Berita Utama

Pembukaan GBK Go-Food Festival Maksimalkan Potensi UMKM Kuliner Indonesia

Dalam rangkaian acara Hari Kuliner Nasional GO-FOOD – pesta kuliner raksasa terbesar di Indonesia yang akan digelar serentak di 11 kota dari tanggal 5 hingga 13 Mei 2018, GO-FOOD sebagai layanan pesan-antar makanan dalam aplikasi GO-JEK, menegaskan komitmennya untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kuliner. GBK GO-FOOD Festival, yaitu GO-FOOD Festival terbesar di Indonesia yang diadakan selama satu tahun di jantung kota Jakarta, Gelora Bung Karno, diadakan untuk membantu UMKM kuliner dari berbagai kota di Indonesia meningkatkan skala bisnisnya.

Dalam pembukaan GBK GO-FOOD Festival, hari ini, di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Nadiem Makarim, CEO & Founder GO-JEK mengatakan, “GO-FOOD bisa menjadi agregator kuliner terbesar di Indonesia berkat pengusaha UMKM kuliner yang bermitra dengan kami. Ini saatnya kami membantu mereka supaya bisa berkembang lebih besar lagi. Karena itu, kami menggelar Hari Kuliner Nasional GO-FOOD dan juga menghadirkan GO-FOOD Festival.” Saat ini, GO-FOOD telah menjadi salah satu layanan pesan-antar terbesar di dunia di luar China, dengan menggandeng lebih dari 150.000 merchant.

“Kami percaya dengan membantu UMKM untuk lebih berkembang GO-JEK bisa semakin memberikan dampak positif kepada ekonomi Indonesia. UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia, dan terbukti tahan krisis,” kata Nadiem. Data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan 98% perusahaan yang ada di Indonesia masuk kategori UMKM. Usaha kuliner termasuk salah satu sektor UMKM yang paling berkembang. Hasil survei Badan Ekonomi Kreatif (2018) mengungkapkan usaha kuliner termasuk penyumbang utama PDB dari sektor ekonomi kreatif.

Sementara itu, di tempat yang sama, Catherine Hindra S., Chief Commercial Expansion GO-JEK, menambahkan, “Mengadopsi kesuksesan GO-FOOD Festival yang telah digelar di 9 lokasi lain, GO-FOOD ingin merangkul lebih banyak lagi pelaku UMKM kuliner terutama yang dari daerah untuk bisa membuka cabang dan meningkatkan skala bisnisnya. Pada tahap awal, sudah ada UMKM dari 14 kota di Indonesia yang bergabung di GBK GO-FOOD Festival, dari Indonesia barat sampai ke timur.”

GBK GO-FOOD Festival menggunakan konsep food court atau pujasera (pusat jajanan serba ada) di mana para pengusaha UMKM dapat menawarkan produk kulinernya. “Yang berbeda dengan konsep food court pada umumnya, para pengusaha tidak perlu menyiapkan dana besar di muka untuk biaya sewa booth dan jasa pelayan. Kami juga akan menyiapkan seluruh kebutuhan peralatan masak yang biasanya juga cukup mahal bagi para pebisnis mikro,” ujar Catherine.

GO-FOOD Festival, saat ini, sudah ada di 10 lokasi di 8 kota di Indonesia. Berdasar data dari 6 lokasi yang sudah ada, rata-rata transaksi per bulannya bisa mencapai 50 ribu tiap lokasi. Melihat pencapaian tersebut, kehadiran GBK GO-FOOD Festival yang akan melibatkan UMKM diharapkan dapat mendorong akses pasar yang lebih besar lagi bagi UMKM yang berpartisipasi. Apalagi bagi UMKM yang berasal dari luar Jakarta.

Nadiem menambahkan, “Jakarta kami pilih menjadi lokasi GO-FOOD Festival terbesar karena DKI Jakarta merupakan hub dimana beragam tradisi dan kebudayaan dari seluruh Indonesia berkumpul, termasuk kuliner. Kami ingin dampak positif keberhasilan kami membantu UMKM di Jakarta, bisa kami tularkan ke kota-kota lain. Selain itu, kami ingin para merchant-merchant yang berasal dari daerah bisa membuka cabang di Ibu Kota dan menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas.”

Riset FEB UI: Merchant GO-FOOD Berkontribusi Rp 302 Milyar ke Ekonomi Jakarta

Acara pembukaan GBK GO-FOOD Festival yang turut dihadiri oleh Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rudy Salahuddin, turut menyajikan pemaparan hasil riset LD FEB UI (Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia) atas kontribusi signifikan GO-JEK dalam memajukan ekonomi Indonesia melalui pemberdayaan UMKM.

Peneliti LD FEB UI, I Dewa Gede Karma Wisana PhD mengatakan, usaha kuliner memiliki potensi untuk terus berkembang dan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Berdasarkan hasil riset LD FEB UI, pada tahun 2017, merchant UMKM yang bergabung dalam platform GO-JEK di 9 kota berkontribusi lebih dari Rp 1,7 triliun kepada perekonomian nasional.

BACA JUGA  So Klin Manjakan 15 Pemenang Sakuravaganza Liburan ke Jepang

Lebih lanjut, Dewa menambahkan bahwa GO-JEK memberikan dampak yang signifikan terhadap pemberdayaan UMKM nusantara. “Bila kita melihat data per kota, kontribusi merchant UMKM terhadap perekonomian daerah juga signifikan. Contohnya, di Jakarta, kontribusinya mencapai Rp 302 milyar, dan di Medan mencapai Rp 118 miliar. Untuk kawasan Jabodetabek sendiri, yang menarik adalah 83.3% mitra UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah menjadi mitra ekosistem GO-JEK, dan lebih dari 43% mengalami kenaikan klasifikasi omzet,” ujar Dewa.

Hasil riset dari LD FEB UI juga menerangkan bahwa keberadaan layanan GO-FOOD dari GO-JEK meningkatkan volume transaksi mitra UMKM, serta membukakan akses langsung mitra UMKM ke konsumen.

Menanggapi hasil riset ini, “Kontribusi dan dampak seperti inilah yang menjadi tujuan kami di GO-JEK. Kami berharap dengan adanya GBK GO-FOOD Festival dan GO-FOOD Festival di kota lain, kontribusi GO-JEK ke perekonomian daerah bisa lebih besar lagi. Kami selalu percaya pemanfaatan teknologi adalah cara yang paling cepat untuk membantu UMKM bertumbuh dan berkembang,” tutup Nadiem.

(BON)

 

Baca Juga

  • Menyelami Potensi Kecerdasan Buatan Vivo V11 Pro

    Menyelami Potensi Kecerdasan Buatan Vivo V11 Pro

    Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah mesin yang diberikan kemampuan intuitif seperti layaknya manusia melalui sistem informasi atau program aplikasi. Mesin dengan kecerdasan buatan dapat menyelesaikan tugas tertentu, mengumpulkan informasi, serta berbagai tugas lain yang dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya. Saat ini, teknologi kecerdasan buatan pun dapat kita temui dalam berbagai aplikasi, termasuk smartphone. […]
  • Solusi Ganti Oli Kendaraan Tanpa Keluar Rumah

    Solusi Ganti Oli Kendaraan Tanpa Keluar Rumah

    PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola bisnis pelumas otomotif dan industri untuk pasar domestik dan internasional, senantiasa mengedepankan layanan prima kepada para pelanggannya, baik dalam situasi normal, terlebih dalam keadaan yang cukup berat saat ini, di tengah wabah Covid-19 yang menjadi pandemi global, termasuk di Indonesia. Dengan tema “Sharing is Caring”, […]
  • Asian Games – Astra Tol Tangerang-Merak Dukung Asian Games 2018

    Asian Games – Astra Tol Tangerang-Merak Dukung Asian Games 2018

    PT Marga Mandalasakti (Astra Tol Tangerang-Merak) turut mendukung berlangsungnya kegiatan Asian Games 2018 melalui publikasi  “Semangat Astra Semangat Indonesia Mendukung Asian Games 2018”. “Publikasi ini disampaikan melalui  media elektronik variable message sign dan website serta media luar ruang di Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak dan di 10 Kantor Gerbang Tol Tangerang-Merak dan kantor pusat,” kata Kepala […]
  • Lamudi Terima Suntikan Investasi dari Ringier AG dan Axel Springer

    Lamudi Terima Suntikan Investasi dari Ringier AG dan Axel Springer

    Lamudi, salah satu platform real estate terkemuka di Asia Tenggara mengumumkan bahwa baru-baru ini telah menerima dua perusahaan media dan digital marketplace yakni Ringier AG dan Axel Springer dari Swiss dan Jerman sebagai investor strategis baru. Mart Polman, Managing Director Lamudi Indonesia mengatakan, dengan adanya investasi ini, Lamudi akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman terbaik […]
  • Bantu Korban PHK Toffin Indonesia Ciptakan Program Homepreneur

    Bantu Korban PHK Toffin Indonesia Ciptakan Program Homepreneur

    Pandemik Covid-19 membuat semua sektor usaha melesu. Dampaknya, gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) serta jumlah karyawan dirumahkan tanpa digaji semakin tinggi. Hal tersebut mendorong Toffin Indonesia berinisiatif menciptakan program pengembangan usaha dari rumah bernama “Homepreneur”. Homepreneur adalah program mencetak wirausaha bagi korban PHK dengan membuat, mengkreasikan, dan memasarkan aneka minuman yang dibuat sendiri dari rumah […]
  • Solusi Keamanan Siber untuk Aplikasi Rapat Digital

    Solusi Keamanan Siber untuk Aplikasi Rapat Digital

    Imbauan bekerja di rumah (work from home/WFH) telah menggiring jutaan pekerja untuk menggunakan aplikasi layanan rapat maupun pertemuan online, sebagai dampak pandemik virus corona (Covid-19). Namun, lonjakan pengguna aplikasi rapat online justru memunculkan kekhawatiran terkait keamanan siber (cyber security) seiring meningkatnya kesadaran tentang privasi data pribadi. Kasus kebocoran data pribadi dan serangan siber yang sebelumnya […]
  • Baju Kulit Kayu Bukti Kekayaan Budaya Nusantara

    Baju Kulit Kayu Bukti Kekayaan Budaya Nusantara

    Di event Festival Budaya Nusantara UMN 2017 tanggal 11-15 September lalu terdapat satu stand yang menarik perhatian pengunjung. Ada satu boneka pajang (manequin) di stand NTT yang mengenakan baju dari kulit kayu. Hal ini dapat ditemukan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Dengan adanya pameran di kampus UMN Serpong tersebut, diharapkan generasi muda tetap menjaga […]
  • Momen Dua Dekade Sang Master of Torque

    Momen Dua Dekade Sang Master of Torque

    Yamaha Indonesia mengawali tahun 2019 dengan kembali menghadirkan kejutan kepada para pecinta motor sport di tanah air melalui peluncuran produk anyar yaitu MT-15 di Four Seasons Hotel, Jakarta. Ajang peluncuran produk baru tersebut menjadi semakin menarik karena turut dihadiri oleh pembalap MotoGP Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Momen peluncuran MT-15 yang merupakan pelengkap […]
  • BUMN Gerak Cepat Bantu Pulihkan Donggala dan Palu Usai Gempa

    BUMN Gerak Cepat Bantu Pulihkan Donggala dan Palu Usai Gempa

    Pasca gempa bermagnitudo 7,4 di Donggala yang diikuti tsunami dan beberapa gempa susulan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) langsung turut bergerak aktif mengamankan stabilitas kebutuhan energi di daerah yang terdampak musibah. Langkah awal yang dilakukan yakni pengamanan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh PT Pertamina (Persero) dan pemulihan pasokan listrik PT PLN (Persero). “Kementerian BUMN […]
  • Festival 11.11 Lazada Kembali Hadir dengan Diskon Terbesar Satu Hari

    Festival 11.11 Lazada Kembali Hadir dengan Diskon Terbesar Satu Hari

    11.11, festival yang paling dinanti-nantikan oleh konsumen di Indonesia segera tiba dan Lazada siap untuk menjadikan 11.11 sebagai ajang Diskon Terbesar Satu Hari tahun ini. Memberikan voucher dengan total nilai Rp 11 milyar, 11 juta penawaran eksklusif, penawaran luar biasa untuk berbagai kategori, fitur Shoppertainment terbaru, dan pengalaman berbelanja menyeluruh – semua diwujudkan oleh teknologi […]
  • Satu Lagi Pilihan Resto Masakan Peranakan di Bintaro : Xiang Mee

    Satu Lagi Pilihan Resto Masakan Peranakan di Bintaro : Xiang Mee

    Dalam bidang kuliner ada sebuah istilah yang sering kita dengar, yaitu masakan peranakan. Istilah ini mengacu pada perpaduan teknik memasak, bahan dan bumbu dari dua atau lebih budaya yang berbeda. Perpaduan itu terjadi karena adanya pengaruh dari budaya satu bangsa terhadap bangsa yang lain, termasuk kulinernya yang menghasilkan jenis masakan yang berbeda dengan masakan aslinya, walaupun di beberapa hal mungkin […]
  • Tour Perdana Tol Trans Sumatera: Bakauheni-Palembang Dulu 12 Jam, Kini Hanya 6 Jam

    Tour Perdana Tol Trans Sumatera: Bakauheni-Palembang Dulu 12 Jam, Kini Hanya 6 Jam

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno memastikan Tol Trans Sumatera bisa melayani masyarakat di libur lebaran 2019. Hal ini diungkapkan Rini saat melakukan perjalanan dari Lampung menuju Palembang yang dikemas dalam acara “Tour Perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang” pada hari Jumat (24/5/ 2019). Perjalanan menuju Tol Trans Sumatera dimulai dari Pelabuhan Penyeberangan […]
  • Nokia 5.3 Memungkinkan Para Penggemarnya Menciptakan dan Menikmati Konten dengan Cara Berbeda

    Nokia 5.3 Memungkinkan Para Penggemarnya Menciptakan dan Menikmati Konten dengan Cara Berbeda

    HMD Global, the home of Nokia phones, mengumumkan kehadiran Nokia 5.3 di pasar Indonesia. Nokia 5.3 hadir dengan quad camera, Qualcomm® Snapdragon™ 665 Mobile Platform dan umur baterai andalan 2 hari. Quad camera dengan dukungan AI menjadikan pengambilan gambar sempurna dimanapun Anda berada, bahkan dalam kondisi redup, berkat Night mode. Lensa wide-angle dan macro membantu […]
  • Tips Merawat Tas Kulit

    Tips Merawat Tas Kulit

    Merawat tas kulit dengan kualitas terbaik tak selamanya membutuhkan penanganan khusus. Menyimpannya di dalam dust bag terkadang sudah cukup ampuh untuk menjaga tas kulit kesayangan Anda. Simak tips menarik yang kami kutip dari Wolipop. Saat membeli tas dari label atau brand ternama, Anda biasanya akan mendapatkan ‘bonus’ berupa kantong bermaterial kain lembut seukuran tas tersebut. Itulah […]
  • Grab dan PKPU Human Initiative Ajak Pengguna Bahagiakan Anak Yatim di Hari Raya Lewat Program GrabBerbagi

    Grab dan PKPU Human Initiative Ajak Pengguna Bahagiakan Anak Yatim di Hari Raya Lewat Program GrabBerbagi

    Grab dan PKPU Human Initiative bekerja sama dalam program GrabBerbagi untuk mendekatkan anak-anak yatim dengan kebahagiaan Hari Raya melalui pembagian baju baru yang dikumpulkan lewat aplikasi Grab. Jumlah anak yatim Dhuafa di Indonesia yang begitu besar telah menggerakkan Grab untuk menjalankan inisiatif ini. Didorong semangat DNA brand Grab sebagai penghubung yang membantu para pengguna terhubung […]
  • Alibaba Resmikan Platform Riset Terbuka Luohan Academy

    Alibaba Resmikan Platform Riset Terbuka Luohan Academy

    Alibaba Group bersama para penerima hadiah Nobel dan pakar ilmu sosial terbaik dunia secara resmi membentuk platform riset terbuka Luohan Academy. Institusi ini dibentuk untuk menghadapi berbagai tantangan universal yang dihadapi oleh masyarakat dunia akibat perkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Pada awal pembentukannya, institusi ini akan berfokus pada sektor ekonomi digital. Seiring dengan perkembangan […]
  • Shopee Hadirkan Kampanye “Juli Pesta Hadiah” dengan Grand Prize dan Pesta Cashback Setiap Hari

    Shopee Hadirkan Kampanye “Juli Pesta Hadiah” dengan Grand Prize dan Pesta Cashback Setiap Hari

    Setelah sukses mencatat rekor dua kali transaksi 1,5 juta pesanan dalam 24 jam dalam Big Ramadhan Sale, Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, terus meningkatkan antusiasme pengguna dengan menghadirkan kampanye Juli Pesta Hadiah. Kemeriahan kampanye Juli Pesta Hadiah berlangsung mulai 1 Juli – 31 Juli 2018 dengan memberikan Grand Prize dan Pesta […]
  • Tangsel Kunjungi Surabaya Bahas Smart City

    Tangsel Kunjungi Surabaya Bahas Smart City

    Keseriusan Pemkot Tangerang Selatan untuk segera menerapkan program kota cerdas atau smart city kembali dilakukan pada saat mengunjungi Kota Surabaya. “Kami sengaja mengunjungi Kota Surabaya. Karena kota ini memiliki berbagai sistem pemerintahan yang mengacu pada Smart City. Mulai dari pelayanannya sampai pengelolaan pemerintahnya,” Kata Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie pada kunjungan tersebut, Jumat. Dia menambahkan, […]
  • Hyundai Berikan Dukungan bagi Tenaga Medis Indonesia untuk Mengatasi Tantangan Pandemi Covid-19

    Hyundai Berikan Dukungan bagi Tenaga Medis Indonesia untuk Mengatasi Tantangan Pandemi Covid-19

    PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mengumumkan komitmennya untuk memberikan bantuan sebanyak 50.000 set alat pelindung diri (APD) senilai Rp 8,2 miliar untuk tenaga medis yang akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama distribusi bantuan hari ini, Hyundai telah menyerahkan 10.000 baju Alat Pelindung Diri secara langsung kepada Badan Penanggulangan Bencana (BNPB). 40.000 set APD […]
  • Melestarikan Permainan Gasing di Era Milenial, Komunitas Gasing Indonesia

    Melestarikan Permainan Gasing di Era Milenial, Komunitas Gasing Indonesia

    Masih ingat dengan permainan gasing? Permainan dengan melilitkan benang atau tali pada benda bulat bernama gasing dan melemparkan ke lantai atau landasan licin sambil menarik benang/tali sehingga gasing pun berputar. Ada keasyikan tersendiri bagi anak-anak saat menyaksikan gasing yang berputar dalam waktu yang cukup lama. Bagi Anda yang lahir pada sebelum 1990-an mungkin Anda masih […]