasional BanggaBuatanIndonesia, Blibli Hubungkan Penjual ke Pelanggan di Seluruh Indonesia

    Blibli terus berupaya untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM melalui kerja sama dengan pemerintah pada program #BanggaBuatanIndonesia. Komitmen Blibli berhasil meningkatkan jumlah seller di berbagai kota serta mendorong pertumbuhan produk di masing-masing kategori yang menjadi fokus dari program nasional tersebut. Blibli membuat satu laman khusus untuk mendukung kampanye #KarenaLokalNo1 yang berisikan kurasi produk UMKM pada lima […]
  • Bakso Tegal, Jagonya Bakso Rawit

    Bakso Tegal, Jagonya Bakso Rawit

    Tegal memang identik dengan warteg, warung makan murah yang menyediakan berbagai menu masakan rumahan. Menjamurnya warteg membuat orang seringkali hanya mengenal warteg secara fisik bukan berdasarkan kulinernya. Baru pada belakangan ini mulai muncul berbagai kuliner khas Tegal. Salah satu contohnya adalah Sate Tegal (baca juga : Lembutnya Sate Kambing Muda di Sate Tegal Maklibul dan Batibul House, […]
  • 9 Medali Berhasil Diraih Indonesia dalam Malaysia Open Memory Championship 2016

    9 Medali Berhasil Diraih Indonesia dalam Malaysia Open Memory Championship 2016

    Adu cepat dan tepat antar negara dalam bidang daya ingat baru saja digelar pada 11-12 Juni 2016 di Penang, Malaysia. Kompetisi yang diikuti 7 Negara (China, Mongolia, India, Malaysia, Indonesia, Singapore, Korea Utara) ini berlangsung ketat antara 3 negara yaitu China, Mongolia, dan Indonesia. Tim Memory Sports Indonesia lewat anggota timnya Fakhri Shafly (siswa SMAN […]
  • Nescafé Dolce Gusto Persembahkan Music Drip

    Nescafé Dolce Gusto Persembahkan Music Drip

    NESCAFÉ Dolce Gusto, multi beverage machine system pertama di Indonesia mempersembahkan mini konser musik perdananya, Music Drip. Selaras dengan keunikan NESCAFÉ Dolce Gusto, Music Drip hadir untuk memberi warna baru dengan hadirnya kolaborasi sejumlah musisi ternama dengan karakter musik yang berbeda mulai dari Andien (Jazz), Marcell (Pop), Kallula dan Monica Karina (Electronic Dance) dengan DJ […]
  • Banjir Generasi Milenial, Industri Kreatif Bisa Fenomenal

    Banjir Generasi Milenial, Industri Kreatif Bisa Fenomenal

    Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) bertekad untuk terus menumbuhkan sektor industri kreatif di dalam negeri. Sebab, selain mendorong peningkatan jumlah wirausaha baru, industri kreatif juga berperan penting dalam memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional. “Kami secara rutin telah melaksanakan berbagai event untuk memberi ruang bagi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. […]
  • Tokopedia Gelar Grand Launch Official Store, Belanja Merek Resmi Jadi Lebih Pasti

    Tokopedia Gelar Grand Launch Official Store, Belanja Merek Resmi Jadi Lebih Pasti

    Tokopedia resmi membuka Official Store di ekosistemnya, yang hadir sebagai solusi bagi pengguna untuk berbelanja produk-produk asli dari merek favorit mereka dengan lebih mudah, cepat dan nyaman. Vice President of Merchants, Tokopedia, Inna Chandika, menjelaskan, “Di Tokopedia, kami terus berinovasi untuk meningkatkan cakupan dan kualitas layanan, salah satunya melalui kehadiran Official Store di Tokopedia sebagai […]
  • Weekend: Asyiknya Bermain Ice Skating Di Pondok Indah Mall Winter Wonderland

    Weekend: Asyiknya Bermain Ice Skating Di Pondok Indah Mall Winter Wonderland

    Sejak tahun 2013 Pondok Indah Mall rutin menggelar acara Winter Wonderland setiap akhir tahun. Anda tidak perlu pergi ke negeri 4 musim untuk bermain salju. Weekend ini Anda bisa menghabiskan sisa liburan bersama putra putri Anda di Pondok Indah Mall setiap hari jam 10.30 – 21.15. Beragam permainan salju ada di sini Anda dapat mengajak sang […]
  • Resolusi Tahun Baru. Bagaimana Mencapai dan Mempertahankannya???

    Resolusi Tahun Baru. Bagaimana Mencapai dan Mempertahankannya???

    Kita baru saja memasuki tahun 2019. Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk menyambut pergantian tahun. Salah satu yang cukup populer yaitu membuat resolusi. Pada dasarnya menetapkan resolusi di awal tahun bukanlah sesuatu hal yang baru. Sejarah membuat daftar resolusi ini berawal dari orang Babilonia ribuan tahun yang lalu.Jenis resolusi bisa beragam rupa. Resolusi juga […]
  • Aksesoris All New XSR 155 Bikin Tampilan Pengendara Makin Gagah dan Stylish

    Aksesoris All New XSR 155 Bikin Tampilan Pengendara Makin Gagah dan Stylish

    All New XSR 155 menjadi idola baru bagi para pecinta motor sport heritage di Indonesia. Mengusung konsep “Born to be Free”, All New XSR 155 merupakan perpaduan desain sport heritage serta sentuhan teknologi masa kini. Diluncurkan di Jakarta pada akhir tahun 2019 lalu, produk unggulan Yamaha ini langsung menjadi magnet perhatian masyarakat. Hal ini karena […]
  • Gandeng I.saku, Bayar Bluebird Nontunai Lebih Nyaman

    Gandeng I.saku, Bayar Bluebird Nontunai Lebih Nyaman

    PT Blue Bird Tbk resmi menggandeng i.saku, uang elektronik dari PT Inti Dunia Sukses -grup Indomaret- sebagai salah satu alternatif pembayaran non-tunai di aplikasi My Bluebird. Jalinan kerja sama yang terjalin antara Bluebird dengan i.saku merupakan bukti nyata dari komitmen Bluebird dan i.saku untuk memberikan kemudahan bagi para konsumen dalam melakukan pembayaran secara non-tunai. Pengguna […]
  • Evaluasi Diri dengan Segenap Hati

    Evaluasi Diri dengan Segenap Hati

    Saat ini kita menjelang akhir tahun 2018. Sudah selayaknya kita melakukan evaluasi diri mengenai apa saja yang telah kita kerjakan di tahun ini dan merencanakan apa yang akan kita capai di tahun mendatang. Memang pada hakekatnya manusia menghubungkan waktu (time) yang telah berlalu dengan pengalaman dan memori tentang pengalaman itu sendiri. Hal ini menciptakan persepsi […]
  • Berbagai Aksesoris Cantik Harga Terjangkau di Icut Collection

    Berbagai Aksesoris Cantik Harga Terjangkau di Icut Collection

    Bagi setiap wanita, aksesoris merupakan bagian tidak terpisahkan dalam kehidupannya. Aksesoris tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk menunjang penampilan. Di balik bentuknya yang menarik dilihat, aksesoris juga memiliki manfaat tersendiri untuk meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita. Boleh percaya boleh tidak, dengan menggunakan aksesoris, kekurangan seorang wanita dalam berpenampilan akan lebih tertutupi. Akesoris juga bisa […]
  • PT Sasa Inti Raih Sertifikasi The Planet Mark Bukti Kontribusi Nyata terhadap Bumi dan Lingkungan Hidup

    PT Sasa Inti Raih Sertifikasi The Planet Mark Bukti Kontribusi Nyata terhadap Bumi dan Lingkungan Hidup

    PT Sasa Inti menerima penghargaan dari The Planet Mark karena telah berkomitmen melanjutkan aksi nyata dalam mengurangi jejak emisi karbon sepanjang tahun 2019. Ini merupakan tahun pertama PT Sasa Inti mendapatkan sertifikasi untuk The Planet Mark. Sertifikasi ini didapatkan karena PT Sasa Inti telah berkontribusi dalam proyek The Eden Project dan Cool Earth. The Planet […]
  • Berburu Promo Menarik di Bintaro Xchange : Ramadhan Great Sale

    Berburu Promo Menarik di Bintaro Xchange : Ramadhan Great Sale

    Saat bulan Ramadhan, orang mulai mempersiapkan diri berbelanja berbagai kebutuhan untuk bulan Ramadhan sendiri, mau pun saat Hari Raya Idul Fitri. Bintaro Xchange Mall pun tidak ketinggalan mengadakan promo-promo menarik dari tenant-tenant yang ada. Program promo yang dinamakan Ramadhan Great Sale ini, akan berlangsung dari tanggal 6 Juni – 17 Juli 2016, untuk berbagai produk-produk mau […]
  • Ceria Ramadan di Rumah dengan Lazada Shoppertainment di LazLive

    Ceria Ramadan di Rumah dengan Lazada Shoppertainment di LazLive

    Jalani bulan Ramadan dan liburan Hari Raya Idul Fitri bersama Lazada, dengan hampir 5.000 jam penuh acara hiburan yang informatif melalui livestreaming Shoppertainment LazLive #BerkahAdadiRumah yang dapat dinikmati langsung di rumah. Bekerja sama dengan operator telekomunikasi terkemuka, pelanggan Telkomsel dan XL dapat menikmati livestream shoppertainment di channel LazLive Lazada tanpa menggunakan biaya data. Kali ini, […]

Tinggalkan Balasan