Berita Utama

Pembukaan GBK Go-Food Festival Maksimalkan Potensi UMKM Kuliner Indonesia

Dalam rangkaian acara Hari Kuliner Nasional GO-FOOD – pesta kuliner raksasa terbesar di Indonesia yang akan digelar serentak di 11 kota dari tanggal 5 hingga 13 Mei 2018, GO-FOOD sebagai layanan pesan-antar makanan dalam aplikasi GO-JEK, menegaskan komitmennya untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kuliner. GBK GO-FOOD Festival, yaitu GO-FOOD Festival terbesar di Indonesia yang diadakan selama satu tahun di jantung kota Jakarta, Gelora Bung Karno, diadakan untuk membantu UMKM kuliner dari berbagai kota di Indonesia meningkatkan skala bisnisnya.

Dalam pembukaan GBK GO-FOOD Festival, hari ini, di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Nadiem Makarim, CEO & Founder GO-JEK mengatakan, “GO-FOOD bisa menjadi agregator kuliner terbesar di Indonesia berkat pengusaha UMKM kuliner yang bermitra dengan kami. Ini saatnya kami membantu mereka supaya bisa berkembang lebih besar lagi. Karena itu, kami menggelar Hari Kuliner Nasional GO-FOOD dan juga menghadirkan GO-FOOD Festival.” Saat ini, GO-FOOD telah menjadi salah satu layanan pesan-antar terbesar di dunia di luar China, dengan menggandeng lebih dari 150.000 merchant.

“Kami percaya dengan membantu UMKM untuk lebih berkembang GO-JEK bisa semakin memberikan dampak positif kepada ekonomi Indonesia. UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia, dan terbukti tahan krisis,” kata Nadiem. Data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan 98% perusahaan yang ada di Indonesia masuk kategori UMKM. Usaha kuliner termasuk salah satu sektor UMKM yang paling berkembang. Hasil survei Badan Ekonomi Kreatif (2018) mengungkapkan usaha kuliner termasuk penyumbang utama PDB dari sektor ekonomi kreatif.

Sementara itu, di tempat yang sama, Catherine Hindra S., Chief Commercial Expansion GO-JEK, menambahkan, “Mengadopsi kesuksesan GO-FOOD Festival yang telah digelar di 9 lokasi lain, GO-FOOD ingin merangkul lebih banyak lagi pelaku UMKM kuliner terutama yang dari daerah untuk bisa membuka cabang dan meningkatkan skala bisnisnya. Pada tahap awal, sudah ada UMKM dari 14 kota di Indonesia yang bergabung di GBK GO-FOOD Festival, dari Indonesia barat sampai ke timur.”

GBK GO-FOOD Festival menggunakan konsep food court atau pujasera (pusat jajanan serba ada) di mana para pengusaha UMKM dapat menawarkan produk kulinernya. “Yang berbeda dengan konsep food court pada umumnya, para pengusaha tidak perlu menyiapkan dana besar di muka untuk biaya sewa booth dan jasa pelayan. Kami juga akan menyiapkan seluruh kebutuhan peralatan masak yang biasanya juga cukup mahal bagi para pebisnis mikro,” ujar Catherine.

GO-FOOD Festival, saat ini, sudah ada di 10 lokasi di 8 kota di Indonesia. Berdasar data dari 6 lokasi yang sudah ada, rata-rata transaksi per bulannya bisa mencapai 50 ribu tiap lokasi. Melihat pencapaian tersebut, kehadiran GBK GO-FOOD Festival yang akan melibatkan UMKM diharapkan dapat mendorong akses pasar yang lebih besar lagi bagi UMKM yang berpartisipasi. Apalagi bagi UMKM yang berasal dari luar Jakarta.

Nadiem menambahkan, “Jakarta kami pilih menjadi lokasi GO-FOOD Festival terbesar karena DKI Jakarta merupakan hub dimana beragam tradisi dan kebudayaan dari seluruh Indonesia berkumpul, termasuk kuliner. Kami ingin dampak positif keberhasilan kami membantu UMKM di Jakarta, bisa kami tularkan ke kota-kota lain. Selain itu, kami ingin para merchant-merchant yang berasal dari daerah bisa membuka cabang di Ibu Kota dan menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas.”

Riset FEB UI: Merchant GO-FOOD Berkontribusi Rp 302 Milyar ke Ekonomi Jakarta

Acara pembukaan GBK GO-FOOD Festival yang turut dihadiri oleh Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rudy Salahuddin, turut menyajikan pemaparan hasil riset LD FEB UI (Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia) atas kontribusi signifikan GO-JEK dalam memajukan ekonomi Indonesia melalui pemberdayaan UMKM.

Peneliti LD FEB UI, I Dewa Gede Karma Wisana PhD mengatakan, usaha kuliner memiliki potensi untuk terus berkembang dan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Berdasarkan hasil riset LD FEB UI, pada tahun 2017, merchant UMKM yang bergabung dalam platform GO-JEK di 9 kota berkontribusi lebih dari Rp 1,7 triliun kepada perekonomian nasional.

Lebih lanjut, Dewa menambahkan bahwa GO-JEK memberikan dampak yang signifikan terhadap pemberdayaan UMKM nusantara. “Bila kita melihat data per kota, kontribusi merchant UMKM terhadap perekonomian daerah juga signifikan. Contohnya, di Jakarta, kontribusinya mencapai Rp 302 milyar, dan di Medan mencapai Rp 118 miliar. Untuk kawasan Jabodetabek sendiri, yang menarik adalah 83.3% mitra UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah menjadi mitra ekosistem GO-JEK, dan lebih dari 43% mengalami kenaikan klasifikasi omzet,” ujar Dewa.

Hasil riset dari LD FEB UI juga menerangkan bahwa keberadaan layanan GO-FOOD dari GO-JEK meningkatkan volume transaksi mitra UMKM, serta membukakan akses langsung mitra UMKM ke konsumen.

Menanggapi hasil riset ini, “Kontribusi dan dampak seperti inilah yang menjadi tujuan kami di GO-JEK. Kami berharap dengan adanya GBK GO-FOOD Festival dan GO-FOOD Festival di kota lain, kontribusi GO-JEK ke perekonomian daerah bisa lebih besar lagi. Kami selalu percaya pemanfaatan teknologi adalah cara yang paling cepat untuk membantu UMKM bertumbuh dan berkembang,” tutup Nadiem.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Dukung Para Petani Jampang, Crowde Tawarkan Modal Usaha Pertanian

    Dukung Para Petani Jampang, Crowde Tawarkan Modal Usaha Pertanian

    Sejak awal kemunculannya, CROWDE punya tujuan ingin meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, pada hari Minggu (12/7/2020) lalu, CROWDE berkesempatan mengunjungi kelompok tani (poktan) di kawasan Pajampangan atau Wilayah 6 Kabupaten Sukabumi untuk meluncurkan program GARAP (Gerakan Rakyat Petani) yang akan memfasilitasi permodalan usaha bagi petani komoditas padi, jagung, dan cabai. Dalam […]
  • Kuliah Sambil Kerja, Mengapa Tidak?

    Kuliah Sambil Kerja, Mengapa Tidak?

    Banyaknya universitas di Indonesia, khususnya di Jakarta yang membuka kelas karyawan dari berbagai macam fakultas dan jurusan membuktikan bahwa aktivitas kuliah sambil bekerja banyak dilakukan oleh masyarakat. Sayangnya, kuliah sambil bekerja justru memberikan tuntutan yang besar bagi orang-orang yang menjalankan aktivitas tersebut. Pada kenyataannya, mahasiswa bekerja dituntut untuk dapat menyeimbangkan peran sebagai mahasiswa maupun pekerja. […]
  • Nikmati Ricebox Kekinian dari Chick’N Jig di Taman Jajan Bintaro

    Nikmati Ricebox Kekinian dari Chick’N Jig di Taman Jajan Bintaro

    Mau hepi setelah kenyang makan? Kudu mampir nih ke Chick’N Jig yang berlokasi di Taman Jajan Bintaro Sektor 7. Kalo kamu ingin nongkrong dan menikmati makanan hingga kenyang, ricebox adalah pilihannya. Outlet kuliner ini memiliki 3 menu ricebox. Pertama, Salted Egg Chicken yang merupakan campuran crispy chicken dengan  baluran bumbu telur asin yang merupakan cita […]
  • Huawei MatePad: Tablet Keluaran Terbaru yang Jadi Teman Belajar Terpercaya Anda

    Huawei MatePad: Tablet Keluaran Terbaru yang Jadi Teman Belajar Terpercaya Anda

    Kegiatan mengajar dan belajar di rumah lebih asik dan efisien dengan HUAWEI MatePad yang memiliki sejumlah fitur terdepan untuk menunjang pembelajaran anak. Produk tablet keluaran Huawei yang terbaru ini tidak hanya nyaman digunakan karena teknologi eye comfort-nya, namun juga memiliki daya tahan baterai yang baik, tidak cepat panas apabila digunakan dalam kurun waktu yang lama, […]
  • Rumah Sentra Kemasan, Solusi Kemasan Bagi UKM

    Rumah Sentra Kemasan, Solusi Kemasan Bagi UKM

    Dalam iklim bisnis yang semakin kompetitif, setiap usaha harus berupaya menjadi yang terbaik jika tetap ingin bertahan dan berkembang. Bagi bisnis-bisnis yang telah menjadi besar, hal ini bukanlah masalah. Dengan kekuatan finansial yang dimiliki, perusahaan-perusahaan besar dapat mengembangkan berbagai produk dan layanan yang berkualitas. Namun bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pengembangan produk dan jasa yang […]
  • Fabelio Rayakan Harbolnas 11.11 dengan Resmikan Tiga Experience Center Baru

    Fabelio Rayakan Harbolnas 11.11 dengan Resmikan Tiga Experience Center Baru

    Dalam menyambut perayaan Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) 11.11, peritel furnitur online asal Indonesia, Fabelio mengumumkan pembukaan experience center terbarunya di tiga lokasi yaitu Surabaya (Jawa Timur), Pamulang (Tangerang Selatan), dan Sentul (Bogor). Rencananya ketiga experience center terbaru tersebut akan resmi beroperasi mulai pertengahan November seiring dengan rencana ekspansi Fabelio guna memenuhi kebutuhan furnitur berkualitas […]
  • AirAsia Ajak Anda Lebih Dekat dengan Orang Terkasih di Tahun Baru Imlek

    AirAsia Ajak Anda Lebih Dekat dengan Orang Terkasih di Tahun Baru Imlek

    Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, AirAsia mengajak Anda merayakan keseruan momen istimewa ini bersama yang terkasih, layaknya saat Anda pertama kali terbang. Temukan penawaran spesial Imlek bagi setiap anggota AirAsia BIG antara lain kursi penerbangan menuju Singapura, Kuala Lumpur, Penang, Bangkok, Belitung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, dan destinasi menarik lainnya mulai dari Rp […]
  • Cara  Membuat Chocolate Milkshake

    Cara Membuat Chocolate Milkshake

    Siang hari paling enak jika berkumpul bersama teman dan keluarga, apalagi jika ditemani dengan minuman yang terbuat dari campuran susu yang di-blend yang sangat menggugah selera ini. Ya, kali ini Info Bintaro akan membagikan resep untuk membuat Chocolate Milkshake. Cara membuatnya sangat mudah loh, bahan-bahannya juga tidak banyak dan mudah dicari. Berikut adalah resep yang […]
  • Vivo Hadirkan Blind Pre-order Vivo S1 Pro Jelang Peluncuran Resmi di Indonesia

    Vivo Hadirkan Blind Pre-order Vivo S1 Pro Jelang Peluncuran Resmi di Indonesia

    Jelang peluncuran resmi vivo S1 Pro di Indonesia pada 25 November 2019 mendatang, vivo membuka periode Blind Pre-Order vivo S1 Pro secara eksklusif melalui vivo Mobile Official Store di e-commerce Shopee serta Offline Pre-Order di vivo official store dan retail partner resmi vivo mulai dari tanggal 18-24 November 2019. “Sebagai respon atas antusiasme para konsumen, […]
  • Sinar Mas Land Pelopori Konsep Smart City di Indonesia Bersama Microsoft

    Sinar Mas Land Pelopori Konsep Smart City di Indonesia Bersama Microsoft

    Microsoft dan Sinar Mas Land menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) hari ini untuk berkolaborasi dalam mentransformasi BSD City menjadi integrated smart city berskala besar dan inovatif pertama di Indonesia yang inklusif dan dapat diakses oleh semua masyarakat. Dilatarbelakangi teknologi digital seperti cloud, artificial intelligence, internet of things (IoT) dan pengambilan keputusan berbasis data, Sinar Mas Land […]
  • Kolaborasi LinkAja dengan Aplikasi Korpri untuk Indonesia – AKUI

    Kolaborasi LinkAja dengan Aplikasi Korpri untuk Indonesia – AKUI

    Tepat satu hari sebelum pelaksanaan peluncuran Aplikasi KORPRI Untuk Indonesia – AKUI, yang akan dilaksanakan pada perayaan Hari Ulang Tahun Ke-48 KORPRI 29 November 2019, dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Dewan Pengurus KORPRI Nasional (DPKN) dengan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja). Penandatanganan MOU dilaksanakan pada momen KORPRI EXPO di ICE BSD oleh Prof. Dr. […]
  • Dua Restoran Sushi di Bintaro Xchange Yang Selalu Penuh

    Dua Restoran Sushi di Bintaro Xchange Yang Selalu Penuh

    INFOBINTARO (IB) – Sushi merupakan makanan khas Jepang yang banyak disukai orang Indonesia. Dari sekian banyak restoran sushi di Indonesia, Sushi Tei adalah restoran Jepang yang paling terkenal dan banyak diminati. Namun, selain Sushi Tei, sekarang ada lagi restoran sushi yang juga banyak peminatnya yaitu Haikara Sushi. Haikara Sushi berhasil mengejar ketenaran Sushi Tei yang […]
  • Singkong Presto Abang Mas, Sebelum Habis Belum Mau Berhenti

    Singkong Presto Abang Mas, Sebelum Habis Belum Mau Berhenti

    Kalau kita mendengar nama kota Semarang, biasanya pikiran kita akan membayangkan lumpia atau bandeng presto. Sampai-sampai julukan yang sering disematkan kepada Semarang sebagai Kota Lumpia. Kedua kuliner ini selalu diidentikkan dengan Semarang. Setiap ada keluarga, teman atau kenalan yang akan pergi ke Semarang, biasanya kita akan memesan oleh-oleh ini. Begitu populernya oleh-oleh khas Semarang ini, sampai-sampai […]
  • Sepiring Obat Rindu dari Hotel Santika Premiere ICE – BSD City

    Sepiring Obat Rindu dari Hotel Santika Premiere ICE – BSD City

    Ada kalanya kita merindukan masakan lokal dari daerah asal yang sulit didapat di BSD City-Tangerang.  Kalaupun ada, terkadang cita rasanya tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Jangan sampai rutinitas makan membuat Anda kehilangan semangat. Lunch meeting, arisan, atau kumpul bersama teman-teman akan terasa lebih spesial dengan mencicipi racikan bumbu khas Indonesia autentik di hotel kami. Jika […]
  • Seleksi Nasional IdenTIK 2020 Resmi Dibuka

    Seleksi Nasional IdenTIK 2020 Resmi Dibuka

    Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika, resmi mengumumkan pendaftaran Seleksi Nasional Produk TIK atau IdenTIK yang dibuka mulai tanggal 10 Februari 2020. IdenTIK merupakan kepanjangan dari Indonesia Enterpreneur TIK yang merupakan program tahunan. Tahun 2020 ini, IdenTIK mengusung tema Complete and Grow. “Seleknas ini merupakan sarana dan ajang kompetisi teknologi informasi […]
  • Press Release : Giant Manado Secara Permanen Tidak Akan Menjual Daging Anjing Lagi

    Press Release : Giant Manado Secara Permanen Tidak Akan Menjual Daging Anjing Lagi

    Berkaitan dengan informasi yang tersebar di media sosial terkait penjualan daging anjing di Giant Ekstra cabang Manado yang beralamat di Jl. AA Maramis Lingkungan IV Kairagi, Mapanget, Manado, GIANT sebagai salah satu unit bisnis dari PT. Hero Supermarket Tbk (HERO Group) memberikan pernyataan resmi bahwa Giant Ekstra Manado AA Maramis secara resmi tidak akan menjual […]
  • Zenius Gratiskan Akses Belajar Online yang Hemat Kuota, Dukung Kebijakan Belajar Mandiri untuk Mitigasi Covid-19

    Zenius Gratiskan Akses Belajar Online yang Hemat Kuota, Dukung Kebijakan Belajar Mandiri untuk Mitigasi Covid-19

    Merespons kebijakan dari beberapa Pemda untuk menghentikan sementara aktivitas bersekolah, serta pertimbangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN), Zenius Education sebagai pionir pendidikan berbasis teknologi (edtech) di Indonesia memutuskan untuk terus menggratiskan akses ke 80.000 video pembelajaran di seluruh platformnya tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan untuk […]
  • Teknologi Dukung Masyarakat Beraktivitas DiRumahAja Secara Cerdas

    Teknologi Dukung Masyarakat Beraktivitas DiRumahAja Secara Cerdas

    Salah satu hasil dari penelitian yang dilakukan Lenovo menunjukkan bahwa karyawan dan bisnis beradaptasi dengan pengaturan work from home (WFH). Teknologi cerdas telah memungkinkan untuk menunjang masyarakat tetap terhubung dan menerapkan bekerja dari mana saja. Kebijakan WFH di seluruh dunia telah didukung oleh meningkatnya kecanggihan dan keterjangkauan teknologi selular cerdas, yang telah memungkinkan banyak karyawan […]
  • Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan

    Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan

    Kale merupakan sayur super yang kaya akan manfaat kesehatan, tidak kalah dari bayam atau brokoli. Kale (Brassica oleracea acephala) memiliki beberapa variasi jenis, ada yang berwarna hijau atau ungu kebiruan. Berbeda dari brokoli dan keluarga kubis lainnya, daun kale tidak membentuk kepala. Kale (boerenkool) mulai dikenal oleh banyak orang. Anda dapat menemukan sayuran ini di […]
  • Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

    Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

    PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) dan PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) berkomitmen untuk selalu menjaga bisnis pelanggan kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia tetap berjalan, dengan aktif menyediakan jaringan layanan servis dan pasokan suku cadang selama situasi darurat wabah COVID-19 di Indonesia. DCVI dan DCVMI memantau setiap perkembangan situasi dengan seksama, termasuk kesehatan […]