Pameran Foto TRUST | Bintaro Jaya Xchange Mall, 12-21 Mei 2017

Pameran Foto TRUST yang menampilkan karya 8 (delapan) pewarta foto yang menerima Permata Photojournalist Grant 2016 kembali diselenggarakan di Bintaro Jaya Xchange Mall dari 12-21 Mei 2017.  Acara yang diadakan oleh Permata Photo Journalist Grant (PPG) yang di inisiasi oleh PermataBank dan didukung oleh Erasmus Huis/Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia dan PannaFoto Institute.

Foto : Agoes Rudianto

Hingga saat ini telah ada 50 alumni PPG, baik yang menjadi Pewarta Foto maupun freelancer beberapa di antaranya telah menghasilkan karya foto mandiri yang telah dibukukan dan dipamerkan. Sudah tidak terhitung lagi yang memenangkan berbagai lomba foto dan karyanya tampil di media-media terkemuka terbitan dalam dan luar negeri. Empat peserta mendapatkan Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam yaitu Rosa Panggabean/Antara Foto, Yoppy Pieter/Freelancer, Dwi Prasetya/Bisnis Indonesia dan Immanuel Antonius/Liputan6.com yang juga berkesempatan menjadi co-Mentor di program PPG. 

Dalam program PPG VI kali ini yang bertema “Trust”, kedelapan peserta terpilih ini telah menuntaskan karya akhir foto bertuturnya (photo story) yaitu:

  1. Immanuel Antonius/Liputan6.com : Kencan Buta Nan Menggoda
  2. Maulana Surya/Antara Foto : Setara Ala Sepak Bola
  3. Agoes Rudianto/Freelance : Ikhtiar untuk Sang Buah
  4. Djuli Pamungkas/Sindo Jabar : Pukul Balik
  5. Dian Aprilianingrum/Suara Merdeka Banyumas : Memilih Berkah, Mencari Jodoh Sesuai Syariah
  6. Alm. Guntoro/Koran Jakarta : Semangkuk Bakso Kasih Sayang
  7. Wahyudin/Jawa Pos : Fantasi Terhadap JKT48
  8. Imam Buhori/Merdeka.com : Pijat Online Kang Ucup

Setelah dipamerkan di Erasmus Huis pada tanggal 23 Maret-28 April 2017, bekerja sama dengan Bintaro Jaya Xchange Mall (BXc) kedelapan karya foto tersebut ditampilkan di main atrium Bintaro Jaya Xchange Mall (BXc) mulai tanggal 12-21 Mei 2017 untuk lebih mendekatkan diri dan menyasar penikmat foto yang lebih luas dan beragam. Di sela-sela pameran, diselenggarakan pula Workshop Photo Story on Social Media pada tanggal 20 Mei 2017.

Dalam workshop yang diperuntukkan bagi mahasiswa, pelajar SMA & komunitas/klub foto serta media regional dan komunitas di area sekitar Tangsel ini diisi dengan materi/kegiatan seperti Photo Story Introduction, Hunting dan Editing.

Prima Ananta – PR Manager Bintaro Jaya Xchange Mall mengatakan,”Hadirnya pameran foto TRUST kali ini diharapkan mampu memberikan pengalaman baru bagi pengunjung, dalam menikmati dan menginterpretasi sebuah karya foto”.

Foto : Agoes Rudianto

“Ditambah adanya workshop photo story pada 20 Mei nanti yang terbuka untuk umum, BXc Mall berharap pengunjung pun bisa menggali lagi pengetahuan seputar fotografi dari para mentor, setelah menyaksikan pameran”.

“Karena sebagai family mall yang berada dekat dengan pemukiman warga, komunitas, sekolah juga universitas, BXc Mall berusaha untuk memberikan program dan event yang tak hanya menyenangkan namun juga mengedukasi pengunjung, sesuai tagline kami, Xplore, Xprerience, The Xcitement”, tutup Prima.

 

(EGS)

Leave a Comment