Sab. Okt 19th, 2019

Oma Opa Tetap Butuh Bersosialisasi

Pernah lihat oma dan opa di atas panggung menari dan menyanyi? Ini hanya bisa disaksikan di acara Festival Senior Living yang diadakan di Bintaro Entertainment Center (BEC) yang terletak di Bintaro Sektor 7 pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017. Ada yang menari poco-poco, ada pula yang di belakang panggung asyik menari cha-cha. Di belakang panggung pun beberapa oma dan opa sedang bersiap berdandan untuk tampil di atas panggung.

Kehebohan memang sudah terasa dari jam 9 pagi. Di halaman BEC satu demi satu para oma dan opa tiba di lokasi acara. Ada yang datang sendiri, bersama teman atau diantar sanak keluarga. Bahkan ada yang datang naik ojek online lho.

Pimpinan Grhamed Group, Peter M. Simanjuntak, memberikan sambutan sebelum dimulainya acara

Peserta festival yang hadir di BEC sangat beragam usianya. Yang paling sepuh adalah Oma Leni. Umurnya sudah 88 tahun tapi masih semangat bernyanyi dan menari. Ada pula seorang oma yang berumur 80 tahun datang bersama anaknya yang berusia 60 tahun. Keduanya hadir untuk mengikuti acara senior living ini. Info Bintaro pun sempat berkenalan dengan Oma Tuti, warga Taman Kasuari Bintaro yang berusia 77 tahun. Beliau datang bersama seorang temannya. Dari pengamatan Info Bintaro, para oma dan opa sangat menikmati acara ini. Mereka akrab berbincang satu sama lain. Tak jarang diakhiri dengan tawa bersama yang sangat heboh.

Sebagai makhluk sosial tampaknya para oma opa pun tetap butuh bersosialisasi, bertemu dengan rekan sebaya. Dan kesempatan itu bisa didapat ketika menghadiri acara senior living ini. Semua tampak bersemangat, baik para penampil di panggung maupun para penonton.

Di pagi hari pada saat tiba di meja registrasi acara, para oma opa dapat mengecek gula darah dan kolesterol yang disediakan oleh RS IMC Bintaro. Di halaman BEC terdapat stand para sponsor dan juga ambulans yang siap sedia menjaga bila ada peserta yang membutuhkan pertolongan.

Tak hanya meninjau stand para sponsor, di acara ini para senior (lansia) dapat mengajak keluarga dan rekannya untuk berfoto bersama di photo booth yang disediakan panitia. Para sanak keluarga yang mengantar pun turut merasakan antuasiasme para oma dan opa hari itu.

Animo para senior (lansia) memang luar biasa untuk mengikuti acara ini. Ada yang datang sendirian, bersama teman atau keluarga. Festival ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Festival ASLI (Asosiasi Senior Living Indonesia) tahun 2017 yang diselenggarakan di tiga tempat yang berbeda. Pertama kali digelar pada tanggal 8 April 2017 di RUKUN Senior Living – Sentul Bogor, dilanjutkan pada tanggal 22 Juli 2017 di Senior Living @D’Khayangan – Cikarang Bekasi dan terakhir pada tanggal 14  Oktober 2017 di PT Global Ichsan Mandiri – Bintaro.

BACA JUGA  Watsons Tambah Gerai di Bali

Rangkaian Acara

Tema festival ASLI untuk tahun ini adalah “Menjadi Senior Sehat, Mandiri, dan  Produktif”. Khusus di Bintaro, diadakan seminar stroke: stroke, lansia dan solusinya yang disampaikan oleh Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS, Ahli Penyakit Saraf dan Saraf intervensi. Beliau pernah menempuh pendidikan di fellow Interventional Neurology and Stroke therapy at SGRH New Delhi – India.

Acara Festival ASLI di Bintaro yang berlangsung dari jam 9 pagi hingga 2 siang ini diikuti oleh 176 lansia. Tidak hanya acara yang serius, acara yang santai dan rileks pun digelar. Dan mayoritas peserta tetap setia mengikuti acara hingga usai. Istimewanya di acara ini, hadirin dapat menyaksikan penampilan GIM Senior Got Talent lho… GIM adalah singkatan dari Graha Ichsan Mandiri. Sedangkan GIM Senior adalah klub lansia yang ada di Gedung Graha Ichsan di Kebayoran Arcade Bintaro. Klub ini rutin berkumpul setiap hari Selasa.

Baca Juga:
Di Klub Lansia Global Ichsan Mandiri, Para Manula Memperoleh Kebahagiaannya

Anda mungkin tidak menyangka bahwa para opa dan oma dapat semangat menyanyi dan menari di ajang Festival ASLI ini. Mereka dapat dengan lincah menari dan menyanyi dengan diiringi organ tunggal. Lagu-lagu tahun 60-an baik lagu Indonesia maupun lagu Barat fasih dilantunkan para oma dan opa ini. Sementara itu di balik panggung pun tampak asyik seorang oma berdansa cha cha dengan seorang opa. Di sisi panggung yang lain tampak seorang penata rias sedang mendandani seorang oma yang akan tampil di panggung. Rasanya tidak kalah exciting dibanding lomba-lomba got talent yang ditayangkan di tv. Di akhir acara pun tampil seorang opa yang membacakan sebuah puisi dalam bahasa Inggris dengan lantang dan sempurna.

Acara Festival ASLI memang menjadi acara tahunan yang ditunggu-tunggu. Tujuan dari dibentuknya Asosiasi Senior Living Indonesia memang untuk memperhatikan kehidupan kaum lansia (warga senior) di Indonesia. Festival ini pertama kali digelar tahun 2015 di Balai Kartini, Jakarta. Simak video berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=LPZF3dY3HoM.

Populasi Lansia di Indonesia

Pada saat ini, warga senior (lanjut usia/lansia) Indonesia yang berusia di atas 60 tahun telah mencapai 9% dari populasi, sejumlah lebih dari 20 juta orang. Dengan perkembangan jaman, ekonomi, dan tingkat kesehatan, pertumbuhan populasi penduduk lanjut usia akan lebih pesat lagi hingga mencapai 25% dari populasi Indonesia di tahun 2050.

BACA JUGA  Kompetisi Tari Arsawati: “Ragam Sanur Budaya Indonesia." yang Digelar di Universitas Multimedia Nusantara

Pemerintah telah menetapkan tanggal 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Dengan adanya pengakuan ini, diharapkan penduduk lanjut usia mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak agar tercipta keselarasan antara generasi usia produktif dan lanjut usia.

Asosiasi Senior Living Indonesia sangat menaruh perhatian kepada kualitas kehidupan para lansia, termasuk masalah kesehatannya. Seperti kita ketahui bersama, beragam penyakit mengancam kaum lansia ini di antaranya penyakit alzheimer dan demensia.

Baca Juga:
Waspadai Bahaya Penyakit Alzheimer
Mari Mengenal Penyakit Demensia

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai asosiasi ini, silahkan hubungi:
Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI)
Sekretariat:
Jl.Taman Golf Timur 1 No 100
Jababeka Residence Cikarang 17550
Telp. : 021-2851 8040
E-mail: info@asosiasiseniorlivingindonesia.com
Website: www.asosiasiseniorlivingindonesia.com
Facebook: @SeniorLivingIndonesia

 

(EGS)

 

Baca Juga