Pendidikan

Orang Tua Sebagai Role Model dalam Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19

Jumlah kasus positif Covid-19 secara global terus meningkat, situasi itu bersamaan dengan Senin (13/07/2020 ) tahun ajaran 2020/2021 dimulai.

Pembatasan interaksi fisik yakni dengan cara guru dan siswa bekerja dari rumah, sejauh ini dipandang sebagai metode paling efektif demi mencegah penyebaran wabah Covid-19. Di tengah pandemi, sebagian besar sekolah melaksanakan sistem bekerja dari rumah (Work From Home / WFH) yakni meniadakan belajar tatap muka langsung, diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan mengandalkan jaringan internet.

Walaupun tak sedikit sekolah yang tak mampu menerapkan PJJ dengan baik akibat kurangnya akses internet dan juga adanya kesenjangan yakni ada siswa yang lancar menjalani PJJ, sementara siswa lain kesulitan menjalankannya, ungkap Tim Promosi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. saat mendampingi pemaparan Dosen Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes) Unsoed Ns.Keksi Girindra Swasti, M.Kep. (Keksi) Senin (13/07/2020).

Beberapa waktu belakangan menurut Keksi orang tua dibuat galau oleh wacana diberlakukan new normal pada ranah pendidikan. Sebagian orang tua menarik napas lega karena anaknya akan kembali bersekolah yang artinya tugas mereka mendidik anak di rumah akan berkurang.

Namun, tidak sedikit orang tua yang khawatir dengan penerapan kebijakan tersebut. Kekhawatiran itu cukup beralasan karena penambahan kasus baru masih sangat tinggi dengan kisaran 600-700 kasus per hari. Sehingga, akan sangat berisiko membiarkan anak-anak masuk sekolah yang justru dapat membuat kluster baru bagi penyebaran virus Corona. Hal ini menginisiasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan survei pada orang tua siswa dan tenaga pendidik untuk mengukur kesiapan diterapkannya kebijakan tersebut.

Pada akhir bulan Mei 2020 pemerintah secara resmi mengumumkan penundaan masuk sekolah untuk semua jenjang pendidikan. Kementerian Pendidikan pun hingga saat ini belum dapat memberikan kepastian kapan akan mengaktifkan kegiatan sekolah kembali, jelas Keksi.

Selanjutnya Kepala Laboratorium Keperawatan Jiwa FIKes Unsoed Ns. Keksi Girindra Swasti, M.Kep. memaparkan bahwa tindakan yang dapat dilakukan adalah merancang beberapa alternatif tindakan untuk mensiasati kondisi pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir.

Sejatinya, kapan pun anak-anak akan kembali ke sekolah proses pendidikan pada anak harus terus berlangsung, yang membedakan adalah tempat mereka belajar dan dengan siapa mereka belajar. Belajar tidak dapat dipandang sebagai proses meningkatkan pemahaman kognitif dan intelektual semata, namun juga mencakup penanaman sikap dan nilai-nilai moral, papar Keksi.

Keksi menambahkan, pada kondisi pandemi saat ini, anak-anak dihadapkan pada permasalahan nyata bahwa mereka tidak dapat bersekolah dan harus belajar di rumah. Lantas apa fenomena yang muncul dengan anjuran tersebut?. Pada awalnya anak-anak menyambut gembira kegiatan belajar di rumah, karena mereka dapat bersama orang tua dan memiliki waktu bermain lebih lama. Namun, tidak banyak anak yang patuh mengikuti anjuran untuk berada di rumah, belajar dan bermain di dalam rumah, serta mengerjakan tugas sekolah secara tertib. Sebagian besar anak merasa jenuh, terlebih dengan waktu belajar di rumah yang terus diperpanjang.

Perasaan jenuh membuat anak tergoda untuk bermain ke luar rumah. Kejenuhan pada anak dipicu oleh kurangnya kesiapan dan kemampuan orang tua untuk memfasilitasi anak belajar dan beraktivitas di dalam rumah. Tidak jarang orang tua menjadi marah dengan ulah anak yang membuat anak semakin tidak betah berada di dalam rumah, kata Keksi.

Keksi menjelaskan, oleh karena itu dalam menerapkan sistem pembelajaran di rumah yang harus dipersiapkan bukan hanya pihak sekolah yang mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara daring/online. Akan tetapi, mempersiapkan orang tua untuk menjadi tenaga pendidik di rumah. Perlu ditanamkan dalam pemikiran orang tua bahwa capaian belajar di rumah bukan sekedar ketuntasan mengerjakan tugas dari sekolah. Namun, lebih pada membangun karakter anak melalui pembiasaan.

Gunakan kesempatan yang ada untuk menjalin kedekatan lebih dengan anak sehingga dapat membangun ikatan kasih sayang atau bonding attachment antara anak dan orang, yang pada waktu sebelumnya mungkin tersita dengan aktivitas yang cukup padat. Berikan perhatian pada anak dengan mendampingi anak belajar, bermain bersama, atau hanya sekedar bercanda dan ngobrol hal-hal ringan. Melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah bersama juga memberikan pelajaran besar bagi anak. Melalui aktivitas tersebut  anak dilatih keterampilan motorik dan rasa tanggung jawab.

Selain itu, jangan lupa memberikan pujian terhadap setiap kebaikan yang dilakukan oleh anak. Pujian yang diberikan orang tua akan akan membuat anak merasa senang karena dihargai sekaligus memotivasi anak untuk mengulangi perilakunya. Jika ini dilakukan secara konsisten maka akan menjadi sebuah kebiasaan positif. Dengan demikian anak akan melewati masa belajar di rumah sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan dalam hidupnya, dan terbangun figure orang tua sebagai sosok yang bernilai bagi anak. Selain itu, moment belajar di rumah juga dapat dijadikan kesempatan untuk menanamkan kedisiplinan pada anak.

Perlu diketahui bahwa usia anak-anak adalah usia emas tumbuh kembang. Baik dan tidaknya yang dilakukan anak akan sangat dipengaruhi oleh contoh peran atau role model orang disekitarnya. Orang tua lah role model utama bagi anak. Orang tua memegang kendali penuh terhadap apa yang dilakukan anak. Disaat anak dituntut untuk berada dirumah, orang tualah yang membuat aturan apa yang sebaiknya dilakukan anak.

Jika orang tua mampu mencontohkan untuk tertib menjalani himbauan yang diberikan maka anakpun akan meniru yang dikerjakan orang tuanya. Begitu pula sebaliknya, jika orang tua tidak menunjukkan sikap disiplin atau menerapkan secara tidak konsisten maka anak pun belajar untuk mencari peluang melakukan pelanggaran disiplin. Awalnya pelanggaran kecil lama kelamaan menjadi pelanggaran yang dianggap biasa. Awalnya bermain di luar hanya sebentar namun lama kelamaan bermain tanpa batas, hingga akhirnya orang tua kehilangan kendali untuk mengontrol perilaku anak, jelas Keksi.

Keksi menyarankan, marilah kita gunakan kesempatan berharga ini untuk membangun karakter anak-anak kita melalui proses pembelajaran di rumah, sehingga anak kita kelak menjadi generasi yang tangguh karena telah mampu melewati ujian kehidupan yang sesungguhnya. Sebagaimana diungkapkan oleh tokoh pendidikan terkemuka bahwa keberhasilan pendidikan bukan terletak dari seberapa bagus nilai yang diperoleh namun seberapa mampu ia mengatasi suatu permasalahan, kata Keksi.

(BON)

 

Baca Juga

  • Lenovo Legion dan Industri Game Bersama Suarakan Pesan World Health Organization Melawan Covid-19

    Lenovo Legion dan Industri Game Bersama Suarakan Pesan World Health Organization Melawan Covid-19

    Lenovo Legion bersama dengan para pemimpin lain di industri game untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19 dengan meluncurkan kampanye #PlayApartTogether. #PlayApartTogether adalah sebuah inisiatif yang mendorong para gamer untuk mengikuti pedoman kesehatan World Health Organization (WHO) — termasuk physical distancing, kebersihan tangan, etika respirasi, dan tindakan pencegahan lainnya untuk melawan COVID-19. Inisiatif ini telah menggabungkan 18 […]
  • Belanja Busana, Makan Siang Sambil Mendengarkan Live Music, Bisa Dilakukan Semua di Griya CIMB Niaga 2

    Belanja Busana, Makan Siang Sambil Mendengarkan Live Music, Bisa Dilakukan Semua di Griya CIMB Niaga 2

    Orang bilang, sambil menyelam minum air. Nah ini bisa Anda lakukan di Griya CIMB Niaga 2. Bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan di sekitar area Bintaro, sedang ada bazaar busana di area lobby Griya CIMB Niaga 2. ​ Bazaar yang berlangsung dari tanggal 27 Maret – 7 April, mulai pukul 08.00-18.00 ini menggelar berbagai busana […]
  • Fish and Chips Kaki Lima Ala Fish Streat Taman Jajan Bintaro

    Fish and Chips Kaki Lima Ala Fish Streat Taman Jajan Bintaro

    Fish and Chips selalu membuat pencinta kuliner jatuh cinta pada menu kuliner berbahan dasar ikan ini. Walaupun terkesan sederhana tapi makanan ini sangat menggoda untuk dinikmati terlebih sebagai menu pilihan makan malam. Ada kabar baik untuk pecinta hidangan ini, kamu tidak perlu lagi berkunjung ke restoran mahal untuk menyantapnya karena di Taman Jajan Bintaro kamu […]
  • Mari Mengenal Batik Jambi, Lacak dan Tengkuluk

    Mari Mengenal Batik Jambi, Lacak dan Tengkuluk

    Kekayaan budaya dan tradisi Jambi tidak lepas dari keunikan baik Jambi yang mempunyai kekhasan motif dan warna yang pada umumnya berwarna dasar cerah seperti merah, biru, hijau dan kuning. Motif khas batik Jambi memiliki karakter yang berbeda dari batik yang ada di nusantara, motif-motifnya yang terkenal antara lain: Kapal Sanggat, Durian Pecah, Bunga Matahari, Sungai […]
  • Komunitas Stand Up Indonesia, Menghadirkan Sains Dalam Komedi Segar

    Komunitas Stand Up Indonesia, Menghadirkan Sains Dalam Komedi Segar

    Stand Up Indonesia atau yang disingkat Stand Up Indo adalah sebuah komunitas yang dibentuk pada tahun 2011 untuk mengumpulkan bakat-bakat para pelawak tunggal atau komika di seluruh Indonesia. Komunitas ini didirikan mengingat sedang berkembangnya komedi tunggal atau Stand Up Comedy di Indonesia. Dalam komunitas ini, anggota yang merupakan komika nantinya akan dilatih, serta dipersiapkan untuk […]
  • Booking.com Berikan Rp 38.5 Miliar (€2.6 Juta) Dana Bantuan untuk Mendukung Akomodasi Berkelanjutan di 2020

    Booking.com Berikan Rp 38.5 Miliar (€2.6 Juta) Dana Bantuan untuk Mendukung Akomodasi Berkelanjutan di 2020

    Dengan misi untuk mempermudah semua orang menjelajahi dunia, Booking.com, salah satu perusahaan travel digital paling terkemuka di dunia, mengumumkan pembukaan aplikasi untuk program Booking Booster 2020 untuk mendukung solusi travel berkelanjutan. Melanjutkan keberhasilan 3 tahun terakhir ini, edisi ke-4 program ini akan fokus secara eksklusif pada topik akomodasi berkelanjutan. Booking Booster 2020 akan mengumpulkan semua […]
  • Edukasi Anti Korupsi dan Pelatihan Kreativitas Anak lewat Dongeng

    Edukasi Anti Korupsi dan Pelatihan Kreativitas Anak lewat Dongeng

    Anak merupakan masa depan bangsa. Penting untuk mendidik anak, tidak hanya untuk belajar dan memperoleh nilai yang baik di sekolah. Sebagai bentuk sumbangan akademisi untuk program pengembangan masyarakat, Program Psikologi, Ilmu Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Jaya  pada tanggal 5 April lalu mencoba melakukan pelatihan soft skills, yaitu edukasi anti korupsi dan mengasah […]
  • Kemendikbud Umumkan Lima Surat Terinspiratif pada Lomba Tulis Surat Untuk Mendikbud di Masa Covid-19

    Kemendikbud Umumkan Lima Surat Terinspiratif pada Lomba Tulis Surat Untuk Mendikbud di Masa Covid-19

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Karakter (PPK) selenggarakan lomba menulis surat untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim di masa pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dari ribuan surat yang masuk, Kemendikbud telah memilih lima surat paling mengispirasi yaitu dua surat yang dikirim guru dan tiga surat dari siswa. Surat tersebut […]
  • Samsung Galaxy M11, Sobat Anti Lowbat Satu Jutaan Spesial Flash Sale

    Samsung Galaxy M11, Sobat Anti Lowbat Satu Jutaan Spesial Flash Sale

    Mendukung kebutuhan yang menuntut untuk selalu #StayConnected, Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru Samsung Galaxy M series, yaitu Galaxy M11. Smartphone yang dirancang untuk menjadi smartphone andalan sehari-hari yang dilengkapi fitur penting untuk tetap terkoneksi dan menghadirkan performa luar biasa, seperti baterai kuat 5.000 mAh, prosesor pintar Snapdragon 450, layar luas Infinity-O 6,4 inci […]
  • Kurang Percaya Diri Karena Kulit Kering dan Kusam?

    Kurang Percaya Diri Karena Kulit Kering dan Kusam?

    Memang kulit yang kusam bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya yakni: Paparan asap, debu, polusi Paparan sinar matahari berlebih Kurang nutrisi Kurang tidur Merokok Stres psikis Konsumsi alkohol, dan sebagainya Untuk mengatasi kulit yang kusam, sebenarnya Anda cukup melakukan pola hidup yang sehat, di antaranya dengan cara: […]
  • Gudeg Seenak Gudeg di Jogja, Ya Gudeg Bu Dibyo

    Gudeg Seenak Gudeg di Jogja, Ya Gudeg Bu Dibyo

    Gudeg merupakan kuliner yang mudah ditemukan di berbagai tempat. Tidak hanya di kota asalnya Yogyakarta, gudeg bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Begitu pun di Bintaro, di berbagai lokasi kita mudah menemukan gerai yang menyajikan gudeg. Karena mudahnya kita menemukan gudeg, terkadang kita harus melakukan coba-coba terlebih dahulu sampai menemukan gerai yang menyajikan gudeg yang […]
  • Nissan Kicks e-Power Ludes Terjual Hanya dalam 5 Hari!

    Nissan Kicks e-Power Ludes Terjual Hanya dalam 5 Hari!

    Mobil yang bisa menghemat pengeluaran dalam jangka panjang tampaknya menjadi incaran pembeli khususnya di tahun ini. Indomobil Nissan baru-baru ini melaporkan bahwa produk dengan inovasi terbaru, Nissan Kicks e-POWER sudah ludes terjual. Tak tanggung-tanggung, konsumen rela ikut masuk dalam waiting list untuk membeli mobil elektrik bergenre compact SUV ini. Bagaimana tidak, Nissan Kicks e-POWER terjual […]
  • 5 Alasan Pintar Beralih ke Smart TV

    5 Alasan Pintar Beralih ke Smart TV

    Istilah “Smart TV” atau “televisi pintar” semakin populer dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan Smart TV memiliki beragam fitur inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati konten hiburan maupun untuk mendukung pekerjaan, termasuk saat ini ketika lebih banyak kegiatan dilakukan dari dalam rumah. Produk smart TV Xiaomi misalnya, mencatat pengiriman global hingga […]
  • Menghindari Cemburu Berlebihan

    Menghindari Cemburu Berlebihan

    Wajarkah bila kita merasa cemburu pada pasangan kita? Jawabannya adalah wajar saja. Cemburu sangat lumrah terjadi dalam hubungan percintaan. Cemburu merupakan emosi alami yang dimiliki setiap orang pada satu titik tertentu. Ada dua tipe cemburu dalam suatu hubungan. Pertama, terjadi saat seseorang menyadari bahwa adanya ancaman yang mengganggu hubungannya dengan pasangan. Kedua, terjadi ketika salah […]
  • Apa yang Harus Dilakukan Pada Saat Gempa

    Apa yang Harus Dilakukan Pada Saat Gempa

    Baru-baru ini terjadi gempa 6,9 SR yang terpusat di Tasikmalaya dan merusak ratusan rumah di Jawa Barat. Dilaporkan 2 orang meninggal dan 7 orang luka-luka. Gempa bumi memang merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia dan juga di beberapa negara lain. Di Indonesia gempa sering terjadi karena negara ini terletak pada pertemuan […]
  • Mengikuti Perkembangan Busana Muslim Terbaru di Muslim Fashion Street

    Mengikuti Perkembangan Busana Muslim Terbaru di Muslim Fashion Street

    Aktivitas wanita pada dewasa ini sangat banyak dan bervariasi, dari mulai yang bersifat mengurus rumah tangga sampai dengan bekerja maupun bersosialisasi. Bagi wanita yang meiliki segudang aktivitas diperlukan busana yang praktis, nyaman namun tetap kelihatan trendi dan berkelas. Bagi wanita yang menjadikan busana muslim sebagai busana sehari-hari, tentunya ingin menampilkan diri sebagai wanita muslimah namun […]
  • Belajar di Rumah, Siswa Bisa Dapat Hadiah, Ukur Kemampuan Belajar dengan Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru Gratis

    Belajar di Rumah, Siswa Bisa Dapat Hadiah, Ukur Kemampuan Belajar dengan Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru Gratis

    Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara, hadirkan Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru secara gratis sebagai sarana yang dapat dimanfaatkan jutaan siswa di seluruh Indonesia untuk meningkatkan performa dan menilai kemampuan belajar selama pembelajaran di rumah berlangsung akibat darurat kesehatan penyakit COVID-19. Peserta tryout juga berkesempatan untuk meraih total hadiah ratusan juta rupiah persembahan Ruangguru […]
  • Demian Aditya Beli Mobil Ambulans Angker?

    Demian Aditya Beli Mobil Ambulans Angker?

    Berawal dari sebuah postingan di akun Instagram Demian Aditya yang sedang berfoto di depan sebuah mobil ambulans yang kabarnya dibeli untuk membuktikan misteri tentang mobil tersebut. Netizen dibuat penasaran, ratusan komentar dan pertanyaan memenuhi postingan foto Demian dengan mobil ambulans angker (haunted ambulance) itu. Apakah ada cerita di balik mobil ambulans angker tersebut? Apakah Demian […]
  • Foto : Bazaar Food Jaman Now

    Foto : Bazaar Food Jaman Now

    Jaman terus berubah. Dulu disebut jaman old school. Sedangkan jaman sekarang disebut populer akhir-akhir ini sebagai jaman now.  Selera pun turut berubah seiring perubahan jaman. Termasuk selera makanan. Untuk menampilkan makanan yang sedang tren saat ini digelarlah event dua hari, 2-3 Desember 2017 dengan nama event FOODS JAMAN NOW. Ini merupakan kegiatan mahasiswa Universitas Multimedia […]
  • Glorious Innovation Jadi Tema DFSK di GIIAS 2019

    Glorious Innovation Jadi Tema DFSK di GIIAS 2019

    DFSK mengumumkan ikut serta selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan membawa sejumlah keseruan yang tidak akan terlupakan kepada seluruh pengunjung. Merek otomotif ternama asal China ini menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi konsumen, kegiatan yang seru di booth, sampai dengan hiburan musik dari panggung di booth […]

Tinggalkan Balasan