Rab. Des 11th, 2019

Pengalaman Kremasi Hewan di Pondok Pengayom Satwa

Ada sebagian dari kita yang hobi memelihara hewan kesayangan seperti anjing atau kucing. Hubungan ini terjalin saat erat sehingga pada saat hewan kesayangan meninggal, ada rasa kehilangan. Agar dapat senantiasa dekat dengan hewan kesayangan, banyak yang menempuh cara kremasi. Setelah dikremasi, abu hewan kesayangan kita akan tetap berada di dekat kita.

Info Bintaro berkesempatan mengunjungi salah satu tempat yang menyediakan kremasi hewan di Jakarta yakni Pondok Pengayom Satwa yang terletak di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta.

Tempat ini bermula berfungsi sebagai tempat penampungan (shelter) bagi hewan terlantar. Pondok Pengayom Satwa diresmikan pada  tahun 1985 oleh istri gubernur DKI Jakarta Soeprapto. Berada di bawah Departemen Pertanian, tempat ini memiliki lahan dan SDM (Sumber Daya Manusia) yang terbatas. Untuk penjaga kucing ada dua orang, penjaga anjing ada lima orang sisanya petuga kebersihan, taman, rekreasi, dan makam. Sedangkan dokter hewan ada tiga orang.

Fasilitas

Para penyayang binatang dapat mengadopsi salah satu dari sekitar 90 anjing atau 100 kucing yang dipelihara di sana. Terdapat dua blok yang terpisah yakni “RUMAH ANJING” dan “RUMAH KUCING”. Hewan-hewan tersebut diberi makan dua kali sehari. Simak videonya di https://www.youtube.com/watch?v=Is6DzTfnlao

Pondok Pengayom Satwa juga memiliki klinik untuk pemeriksaan di mana dokter dapat memberikan resep dan vaksinasi, bahkan operasi. Tersedia ruang rawat inap, fasilitas euthanasia serta pemakaman maupun kremasi hewan.

Prosedur Kremasi

Saat pertama kali kita datang jasad hewan akan ditimbang. Hal ini akan menentukan besarnya biaya kremasi. Untuk anjing dengan berat badan 5 kg dikenakan biaya Rp. 300.000 sedangkan untuk 1 kg berikutnya dikenakan biaya Rp. 20.000. Biaya ini sudah termasuk biaya kendil atau guci menyimpan abu yang diserahkan oleh Pondok Pengayom Satwa kepada pemilik hewan.

Selanjutnya jasad hewan yang dibungkus kain akan menunggu menunggu proses kremasi di Pondok Pengayom Satwa, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2019).

Proses kremasi berlangsung dari hari Senin hingga Jumat pada jam 09.00 hingga 15.00. Sedangkan pada hari Sabtu hingga jam 14.00. Jika terlambat, proses kremasi harus dilakukan pada hari berikutnya. Jasad hewan dapat dititipkan di freezer dengan biaya Rp. 120.000/hari.

BACA JUGA  Rizka Julia, Memilih Bisnis Kue Cubit Ketimbang Berkarir di Perusahaan Multinasional

Jasad anjing yang beratnya 5 kg membutuhkan proses kremasi sekitar 1 jam sedangkan untuk kucing hanya setengah jam. Sedangkan untuk anjing yang lebih dari 5 kg membutuhkan waktu yang lebih lama.

Setelah dikremasi, abu jasad hewan akan dikumpulkan dalam sebuah mangkok dan ditumbuk sebelum dimasukkan ke guci/kencil yang biasanya dipakai untuk mengubur ari-ari bayi seperti foto di samping

“Nanti setelah selesai abunya akan diambil dan pemilik anjing bisa membawanya pulang,” ujar Tukidjo, petugas kremasi. Pria yang berumur 58 tahun ini berasal dari Bantul, Yogyakarta. Bertugas sejak 1992, Tukidjo sangat menikmat profesinya sebagai petugas kremasi. Simak videonya di https://www.youtube.com/watch?v=oioRYNHPxzo

Taman Makam Satwa

Selain krematorium di tempat ini terdapat sekitar 700 makam hewan peliharaan. Untuk bisa menguburkan hewan peliharaan di sini pemilik harus membayar minimal Rp 400.000 lalu setiap tahun ada biaya perawatan Rp 75.000. Simak suasana Taman Makam Satwa di : https://www.youtube.com/watch?v=Hx6uwASIni0

Banyak nisan pada makam tersebut berbentuk unik, seperti, bentuk kelinci, persegi, bulat, dan dihiasi foto hewan tersebut. Di nisan berbentuk persegi beberapa kalimat unik tertulis untuk hewan peliharaan yang sudah mati. Melalui proses kremasi dan pemakaman yang layak ini pemilik menunjukkan rasa cintanya pada hewan-hewan peliharaannya.

Baca Juga: https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/03/14192391/uniknya-pemakaman-hewan-kesayangan-di-pondok-pengayom-satwa-ragunan?page=all

Info lebih lanjut:

Pondok Pengayom Satwa
Jl. Harsono RM No. 10, RT.9/RW.4, Ragunan, Pasar Minggu
Telepon: 021-7819-617, 0858-1133-9069

Google Maps: https://goo.gl/maps/4Z3Fo5oMcEdcGVqAA

Facebook: https://www.facebook.com/Pondok-Pengayom-Satwa-Jakarta-194295673950682/?ref=br_rs

(EGS)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.