Kuliner

Pepes Ikan Duri Lunak “Ibu Eka”, Makan Pepes Ikan Tanpa Repot

Pepes ikan saat ini telah menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Pepes yang awalnya merupakan kuliner tradisional khas Sunda semakin banyak digemari karena rasanya yang khas, sangat nikmat dijadikan teman makan nasi yang hangat. Selain pepes ikan, masih banyak olahan pepes dengan menggunakan bahan lainnya seperti ayam, tahu, jamur. Namun pepes ikan tetap menjadi favorit diantara berbagai jenis pepes.

Sayangnya untuk menikmati pepes ikan tidak lepas dari kerepotan yang harus dihadapi penyantapnya. Mulai dari bungkus daunnya yang terkadang meninggalkan sisa daun hangus, bungkusnya sendiri mengganggu dan terkadang mengotori area makan, dan duri ikannya menjadi kerepotan tersendiri, khususnya pepes ikan yang memiliki banyak duri seperti bandeng atau ikan mas.

Namun sekarang kita dapat menikmati pepes ikan, seperti pepes bandeng dengan duri lunak tanpa direpotkan dengan daun pembungkus yang merepotkan dengan hadirnya Pepes Ikan Duri Lunak “Ibu Eka”.

pepes_ikan_tulang_lunak_ibu_eka_info_bintaro_2

Berawal dari liburan dengan memancing di kawasan Tanjung Pasir, Teluknaga – Tangerang, pasangan suami istri, Raden Daru Sulistiono dan Eka Sulistyaningsih, mendapat ikan bandeng hasil pancingan sebanyak 30 kg. Seperti pada umumnya orang-orang yang hobi memancing, ikan hasil pancingan bukan dimaksudkan sebagai konsumsi. Kalaupun dikonsumsi sendiri, jumlahnya tidak seberapa banyak. Masalahnya, jumlah hasil pancingan ini cukup banyak, walaupun ikan-ikan itu sudah dibagikan kepada keluarga terdekatnya, namun tetap masih ada yang tersisa.

Timbullah ide untuk membuat pepes bandeng dari sisa ikan bandeng tersebut. Daru yang berprofesi sebagai chef di salah satu jalur penerbangan internasional Garuda membawa pepes bandeng itu sebagai bekal makannya. Rekan-rekan kerjanya yang ikut mencoba pepes bandengnya mengatakan bahwa pepes bandengnya enak. Namun, ada masukan dari rekan-rekannya kalau duri pepes bandengnya cukup mengganggu. Selain duri, yang juga terasa mengganggu adalah daun pembungkus pepes yang cukup banyak dan bumbu dari pepes yang tidak habis termakan, sehingga menimbulkan aroma tersendiri. Padahal pada penerbangan internasional, menjaga kebersihan pesawat menjadi salah satu peraturan utama yang harus dipatuhi semua kru pesawat.

Daru bersama Eka pun mencari ide untuk menyiasati permasalahan-permasalahan ini. Dengan hobi memancingnya, mereka cukup sering mendapatkan ikan-ikan bandeng dalam jumlah banyak. Permasalahan yang sama akan terus berulang kalau Daru ingin membawa pepes bandeng sebagai bekal di pekerjaannya. Timbullah ide untuk mem-blender bumbu pepesnya, sedangkan untuk mengatasi duri yang cukup banyak dengan cara dipresto. Melalui serangkaian percobaan, akhirnya mereka menemukan formula yang pas baik untuk komposisi bumbu maupun cara mempresto pepes bandengnya, sehingga daging ikannya tidak hancur atau menjadi terlalu lunak seperti bubur, namun tulang dari ikan bandeng menjadi lunak dan bisa dimakan tanpa mengganggu.

Pepes Ikan Bandeng Tulang Lunak “Ibu Eka” terdiri dari 3 varian rasa : tidak pedas, pedas dan super pedas. Sebelum dipresto, berbagai bahan untuk bumbu, minus daun kemangi dan cabai rawit merah, ditumis terlebih dahulu. Bumbu yang telah ditumis kemudian diblender sampai halus untuk kemudian dimasukkan ke dalam ikan yang telah dibuang isi perutnya. Daun kemangi ditambahkan untuk menghilangkan aroma tanah yang biasanya muncul saat menyantap ikan bandeng, sedangkan cabai rawit merah merupakan opsi. Untuk varian rasa tidak pedas, tidak digunakan cabai rawit sama sekali. Selain pada bagian dalam ikan, bumbu juga dibaluri pada bagian luar ikan, kemudian ikan bandeng dibungkus daun pisang dan siap untuk dipresto.

pepes_ikan_tulang_lunak_ibu_eka_info_bintaro_1

Pepes Bandeng Duri Lunak yang telah selesai dipresto kemudian dikemas dalam plastik tahan panas dengan menggunakan proses vacuum untuk meningkatkan keawetannya. Pepes Bandeng Duri Lunak “Ibu Eka” tidak menggunakan pengawet sama sekali. Keawetannya semata-mata mengandalkan plastik vacuum. Pada suhu kamar, Pepes Bandeng Duri Lunak “Ibu Eka” dapat bertahan 4-7 hari. Sementara jika disimpan di chiller lemari pendingin 2 minggu sampai 1 bulan. Keawetan ini bervariasi, tergantung kondisi lemari pendinginnya. Jangan menyimpan Pepes Bandeng Duri Lunak di freezer karena akan mengubah rasa pepes.

BACA JUGA  Seafood Macho, Seafood Murah Rasa Macho

Untuk menyiapkan Pepes Bandeng Duri Lunak untuk siap disajikan diperlukan pemanasan terlebih dahulu. Daru menyarankan 4 alternatif penyiapan Pepes Bandeng Duri Lunak sebelum disajikan:

Dikukus. Pepes Bandeng Duri Lunak beserta plastik kemasannya dimasukkan pada panci pengukus. Jangan kuatir plastik akan meleleh, karena plastik kemasannya tahan panas.

Dipanaskan pada microwave. Sebelum dimasukkan ke microwave, lubangi terlebih dahulu pada salah satu bagian plastik kemasan, misalnya di bagian ujung. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan gas yang keluar akibat proses pemanasan microwave agar tidak terperangkap pada plastik kemasan dan menyebabkan plastik meletus karena tekanan yang tinggi.

Dimasak pada teko pemanas air listrik. Bila Anda bepergian ke suatu tempat dan menginap di hotel yang menyediakan teko pemanas air listrik, Anda dapat menikmati Pepes Bandeng Duri Lunak dengan cara merebus Pepes Bandeng beserta plastik pembungkusnya sekaligus pada teko pemanas air listrik. Begitu air mendidih, Pepes Bandeng pun siap disantap. Praktis bukan?

Digoreng. Sebetulnya Pepes Bandeng Duri Lunak tidak disarankan untuk digoreng karena bumbunya akan kering dan menghilangkan rasa bumbu yang justru menjadi sumber kenikmatan pepes. Namun jika Anda tetap ingin menggorengnya, Daru menyarankan untuk menggunakan sedikit minyak goreng saja (seperti waktu kita akan menggoreng telur). Gunakan wajan teflon supaya plastik tidak menempel, dengan api yang kecil.

Pepes Bandeng Duri Lunak “Ibu Eka” bisa diperoleh dengan mudah dengan memesan melalui telpon/WA/SMS di 0878 5207 0806 / 0812 9748 8777 atau add pin BB : 5f8585d8 / 5fe6d79f, atau datang langsung ke alamat Jl. H. Rean, Komp. Harmoni Mas D1, Benda Baru – Pamulang, Tangerang Selatan. Untuk pengiriman menggunakan plastik bubble wrap, sehingga Pepes Bandeng Duri Lunak “Ibu Eka” tidak mengalami kerusakan pada proses pengiriman.

 

(ES)

 

 

Baca Juga

  • Stok Aman, Masyarakat Dapat Menjalankan Mudik Lebaran 1439 Hijriah dengan Aman dan Nyaman

    Stok Aman, Masyarakat Dapat Menjalankan Mudik Lebaran 1439 Hijriah dengan Aman dan Nyaman

    Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus memantau dan memastikan ketersediaan energi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG bagi masyarakat dan pemudik selama Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018. Menteri BUMN, Rini M. Soemarno mengungkapkan, berbagai upaya dilakukan pemerintah terutama mendorong peran Pertamina dalam menjaga ketersediaan dan kelancaran distribusi ke […]
  • Menitipkan Hewan Kesayangan Selama Mudik

    Menitipkan Hewan Kesayangan Selama Mudik

    Berniat mudik tapi memiliki hewan peliharaan? Simak tips berikut ini dari Indo Pet Expo 2016   Indo Pet Expo 2016 merupakan ajang pameran layanan bagi hewan peliharaan beserta produk-produk pendukungnya yang terbesar di Indonesia. Indo Pet Shop 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 23-25 September 2016, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan. Ajang kali ini merupakan […]
  • Event Prasetiya Mulya: PESTA RAKYAT 2019

    Event Prasetiya Mulya: PESTA RAKYAT 2019

    Pesta Rakyat 2019 merupakan bagian dari Social Week, event tahunan dari Universitas Prasetiya Mulya yang bertujuan meningkatkan kepedulian sesama, memberikan edukasi, sertahiburan. Event ini telah digelar sejak tahun 2015. Kali ini mengusung tema “Melangkah Bersama dalam Satu Harmoni”. Terdiri dari serangkaian acara, mulai dari Donor Darah, Seminar, dan Workshop UMKM yang bertemakan “KREATIF” yaitu Karya […]
  • Tangkal Corona, Service Kunjung Yamaha (SKY) Solusi Service Sepeda Motor di Rumah Saja !

    Tangkal Corona, Service Kunjung Yamaha (SKY) Solusi Service Sepeda Motor di Rumah Saja !

    Wabah Corona yang melanda dunia termasuk Indonesia membuat banyak aktivitas yang sudah direncanakan, terpaksa ditunda bahkan dibatalkan. Namun hal itu tidak menyurutkan pelayanan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada konsumen loyalnya. Salah satu layanannya adalah Service Kunjung Yamaha (SKY) buat konsumen sehingga tidak perlu datang ke bengkel agar menghindari pertemuan dengan banyak orang. Teknisi […]
  • Chevrolet Hadirkan Tips Bepergian Bersama Hewan Kesayangan

    Chevrolet Hadirkan Tips Bepergian Bersama Hewan Kesayangan

    Bulan Agustus menjadi momen penting bagi pecinta hewan, dengan International Cat Day yang jatuh pada tanggal 8 Agustus serta International Dog Day yang jatuh di tanggal 26 Agustus. Jika Anda berencana bepergian bersama hewan peliharaan kesayangan, Chevrolet memberikan beberapa tips agar perjalanan yang lebih lancar, aman, dan menyenangkan bersama fur babies Anda. Penelitian menunjukkan bahwa […]
  • Ingin Berinvestasi Properti? Pilih Saja di Kawasan Cisauk, Serpong. Prospeknya Bagus, Harganya Masih Murah

    Ingin Berinvestasi Properti? Pilih Saja di Kawasan Cisauk, Serpong. Prospeknya Bagus, Harganya Masih Murah

    Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli properti, baik untuk tempat tinggal, usaha maupun untuk investasi, tentunya pertimbangan utama Anda adalah prospek dari properti yang diincar. Seperti kita tahu, nilai properti terus melambung karena kebutuhan masyarakat akan properti semakin meningkat. Sayangnya, tidak semua wilayah memiliki perkembangan yang pesat. Alih-alih Anda ingin memperoleh properti yang nilainya […]
  • Belanja Super Murah Mulai dari Rp 1000 di Giant Cuci Gudang

    Belanja Super Murah Mulai dari Rp 1000 di Giant Cuci Gudang

    Giant mengadakan “Giant Cuci Gudang” yang kali ini menawarkan aneka produk – produk keperluan rumah tangga berkualitas dengan harga super murah mulai dari Rp1.000,-. Giant Cuci Gudang yang dimulai sejak tanggal 23 November 2017 sampai dengan tanggal 25 Januari 2018 ini, menawarkan produk–produk perlengkapan rumah tangga, pakaian, peralatan serta perlengkapan menulis, produk elektronik, serta produk-produk […]
  • Evolusi Desain Layar Smartphone Vivo

    Evolusi Desain Layar Smartphone Vivo

    Desain menjadi salah satu aspek yang esensial dalam pengembangan smartphone. Tren teknologi pun terus mengeksplorasi berbagai kemungkinan untuk menghadirkan smartphone yang mengintegrasikan inovasi pada desain serta fitur-fitur canggih di dalamnya untuk memberikan pengalaman yang semakin mengakomodasi berbagai kebutuhan pengguna. vivo, brand smartphone global dengan fokus pada fashion dan technology, mengimplementasikan pendekatan tersebut dalam pengembangan V-Series […]
  • Enaknya Makan Iga Sapi Dibalut Baso di Bintaro

    Enaknya Makan Iga Sapi Dibalut Baso di Bintaro

    Pernah makan baso iga? Ini adalah bakso yang dibuat dari iga sapi. Tapi apakah Anda pernah memakan iga sapi yang dibalut bakso? Itu baru istimewa. Pertama ketika disajikan bakso iga di Sari Bakso Iga yang ada di dekat perempatan Jombang, Bintaro Sektor 9 Info Bintaro kagum bagaimana 1 potong iga sapi bisa dibalut dengan bakso yang […]
  • Masakan Manado Yang Enak dan Murah di Warong Dabu-Dabu

    Masakan Manado Yang Enak dan Murah di Warong Dabu-Dabu

    Mendengar nama masakan Manado langsung terbayang berbagai menu khas Manado yang lezat dan berbumbu ‘nendang’. Sebut saja Ayam Rica-Rica, Ayam Bumbu Tuturaga, Sambal Dabu-Dabu, atau Ayam Woku. Belum lagi seperti Bubur Manado atau Panada. Itu baru sebagian kecil dari menu masakan khas Manado yang sudah sangat populer dan disukai, bukan hanya bagi orang-orang asal Manado, melainkan […]
  • Apa itu Kayu Manis?

    Apa itu Kayu Manis?

    Siapa yang tak tahu kayu manis? Rempah-rempah yang punya aroma khusus ini ternyata punya manfaat bagi kesehatan. Menurut situs Hello Sehat, ada beberapa manfaat kayu manis yang mungkin belum Anda ketahui yakni sebagai antijamur, antiradang, dan antiseptik. Bahkan telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat kayu manis untuk kesehatan, yaitu dapat mengobati: diare pilek dan flu […]
  • Gedung Baru P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower Diresmikan, Wujud Dukungan UMN Terhadap Penghematan Energi

    Gedung Baru P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower Diresmikan, Wujud Dukungan UMN Terhadap Penghematan Energi

    Bertempat di kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gading Serpong, Tangerang, Rabu, 27 September 2017 dilakukan peresmian gedung P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower. Acara ini dihadiri CEO Kompas – Gramedia Lilik Oetama, Komisaris Kompas – Gramedia Irwan Oetama, Ketua Yayasan Media Nusantara Teddy Surianto, Wakil Rektor UMN Andrey Handoko serta jajaran pimpinan UMN. Peresmian P.K. […]
  • Sisterhoodgigs Movement – Live in Harmony Concert, Konser Musik Tanpa Asap Rokok

    Sisterhoodgigs Movement – Live in Harmony Concert, Konser Musik Tanpa Asap Rokok

    Untuk menyambut ulang tahun ke-2 berdirinya, Sisterhoodgigs Movement, sebuah komunitas musisi wanita tanah air yang memiliki kepedulian dalam hal sosial kemanusiaan menyangkut eksistensi wanita akan mengadakan satu event yang bertajuk Live in Harmony Concert pada Jumat, 28 Oktober 2016, mulai pukul 16.00-23.00 dengan mengambil tempat di District 7, Bintaro Sektor 7 (baca juga: Nongkrong, Makan, Live Music […]
  • Modifikasi Twins Baru dari Royal Enfield

    Modifikasi Twins Baru dari Royal Enfield

    Royal Enfield, pemimpin pasar global untuk segmen motor mid-size, untuk pertama kalinya memperkenalkan kepada publik tiga motor kustom terbaru yang dibuat sebelum sepeda motor ini diluncurkan ke pasaran dengan platform twin-cylinder, di festival Wheels and Waves edisi ke-7. Wheels and Waves merupakan festival berselancar dan bermotor terkemuka di Eropa yang diadakan setiap tahun di kota […]
  • Ciptakan Every-wear Style Bersama Shopee Dalam Kemeriahan 3.3 Shopee Fashion Sale

    Ciptakan Every-wear Style Bersama Shopee Dalam Kemeriahan 3.3 Shopee Fashion Sale

    Seiring dengan perkembangan zaman, industri fashion di Indonesia terus berkembang. Hal ini sejalan dengan kesadaran masyarakat Indonesia akan fashion yang telah menjadi bagian dari gaya hidup. Tidak hanya pada perputaran tren, perkembangan industri fashion juga terjadi dalam strategi penjualan untuk memperluas jangkauan. Perkembangan cepat ini tidak hanya melahirkan potensi tetapi suatu issue terkait kepercayaan pengguna […]
  • Mempercantik Kendaraan Dengan Hydrographics Printing

    Mempercantik Kendaraan Dengan Hydrographics Printing

    Kendaraan, baik mobil mau pun sepeda motor, saat ini bukan lagi berfungsi hanya sebagai alat transportasi bagi pemiliknya, namun juga telah menjadi prestise. Penampilan kendaraan yang menarik akan membuat pemiliknya merasa bangga dan lebih percaya diri, plus juga akan meningkatkan nilai jual dari kendaraan tersebut. Membuat penampilan kendaraan menjadi menarik dapat dilakukan dengan menambah aksesori […]
  • Tokopedia Salam Mudahkan Masyarakat Belanja Produk Halal dan Ibadah dari Rumah

    Tokopedia Salam Mudahkan Masyarakat Belanja Produk Halal dan Ibadah dari Rumah

    Masyarakat kini dapat menemukan produk bersertifikat halal di platform khusus ‘Tokopedia Salam’. Kemudahan ini adalah hasil kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Head of Tokopedia Salam, Garri […]
  • 6 Tips Belanja Online Secara Hemat dan Cermat Selama Ramadan

    6 Tips Belanja Online Secara Hemat dan Cermat Selama Ramadan

    Bulan Ramadan memang baru berjalan beberapa hari, namun beberapa platform e-commerce dan marketplace sudah banyak yang menawarkan berbagai program promo menarik, untuk menarik konsumen. Dari beragam promo yang ditawarkan, tentunya para online shopper harus bijak dan cermat untuk mendapatkan harga terbaik serta mendapatkan manfaat dari program promo tersebut. Berikut adalah beberapa tips belanja di platform […]
  • Samsung Galaxy A20s|30s Menghidupkan Keseruan Nge-live Gaming Dan Streaming bagi Live Generation

    Samsung Galaxy A20s|30s Menghidupkan Keseruan Nge-live Gaming Dan Streaming bagi Live Generation

    Samsung Electronics Indonesia hari ini secara resmi meluncurkan dua rangkaian seri Galaxy A terbaru yaitu Galaxy A20s|30s untuk mendukung keseharian generasi live mulai dari Live-content, -gaming, -streaming, hingga -payment. Memahami bahwa kemampuan kamera masih menjadi andalan untuk membuat konten live, maka Galaxy A20s membenamkan triple camera dengan kemampuan Live Focus, kualitas audio terbaik Dolby Atmos, […]
  • Wuling Motors Siap Untuk Melayani Konsumen Indonesia

    Wuling Motors Siap Untuk Melayani Konsumen Indonesia

    Wuling Motors (Wuling) telah meluncurkan produk pertamanya, seri Confero pada tanggal 2 Agustus yang lalu. Tidak hanya membawa produk MPV tersebut, Wuling juga telah menyediakan layanan terbaik bagi pelanggan. Dengan jaringan penjualan, dukungan pembiayaan, dan layanan purna jual, Wuling siap untuk melayani keluarga Indonesia. Layanan terbaik dimulai dari aksesibilitasnya. Hal tersebut menjadi alasan utama mengapa […]

Tinggalkan Balasan