Pendidikan

Orang Tua Sebagai Role Model dalam Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19

Jumlah kasus positif Covid-19 secara global terus meningkat, situasi itu bersamaan dengan Senin (13/07/2020 ) tahun ajaran 2020/2021 dimulai.

Pembatasan interaksi fisik yakni dengan cara guru dan siswa bekerja dari rumah, sejauh ini dipandang sebagai metode paling efektif demi mencegah penyebaran wabah Covid-19. Di tengah pandemi, sebagian besar sekolah melaksanakan sistem bekerja dari rumah (Work From Home / WFH) yakni meniadakan belajar tatap muka langsung, diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan mengandalkan jaringan internet.

Walaupun tak sedikit sekolah yang tak mampu menerapkan PJJ dengan baik akibat kurangnya akses internet dan juga adanya kesenjangan yakni ada siswa yang lancar menjalani PJJ, sementara siswa lain kesulitan menjalankannya, ungkap Tim Promosi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. saat mendampingi pemaparan Dosen Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes) Unsoed Ns.Keksi Girindra Swasti, M.Kep. (Keksi) Senin (13/07/2020).

Beberapa waktu belakangan menurut Keksi orang tua dibuat galau oleh wacana diberlakukan new normal pada ranah pendidikan. Sebagian orang tua menarik napas lega karena anaknya akan kembali bersekolah yang artinya tugas mereka mendidik anak di rumah akan berkurang.

Namun, tidak sedikit orang tua yang khawatir dengan penerapan kebijakan tersebut. Kekhawatiran itu cukup beralasan karena penambahan kasus baru masih sangat tinggi dengan kisaran 600-700 kasus per hari. Sehingga, akan sangat berisiko membiarkan anak-anak masuk sekolah yang justru dapat membuat kluster baru bagi penyebaran virus Corona. Hal ini menginisiasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan survei pada orang tua siswa dan tenaga pendidik untuk mengukur kesiapan diterapkannya kebijakan tersebut.

Pada akhir bulan Mei 2020 pemerintah secara resmi mengumumkan penundaan masuk sekolah untuk semua jenjang pendidikan. Kementerian Pendidikan pun hingga saat ini belum dapat memberikan kepastian kapan akan mengaktifkan kegiatan sekolah kembali, jelas Keksi.

Selanjutnya Kepala Laboratorium Keperawatan Jiwa FIKes Unsoed Ns. Keksi Girindra Swasti, M.Kep. memaparkan bahwa tindakan yang dapat dilakukan adalah merancang beberapa alternatif tindakan untuk mensiasati kondisi pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir.

Sejatinya, kapan pun anak-anak akan kembali ke sekolah proses pendidikan pada anak harus terus berlangsung, yang membedakan adalah tempat mereka belajar dan dengan siapa mereka belajar. Belajar tidak dapat dipandang sebagai proses meningkatkan pemahaman kognitif dan intelektual semata, namun juga mencakup penanaman sikap dan nilai-nilai moral, papar Keksi.

Keksi menambahkan, pada kondisi pandemi saat ini, anak-anak dihadapkan pada permasalahan nyata bahwa mereka tidak dapat bersekolah dan harus belajar di rumah. Lantas apa fenomena yang muncul dengan anjuran tersebut?. Pada awalnya anak-anak menyambut gembira kegiatan belajar di rumah, karena mereka dapat bersama orang tua dan memiliki waktu bermain lebih lama. Namun, tidak banyak anak yang patuh mengikuti anjuran untuk berada di rumah, belajar dan bermain di dalam rumah, serta mengerjakan tugas sekolah secara tertib. Sebagian besar anak merasa jenuh, terlebih dengan waktu belajar di rumah yang terus diperpanjang.

Perasaan jenuh membuat anak tergoda untuk bermain ke luar rumah. Kejenuhan pada anak dipicu oleh kurangnya kesiapan dan kemampuan orang tua untuk memfasilitasi anak belajar dan beraktivitas di dalam rumah. Tidak jarang orang tua menjadi marah dengan ulah anak yang membuat anak semakin tidak betah berada di dalam rumah, kata Keksi.

Keksi menjelaskan, oleh karena itu dalam menerapkan sistem pembelajaran di rumah yang harus dipersiapkan bukan hanya pihak sekolah yang mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara daring/online. Akan tetapi, mempersiapkan orang tua untuk menjadi tenaga pendidik di rumah. Perlu ditanamkan dalam pemikiran orang tua bahwa capaian belajar di rumah bukan sekedar ketuntasan mengerjakan tugas dari sekolah. Namun, lebih pada membangun karakter anak melalui pembiasaan.

Gunakan kesempatan yang ada untuk menjalin kedekatan lebih dengan anak sehingga dapat membangun ikatan kasih sayang atau bonding attachment antara anak dan orang, yang pada waktu sebelumnya mungkin tersita dengan aktivitas yang cukup padat. Berikan perhatian pada anak dengan mendampingi anak belajar, bermain bersama, atau hanya sekedar bercanda dan ngobrol hal-hal ringan. Melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah bersama juga memberikan pelajaran besar bagi anak. Melalui aktivitas tersebut  anak dilatih keterampilan motorik dan rasa tanggung jawab.

BACA JUGA  Listerine melalui Kampanye 'Ubah dengan Suara' Dukung Kemajuan Pendidikan di Indonesia

Selain itu, jangan lupa memberikan pujian terhadap setiap kebaikan yang dilakukan oleh anak. Pujian yang diberikan orang tua akan akan membuat anak merasa senang karena dihargai sekaligus memotivasi anak untuk mengulangi perilakunya. Jika ini dilakukan secara konsisten maka akan menjadi sebuah kebiasaan positif. Dengan demikian anak akan melewati masa belajar di rumah sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan dalam hidupnya, dan terbangun figure orang tua sebagai sosok yang bernilai bagi anak. Selain itu, moment belajar di rumah juga dapat dijadikan kesempatan untuk menanamkan kedisiplinan pada anak.

Perlu diketahui bahwa usia anak-anak adalah usia emas tumbuh kembang. Baik dan tidaknya yang dilakukan anak akan sangat dipengaruhi oleh contoh peran atau role model orang disekitarnya. Orang tua lah role model utama bagi anak. Orang tua memegang kendali penuh terhadap apa yang dilakukan anak. Disaat anak dituntut untuk berada dirumah, orang tualah yang membuat aturan apa yang sebaiknya dilakukan anak.

Jika orang tua mampu mencontohkan untuk tertib menjalani himbauan yang diberikan maka anakpun akan meniru yang dikerjakan orang tuanya. Begitu pula sebaliknya, jika orang tua tidak menunjukkan sikap disiplin atau menerapkan secara tidak konsisten maka anak pun belajar untuk mencari peluang melakukan pelanggaran disiplin. Awalnya pelanggaran kecil lama kelamaan menjadi pelanggaran yang dianggap biasa. Awalnya bermain di luar hanya sebentar namun lama kelamaan bermain tanpa batas, hingga akhirnya orang tua kehilangan kendali untuk mengontrol perilaku anak, jelas Keksi.

Keksi menyarankan, marilah kita gunakan kesempatan berharga ini untuk membangun karakter anak-anak kita melalui proses pembelajaran di rumah, sehingga anak kita kelak menjadi generasi yang tangguh karena telah mampu melewati ujian kehidupan yang sesungguhnya. Sebagaimana diungkapkan oleh tokoh pendidikan terkemuka bahwa keberhasilan pendidikan bukan terletak dari seberapa bagus nilai yang diperoleh namun seberapa mampu ia mengatasi suatu permasalahan, kata Keksi.

(BON)

 

Baca Juga

  • Brand Ambassador Tokopedia, BTS, Semangati Masyarakat Indonesia Lawan Pandemi

    Brand Ambassador Tokopedia, BTS, Semangati Masyarakat Indonesia Lawan Pandemi

    Tokopedia bersama BTS, grup mega bintang global asal Korea Selatan sekaligus Brand Ambassador Tokopedia, menyampaikan dukungan semangat dan imbauan kepada masyarakat Indonesia dalam melawan pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi. Melalui video yang diunggah pada media sosial resmi Tokopedia, ketujuh anggota BTS — terdiri dari RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V dan Jung Kook — […]
  • Perluas Duniamu dengan Galaxy A7

    Perluas Duniamu dengan Galaxy A7

    Samsung Electronics memperkenalkan Galaxy A7, penambahan terbaru ke seri Galaxy A. Dengan tiga kamera belakang yang canggih, desain mulus dan fitur sehari-hari yang patut dimiliki, Galaxy A7 yang inovatif adalah perangkat handal pendukung ke manapun hidup membawamu. “Samsung berkomitmen untuk menghadirkan inovasi yang bermanfaat untuk semua pengguna seri Galaxy, tanpa memandang siapa mereka atau di […]
  • Halodoc Gandeng POGI Hadirkan Telekonsultasi Khusus Kandungan

    Halodoc Gandeng POGI Hadirkan Telekonsultasi Khusus Kandungan

    Berkolaborasi dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Halodoc menambahkan kanal layanan konsultasi khusus kehamilan dan kesehatan reproduksi di layanan chat with doctor di platform Halodoc, melalui penandatanganan perjanjian kerja sama yang diresmikan hari ini (7/4) di Sekretariat POGI Jaya, Jakarta. Melalui kolaborasi ini, Halodoc dan POGI berkomitmen untuk melindungi masyarakat, terutama ibu hamil, agar […]
  • Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman

    Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman

    Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan manfaat teknologi secara menyeluruh untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat Indonesia di setiap aspek kehidupan. Komitmen tersebut juga termasuk dalam memberikan rasa aman bagi pelanggan untuk menggunakan seluruh produk dan layanan dari Telkomsel, termasuk yang menjadi prioritas utama perusahaan yakni jaminan sistem perlindungan dan […]
  • Bekraf Dukung 5 Brand Lokal di Pameran Streetwear Terbesar Dunia

    Bekraf Dukung 5 Brand Lokal di Pameran Streetwear Terbesar Dunia

    Karya anak bangsa di bidang fesyen kembali mendapatkan dukungan pemerintah untuk memasuki kancah global. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi 5 brand di pameran streetwear terbesar Agenda Show, di Long Beach, California, Amerika Serikat pada tanggal 28 – 30 Juni 2018. Agenda Show merupakan pameran fesyen khusus kategori streetwear, action sport, denim, footwear, surfing dan skate. […]
  • Crunchy Soes Cassava Kini Hadir di Bintaro

    Crunchy Soes Cassava Kini Hadir di Bintaro

    Ada beberapa di antara kita yang tidak dapat mengkonsumsi gluten, Arum Ayu, produsen makanan sehat menciptakan makanan tanpa menggunakan gluten. Terbuat dari singkong yang sehat, berserat, ramah terhadap tubuh dan lingkungan. Serta menggunakan pewarna alami tanpa pengawet dan bahan kimia. Usaha Healthy Cake & Cookies Arum-Ayu merupakan nama kakak beradik Arum dan Ayu. Herdinda Arum […]
  • Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank

    Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank

    Mengerjakan sesuatu dengan ‘passion’ sekali pun hasilnya belum langsung terlihat dan banyak kesulitan yang dihadapi. Terus jalani dan kembangkan. Itulah 2 kalimat inti yang yang disampaikan oleh Azalea Ayuningtyas, pendiri & CEO Du’Anyam, saat membagikan pengalamannya dalam mengembangkan bisnisnya pada sesi pertama Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank pada Selasa, 28 Februari 2017 di Excelso, Bintaro […]
  • Canon Pixma Ink Efficient E3370, Printer Efisien untuk Beragam Kebutuhan Cetak di Rumah

    Canon Pixma Ink Efficient E3370, Printer Efisien untuk Beragam Kebutuhan Cetak di Rumah

    Kebutuhan cetak mencetak di rumah bisa jadi banyak dan bervariasi. Tidak hanya untuk kebutuhan cetak surat atau proposal bisnis, tapi juga cetak tugas dari sekolah atau kampus. Selain efisien, pertimbangan lain dalam memilih printer yaitu kualitas cetaknya karena tidak hanya untuk cetak dokumen teks, tapi bisa cetak gambar dan foto dengan kualitas yang baik. Memahami […]
  • Kompas Gramedia dan PPI Australia Sambung Literasi ke Timur Indonesia

    Kompas Gramedia dan PPI Australia Sambung Literasi ke Timur Indonesia

    Kompas Gramedia melalui program CSR #AkuBaca mendukung program IMPACT (Improving Papua and East Nusa Tenggara’s Education) yang diinisiasi oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA). Bentuk dukungan #AkuBaca KG direalisasikan melalui donasi paket Buku Bergerak untuk lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua. Sejumlah paket buku yang terdiri atas buku […]
  • Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) memprediksi lebih dari 40.000 Kematian di Indonesia hingga 1 November 2020

    Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) memprediksi lebih dari 40.000 Kematian di Indonesia hingga 1 November 2020

    Sebagai bagian dari proyeksi perdana yang membandingkan berbagai tindakan pengendalian penularan COVID-19, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington, Seattle memproyeksikan 41,089 kematian (kisaran 16,355 hingga 109,761) akibat COVID-19 di Indonesia hingga 1 November 2020. Proyeksi ini mengasumsikan bahwa Indonesia akan memberlakukan atau mempertahankan pembatasan sosial  ketika kematian per hari mencapai 8 per satu juta orang. Jika penggunaan […]
  • Gedung Baru P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower Diresmikan, Wujud Dukungan UMN Terhadap Penghematan Energi

    Gedung Baru P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower Diresmikan, Wujud Dukungan UMN Terhadap Penghematan Energi

    Bertempat di kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gading Serpong, Tangerang, Rabu, 27 September 2017 dilakukan peresmian gedung P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower. Acara ini dihadiri CEO Kompas – Gramedia Lilik Oetama, Komisaris Kompas – Gramedia Irwan Oetama, Ketua Yayasan Media Nusantara Teddy Surianto, Wakil Rektor UMN Andrey Handoko serta jajaran pimpinan UMN. Peresmian P.K. […]
  • AXA Financial Indonesia – Shell Indonesia Kerjasama Perluas Perlindungan untuk Pasar Komunitas Mekanik dan Bengkel

    AXA Financial Indonesia – Shell Indonesia Kerjasama Perluas Perlindungan untuk Pasar Komunitas Mekanik dan Bengkel

    Pandemi yang terjadi saat ini telah menyebabkan dampak yang signifikan bagi berbagai sektor bisnis di Indonesia dan kegiatan ekonomi secara nasional. AXA Financial Indonesia bekerja keras untuk berkontribusi membantu upaya pemulihan tersebut. Mulai Juni 2020, AXA Financial Indonesia memberikan dukungan perlindungan kesehatan kepada mitra usaha Shell Lubricants Indonesia melalui produk AXA Sahabat Sehat dan AXA […]
  • LOOP dan Gramedia Gelar Simulasi SBMPTN 2019 Serentak se-indonesia

    LOOP dan Gramedia Gelar Simulasi SBMPTN 2019 Serentak se-indonesia

    LOOP dan Gramedia kembali bekerjasama untuk mengadakan simulasi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) se-Indonesia mulai tanggal 23 Maret – 30 April 2019 untuk mengulang kesuksesan program Simulasi SBMPTN yang telah diselenggarakan bersama sejak tiga tahun terakhir. Simulasi akan dilakukan di 19 kota yang meliputi Padang, Palembang, Lampung, Tangerang Selatan, Bandung, Surabaya, Lombok, Makassar, […]
  • Chevrolet Hadirkan Tips Bepergian Bersama Hewan Kesayangan

    Chevrolet Hadirkan Tips Bepergian Bersama Hewan Kesayangan

    Bulan Agustus menjadi momen penting bagi pecinta hewan, dengan International Cat Day yang jatuh pada tanggal 8 Agustus serta International Dog Day yang jatuh di tanggal 26 Agustus. Jika Anda berencana bepergian bersama hewan peliharaan kesayangan, Chevrolet memberikan beberapa tips agar perjalanan yang lebih lancar, aman, dan menyenangkan bersama fur babies Anda. Penelitian menunjukkan bahwa […]
  • Jakarta Sibs Club, Wadah Berbagi Antar Sesama Saudara Kandung dari Individu Autistik

    Jakarta Sibs Club, Wadah Berbagi Antar Sesama Saudara Kandung dari Individu Autistik

    “Kita tidak bisa memilih untuk dilahirkan di keluarga seperti apa, namun kita bisa memilih untuk menjalani kehidupan yang seperti apa”, ungkapan ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari untuk mengingatkan orang yang menyesali latar belakang kehidupan yang ia peroleh. Memang sebagai manusia, wajar bila semua orang menginginkan hal yang terbaik dalam hidupnya. Namun sayangnya kenyataan […]
  • Pameran Foto TRUST | Bintaro Jaya Xchange Mall, 12-21 Mei 2017

    Pameran Foto TRUST | Bintaro Jaya Xchange Mall, 12-21 Mei 2017

    Pameran Foto TRUST yang menampilkan karya 8 (delapan) pewarta foto yang menerima Permata Photojournalist Grant 2016 kembali diselenggarakan di Bintaro Jaya Xchange Mall dari 12-21 Mei 2017.  Acara yang diadakan oleh Permata Photo Journalist Grant (PPG) yang di inisiasi oleh PermataBank dan didukung oleh Erasmus Huis/Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia dan PannaFoto Institute. Hingga saat ini telah ada 50 alumni PPG, baik […]
  • Makan, Bersantai dan Bikin Acara Sambil Menikmati Suasana Alam di Warung Taman Fabs

    Makan, Bersantai dan Bikin Acara Sambil Menikmati Suasana Alam di Warung Taman Fabs

    Bagi Anda yang sehari-hari disibukkan dengan berbagai aktivitas, saat weekend merupakan waktu untuk bersantai bersama keluarga. Setelah berbagai pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran, bersantai bersama keluarga sambil melihat si kecil bermain-main dengan gembira adalah sebuah keasyikan tersendiri. Jika Anda ingin semua itu bisa dilakukan pada suasana yang tenang, pilihan ke mall tentunya bukan pilihan […]
  • Manfaat Petai Cina (Lamtoro) Bagi Kesehatan

    Manfaat Petai Cina (Lamtoro) Bagi Kesehatan

    Adakah yang mengetahui petai cina? Di daerah Jawa, petai cina sering disebut dengan lamtoro atau mlanding. Tanaman yang memiliki nama latin Leucaena leucocephala ini sering dijadikan kudapan yang dikenal dengan nama trancam. Paduan dari berbagai sayuran seperti mentimun, kemangi, lamtoro, daun kenikir dan parutan kelapa dengan sambal membuat makanan ini sering dijadikan teman berbuka puasa. […]
  • Bazaar Ramadhan di Sport Center Graha Raya

    Bazaar Ramadhan di Sport Center Graha Raya

    Bertempat di depan Sport Center, Graha Raya pada hari Minggu, 11 Juni 2017 pukul 8 pagi hingga 7 malam diselenggarakan Bazaar Ramadhan oleh Ikatan Warga Muslim (IWM) Graha Raya. Ini merupakan bazaar tahunan yang digelar untuk ke-12 kalinya oleh Departemen Muslimah dan Pengembangan Sosial dari IWM Graha Raya. Menurut Ibu Ika Cahyanti, kepanitiaan bazaar satu […]
  • Nikmatnya Perjalanan Stasiun Jurangmangu – Tanah Abang Dengan Commuter Line

    Nikmatnya Perjalanan Stasiun Jurangmangu – Tanah Abang Dengan Commuter Line

    Perbaikan transportasi publik seperti commuter line menjadi fokus pemerintah. Info Bintaro mencoba melakukan perjalanan dari Stasiun Jurangmangu menuju Stasiun Tanah Abang dengan menggunakan commuter line. Berikut pengalamannya.   (ES) Tagscovid 19e commercegaya hidupgojekpromo ramadhanramadhantempat makan daerah bintarotempat makan enak di bintaroBerita Terkait:Berikan Lebih Banyak Layanan & Fitur Inovatif, Grab Manfaatkan Big DataKopilio Pilihan Tepat Untuk […]

Tinggalkan Balasan