Sel. Okt 15th, 2019

Nikmatnya Secangkir Kopi Kintamani Bali Manual Brew dari Cozyfield, Bintaro

Bila Anda mampir ke Gramedia Emerald di Bintaro Sektor 9,  tidak lengkap tanpa berkunjung ke Cozyfield Café. Café yang memiliki ruang indoor dan outdoor menjadi tempat yang ideal untuk business meeting maupun mengerjakan tugas bagi anak sekolah dan mahasiswa.

Bagi Anda pencinta kopi, wajib mencoba dua kopi andalan café ini yakni manual brewing coffee dan latte coffee. Manual brewing di Cozyfield patut dicoba karena merupakan seduhan tangan manusia (bukan seduhan mesin) serta menggunakan biji kopi Kintamani yang istimewa rasanya dan disukai pasar internasional. Sedangkan latte coffee ini cocok bagi mereka yang tidak terlalu suka kopi. Dengan campuran susu yang dominan, menjadikan kopi ini tidak terlalu kuat aromanya.

Manual Brew Kopi Kintamani, Bali

Apa Itu Manual Brewing?

Pada tahun 1908, karena bosan minum kopi yang berampas, seorang inventor wanita asal Jerman bernama Melitta Bentz menciptakan alat pour-over kopi pertama. Terbuat dari tembaga dan menggunakan kertas buku tulis sebagai filternya, alat ini terus berevolusi dan menginspirasi kemunculan alat seduh kopi lainnya.

Kemajuan teknologi membuat orang makin “malas” menyeduh kopi. Drip coffee maker elektrik menggantikan tangan manusia dalam menuang air ke atas bubuk kopi. Cepat dan praktis pun menjadi alasan utama.

Namun, orang kembali bosan dengan kopi buatan mesin yang rasanya selalu monoton. Saat itulah teko dan tangan kembali menggantikan pompa air otomatis. Gerak tangan manusia yang tidak konsisten malah menghadirkan rasa “manusiawi” tidak didapatkan oleh mesin. Istilah manual brew pun muncul untuk membedakan seduhan mesin dengan seduhan tangan manusia.

Kopi Kintamani

Kopi yang berasal dari Bali ini dihasilkan dari tanaman kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Kintamani dengan ketinggian di atas 900 mdpl. Kawasan Kintamani berada di lereng gunung berapi Batur. Dengan jenis tanah Entisel dan Inceptisol (Regusol). Kawasan ini memiliki udara yang dingin dan kering dengan curah hujan yang banyak selama 6-7 bulan musim hujan.

BACA JUGA  Martabak Manis Berasal Dari Indonesia atau Malaysia?

Tanaman-tanaman kopi arabika terbentuk dari varietas-varietas terseleksi. pohon kopi ditanam di bawah pohon penaung dan dikombinasikan dengan tanaman lain dan dikelola serta dibeeri pupuk organic. Kopi ini memiliki citarasa yang khas yakni aroma citrus dengan tingkat keasaman yang rendah, sehingga banyak diminati oleh konsumen Internasional.

Kopi arabika bali kintamani biasanya dapat dikatakan tidak terlalu pahit (bitter) dan tidak sepat (astringent). ini disebabkan karena para petani bali Kintamani memiliki kepedulian yang tinggi tentang tata cara petik pilih (gelondong merah saja) selama panen. pada umumnya, tidak terdapat cacat rasa yang signifikan dari rasa kopi bali kintamani ini. Salah satu alasanya bahwa para petani Kintamani telah mempraktekkan prinsip-prinsip “praktek pengolahan yang baik”(good manufacturing practices, GMP).

Menu Kopi Baru

Nantikan bulan depan bakal ada single origin café yang akan disajikan di seluruh outlet Cozyfield di Jabotabek.

Info lebih lanjut:

Cozyfield Bintaro
Parigi, Pondok Aren, South Tangerang City, Banten 15227
Jam operasional : 10.00-22.00
Telp 0815 1993 2666

 

(EGS)

 

Baca Juga