Nuansa Kuliner Medan di Lontong Medan 1000 Dinar

Medan terkenal sebagai salah satu pusat kuliner enak di Indonesia. Siapa tidak kenal dengan Bika Ambon Medan? Atau seperti Lontong Medan, Mie Gomak atau Arsik Ikan Mas. Sayangnya, walaupun Medan terkenal memiliki berbagai kuliner andalan, dan di Medan sendiri banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan berbagai kuliner, namun di Bintaro tidak banyak tempat makan yang menyajikan kuliner-kuliner asal Medan.

Salah satu gerai kuliner yang mengkhususkan diri menyediakan berbagai kuliner Medan adalah Lontong Medan 1000 Dinar di Pasar Modern Bintaro. Gerai yang dimiliki oleh Irwan Syahputra, seorang keturunan Aceh yang lama bermukim di Medan ini mulai beroperasi dari tahun 2015. Setiap ada pengunjung yang datang ke gerainya, Bang Irwan (panggilan akrabnya) selalu menyambut dengan ramah untuk menanyakan menu yang dipesan oleh pengunjung.

lonton_medan_1000_dinar_info_bintaro_1

Menu andalan gerai Lontong Medan 1000 Dinar ini tentulah Lontong Medan. Di kota Medan, Lontong Medan dapat ditemukan di berbagai tempat yang menjadi menu sarapan. Di gerai ini ada berbagai pilihan Lontong Medan, seperti Lontong Medan Polos, Telur, Ayam, Rendang dan Komplit yang berisi rendang dan telur. Menurut Bang Irwan, yang paling favorit adalah Lontong Medan Telur dan Lontong Medan Ayam. Lontong ini terdiri dari campuran lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur, dan tak lupa kerupuk merah dan serundeng. Bang Irwan menambahkan, semua masakan yang dijualnya tidak menggunakan micin dan bahan pengawet. Jika masakan pada hari itu tidak habis, maka keesokan harinya masakan yang dibuat, merupakan masakan yang baru dimasak pada hari itu.

Ingin mencoba variasi menu lain? Ada menu Soto Medan dan Nasi Gurih. Soto Medan juga merupakan salah satu icon kuliner Kota Medan. Sotonya yang berkuah santan kental berwarna coklat berbeda dengan soto di pulau Jawa yang dilengkapi dengan berbagai isi soto seperti kentang, tomat, kol, dll. Soto Medan hanya berisi daging dan kuah soto yang ditaburi bawang goreng. Walaupun terlihat sederhana, soal rasanya tidak sederhana. Kuah sotonya terasa kaya dengan bumbu, rasanya agak mirip dengan kuah Soto Betawi. Rasa bumbunya terasa meresap pada dagingnya. Pilihannya dagingnya bisa ayam, daging, paru maupun campur (daging & paru).

lonton_medan_1000_dinar_info_bintaro_2

Nasi Gurih di gerai ini sendiri identik dengan Nasi Lemak di Malasia. Di Medan nasi gurih biasanya dihidangkan saat pagi hari sebagai sarapan. Penjual nasi gurih mempunyai ciri khas masing-masing baik dari segi lauknya maupun nasinya sendiri, tetapi yang wajib adalah rendang ayam maupun daging sapi, sambal teri kacang dan sambal telur, sedangkan selebihnya sangat beragam dari tambahan sayur, mentimun perkedel, kerupuk maupun ikan goreng. Menu Nasi Gurih yang tersedia adalah Nasi Gurih Polos, Telur, Ayam, Rendang dan Komplit (rendang dan Telur).

lonton_medan_1000_dinar_info_bintaro

Jika Anda datang ke sini pada hari Sabtu dan Minggu, Anda bisa menikmati Sate Kerang dan Pulut Kuah Durian. Memang menu ini hanya tersedia pada weekend. Pulut Kuah Duriannya terasa lembut saat dikunyah. Rasa pulut (kentan) dengan campuran parutan kelapa, gurih campuran sedikit asin dan manis. Dimakan langsung tanpa kuah pun sudah terasa gurih. Kuahnya manis dengan gula aren. Pulut ketannya buatan sendiri bukan titipan dari pedagang lain. Untuk menjaga kualitas, setiap hari Kamis, Lontong Medan 1000 Dinar mendatangkan kerang dan durian khusus dari Medan.

lonton_medan_1000_dinar_info_bintaro_3

Gerai Lontong Medan 1000 Dinar buka setiap hari dari pukul 07.00-14.30, kecuali hari Senin. Hari Senin merupakan hari libur. Untuk pemesanan silahkan datang ke gerainya, atau hubungi :

Lontong Medan 1000 Dinar
Pasar Modern Bintaro Blok KA-123 & 125
CBD Bintaro Sektor 7
Telp/Wa : 0852 6261 0333

 

(ES)

 

Leave a Comment