Jum. Des 6th, 2019

Pameran UMKM “The I Corner” Gramedia Emerald

Apa hubungan antara selingkuh, poligami, edukasi BH dan MCK dengan UMKM? Ternyata ada, keempat kata yang konotasinya agak ‘miring’ itu merupakan program-program yang dikembangkan oleh Enigami, sebuah UMKM industri kreatif yang menghasilkan berbagai produk siap pakai dengan menggunakan limbah kertas. Keempat program itu merupakan program pemberdayaan masyarakat untuk mengumpulkan, mengolah dan memasarkan produk-produk yang dihasilkannya. Enigami merupakan salah satu peserta Pameran UMKM yang diadakan oleh Gramedia Emerald.

i-corner_info_bintaro_1

Pameran yang berlangsung dari tanggal 1-19 Februari 2017 ini sejatinya merupakan program dari Gramedia pusat dalam rangka memperingati ulang tahun Gramedia ke-47. Bertajuk The I Corner, ada 20 store Gramedia di seluruh Indonesia yang serempak menjalankan event ini. Tujuan utama event ini adalah mendukung program pemerintah dalam mendorong pertumbuhan UMKM. The I Corner sendiri merupakan penamaan tempat yang disediakan oleh Gramedia untuk menunjukkan produk UMKM dari berbagai wilayah di Indonesia. Nantinya pengunjung yang berbelanja di Gramedia dapat melihat dan membeli produk yang didisplay.

The I Corner mengambil tema Indonesia Kreatif dengan sasaran UMKM. Setiap store Gramedia menyediakan tempat yang akan diisi oleh berbagai produk UMKM dengan sistem profit sharing. Selain sistemnya yang menguntungkan peserta UMKM dimana mereka tidak membayar sewa tempat, namun dari prosentase penjualan, sistem ini dianggap tidak memberatkan. Selain itu, pihak Gramedia akan membantu mempromosikan secara luas melalui saluran media yang dimiliki Kompas Gramedia Group maupun mitra-mitranya. Tidak menutup kemungkinan, bila nantinya ada UMKM-UMKM yang dianggap potensial, akan dilakukan kerjasama jangka panjang dengan Gramedia.

Namun, tidak semua UMKM dapat mengisi The I Corner. Calon peserta UMKM harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh Gramedia. Beberapa persyaratan itu adalah produk kreatif yang terbuat dari bahan dasar asli Indonesia, produk kreatif yang memiliki fungsi dan nilai tinggi dan produk kreatif non kuliner. Bila telah memenuhi persyaratan masih dilakukan lagi proses pitching (seleksi) mengingat tempat yang tersedia cukup terbatas. Calon peserta yang lolos adalah UMKM yang betul-betul dinilai sebagai produk kreatif unggulan.

BACA JUGA  Canon Luncurkan iNSPIC, Kamera Printer Instan dengan Desain Trendi

Peserta UMKM yang lolos terjaring pada seleksi yang dilakukan oleh Gramedia Emerald mencapai 26 usaha UMKM dari berbagai jenis produk. Menurut Innocentius Aditya, Sales Superintendent Gramedia Emerald, yang akrab dipanggil Inno, peminat UMKM yang ingin berpartisipasi di event ini cukup banyak, namun karena keterbatasan tempat, seleksi ketat diberlakukan. Hasilnya, 26 UMKM inilah yang dianggap paling memenuhi persyaratan. Info Bintaro sendiri menyaksikan, saat mengunjungi event ini, nampak ada seorang ibu dengan kedua putrinya pemilik usaha UMKM yang menanyakan kepada Inno untuk keikutsertaan sebagai peserta, walaupun semua proses seleksi telah ditutup.

Peserta menempati lokasi untuk memajang produknya di lantai 1 dan 2 Gramedia Emerald. Berbagai produk dari mulai aksesoris wanita, kerajinan, berbagai tas, busana batik sampai dengan lukisan terpajang dengan menarik. Tidak salah bila dikatakan kemampuan UMKM-UMKM kita sudah sangat baik. Soal harga? Dari harga beberapa ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah, murah untuk ukuran kualitas yang diberikan.

i-corner_info_bintaro_2

Nah tunggu apa lagi? Dapatkan berbagai produk-produk cantik dan berkualitas ini dengan harga yang sangat terjangkau. Ayo kunjungi Gramedia Emerald di Gedung Gramedia World, CBD Bintaro Sektor 9 dari pukul 10.00-22.00. Sambil berbelanja, Anda dapat ikut memberdayakan UMKM kita.

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan