Penutupan Putaran Balik Bintaro Sektor 9 Yang Sering Menimbulkan Kemacetan

u-turn_bintaro_sektor_9

Sumber kemacetan di Bintaro Sektor 9 pada perpotongan antara Jl. Bintaro Utama 9 dengan Jl. H. Som dan Jl. Cendana telah ditutup. Penutupan putaran balik yang sering menjadi sumber kemacetan ini dilakukan oleh pengembang kawasan Bintaro mengingat banyaknya keluhan warga akibat kemacetan yang timbul bahkan terkadang juga terjadi kecelakaan.

Sebelumnya putaran balik ini sering dimanfaatkan pengendara baik mobil maupun sepeda motor untuk berbalik arah yang memakan sebagian badan jalan, sehingga arus lalu lintas yang terdiri dari 2 jalur hanya tinggal 1 jalur. Belum lagi terkadang ada pengendara mobil mapun motor yang tidak tertib yang mengambil jalur paling kiri untuk kemudian memutar, sehingga praktis lalu lintas menjadi tersumbat. Adanya motor dan mobil yang memotong Jl. Bintaro Utama 9 dari arah Jl. H. Som menuju Jl. Cendana, atau sebaliknya juga menjadi problem yang lain, serta potensinya menimbulkan kecelakaan. Adanya ‘Pak Ogah’ yang mengatur kendaraan memutar bukannya menambah lancar lalu lintas malahan menimbulkan kemacetan yang lebih panjang, dengan memberikan prioritas pada kendaraan yang membayar, bukan pada panjangnya antrian kendaraan.

putaran_sektor_9_sebelum

Sudah banyak keluhan warga yang muncul. Sebelumnya untuk mengurangi kemacetan pada jam-jam sibuk, putaran balik ini ditutup dengan tali dan sepeda motor dari satuan pengaman kawasan Bintaro Jaya yang berjaga di putaran ini untuk mencegah adanya pengendara yang tetap memaksakan diri untuk memutar. Namun ternyata hal ini juga dianggap tidak efektif, sehingga akhirnya pihak pengelola menuntup secara permanen putaran balik ini dengan menggunakan separator beton tebal yang disemen.

putaran_sektor_9_sesudah

Dengan adanya penutupan putaran ini, semua pengendara harus memutar di putaran balik di depan McDonald Bintaro Sektor 9 yang lebih memadai karena jalur jalannya lebih lebar. Semoga hal ini dapat dipertahankan dan membantu mengurai kepadatan lalu lintas di Sektor 9 yang belakangan cenderung sering mengalami kemacetan.

 

(ES)

Leave a Comment