Etalase

Pasopati Studio Photo, Studionya Orang Bintaro

Seringkali kesuksesan suatu bisnis  justru dimulai dari ketidaksengajaan. Hal inilah yang dialami oleh David Suhim, pendiri dan pemilik Pasopati Studio Photo, saat membangun Pasopati sehingga menjadi salah satu studio photo terkemuka bukan hanya di Bintaro, melainkan juga di Indonesia.

Berawal dari ketertarikan David melihat wartawan-wartawan yang kerap datang ke toko kamera tempatnya bekerja di daerah Dharmawangsa, Jakarta Selatan pada tahun 1985, yang bisa mengambil foto berbagai obyek dengan baik, David pun kemudian memiliki keinginan kuat untuk belajar fotografi. Sambil tetap bekerja, David pun kemudian mulai menerima order-order pengambilan foto dengan menggunakan nama Pasopati. Nama Pasopati itu adalah nama yang diusulkan oleh seorang temannya, saat David bertanya mengenai nama untuk usaha fotografi yang dijalankannya. Inspirasi semangat Pasopati sendiri berasal dari suatu acara kompetisi anak sekolah di TVRI pada masa itu, Cepat Tepat. Semangat inilah yang diharapkan menjadi kelebihan dari Pasopati dalam memberikan pelayanan.

pasopati_photo_studio_info_bintaro_1

Pada tahun 1989, David pun mengajukan pengunduran diri dari tempatnya bekerja di toko kamera dan menjadi wartawan freelance untuk fotografi di Media Indonesia. Selama bergelut sebagai wartawan inilah kemampuan fotografi David makin terasah. Ia kerap mendapat order-order pengambilan foto dari berbagai instansi, salah satu diantaranya adalah order dari Departemen Luar Negeri RI (Deplu) untuk meliput program pariwisata dari Deplu pada saat itu. Tahun 1993, David pun berhenti bekerja di Media Indonesia dan mulai menjalankan jasa fotografi freelance. Ia juga sempat ikut mendirikan majalah Film & Artis maupun Bintang Indonesia, namun majalah-majalah ini tidak berumur panjang karena keburu ditutup oleh rezim yang berkuasa pada saat itu.

Dari pengalamannya bekerja di media, David banyak berinteraksi dengan berbagai tokoh-tokoh penting, baik pemerintahan, swasta maupun selebritis. Namanya pun semakin berkibar sebagai fotografer, order pun semakin mengalir deras. Namun sejatinya, David ingin membuat nama Pasopati lebih dikenal dibanding namanya. Untuk itu pada tahun 1997, David pun membuka gerai pertama Pasopati di Bintaro Plaza.

Namun kesan yang terbangun pada saat orang melihat gerai Pasopati di Bintaro Plaza ini, Pasopati merupakan studio photo yang eksklusif dan harga layanannya mahal. Seminggu pertama Pasopati Bintaro Plaza dibuka, tidak ada pengunjung yang datang. Barulah setelah itu mulai ada pengunjung yang mengunjungi Pasopati Bintaro Plaza. Namun tetap saja masih jauh dari harapan.

pasopati_photo_studio_info_bintaro_2Krisis Moneter pada tahun 1998 malah menjadi berkah tersendiri bagi Pasopati, order-order fotografi mulai mengalir deras. Hal ini disebabkan, banyak orang yang sebelumnya memiliki simpanan mata uang dollar tiba-tiba memiliki banyak uang karena meningkatnya nilai tukar dollar terhadap rupiah. Kelebihan uang ini juga digunakan untuk membuat foto-foto yang berkualitas tinggi. Banyak tokoh-tokoh penting yang mulai menjadi pelanggan setia Pasopati.

Masa keemasan ini berlangsung sampai pada tahun 2004. Setelah munculnya era kamera digital sekitar tahun 2003, Pasopati mulai mulai merasakan bisnisnya meredup, yang membuat David harus berpikir keras untuk mengubah strategi bisnisnya.

Di masa-masa ini, pada tahun 2003, David sempat membuka gerai keduanya di Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan. Walaupun Pasopati Dharmawangsa terletak di daerah berkategori eksklusif, nyatanya gerai ini hanya dapat bertahan sampai tahun 2005, karena tidak seimbangnya antara pendapatan dan pengeluaran. David harus menutup gerai ini dan berfokus hanya kepada gerainya di Bintaro Plaza. Gerai Pasopati di Bintaro Plaza ditutup pada tahun 2012. Sebelumnya David telah mempersiapkan gerai barunya di Bintaro Sektor 5 sejak tahun 2006, yang ditempati hingga saat ini.

Pada tahun 2003 juga, Pasopati menjadi pelopor bagi photo booth di Indonesia. Pasopati mendapat tantangan dari BCA dengan programnya Tahapan BCA yang melibatkan berbagai penyanyi terkenal tanah air, seperti Ekki Soekarno, AB Three, dll. Tahapan BCA ini berlangsung marathon di berbagai kota, dari mulai Banda Aceh sampai Papua. David pun mempersiapkan berbagai peralatan dan timnya untuk melakukan sesi photo booth yang diminta. Walaupun Pasopati sudah menggunakan kamera digital, namun teknologi kamera digital pada saat itu belum secanggih kamera-kamera digital yang beredar di pasaran saat ini dan belum ada studio photo di Indonesia yang pernah melakukannya. Ia dan timnya harus bekerja keras sepanjang program ini, namun sesi photo booth ini sukses dijalankannya sampai keseluruhan program Tahapan BCA berakhir.

Untuk mempertahankan Pasopati di tengah derasnya berbagai produk kamera digital masuk di pasaran, David memilih ‘positioning’ bagi Pasopati sebagai studio photo yang berkonsep tradisional. Pengertian tradisional ini, Pasopati tidak menggunakan ‘retouch’ bagi foto-foto yang dihasilkannya walaupun dalam pengambilan foto, Pasopati telah menggunakan kamera digital. Hasil-hasil foto yang dihasilkan adalah murni berasal dari skill yang dimiliki fotografer-fotografernya. Konsep ini tetap dipertahankan sampai saat ini, berbarengan dengan pengembangan konsep Pasopati sebagai studio photo keluarga. Nyatanya konsep-konsep ini berhasil membuat Pasopati terus eksis sampai sekarang, di tengah-tengah menjamurnya studio-studio photo baru yang kebanyakan mengandalkan ‘retouch’ dengan software-software photo editor.

Selain foto-foto keluarga, Pasopati juga fokus terhadap foto-foto wedding, acara-acara perusahaan maupun kampanye-kampanye politik. Namun ada sesi foto yang tidak dilakukan oleh Pasopati: tidak menerima order untuk peliputan wisuda. Khusus untuk wisuda, Pasopati hanya menerima photo studio.

pasopati_photo_studio_info_bintaro

Dengan pengalamannya yang panjang di bidang fotografi, David saat ini sudah merasa puas dengan keberadaan Pasopati yang dibangunnya. Saat ini Pasopati dikenal sebagai studio photo keluarga dengan hasil-hasil photo berkualitas tinggi tanpa rekayasa. Warga Bintaro pun menjuluki Pasopati sebagai Studio Orang Bintaro, karena begitu menyatunya Pasopati dengan kebutuhan warga Bintaro. Mendengar nama Pasopati, terbayang foto-foto berkualitas, walaupun kualitas tidak selalu identik dengan harga yang mahal. Bisa dikatakan, harga-harga yang ditawarkan Pasopati cukup bersaing dengan studio-studio photo yang lain. Tidak heran, banyak perusahaan yang menjadikan Pasopati sebagai pilihan studio photo saat ada acara-acara resmi perusahaan.

Saat ini Pasopati memberikan promo berupa diskon yang cukup menarik. Dari Selasa-Kamis, pelanggan akan mendapatkan potongan harga 20% + 20%, sedangkan Jumat-Minggu, potongan harga yang berlaku hanya sebesar 20%. Jadi jika Anda ingin mendapatkan harga yang menarik, Anda harus datang antara hari Selasa sampai dengan Kamis.

Pasopati buka setiap hari dari pukul 10.00-19.00, kecuali hari Senin merupakan hari libur bagi Pasopati. Jika Anda memiliki rencana untuk berfoto, silakan kunjungi:

Pasopati Studio Photo
Jl. Bintaro Utama 59, Bintaro Jaya 5
Telp. 021 – 734 2629, 021 – 7388 5886, 021 – 735 8350
Email: studio@pasopati-studio.com
Website : www.pasopati-studio.com

 

(ES)

 

Tags

 

Baca Juga

  • AMSI Menyatakan Perang Terhadap Berita Hoax dan Hate-Speech

    AMSI Menyatakan Perang Terhadap Berita Hoax dan Hate-Speech

    Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menyatakan perang terhadap berita hoax. Hal ini merupakan pernyataan bersama dari para anggota yang terdiri dari perwakilan media-media siber dari berbagai propinsi pada kongres 1 AMSI yang berlangsung pada Selasa, 22 Agustus 2017 di The Akmani Hotel, Jakarta Pusat. Kongres 1 AMSI yang mengambil tema Menuju Media Siber Profesional, Kredible […]
  • Royal Enfield Mendukung Budaya Kustom di Kustomfest 2018

    Royal Enfield Mendukung Budaya Kustom di Kustomfest 2018

    Perusahaan sepeda motor tertua di dunia yang masih beroperasi, Royal Enfield memproduksi sepeda motor dengan desain yang sederhana dan mesin yang tangguh untuk memberikan pengalaman berkendara yang sesungguhnya. Karena sifatnya yang sederhana, sepeda motor Royal Enfield mudah untuk dikustom dan dapat mewujudkan ekspresi diri. Royal Enfield terus mendukung para builders dan pemilik sepeda motor untuk […]
  • Melebarkan Sayap, Imoo Watch Phone Kini Hadir Lebih Dekat

    Melebarkan Sayap, Imoo Watch Phone Kini Hadir Lebih Dekat

    Brand teknologi khusus anak, imoo Watch Phone semakin melebarkan sayap mendekat ke customer. Selain imoo Service Center yang lebih dulu hadir, imoo Watch Phone kini memiliki 21 Brandzone yang berada di kota-kota besar di Indonesia. Apa saja yang bisa dilakukan di imoo Brandzone? Jika mengunjungi imoo Brandzone, Anda bisa bertanya langsung kepada promotor mengenai fitur […]
  • Iflix dan Starvision Mempererat Kemitraan untuk Memperkaya Deretan “Iflix Originals” di 2019

    Iflix dan Starvision Mempererat Kemitraan untuk Memperkaya Deretan “Iflix Originals” di 2019

    iflix, layanan hiburan terkemuka di Asia Tenggara, dan Starvision, rumah produksi ternama di Indonesia, hari ini keduanya mempererat kemitraan untuk menghadirkan 9 film mendatang yang diproduksi oleh Starvision, termasuk Yowis Ben 2, secara eksklusif di iflix, hanya dalam waktu 120 hari setelah jadwal tayang di bioskop, sebagai bagian dari penawaran konten-konten orisinal iflix. Seluruh pengguna […]
  • Comb Over Barber Shop, Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

    Comb Over Barber Shop, Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

    Dengan tagline Come Over, We Will Serve You Well, semenjak awal berdirinya Comb Over Barbershop sudah mencanangkan komitmennya untuk meletakkan kepuasan pelanggan sebagai tujuan bisnisnya. Hal ini patut diacungi jempol karena kepuasan pelanggan akan menjadi promosi tersendiri bagi suatu bisnis di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Dalam prakteknya, Comb Over Barbershop menata segala sesuatunya sehingga […]
  • Gurihnya Nasi Bakar dan Tutug Oncom Teh Henny Memang Tidak Ada Lawan

    Gurihnya Nasi Bakar dan Tutug Oncom Teh Henny Memang Tidak Ada Lawan

    Berawal dari mengisi waktu di sela-sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, siapa yang menyangka Henny Rosalinda yang akrab dipanggil Teh Henny akhirnya menekuni bisnis kuliner Nasi Bakar dan Tutug Oncom yang cukup prospektif dan memiliki banyak penggemar. Teh Henny yang berbincang-bincang dengan Info Bintaro di sela-sela Bazaar UKM yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota […]
  • Tips Aman Mudik dari KNKT

    Tips Aman Mudik dari KNKT

    Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menerbitkan tips bagi pemudik untuk melakukan perjalanan yang aman dengan menjaga kondisi fisik selama berkendara jangan sampai mengalami kelelahan (fatigue). Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno mengatakan, data Kepolisian RI menunjukkan kecelakaan pada masa libur lebaran banyak disebabkan karena kelelahan (fatigue) pengemudi. Fatigue sendiri, menurut Djoko, merupakan kondisi penurunan kewaspadaan dan kemampuan […]
  • Cari 7 Warna Skuter yang Cocok Sama Kepribadian Kamu

    Cari 7 Warna Skuter yang Cocok Sama Kepribadian Kamu

    Warna memiliki peran yang berpengaruh terhadap kepribadian seseorang dan juga dalam mengambil sebuah keputusan untuk membeli barang tertentu. Menurut Angela Wright dalam bukunya yang berjudul ‘The Beginners’ Guide to Colour Psychlogy, setiap warna memiliki kepribadiannya sendiri, sehingga pemilihan warna tertentu pada setiap pribadi seseorang dapat mewakili karakter orang tersebut. Maka jika kita ditanyakan tentang warna […]
  • Infocomm Southeast Asia 2020, Kesempatan Eksplorasi Audio Visual Terbaru dan Perkembangan Teknologi Terintegrasi di Asia

    Infocomm Southeast Asia 2020, Kesempatan Eksplorasi Audio Visual Terbaru dan Perkembangan Teknologi Terintegrasi di Asia

    Pameran Teknologi Audio-Visual Professional berbasis pengalaman terbesar untuk wilayah Asia Tenggara – InfoComm Southeast Asia (IFSEA) 2020 – akan diadakan di Bangkok, Thailand pada 27-29 Mei 2020. Diselenggarakan oleh InfoCommAsia, penyelenggara pameran regional untuk Audio Visual and Integrated Experience Association (AVIXA), pameran teknologi yang berorientasi solusi ini melayani pasar ASEAN, termasuk Indonesia untuk memenuhi kebutuhan […]
  • Rangkaian Aktivitas Buka yang Baik Semarakkan Ramadan di Bukalapak

    Rangkaian Aktivitas Buka yang Baik Semarakkan Ramadan di Bukalapak

    Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan kebaikan bagi semua umat Muslim. Menyambut Ramadan 1439 H, Bukalapak ingin mengajak masyarakat untuk mengisi bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang lebih positif dan bermakna yaitu dengan Buka yang Baik. Untuk mendukung kampanye Ramadan Buka yang Baik di Bukalapak, berbagai kegiatan diselenggarakan oleh Bukalapak yang melibatkan berbagai pihak […]
  • PermataBank Syariah Resmikan Tiga Kantor Cabang Baru

    PermataBank Syariah Resmikan Tiga Kantor Cabang Baru

    Kini beberapa daerah di Indonesia telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi sebagai fase menuju tatanan normal baru (new normal).  PermataBank Syariah dalam memberikan pelayanannya kepada nasabah telah menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah dan WHO. Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pengalaman terbaik bagi Nasabah untuk mendapatkan pelayanan transaksi dan produk perbankan syariah baik […]
  • Generasi Muda, Mari Berwirausaha!

    Generasi Muda, Mari Berwirausaha!

    Pada tahun 2017, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri Entrepreneurs Wanted! (EW!) yang digagas Kantor Staf Kepresidenan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) mengungkapkan bahwa Pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah wirausahawan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang berujung pada kesejahteraan masyarakat. Menurut Presiden Jokowi, pemerintah berupaya merangsang pertumbuhan wirausahawan, terutama di ranah industri digital untuk menjadikan […]
  • Kuliah Dengan Tas Kekinian, Tidak Menguras Kantong

    Kuliah Dengan Tas Kekinian, Tidak Menguras Kantong

    Pada bulan September ini mayoritas kampus baru memulai tahun ajaran baru. Seringkali para mahasiswa semester satu masih bingung memilih tas kuliah yang ideal. Apa saja yang harus diperhatikan ya? Simak tips berikut ini. Be Different Ada beberapa jenis tas yang bisa Anda pilih untuk digunakan ke kampus. Biasanya, disesuaikan pula dengan gaya Anda. Beberapa jenis […]
  • Wings Group dan Yayasan Anak Bangsa Bisa Bagikan Sembako kepada Puluhan Ribu Mitra Driver Gojek

    Wings Group dan Yayasan Anak Bangsa Bisa Bagikan Sembako kepada Puluhan Ribu Mitra Driver Gojek

    PT Sayap Mas Utama (Wings Group) menginisiasi gerakan sosial dengan mendistribusikan paket sembako kepada pelaku sektor informal yang terdampak pandemi COVID-19. Dalam menjalankan inisiatif ini, Wings Group menggandeng Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) yang didirikan Gojek, untuk mendistribusikan 30.000 paket sembako bagi mitra driver Gojek di Jabodetabek melalui jaringan FamilyMart. Kedua belah pihak menyumbangkan dana […]
  • Apresiasi untuk 10.000 Relawan Penanganan Covid-19, Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Kuota Data 25GB per Bulan

    Apresiasi untuk 10.000 Relawan Penanganan Covid-19, Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Kuota Data 25GB per Bulan

    Telkomsel menghadirkan paket data khusus untuk para tenaga medis di seluruh Indonesia sebagai bagian dari program corporate social responsibility (CSR) terbaru perusahaan. Inisiatif ini juga menjadi upaya Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk terus bergerak maju memperkuat perannya dalam membantu masyarakat melewati masa-masa sulit akibat dari pandemi COVID-19. Komitmen tersebut sejalan dengan semangat Telkomsel […]
  • Kolaborasi Telkomsel dan Kementerian Agama RI Hadirkan Program Penyediaan Kuota Terjangkau

    Kolaborasi Telkomsel dan Kementerian Agama RI Hadirkan Program Penyediaan Kuota Terjangkau

    Telkomsel bersama Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mengumumkan kolaborasi bersama dengan menghadirkan program “Penyediaan Kuota Terjangkau”. Inisiatif tersebut bertujuan untuk  mendukung berbagai tingkat Pendidikan institusi Madrasah di seluruh Indonesia dalam mengimplementasikan kegiatan belajar mengajar secara online, sekaligus memberikan para pelajar, tenaga pengajar, dan karyawan pilihan paket kuoata data khusus dengan harga terjangkau, di saat […]
  • Happyfresh Hadir di Bukalapak, Belanja Kebutuhan Sehari-hari di Era Pandemik Jadi Makin Nyaman dan Aman

    Happyfresh Hadir di Bukalapak, Belanja Kebutuhan Sehari-hari di Era Pandemik Jadi Makin Nyaman dan Aman

    Pola hidup new normal menjadikan belanja online sebagai salah satu pilihan utama masyarakat dalam memenuhi sejumlah kebutuhan, ini membuat Bukalapak terus melakukan terobosan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Hal ini juga terefleksi dari adanya kenaikan di beberapa segmen produk yang diminati oleh pengguna Bukalapak. Di awal masa pandemi pada bulan Maret, Bukalapak mencatat kenaikan transaksi bahan […]
  • Foto : Resto Ayam Bakar Pak Atok

    Foto : Resto Ayam Bakar Pak Atok

    Tidak banyak resto di Bintaro yang menawarkan suasana yang asyik, Resto Ayam Bakar Pak Atok salah satunya. Resto yang menjadikan menu ayam bakar sebagai menu andalannya di ini sebetulnya menyajikan menu-menu Sunda yang telah mengalami penyesuaian dengan cita rasa Jawa. Suasana Jawa juga terasa kental dari bangunan dan pernak-pernik interiornya. Resto Ayam Bakar Pak Atok […]
  • Atraksi Baru Dubai yang Megah

    Atraksi Baru Dubai yang Megah

    Dengan perkembangan dan pertumbuhan yang cepat, Dubai terus memberikan kejutan melalui atraksi bintang lima dan pembangunan kelas dunia yang dibuka hampir setiap bulannya. Pada kuartal terakhir tahun 2018, Dubai menambah sejumlah atraksi menarik ke dalam daftar kunjungan wajib di kota dan kedepannya, akan ada banyak lagi yang akan datang pada tahun 2019 dan tahun-tahun selanjutnya. […]
  • Kopi Kenangan Memberi Jaminan Kesehatan Hadapi Covid-19

    Kopi Kenangan Memberi Jaminan Kesehatan Hadapi Covid-19

    Di tengan wabah COVID-19, peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan yang tengah berkembang pesat saat ini, menerapkan langkah-langkah dan upaya dalam memastikan kebersihan, sekaligus memberikan rasa tenang dan aman bagi para karyawan, mitra pesan antar dan pelanggan. Chief Operating Officer dan Co-Founder Kopi Kenangan James Prananto mengatakan, “Sejak awal berdirinya Kopi Kenangan tiga tahun lalu, core […]

Tinggalkan Balasan