Kam. Okt 17th, 2019

Pentingnya Pendidikan Musik Bagi Anak

Tahukah Anda bahwa pendidikan musik banyak sekali memberikan kontribusi bagi perkembangan dan keseimbangan rasional, emosional intelektual dan kesadaran estetis. Banyak sekali hasil penelitian yang memberikan informasi kepada kita tentang pentingnya pendidikan seni khususnya musik bagi perkembangan anak, berikut beberapa hasil penelitian yang penulis rangkum dari Bulletin of the Council for Research in Music Education, di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, pendidikan musik/pendidikan seni, memudahkan perkembangan anak dalam bahasa dan kecepatan membaca. aktivitas bermusik/berkesenian sangat bernilai bagi pengalaman anak dalam berekspresi dan lain-lain.

Kedua, aktivitas bermusik/berkesenian membantu perkembangan sikap positif terhadap sekolah dan mengurangi tingkat ketidakhadiran siswa di sekolah.

Ketiga, keterlibatan anak dalam kegiatan bermusik/berkesenian secara langsung mempertinggi perkembangan kreativitas.

Terakhir, pendidikan musik/pendidikan seni memudahkan perkembangan sosial, penyesuaian diri, dan perkembangan intelektual.

Kursus Musik di Bintaro

Saat ini sudah banyak terdapat sekolah musik di antaranya adalah World Heritage Music Academy (WHMA) yang merupakan pendidikan musik berbasis pop jazz dan etnik. Terletak di area Bintaro Sektor 7, tepatnya Jalan Sam Ratulangi Ruko Sentra Menteng MN 70.

Sekolah musik ini didirikan 3 tahun yang lalu, dengan ruangan yang luas serta tenaga pengajar yang rata-rata telah mencapai S1 dan S2 di bidang music dan juga fasilitas studio band serta lobby lounge yang homey (terasa seperti di rumah).

WHMA memiliki 3 program pendidikan musik yakni, program belajar reguler, program hobbies dan program anak berkebutuhan khusus.

Program Reguler

Buat anak Anda yang serius ingin mahir bermain alat musik, WHMA memiliki kurikulum belajar yang terdiri dari 6 grade, masing-masing berlangsung selama 6 bulan. Setiap kenaikan tingkat akan ada ujian berupa teori musik, tes solfeggio dan ujian praktek. Ujian final akan diadakan di akhir bulan keenam pada setiap grade. Materi ujian kenaikan grade akan dituang dalam setiap subyek kurikulum dan siswa akan dibimbing oleh para pengajar di WHMA. Setelah ujian kenaikan grade siswa yang bersangkutan dinyatakan lulus maka ia berhak mendapatkan sertifikat WHMA.

Program Hobbies

Di program ini para siswa tidak dibatasi oleh usia dan tidak diwajibkan untuk mengikuti ujian kenaikan grade. Kelas ini diperuntukan bagi para profesional muda, keluarga maupun para pensiunan yang ingin bernyanyi dan bermain musik untuk menekuni hobinya.

BACA JUGA  Melihat Lebih Jauh Sekolah Bisa, Sekolah Gratis Bagi Anak-Anak Tidak Mampu di Bintaro

Program Anak Berkebutuhan Khusus.

Drs. Hary Wisnu Yuniarta BMusEd, MA sebagai Kepala Sekolah WHMA menuturkan bahwa program ini mengakomodasi Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK). “Kami percaya bahwa musik dapat meningkatkan konsentrasi dan musik dapat  berfungsi sebagai alat terapi yg menyenangkan buat mereka.”

Ada beberapa metode pendekatan buat mengajarkan musik kepada mereka, yang dimiliki khusus di WHMA, sehingga dapat membantu ABK meningkatkan estetika musik mereka secara pelahan dan pasti. Bahkan ada beberapa siswa yang dapat lintas gabung satu band/satu team dengan siswa dari program reguler. Mereka bersama-sama ikuti audisi event-event bergengsi seperti, Java Jazz Fest, Jazz Goes To Campus, dan berhasil hingga dapat perform satu panggung dengan musisi papan atas.

Ditambahkan pula oleh Ketua Yayasan WHMA Aura Hendrayani SE bahwa para pengajar WHMA adalah pengajar yang berkualitas, berkomitmen dan berpengalaman yang memberikan ilmu kepada siswa dan siswi sehingga metode yang pengajaran tidak menyulitkan siswa bahkan dapat membuat siswa/i merasa homey, nyaman dan tenang dalam mengikuti pelajaran yang diberikan.

“WHMA sangat peduli kepada para siswa-siswinya untuk mendapatkan hak-hak belajarnya, salah satu haknya berupa jamming (penampilan bermain musik di depan umum), di samping ujian kenaikan grade, dan home concert, mengikuti event-event di luar WHMA, sehingga para siswa menjadi matang dalam penampilan dan teori musiknya.

Info lebih lanjut:

Aura Hendrayani SE
World Heritage Music Academy
Ruko Sentra Menteng Bintaro Sektor 7 MN 70 (Hari Sabtu dan Minggu Buka)
Telp: 021-745-9445/ 0856- 9588-5635/
www.whmusicacademy.com

Twitter : @WHMusicAcademy
Facebook Fan Page : World Heritage Music Academy
Instagram : @WHMA_

 

(EGS)

 

 

Baca Juga