Sel. Sep 24th, 2019

Periksa Kesehatan Jantung Anda Sebelum Ikut Lomba Lari

Kita patur menyadari bahwa hanya dengan melakukan olahraga yang tepat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Olah raga yang benar dapat dilakukan dengan memilih waktu dan lokasi yang tepat serta dilakukan  dengan teknik yang tepat. Serta tak kalah penting dilakukan secara bertahap, baik pada tahap persiapan olahraga maupun pada tahap pemulihan sesudah olah raga.

Persiapan Menjelang Lomba Lari

Dianjurkan untuk Anda melakukan medical check up pada saat sebelum mengikut perlombaan olah raga. Hal ini diungkapkan oleh dr. Leonardo Paskah Suciadi, Sp.JP, FIHA pada seminar pra-event Atma Jaya Run pada tanggal 22 Agustus 2019. Dokter ahli jantung yang bertugas di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta mengemukakan pentingnya mengetahui bagaimana menjaga stamina dan kesehatan bagi para runners. . Menurut  alumnus Fakultas Kedokteran Atma Jaya tersebut, perlu disadari pentingnya melakukan persiapan sebelum mengikuti perlombaan olahraga. Persiapan ini penting dilakukan mengingat ada sebagian orang yang tidak aktif berolahraga secara rutin. Apalagi bagi mereka yang memiliki resiko seperti faktor usia dan riwayat penyakit jantung.

Anak muda pun patut melakukan medical check up untuk mendeteksi kelainan jantung bawaan (kelainan struktur atau listrik jantung). Check up inipun diperlukan untuk mendiagnosa penyakit-penyakit kronik (hipertensi, diabetes, obesitas, penyakit paru) dan terapi yang perlu dilakukan terhadap kondisi tersebut.

Mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung wajib menghindari olahraga di cuaca sangat panas dan lembab. Juga memperhatikan agar tubuh tetap terhidrasi baik sebelum, saat, dan sesudah olahraga.

Pakaian olahraga pun wajib dicermati. Sebaiknya terbuat dari kain olahraga yang baik berupa kain natural yang mendukung pelepasan panas serta memiliki warna cerah. Anda pun wajib mengatur intensitas dan durasi olahraga yang tepat sebelum mengikuti perlombaan.

Atma Jaya Run

Seminar kesehatan di atas diselenggarakan dalam rangka menyambut event lomba lari yang akan digelar pada tanggal 13 Oktober mendatang. Lomba yang diberi judul Atma Jaya Run diselenggarakan oleh para alumni Fakultas Ilmu Administrasi Niaga (FIA) Universitas Atma Jaya Jakarta yang rutin diadakan setiap tahun. Bila sebelumnya event lari tersebut hanya terbatas untuk kalangan keluarga besar Fakultas Ilmu Administrsi Niaga saja, pada tahun ini, event tersebut diadakan dalam skala lebih besar terbuka untuk umum.

BACA JUGA  Rumah Main Cikal Menjadi Rumah Kedua Bagi Para Muridnya

Dengan menggandeng pihak universitas ATMA JAYA, teman-teman lintas fakultas dan lintas angkatan serta mahasiswa aktif, event ATMA JAYA RUN rencananya akan diadakan di KAMPUS ATMA JAYA-BSD.

Atma Jaya Run dengan tema “Run for Peace”, mengajak pada peserta untuk peduli pada dunia pendidikan anak. Dari uang pendaftaran, akan disisihkan Rp.10.000/peserta,- yang akan diperuntukkan bagi program beasiswa anak di 5 daerah tertinggal dari Universitas Atma Jaya Jakarta.

Lomba ini ditargetkan akan diikuti 3.000 peserta. Dari dana pendaftaran dan bantuan beasiswa dari Universitas Atma Jaya diharapkan dapat merealisasikan niat baik tersebut.

Event lari ini akan dikemas dalam 2 kategori, 5K dan 10K dengan hadiah yang sangat menarik untuk tiap pemenang di setiap kategorinya. Jadi tunggu apa lagi, segera daftar ATMA JAYA RUN. Kita dapat membantu anak-anak yang masih kesulitan dalam mengenyam pendidikan. Dapatkan juga keseruan lainnya karena di lokasi start dan finish juga akan ada panggung hiburan dan bazar yang akan menambah semarak acara ini.

Untuk informasi dan pendaftaran silahkan  mengunjungi di www.atmajayarun.com atau instagram: @atmajaya.run

(EGS)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan