Pendidikan

Orang Tua Sebagai Role Model dalam Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19

Jumlah kasus positif Covid-19 secara global terus meningkat, situasi itu bersamaan dengan Senin (13/07/2020 ) tahun ajaran 2020/2021 dimulai.

Pembatasan interaksi fisik yakni dengan cara guru dan siswa bekerja dari rumah, sejauh ini dipandang sebagai metode paling efektif demi mencegah penyebaran wabah Covid-19. Di tengah pandemi, sebagian besar sekolah melaksanakan sistem bekerja dari rumah (Work From Home / WFH) yakni meniadakan belajar tatap muka langsung, diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan mengandalkan jaringan internet.

Walaupun tak sedikit sekolah yang tak mampu menerapkan PJJ dengan baik akibat kurangnya akses internet dan juga adanya kesenjangan yakni ada siswa yang lancar menjalani PJJ, sementara siswa lain kesulitan menjalankannya, ungkap Tim Promosi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. saat mendampingi pemaparan Dosen Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes) Unsoed Ns.Keksi Girindra Swasti, M.Kep. (Keksi) Senin (13/07/2020).

Beberapa waktu belakangan menurut Keksi orang tua dibuat galau oleh wacana diberlakukan new normal pada ranah pendidikan. Sebagian orang tua menarik napas lega karena anaknya akan kembali bersekolah yang artinya tugas mereka mendidik anak di rumah akan berkurang.

Namun, tidak sedikit orang tua yang khawatir dengan penerapan kebijakan tersebut. Kekhawatiran itu cukup beralasan karena penambahan kasus baru masih sangat tinggi dengan kisaran 600-700 kasus per hari. Sehingga, akan sangat berisiko membiarkan anak-anak masuk sekolah yang justru dapat membuat kluster baru bagi penyebaran virus Corona. Hal ini menginisiasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan survei pada orang tua siswa dan tenaga pendidik untuk mengukur kesiapan diterapkannya kebijakan tersebut.

Pada akhir bulan Mei 2020 pemerintah secara resmi mengumumkan penundaan masuk sekolah untuk semua jenjang pendidikan. Kementerian Pendidikan pun hingga saat ini belum dapat memberikan kepastian kapan akan mengaktifkan kegiatan sekolah kembali, jelas Keksi.

Selanjutnya Kepala Laboratorium Keperawatan Jiwa FIKes Unsoed Ns. Keksi Girindra Swasti, M.Kep. memaparkan bahwa tindakan yang dapat dilakukan adalah merancang beberapa alternatif tindakan untuk mensiasati kondisi pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir.

Sejatinya, kapan pun anak-anak akan kembali ke sekolah proses pendidikan pada anak harus terus berlangsung, yang membedakan adalah tempat mereka belajar dan dengan siapa mereka belajar. Belajar tidak dapat dipandang sebagai proses meningkatkan pemahaman kognitif dan intelektual semata, namun juga mencakup penanaman sikap dan nilai-nilai moral, papar Keksi.

Keksi menambahkan, pada kondisi pandemi saat ini, anak-anak dihadapkan pada permasalahan nyata bahwa mereka tidak dapat bersekolah dan harus belajar di rumah. Lantas apa fenomena yang muncul dengan anjuran tersebut?. Pada awalnya anak-anak menyambut gembira kegiatan belajar di rumah, karena mereka dapat bersama orang tua dan memiliki waktu bermain lebih lama. Namun, tidak banyak anak yang patuh mengikuti anjuran untuk berada di rumah, belajar dan bermain di dalam rumah, serta mengerjakan tugas sekolah secara tertib. Sebagian besar anak merasa jenuh, terlebih dengan waktu belajar di rumah yang terus diperpanjang.

Perasaan jenuh membuat anak tergoda untuk bermain ke luar rumah. Kejenuhan pada anak dipicu oleh kurangnya kesiapan dan kemampuan orang tua untuk memfasilitasi anak belajar dan beraktivitas di dalam rumah. Tidak jarang orang tua menjadi marah dengan ulah anak yang membuat anak semakin tidak betah berada di dalam rumah, kata Keksi.

Keksi menjelaskan, oleh karena itu dalam menerapkan sistem pembelajaran di rumah yang harus dipersiapkan bukan hanya pihak sekolah yang mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara daring/online. Akan tetapi, mempersiapkan orang tua untuk menjadi tenaga pendidik di rumah. Perlu ditanamkan dalam pemikiran orang tua bahwa capaian belajar di rumah bukan sekedar ketuntasan mengerjakan tugas dari sekolah. Namun, lebih pada membangun karakter anak melalui pembiasaan.

Gunakan kesempatan yang ada untuk menjalin kedekatan lebih dengan anak sehingga dapat membangun ikatan kasih sayang atau bonding attachment antara anak dan orang, yang pada waktu sebelumnya mungkin tersita dengan aktivitas yang cukup padat. Berikan perhatian pada anak dengan mendampingi anak belajar, bermain bersama, atau hanya sekedar bercanda dan ngobrol hal-hal ringan. Melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah bersama juga memberikan pelajaran besar bagi anak. Melalui aktivitas tersebut  anak dilatih keterampilan motorik dan rasa tanggung jawab.

Selain itu, jangan lupa memberikan pujian terhadap setiap kebaikan yang dilakukan oleh anak. Pujian yang diberikan orang tua akan akan membuat anak merasa senang karena dihargai sekaligus memotivasi anak untuk mengulangi perilakunya. Jika ini dilakukan secara konsisten maka akan menjadi sebuah kebiasaan positif. Dengan demikian anak akan melewati masa belajar di rumah sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan dalam hidupnya, dan terbangun figure orang tua sebagai sosok yang bernilai bagi anak. Selain itu, moment belajar di rumah juga dapat dijadikan kesempatan untuk menanamkan kedisiplinan pada anak.

Perlu diketahui bahwa usia anak-anak adalah usia emas tumbuh kembang. Baik dan tidaknya yang dilakukan anak akan sangat dipengaruhi oleh contoh peran atau role model orang disekitarnya. Orang tua lah role model utama bagi anak. Orang tua memegang kendali penuh terhadap apa yang dilakukan anak. Disaat anak dituntut untuk berada dirumah, orang tualah yang membuat aturan apa yang sebaiknya dilakukan anak.

Jika orang tua mampu mencontohkan untuk tertib menjalani himbauan yang diberikan maka anakpun akan meniru yang dikerjakan orang tuanya. Begitu pula sebaliknya, jika orang tua tidak menunjukkan sikap disiplin atau menerapkan secara tidak konsisten maka anak pun belajar untuk mencari peluang melakukan pelanggaran disiplin. Awalnya pelanggaran kecil lama kelamaan menjadi pelanggaran yang dianggap biasa. Awalnya bermain di luar hanya sebentar namun lama kelamaan bermain tanpa batas, hingga akhirnya orang tua kehilangan kendali untuk mengontrol perilaku anak, jelas Keksi.

Keksi menyarankan, marilah kita gunakan kesempatan berharga ini untuk membangun karakter anak-anak kita melalui proses pembelajaran di rumah, sehingga anak kita kelak menjadi generasi yang tangguh karena telah mampu melewati ujian kehidupan yang sesungguhnya. Sebagaimana diungkapkan oleh tokoh pendidikan terkemuka bahwa keberhasilan pendidikan bukan terletak dari seberapa bagus nilai yang diperoleh namun seberapa mampu ia mengatasi suatu permasalahan, kata Keksi.

(BON)

 

Baca Juga

  • Dapatkan Paket 2 in 1 BBQ & Suki di Ngunya, Hanya Rp. 99.000 All You can Eat

    Dapatkan Paket 2 in 1 BBQ & Suki di Ngunya, Hanya Rp. 99.000 All You can Eat

    Saat ini banyak restaurant barbeque alias BBQ di Bintaro. Menu ini memang dinikmati beramai-ramai bersama keluarga atau teman. Ada pula yang menyukai menu suki dari Jepang. Memang restoran BBQ khas Korea dan Jepang biasanya yang paling dijadikan favorit karena cita rasa makanannya yang sangat unik dan dijual dengan sistem all you can eat. Namun sayangnya […]
  • HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    Setelah sukses mendirikan HelloMotion Academy sejak tahun 2004 yang memiliki visi “Merealisasikan imajinasi setiap individu menjadi kenyataan”, Wahyu Aditya yang juga dikenal sebagai penulis, illustrator, digital artist dan pendiri HelloFest, pada tahun ajaran baru 2017 ini mendirikan HelloMotion High School (SMA HelloMotion), sekolah menengah atas yang menggunakan kurikulum Diknas Plus lewat kombinasi empat materi belajar dengan konsep edukasi “design thinking”. […]
  • Ajak Konsumen Peduli Kualitas Udara, Pertamina Uji Emisi Gratis

    Ajak Konsumen Peduli Kualitas Udara, Pertamina Uji Emisi Gratis

    Udara  bersih menjadi cerminan lingkungan yang sehat. Untuk mendukung kualitas udara bersih, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) III, mengajak konsumen  berkontribusi menciptakan udara bersih dengan memberikan uji emisi gratis bagi pelanggan SPBU. Uji emisi gratis, diadakan di SPBU 3110701, di Jalan Industri Raya Kemayoran, Jakarta Pusat hari Sabtu (4/7) pada pukul 09.00 – 13.00 […]
  • Citilink Indonesia Tambah Rute Penerbangan dari Kertajati

    Citilink Indonesia Tambah Rute Penerbangan dari Kertajati

    Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia kembali membuka rute domestik baru yaitu Kertajati-Kualanamu sebagai upaya mempermudah aksesibilitas dan konektivitas masyarakat di wilayah Sumatera Utara maupun Jawa Barat. Layanan penerbangan baru dari Kabupaten Majalengka menuju Kota Medan ini mulai bisa dinikmati masyarakat pada Jumat 9 November 2018. “Selain menjadi opsi penghubung antar kota, diharapkan dengan pembukaan […]
  • Vivo Raih Penghargaan Best of Android 2018:The Best Innovations

    Vivo Raih Penghargaan Best of Android 2018:The Best Innovations

    Vivo, brand smartphone global, telah berhasil meraih penghargaan sebagai Best of Android 2018: The Best Innovations oleh Android Authority, situs web tepercaya yang selama ini menjadi salah satu rujukan berita bagi para tech enthusiast di seluruh dunia. Penghargaan tersebut diberikan untuk vivo yang telah mempelopori dan mewujudkan hadirnya teknologi In-Display Fingerprint Scanner atau pemindai sidik […]
  • Pembuatan Aplikasi Made By Order Melalui Appshop

    Pembuatan Aplikasi Made By Order Melalui Appshop

    APPSHOP merupakan layanan terbaru jasa pembuatan paket aplikasi mobile berbasis Android maupun iOS dengan biaya rendah pengembangan sebuah aplikasi. APPKEY merupakan sebuah perusahaan pengembangan aplikasi dan website, menyediakan paket pembuatan aplikasi melalui APPSHOP dengan pembuatan aplikasi dalam waktu singkat serta biaya yang terjangkau dan digunakan untuk berbagai jenis usaha bisnis. APPSHOP menawarkan biaya pengembangan aplikasi dari awal […]
  • Foto : Kegiatan Pengamatan Gerhana Bulan Total SSC Pembangunan Jaya

    Foto : Kegiatan Pengamatan Gerhana Bulan Total SSC Pembangunan Jaya

    Astronomi bisa dimanfaatkan untuk membuka pengetahuan anak soal sains dan membangun kedekatan mereka dengan lingkungan sekitar. Ketertarikan itu jadi bekal anak mempelajari bidang ilmu apa pun, baik eksakta, ekonomi, maupun humaniora. Dengan tujuan ini, pada tanggal 27-28 Juli 2018 berlokasi di SMA Plus Pembangunan Jaya, School Science Center (SSC) mengadakan pengamatan gerhana bulan total yang […]
  • Arti Studio Photo, Studio Photo Dengan Layanan Prima dan Harga Terjangkau, Membuat Foto-Foto Anda Lebih Berarti

    Arti Studio Photo, Studio Photo Dengan Layanan Prima dan Harga Terjangkau, Membuat Foto-Foto Anda Lebih Berarti

    Pada saat ini kegiatan foto memfoto sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Dengan kemajuan teknologi kapan pun kita akan mengambil foto tidak menjadi masalah. Handphone dengan fitur kamera canggih maupun kamera digital bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang tidak mahal. Namun tentu saja, dengan kemudahan ini tidak lantas membuat segala hal […]
  • Menggugah Minat Traveling ke Kalimantan Selatan Lion Air Menawarkan Tarif Spesial Mulai dari Rp 354.000

    Menggugah Minat Traveling ke Kalimantan Selatan Lion Air Menawarkan Tarif Spesial Mulai dari Rp 354.000

    Lion Air, member of Lion Air Group, mengumumkan program spesial bertajuk “terbang bareng Lion Air” pada beberapa rute penerbangan domestik khusus dari dan menuju Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamdudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) efektif 04 September 2019 sampai batas waktu yang belum ditentukan Momen terbaik pada kesempatan ini sekaligus semarak bertepatan Hari […]
  • Eka Hospital Berkolaborasi dengan Alibaba Cloud Deteksi Covid-19 Menggunakan Teknologi AI

    Eka Hospital Berkolaborasi dengan Alibaba Cloud Deteksi Covid-19 Menggunakan Teknologi AI

    Teknologi digital telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, tak terkecuali dalam aspek kesehatan. Oleh karena itu, Eka Hospital bekerja sama dengan Alibaba Cloud siap menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) guna membantu dokter spesialis radiologi menegakkan diagnosa hasil pemeriksaan CT scan Thorax pasien dengan suspect Covid-19. Drg. Rina Setiawati, selaku COO Eka Hospital menyambut baik […]
  • UPJ Meluluskan Calon Pemimpin Inovatif di Era Disruptif

    UPJ Meluluskan Calon Pemimpin Inovatif di Era Disruptif

    Pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018 Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)  mengadakan acara Dies Natalis ke-7 dan Wisuda Sarjana ke-4 yang diselenggarakan di Theater Global Jaya School, Bintaro Jaya. Acara wisuda yang mengambil tema Innovative Leader In You ini dihadiri sekitar 350 orang undangan. Dalam acara ini, turut hadir Ir. Hiskak Secakusuma, MM, selaku Komisaris Grup […]
  • Sinar Mas Land Menandatangani MoU dengan PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Membangun Rusunami Sederhana di BSD

    Sinar Mas Land Menandatangani MoU dengan PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Membangun Rusunami Sederhana di BSD

    Sinar Mas Land melalui PT. Bumi Serpong Damai, Tbk pada hari ini menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE), salah satu perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia, untuk membangun proyek Rusunami sederhana di BSD City. Pembangunan proyek tersebut, menjadi dukungan nyata kedua perusahaan terhadap program pemerintah Sejuta Rumah, yaitu memenuhi […]
  • Mayapada Healthcare Siap Melayani Pemeriksaan PCR Swab Covid-19

    Mayapada Healthcare Siap Melayani Pemeriksaan PCR Swab Covid-19

    Mayapada Healthcare telah siap untuk melayani PCR Swab Test di semua unit Mayapada Hospital. Ditunjang oleh Laboratorium Biomolekuler khusus dengan tingkat keamanan Bio Safety Level 2 (BSL2) yang bersertifikasi, peralatan dan perlengkapan PCR dengan teknologi terkini, serta tenaga ahli dibidangnya, Mayapada Hospital dapat memastikan hasil diagnosa dengan akurasi yang tinggi. Hasil diagnosa PCR Swab Test […]
  • Tangsel Kunjungi Surabaya Bahas Smart City

    Tangsel Kunjungi Surabaya Bahas Smart City

    Keseriusan Pemkot Tangerang Selatan untuk segera menerapkan program kota cerdas atau smart city kembali dilakukan pada saat mengunjungi Kota Surabaya. “Kami sengaja mengunjungi Kota Surabaya. Karena kota ini memiliki berbagai sistem pemerintahan yang mengacu pada Smart City. Mulai dari pelayanannya sampai pengelolaan pemerintahnya,” Kata Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie pada kunjungan tersebut, Jumat. Dia menambahkan, […]
  • Xiaomi Luncurkan Redmi 7A di Indonesia

    Xiaomi Luncurkan Redmi 7A di Indonesia

    Xiaomi memperkenalkan smartphone Redmi terbaru yang merupakan lanjutan dari seri Redmi A, yaitu Redmi 7A, dengan tujuan untuk terus menghadirkan teknologi inovatif melalui produk-produk berkualitas dengan harga yang sebenarnya. Kehadiran seri ini menegaskan komitmen Xiaomi untuk mengubah kehidupan masyarakat melalui penggunaan teknologi. Perjalanan seri Redmi A di Indonesia dimulai dari Redmi 4A sebagai smartphone Xiaomi […]
  • Hino Hentikan Produksi Sementara, Stok Unit Tetap Aman

    Hino Hentikan Produksi Sementara, Stok Unit Tetap Aman

    Dampak dari meluasnya penyebaran COVID-19 telah menyebabkan melambatnya pasar kendaraan truk dan bus di Indonesia. Beberapa rantai pasokan komponen impor dari luar negara juga mengalami gangguan. Menyikapi kondisi tersebut, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) – pabrik perakitan truk dan bus merk Hino — melakukan beberapa kebijakan. Presiden Direktur HMMI, Masahiro Aso mengatakan “Di masa […]
  • Mengenal Gejala Batu Empedu

    Mengenal Gejala Batu Empedu

    Batu empedu umumnya tidak menyebabkan penyakit. Gejala dapat muncul jika batu ini menyumbat saluran kantong empedu atau saluran pencernaan lainnya. Gejala utama yang biasanya dialami adalah sakit perut yang datang secara tiba-tiba atau disebut dengan kolik bilier. Rasa sakit ini dapat terjadi pada beberapa bagian perut. Di antaranya adalah bagian tengah, atas, atau kanan perut. […]
  • Oppo Menutup Rangkaian Kampanye SejernihDepanMata

    Oppo Menutup Rangkaian Kampanye SejernihDepanMata

    Pada Rabu, 3 Juni, OPPO Indonesia menutup rangkaian kampanye #SejernihDepanMata dengan donasi tahap terakhir, yang akan disalurkan kembali melalui Dompet Dhuafa dalam bentuk paket sembako untuk masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Donasi pemungkas ini terkumpul dari hasil kegiatan lelang #AuctionAtHome Bersama OPPO untuk Indonesia, partisipasi konsumen melalui registrasi pembelian perangkat dalam #SejernihDepanMata dan Instagram post […]
  • Grab Luncurkan Grab Ventures dengan Investasi Rp 3 Triliun (US$250 Juta) Sebagai Wujud Komitmen bagi Startup-startup In

    Grab Luncurkan Grab Ventures dengan Investasi Rp 3 Triliun (US$250 Juta) Sebagai Wujud Komitmen bagi Startup-startup In

    Grab, mobile platform O2O (online-to-offline) terdepan di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan Grab Ventures di Indonesia yang merupakan perpanjangan tangan dari inovasi terbaru perusahaan, dengan investasi senilai Rp 3 triliun (US$250 juta) bagi para startup Tanah Air. Grab Ventures bertujuan untuk membantu startup-startup Indonesia pilihan untuk tumbuh lebih cepat di tingkat nasional dan juga Asia […]
  • Samsung Menghadirkan Kemewahan Sesungguhnya pada Seri Flagship Galaxy S9 dan S9+ melalui Edisi Terbaru Sunrise Gold

    Samsung Menghadirkan Kemewahan Sesungguhnya pada Seri Flagship Galaxy S9 dan S9+ melalui Edisi Terbaru Sunrise Gold

    Samsung Electronics Indonesia, mengumumkan edisi warna terbaru dari smartphone Galaxy S9+: Sunrise Gold. Diluncurkan secara global pada Februari 2018, di Indonesia Samsung Galaxy S9 dan S9+ juga telah tersedia dalam warna Midnight Black, Coral Blue, dan Lilac Purple. “Teknologi telah menjadi cara baru bagi orang-orang dalam mengekspresikan kepribadian serta gaya mereka – dan pemilihan warna […]

Tinggalkan Balasan