Kesehatan

Pepsodent Active Defense Mouthwash Mengandung Teknologi CPC yang Terbukti Bantu Kurangi Jumlah Virus SARS-CoV-2

Pepsodent telah mengkonfirmasi hasil studi in vitro yang diprakarsai oleh Unilever menunjukkan bahwa formulasi Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi CPC dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99,9% . Kehadiran Pepsodent Active Defense Mouthwash berpotensi semakin melindungi kesehatan keluarga Indonesia di tengah pandemi sebagai pelengkap anjuran 3M yang digaungkan oleh pemerintah.

Dengan semangat untuk turut berperan dalam membantu mengurangi transmisi COVID-19, Pepsodent akan mendonasikan produk ini ke sejumlah Rumah Sakit rujukan dan Wisma Atlet Kemayoran, bekerja sama dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dan Gerakan Pakai Masker (GPM).

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation menerangkan, “Di tengah situasi pandemi yang masih mengkhawatirkan, studi awal kami menunjukkan hasil yang menjanjikan. Teknologi CPC yang kami gunakan telah dikenal oleh industri perawatan gigi dan mulut karena kemampuannya dalam mengurangi bakteri, mencegah plak gigi dan peradangan gusi–tanpa mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam rongga mulut.”
“Sebagai brand yang selalu berupaya melindungi senyum sehat keluarga Indonesia melalui berbagai inovasi, kami berharap keunggulan dari Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung CPC dapat merawat kesehatan gigi dan mulut sekaligus menjadi cara tambahan yang potensial untuk membantu mengurangi transmisi COVID-19,” lanjut Drg. Mirah.

Inovasi ini menjadi relevan mengingat total kasus positif COVID-19 di Indonesia telah menembus angka 550.000, dengan angka kematian tertinggi di Asia Tenggara, yaitu lebih dari 17.500 orang . Berbagai upaya tengah dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang mengguncang semua pihak ini, dan Pepsodent ingin ikut berperan untuk menjadi bagian dari solusi.

drg. Tritarayati, SH, MHKes. selaku Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menuturkan, “Di tengah ketidakpastian mengenai kapan virus ini akan terkendali, ternyata masih banyak masyarakat yang salah paham mengenai risiko penularan COVID-19. Selain di saluran pernafasan, banyak riset menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur .

Hal ini harus kita waspadai karena di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus. Sementara, data terbaru dari CDC menunjukkan bahwa lebih dari 50% penyebaran virus SARS-CoV-2 berasal dari kasus konfirmasi tanpa gejala yang berada di sekitar kita .”

Faktanya, virus penyebab COVID-19 menyebar terutama melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan dari hidung, yang telah terdeteksi sebelum, selama, dan setelah fase akut penyakit, begitu juga dalam kasus tanpa gejala .

Drg. Mirah menerangkan, “Mengurangi jumlah virus di mulut dipercaya dapat membantu mengurangi penularan. Berbagai temuan menunjukkan bahwa mouthwash berpotensi menjadi tambahan penting untuk tindakan perlindungan sehari-hari lainnya, seperti mencuci tangan, menjaga jarak secara fisik, dan mengenakan masker .”

“Unilever ikut berpartisipasi dalam diskusi komunitas medis dan ilmiah global seputar potensi penggunaan mouthwash untuk melawan virus SARS-CoV-2. Kami menginisiasi studi ilmiah awal bersama Laboratorium Microbac, laboratorium virologi di Amerika Serikat yang terpercaya dan diakui secara internasional untuk mengukur efektivitas mouthwash yang mengandung teknologi CPC, seperti inovasi Pepsodent Active Defense,” lanjut drg. Mirah.

Unilever telah mempubilkasikan hasil penelitian sebelumnya tentang efek mouthwash yang mengandung CPC pada pengganti virus corona di platform riset biologi Biorxiv , yang juga memperlihatkan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung 0,07% CPC bekerja efektif mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99,9% dengan menargetkan dan menghancurkan selubung lipid dari virus tersebut.

Dalam studi yang membandingkan produk ini dengan produk mouthwash yang mengandung etanol, campuran enzim, dan zinc sulfat ini, hanya teknologi CPC yang hingga saat ini menunjukkan hasil yang konsisten dan positif.

Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes. selaku Dokter Gigi dan Peneliti berkomentar, “Kami mengapresiasi studi yang dilakukan oleh Pepsodent sebagai bentuk kepedulian untuk membantu melindungi masyarakat di tengah pandemi ini. Hasil studi ini didukung oleh sebuah uji klinis dari sekelompok peneliti independen di Singapura yang melibatkan sejumlah penderita COVID-19. Uji klinis tersebut memperlihatkan bahwa berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 secara signifkan setelah berkumur selama 30 detik, dan efeknya bertahan selama 6 jam .”

Studi awal ini menginspirasi Pepsodent untuk mendonasikan 50.000 produk Pepsodent Active Defense guna memberikan perlindungan tambahan kepada para tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam upaya menekan laju transmisi COVID-19. Donasi ini akan diberikan ke Rumah Sakit rujukan di wilayah Jabodetabek dan Wisma Atlet Kemayoran.

Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) menjadi salah satu mitra Pepsodent dalam menyalurkan donasi ini. dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. selaku Ketua Umum PERSI mengatakan, “Industri Rumah Sakit tengah menghadapi perjuangan panjang melawan COVID-19. Untuk itu, upaya pengendalian dan pencegahan di dalam lingkungan rumah sakit sangat diperlukan. Di tengah tingginya risiko penularan COVID-19, kami harap donasi ini dapat membantu pihak Rumah Sakit dalam melindungi tenaga medis dan pasien dari penyebaran virus.”

Glyn Roberts PhD, Head of Unilever Global Oral Care R&D menerangkan bahwa meskipun penelitian dari Unilever masih terus berlanjut, para ilmuwan terkemuka telah meninjau data studi ini dan setuju bahwa dengan membagikan hasilnya secara luas, masyarakat dapat mempertimbangkan untuk mengikutsertakan berkumur dengan mouthwash berbasis CPC, seperti Pepsodent Active Defense, sebagai tambahan dari tindakan pencegahan transmisi COVID-19 lainnya.

Hal ini disetujui oleh Prof. Iain Chapple, Head of Research dari Institute of Clinical Sciences, University of Birmingham. Menurutnya, mouthwash dengan kandungan teknologi CPC dapat menjadi langkah sederhana, efektif, dan aman bagi masyarakat untuk mengambil tindakan perlindungan dan pencegahan transmisi COVID-19 bersama dengan langkah-langkah yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan.

“Pada akhirnya, kami mengajak masyarakat semakin melindungi diri dan keluarga terhadap risiko penyebaran COVID-19 melalui tindakan 3M Ekstra, yaitu: Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak fisik, Menggunakan masker, dan dilengkapi dengan Menjaga kesehatan rongga mulut. Dengan menerapkan kebiasaan yang baru ini, kita bisa berperan mengurangi angka transmisi COVID-19 di lingkungan kita,” tutup Drg. Mirah.

Informasi lebih lengkap mengenai Pepsodent Active Defense dapat dilihat di: https://www.tanyapepsodent.com/mouthwash-cpc.html

(BON)

 

Baca Juga

  • Mau Dapat Promo Berbuka Puasa? Dapatkan di Ramadhan Great Sale Bintaro Xchange

    Mau Dapat Promo Berbuka Puasa? Dapatkan di Ramadhan Great Sale Bintaro Xchange

    Saat berbuka puasa adalah saat yang ditunggu oleh setiap orang yang berpuasa. Betapa tidak, setelah seharian menahan lapar dan haus, tiba saat untuk membatalkan Puasa. Berbicara mengenai berbuka puasa, Mencari tempat berbuka puasa adalah perkara gampang-gampang susah. Kita tahu, banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan berbuka puasa. Namun, belum tentu tempat itu sesuai dengan yang kita […]
  • Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Indosat Ooredoo Manfaatkan Live Chat dengan Artificial Intelligent untuk Mudahkan Layan

    Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Indosat Ooredoo Manfaatkan Live Chat dengan Artificial Intelligent untuk Mudahkan Layan

    Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional dan sejalan dengan strategi LEAD, Indosat Ooredoo sebagai operator telekomunikasi terdepan di Indonesia selalu berusaha untuk memberikan kepuasan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Indosat Ooredoo terus memanfaatkan tren teknologi terbaru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menyediakan chat-bot INDIRA (Indosat Digital Representative Assistant), asisten digital yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). INDIRA […]
  • 3P Selama Pandemi

    3P Selama Pandemi

    Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi COVID-19 yang sudah dimulai sejak awal April 2020 membuat aktivitas kita menjadi terbatas, Banyak dari kita, akan berpikir dua kali untuk keluar dari rumah. Kalaupun akhirnya harus bepergian, kita akan mengenakan perlengkapan seperti masker, face-shield, cairan disinfektan, topi, bahkan jaket. Kita menjadi lebih memperhatikan sekeliling kita dan lebih […]
  • Persiapan Pengiriman J&T Express di Bulan Ramadhan

    Persiapan Pengiriman J&T Express di Bulan Ramadhan

    Bulan Ramadhan identik dengan meningkatnya permintaan masyarakat akan kebutuhan tertentu, termasuk transaksi penjualan online. Melihat hal tersebut, J&T Express sebagai perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi yang mendukung perkembangan e-commerce, melakukan persiapan untuk mengantisipasi paket pengiriman yang semakin meningkat, dan menargetkan penyelesaian pembangunan gateway (pusat sortir) dan mesin sortir otomatis di beberapa kota besar, tentunya akan […]
  • Pacu Investasi, Kemenperin Incar Peluang Relokasi Perusahaan AS

    Pacu Investasi, Kemenperin Incar Peluang Relokasi Perusahaan AS

    Kementerian Perindustrian sedang membidik sejumlah investasi sektor industri dari Amerika Serikat. Hal ini karena beberapa perusahaan asal Negeri Paman Sam akan ada yang merelokasi pabriknya dari Negeri Tirai Bambu akibat dampak perang dagang AS-China yang semakin alot. “Kami tetap fokus menarik investasi di berbagai sektor industri. Sektor manufaktur yang kami sasar meliputi industri untuk substitusi […]
  • GoPay dan Muhammadiyah Permudah Umat Bantu Sesama lewat Zakat Digital

    GoPay dan Muhammadiyah Permudah Umat Bantu Sesama lewat Zakat Digital

    Layanan uang elektronik dengan pengguna terbanyak di Indonesia GoPay, bagian dari ekosistem Gojek, memudahkan masyarakat Indonesia menunaikan zakat, infaq dan sedekah secara digital guna mempercepat penyaluran bantuan ke para mustahik di tengah kondisi pandemi. Diharapkan zakat digital dapat optimal menjadi jaringan pengaman sosial bagi kelompok rentan dan miskin yang terdampak COVID-19 sekaligus membantu pemulihan ekonomi […]
  • Garuda Indonesia Kembali Raih Predikat Maskapai Bintang Lima dari Apex

    Garuda Indonesia Kembali Raih Predikat Maskapai Bintang Lima dari Apex

    Setelah berhasil mempertahankan predikat sebagai “Maskapai Bintang 5” dari Skytrax pada bulan Februari lalu, Airline Passenger Experience Association (APEX), asosiasi nirlaba untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat, juga kembali menobatkan Garuda Indonesia sebagai maskapai bintang lima (5-Star Airlines). Penghargaan yang diberikan dalam acara seremonial APEX Award Ceremony Expo 2018 […]
  • Perpaduan Kultur Dalam Kuliner: Resto Mama Malaka

    Perpaduan Kultur Dalam Kuliner: Resto Mama Malaka

    Adanya berbagai kultur yang dimiliki oleh berbagai etnis di dunia yang saling berinteraksi menyebabkan terjadinya proses akulturasi berbagai aspek kehidupan. Proses percampuran budaya ini justru memperkaya budaya yang sudah ada tanpa menghilangkan budaya asli yang dibawa masing-masing etnis. Proses bercampurnya budaya ini juga terjadi dalam bidang kuliner. Salah satunya adalah munculnya berbagai masakan yang disebut […]
  • Danamon Luncurkan Layanan Application Programming Interface (API) Central

    Danamon Luncurkan Layanan Application Programming Interface (API) Central

    PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) hari ini meluncurkan Application Programming Interface (API) Central, yaitu layanan open API atau open banking yang memungkinkan nasabah terhubung langsung dengan bank untuk pelaksanaan transaksi, baik transaksi finansial maupun non-finansial. Layanan ini menjawab kebutuhan dalam era digital yang serba cepat dan agile, dimana bank dituntut untuk menyediakan layanan […]
  • Mau Jadi Marketing Properti Hebat, Ikut Pelatihan Kartu Prakerja Lamudi

    Mau Jadi Marketing Properti Hebat, Ikut Pelatihan Kartu Prakerja Lamudi

    Portal properti Lamudi.co.id bekerja sama dengan Tokopedia, membuka kelas pelatihan gratis untuk peserta program kartu prakerja. Program pelatihan yang diberi nama Lamudi Academy tersebut akan sangat berguna bagi para pencari kerja yang ingin menekuni di bidang properti. Kartu Prakerja sendiri merupakan sebuah program pelatihan dan pembinaan bagi masyarakat Indonesia yang belum bekerja, program ini dicetuskan […]
  • IM3 Ooredoo Luncurkan Paket Komunikasi Ibadah Haji Hemat dan Lengkap Mulai dari Rp. 200.000

    IM3 Ooredoo Luncurkan Paket Komunikasi Ibadah Haji Hemat dan Lengkap Mulai dari Rp. 200.000

    Menyambut  pelaksanaan ibadah Haji 2018, Indosat Ooredoo melalui brand IM3 Ooredoo menghadirkan paket komunikasi ibadah haji terbaru hemat dan lengkap. Indosat Ooredoo bekerja sama dengan seluruh operator di Arab Saudi menghadirkan layanan Nelpon, SMS, serta Internet untuk kemudahan dan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini. Selama musim Haji 2018 ini […]
  • Promo Ramadhan di Giant Bintaro

    Promo Ramadhan di Giant Bintaro

    Apakah ada di antara Anda yang sudah dapat THR (Tunjangan Hari Raya) minggu ini? Salah satu pengeluaran yang besar di bulan Ramadhan ini adalah persiapan hari Raya. Baik untuk keperluan keluarga maupun hantaran parcel bagi para kerabat. Parcel Lebaran Menyambut indahnya silahturahmi di hari nan Fitri, Giant Bintaro menyediakan beberapa pilihan parcel seperti parcel sembako […]
  • Weekend Program: Membuat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

    Weekend Program: Membuat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

    Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk weekend ini? Buat yang hobi memasak, boleh mencoba resep nasi goreng kambing yang dikutip dari Bango.co.id. Bahan-bahan: 300 gr daging kambing, diiris tipis atau dipotong kotak-kotak kecil ( sesuai selera ) 450 gr nasi matang (sebaiknya nasi yang dimasak sehari sebelumnya ) 100 gr minyak samin 100 ml kaldu […]
  • Coba Rahang Tuna di Balanga Resto

    Coba Rahang Tuna di Balanga Resto

    Kuliner Unik, Rahang Tuna Bakar Khas Manado Hampir seluruh restoran ikan bakar di Manado menyajikan menu rahang tuna bakar. Masakan ini populer mulai tahun 2017. Cara penyajiannya cukup lama. Jadi bila Anda sedang terburu-buru, jangan memesan menu ini. Baca juga: Satu Lagi Kuliner Manado di Bintaro Kali ini Info Bintaro mereview resto Manado yang ada […]
  • Proyektor 4k BenQ Raih Peringkat No. 1 Tiga Kuarter Berturut-turut di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika

    Proyektor 4k BenQ Raih Peringkat No. 1 Tiga Kuarter Berturut-turut di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika

    Sebagai merek proyektor DLP No. 1 di dunia, proyektor 4K BenQ meraih peringkat No. 1 di Asia Pasifik dan Timur Tengah selama tiga kuarter berturut-turut di tahun 2018, dengan pangsa pasar sebesar 36% yang mencangkup wilayah Jepang, India, Thailand, Uni Emirates Arab, Arab Saudi dan Indonesia dalam kurun waktu bersamaan. Berkat kualitas produk BenQ yang […]
  • Mari Mengenal Dharmayatra Dalam Agama Buddha

    Mari Mengenal Dharmayatra Dalam Agama Buddha

    Di Indonesia ada beberapa agama yang dianut di antaranya adalah agama Budha. Dalam artikel ini kita akan membahas soal Dharmayatra yang merupakan ritual untuk menghormati tempat-tempat yang disucikan atau disakralkan. Tempat yang disucikan atau disakralkan tersebut memiliki latar belakang istimewa seperti makam orang-orang suci, tempat menyimpan relik para arahat atau para suci, tempat bersejarah dalam […]
  • 7.388 Potong Kue Keranjang Pecahkan Rekor MURI di Senayan City

    7.388 Potong Kue Keranjang Pecahkan Rekor MURI di Senayan City

    Pada tanggal 8 Februari 2018 Senayan City bersama Ming by Tunglok mendapat penghargaan MURI karena menyajikan kue keranjang terbanyak hingga 7.388 potong. Nah, tahukah Anda bagaimana sejarahnya kue keranjang? Kue Keranjang Memiliki Makna yang Tidak Sesederhana Bentuknya Selain identik dengan warna merah, imlek juga sangat dekat dengan kue keranjang. Kue keranjang mulai ramai dicari dan […]
  • Motor Bebek King of Street Ini Dapat Predikat Best of Cub 150 cc

    Motor Bebek King of Street Ini Dapat Predikat Best of Cub 150 cc

    Perkembangan dunia otomotif roda dua juga diwarnai oleh segmen motor bebek di Tanah Air. Yamaha sendiri pun dikenal sebagai pabrikan penghasil motor bebek yang digemari konsumen. Yang populer di banyak kalangan adalah Jupiter MX, motor bebek legendaris yang hadir pertama kali di tahun 2005. Setelah itu berevolusi hingga satu dekade kemudian muncul MX King 150 […]
  • Ancol Hadirkan Kampoeng Minangkabau Festival 2018

    Ancol Hadirkan Kampoeng Minangkabau Festival 2018

    Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan juga bertepatan dengan libur panjang, Taman Impian Jaya Ancol tengah menyiapkan sebuah rangkaian acara bertema kebudayaan asal Sumatra Barat bertajuk “Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018”. Festival ini diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 10 – 13 Mei 2018 di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta Utara. Pada perhelatan ini, dapat ditemui semua […]
  • SKACI Bintaro, Pencetak Anak Jago Komputer Sambil Bermain

    SKACI Bintaro, Pencetak Anak Jago Komputer Sambil Bermain

    Bagi seorang anak, bermain adalah satu proses penting dalam perkembangan dirinya sebelum menjadi dewasa. Betapa tidak, dengan bermain seorang anak akan belajar banyak hal dengan cara mengalaminya sendiri, dia akan mempelajari hal-hal baru, melatih daya berpikirnya dan bersosialisasi dengan orang lain. Namun pada waktu beakangan ini, dikarenakan tuntutan untuk menjadi berhasil begitu tinggi, seorang anak […]

Tinggalkan Balasan