Kuliner

Nikmatnya Kopi Asli Indonesia Dengan Suasana Kedai Kopi di Laku Kopi

Menjamurnya berbagai cafe yang menyajikan kopi di berbagai wilayah Indonesia termasuk Bintaro menunjukkan kopi telah naik kelas dari yang semula dianggap minuman masyarakat kelas bawah menjadi bagian dari gaya hidup bahkan prestise tersendiri. Itulah sebabnya berbagai cafe berlomba-lomba menyajikan tempat yang eksklusif dengan berbagai fasilitasnya, seperti mesin kopi yang canggih dan wifi.

Padahal kalau kita melihat di berbagai daerah di Indonesia, minum kopi telah lama menjadi bagian dari guyupnya masyarakat setempat. Tempat-tempat minum kopi semacam itu sangat jauh dari kesan eksklusif. Namun justru di situlah terjadi interaksi sesama pengunjung maupun pengelola kedai kopi. Berbagai hal pun menjadi topik bahasan sambil menikmati kopi. Suasana yang cair membuat masing-masing pengunjung tidak berjarak. Seorang pejabat dapat duduk semeja dengan orang-orang yang dianggap kaum marjinal dengan perekatnya segelas kopi.

Atmosfir seperti inilah yang coba dikembalikan oleh Laku Kopi dengan membangun konsep cafe yang menyajikan menu utama kopi-kopi terbaik dari berbagai daerah di Indonesia, namun bersuasana kedai kopi.

laku_kopi_info_bintaro_1

Laku Kopi memiliki 2 gerai. Gerai pertama (Laku Kopi 1) berada di Pasar Segar Graha Raya yang buka sejak tahun 2014. Gerai kedua (Laku Kopi 2) terletak Jl. Graha Bintaro No.19, Parigi Baru yang buka sejak 6 bulan yang lalu. Walaupun berkonsep kedai kopi yang guyup, namun Laku Kopi tidak bermaksud menjadikan gerai-gerainya sebagai tempat berkumpulnya komunitas-komunitas.

Di Laku Kopi interiornya disusun sedemikian rupa. Alih-alih menggunakan meja dan kursi seperti di berbagai cafe, Laku Kopi menggunakan meja-meja kayu yang disusun sejajar, sehingga pengunjung dapat duduk santai layaknya di kedai kopi. Pengunjung sekalipun tidak saling mengenal dapat nimbrung dalam percakapan di meja lain. Bahkan barista dan pelayan bisa duduk menemani pengunjung dan ikut larut dalam obrolan. Pengelola dari Laku Kopi memang meminta kepada karyawan-karyawannya untuk tidak berjarak kepada pengunjung. Pada saat mereka tidak sibuk melayani pengunjung, mereka justru diharuskan untuk menyapa pengunjung dan mengajak berbincang-bincang. Konsep ini sesuai dengan tagline dari Laku Kopi: No wifi, talk to your buddy.

Tidak heran, dengan konsep seperti ini pengunjung-pengunjungnya yang terdiri mahaiswa, pekerja kantoran, ibu-ibu rumah tangga dan pekerja rumahan yang datang bukan untuk duduk sambil mengerjakan sesuatu di laptop seperti umumnya di cafe-cafe, namun lebih ke arah mencari suasana yang santai untuk ngobrol. Konsep yang berbeda ini ternyata mendapat sambutan yang positif dari pelanggan-pelanggannya. Banyak pengunjungnya menjadi pelanggan yang loyal, tidak hanya dari seputaran Bintaro melainkan juga dari berbagai daerah yang cukup jauh seperti Depok, yang khusus mampir untuk menikmati kopi di Laku Kopi.

laku_kopi_info_bintaro

Namun, bukan hanya suasana saja yang menjadi fokus dari pengelola Laku Kopi. Kopi yang menjadi menu utamanya pun menjadi satu bagian yang sangat penting. Laku Kopi menyajikan berbagai kopi asli yang merupakan kopi-kopi terbaik di Indonesia dari berbagai daerah penghasil kopi. Uniknya, Laku Kopi tidak menggunakan mesin-mesin kopi yang canggih yang sering menjadi andalan dari berbagai cafe, namun menggunakan cara manual (manual brew). Freddy, pemilik dan pengelola Laku Kopi menyatakan, pengunjung datang ke Laku Kopi bukan mencari kopi yang diolah dengan mesin kopi yang canggih, namun mereka ingin menikmati kopi dan suasananya.

Walaupun menggunakan manual brewing, rasa kopi yang disajikan Laku Kopi tidak kalah dari berbagai cafe yang eksklusif. Salah satu kuncinya, Laku Kopi menggunakan kopi yang jumlahnya lebih banyak dari umumnya cafe-cafe. Sebagai informasi, Laku Kopi menggunakan perbandingan kopi dan air 1 : 10 alias 20 gram per gelasnya. Dari survey-survey yang pernah dilakukan Freddy, di berbagai cafe perbandingan yang digunakan umumnya 1 : 15, bahkan 1 : 20 dengan jumlah takaran berkisar 12 gram per gelasnya.

BACA JUGA  Grab Hadirkan lebih dari 400 Gerai Santapan Cepat Saji Favorit di GrabFood lewat Kerja Sama Strategis

Dengan kopi terbaik, cara penyiapan yang tidak menggunakan mesin dan kadar kopi yang cukup pekat, Laku Kopi membanderol kopi-kopinya lebih murah dari kebanyakan cafe-cafe kopi. Harga yang dibanderol untuk segelas kopi di Laku Kopi berkisar Rp. 18 ribu per gelasnya.

Untuk mengakomodir selera dari pengunjung Laku Kopi, Freddy memberikan keleluasaan kepada barista-barisnya untuk mengeksplorasi menu-menu kopinya. Pengunjung pun dapat bersama-sama dengan barista meracik kopi sesuai selera pengunjung. Tidak ada rahasia yang perlu ditutupi di Laku Kopi.

laku_kopi_info_bintaro_2

Tidak hanya kopi, Laku Kopi juga menyajikan menu-menu makanan ringan. Sebut saja singkong goreng dan pisang goreng yang menjadi favorit pengunjung Laku Kopi. Singkong gorengnya cukup unik karena disajikan dengan sambal bajak, mengingkatkan kepada kedai-kedai kopi tradisional di berbagai daerah. Menu favorit lainnya seperti rumput laut goreng dan tahu goreng yang sangat dinikmati bersama seruputan kopi.

Nah, jika Anda ingin merasakan suasana yang berbeda, datang saja ke Laku Kopi. Di sini kesederhanaan justru menjadi satu kekuatan.

 

(ES)

 

Baca Juga

  • Ajak Kaum Muda Terapkan Ekonomi Sirkular, SCG Rangkul Pegolf Perempuan No.1 Dunia

    Ajak Kaum Muda Terapkan Ekonomi Sirkular, SCG Rangkul Pegolf Perempuan No.1 Dunia

    Komitmen SCG terhadap pembangunan berkelanjutan, kembali dibuktikan melalui ajakan menerapkan gaya hidup berbasis ekonomi sirkular terhadap kaum muda di Indonesia. Hari ini, SCG merangkul kakak beradik pegolf tingkat dunia asal Thailand, Ariya dan Moriya Jutanugarn, untuk turut ambil bagian dalam ajang tahunan “Golf Inspiration”. Ariya Jutanugarn adalah pegolf perempuan nomor 1 di dunia sekaligus pegolf […]
  • Apa Hubungannya Antara Thai Tea dan  Bohlam Lampu

    Apa Hubungannya Antara Thai Tea dan Bohlam Lampu

    Saat ini banyak dijual dipasarkan aneka thai tea. Tapi cuma di Yoidrink, Anda dapat menemukan thai tea yang dikemas dalam wadah plastik berbentuk bohlam lampu. Lucu kan? Menurut Carmen, pemilik YOIDRINK, mereka menjual authentic thai tea dan greentea tanpa bahan pengawet , tanpa pemanis buatan, awet selama 3 hari dalam keadaan dingin. siap langsung untuk […]
  • CIMB Niaga Hadirkan Noah dan Sheila Majid pada Konser #Kejarmimpi untuk Indonesia di Makassar

    CIMB Niaga Hadirkan Noah dan Sheila Majid pada Konser #Kejarmimpi untuk Indonesia di Makassar

    Mengawali rangkaian Konser #KejarMimpi untuk Indonesia tahun 2019, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan kolaborasi group band “NOAH” dan penyanyi dari negeri jiran Sheila Majid untuk menghibur nasabah di Makassar pada Sabtu, 13 Juli 2019. Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, melalui Konser #KejarMimpi untuk Indonesia, CIMB Niaga ingin menyebarkan inspirasi […]
  • Lenovo Merayakan Tahun Baru Imlek dengan Berbagai Hadiah Menarik

    Lenovo Merayakan Tahun Baru Imlek dengan Berbagai Hadiah Menarik

    Lenovo, salah satu merek PC terdepan di dunia, mengadakan promo khusus Chinese New Year untuk menyambut tahun baru imlek. Melalui promo ini, pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah langsung untuk setiap pembelian produk Lenovo terbaru di semua lini produknya. Untuk pembelian produk Yoga C930 dan Yoga S730 serta Legion C730 Cube, pelanggan akan mendapatkan hadiah langsung berupa […]
  • Mau Mie Bandung yang Betul-Betul Asli? Ke Mie Baso Gembul Saja

    Mau Mie Bandung yang Betul-Betul Asli? Ke Mie Baso Gembul Saja

    Daerah dimana seseorang pernah tinggal seringkali menyebabkan kecintaan akan makanan yang dulu pernah diakrabinya. Hal inilah yang dialami Christin Nababan, Berawal dari kesukaan akan mie Bandung selama kuliah di Bandung, menginspirasinya untuk membuka usaha kuliner yang menyajikan mie Bandung. Kala itu, tahun 2000, walaupun ada gerai-gerai mie Bandung, namun ia merasakan rasanya kurang pas. Hal inilah […]
  • Garuda Indonesia Raih Penghargaan Perusahaan Transportasi & Logistik Terbaik dari Brand Asia Study

    Garuda Indonesia Raih Penghargaan Perusahaan Transportasi & Logistik Terbaik dari Brand Asia Study

    Maskapai nasional Garuda Indonesia dinobatkan sebagai perusahaan transportasi & logistik terbaik oleh Brand Asia Study yang merupakan lembaga riset independen lintas negara di Asia yang pada tahun ini bekerjasama dengan Philip Kotler Center for Asean Marketing di ajang Asean Marketing Summit 2018, di Jakarta (6/9). Pada ajang marketing summit tersebut, Garuda Indonesia  berhasil meraih penghargaan […]
  • Tahukah Anda Bahwa Menu Fish and Chips Berasal dari Inggris?

    Tahukah Anda Bahwa Menu Fish and Chips Berasal dari Inggris?

    Awalnya hidangan Fish and Chips merupakan hidangan sederhana bagi kelas pekerja di Inggris. Sesuai namanya, fish and chips ini adalah kombinasi antara ikan dan kentang goreng. Ikan yang digunakan pun sudah bersih dari tulang dan dibalur oleh adonan tepung, kemudian digoreng. Sejarah dari fish and chips sendiri diperkirakan dimulai di Inggris sekitar tahun 1830. Kekayaan […]
  • Danamon dan Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia Tandatangani Kerja Sama

    Danamon dan Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia Tandatangani Kerja Sama

    PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) baru saja melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MOU) dalam hal implementasi layanan keuangan untuk segenap anggota asosiasi. Kerjasama Bank Danamon dengan ALFI menjadi satu inisiatif penting bagi kedua belah pihak, dimana ALFI akan membukakan peluang akses ke sekitar […]
  • Smartphone Vivo Raih Berbagai Penghargaan Nasional dan Internasional

    Smartphone Vivo Raih Berbagai Penghargaan Nasional dan Internasional

    Vivo, brand smartphone global, yang telah masuk ke pasar Indonesia sejak 5 tahun silam semakin mendapat apresiasi dari konsumen dan publik sebagai produsen ponsel cerdas yang memiliki kapabilitas, kualitas, dan integritas. Pendapat ini didasarkan pada beberapa penghargaan yang diberikan oleh sejumlah media, baik dari mancanegara maupun nasional kepada vivo di penghujung tahun 2018 silam. Sejumlah […]
  • Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Telkomsel

    Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Telkomsel

    Semakin maraknya kasus penipuan melalui telepon seluler dan SMS semakian membuat Telkomsel peduli dan serius menanganinya. Para pelanggan Telkomsel diharapkan waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel. Berbagai macam modus penipuan yang sering muncul seperti meminta informasi kode verifikasi atau One-Time Password (OTP) di aplikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS. GM External […]
  • Firefox Kini Tersedia dengan Fitur Perlindungan yang Lebih Baik

    Firefox Kini Tersedia dengan Fitur Perlindungan yang Lebih Baik

    Tahun lalu, Firefox buatan Mozilla mengumumkan pendekatan baru terhadap antipelacakan internet, dan komitmen bantuan agar berbagai orang tetap aman saat menggunakan Firefox kapan saja. Salah satu dari inisiatif tersebut adalah memblokir kuki (cookies) dari pelacak pihak ketiga yang dikenali di Firefox. Hari ini, Firefox akan menjalankan fitur tersebut, Enhanced Tracking Protection (Perlindungan yang Lebih Baik dari Pelacakan Internet), […]
  • Menikmati Soto Lamongan di Kala Hujan di Taman Jajan Bintaro

    Menikmati Soto Lamongan di Kala Hujan di Taman Jajan Bintaro

    INFOBINTARO (IB) – Orang mengatakan saat hujan paling nikmat kalau makan dan minum yang hangat-hangat, hal itu kami lakukan beberapa waktu yang lalu di Taman Jajan Bintaro, CBD Bintaro Jaya Sektor 7. Saat hujan deras di sore hari, perut cenderung cepat menjadi keroncongan. Sambil menunggu hujan yang belum kelihatan tanda-tanda mereda…hemmm enaknya makan apa ya? […]
  • Gojek dan GoPay Kenalkan Kemudahan Sedekah Digital Lewat QRIS Pada Kotak Infaq NU

    Gojek dan GoPay Kenalkan Kemudahan Sedekah Digital Lewat QRIS Pada Kotak Infaq NU

    Gojek dan GoPay memperkuat komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan inklusi keuangan lewat pemanfaat teknologi. Kali ini, GoPay memperdalam kerja sama dengan ekosistem Nahdlatul Ulama, organisasi muslim terbesar di Indonesia, di bidang donasi non-tunai dengan mengimplementasikan QRIS dari Bank Indonesia di Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (KOIN NU). Dengan ini, lebih dari 90 juta warga […]
  • Hanya di Mas Teng, Cuma Rp. 8 Rb Sudah Makan Kenyang dan Enak

    Hanya di Mas Teng, Cuma Rp. 8 Rb Sudah Makan Kenyang dan Enak

    Saat dompet sudah menipis sementara gaji belum masuk, perut tidak mau berkompromi, mau tidak mau harus dilakukan penghematan. Bagi karyawan yang berkantor di kawasan Bintaro, Anda tidak perlu kuatir, ada alternatif bagi Anda untuk berhemat tapi tetap tidak mengorbankan kenikmatan makan siang Anda. Cukup dengan Rp. 8.000 Anda sudah bisa makan siang dengan enak di […]
  • Unggulkan Trend Ultra O Screen, Vivo V19 Tawarkan Keuntungan Menarik Selama Pre-Order

    Unggulkan Trend Ultra O Screen, Vivo V19 Tawarkan Keuntungan Menarik Selama Pre-Order

    Setelah diperkenalkan resmi pada minggu lalu, pre-order vivo V19 yang mengusung pengalaman layar maksimal melalui desain layar Ultra O Screen masih dibuka hingga 25 maret 2020 mendatang. Tidak hanya hadiah dan keuntungan menarik yang turut ditawarkan, vivo juga bekerja sama dengan beberapa partner bisnis seperti e-commerce (Shopee dan Tokopedia), mitra bisnis (Home Credit, Kredivo dan […]
  • Liburan Akhir Tahun: Memilih Baju Untuk Liburan Musim Dingin

    Liburan Akhir Tahun: Memilih Baju Untuk Liburan Musim Dingin

    Liburan akhir tahun seperti ini paling pas kalau Anda merasakan sensasi musim dingin di negara sub tropis. Kapan lagi pajang foto background salju di Instagram Anda? Tapi liburan saat winter terbilang cukup tricky karena para traveller harus mempersiapkan peralatan ‘perang’ tambahan di koper atau backpack-nya. Nah, baju apa saja yang wajib Anda bawa? Long John Kalau Anda […]
  • SKACI Bintaro Cyber Kids 2016, Ajang Uji Kreativitas Anak

    SKACI Bintaro Cyber Kids 2016, Ajang Uji Kreativitas Anak

    Setiap anak memiliki bakat yang akan berkembang jika diberikan lingkungan dan sarana yang mendukung. Sayangnya tidak semua lingkungan dapat membantu anak untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang menyenangkan, walau pun sarana yang tersedia memadai. Banyak anak yang harus tumbuh dan berkembang tanpa memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat yang dimilikinya. Dengan kecenderungan setiap anak untuk bermain, […]
  • IM3 Ooredoo Hadirkan Unlimited Experience di We The Fest 2019

    IM3 Ooredoo Hadirkan Unlimited Experience di We The Fest 2019

    IM3 Ooredoo menghadirkan Unlimited Experience di acara We The Fest, gelaran musik terbesar di Jakarta yang berlangsung di JIExpo Kemayoran mulai dari 19-21 Juli 2019. Sebagai Official Telco Partnert We The Fest, partisipasi IM3 Ooredoo dalam ajang ini merupakan bagian dari komitmen dan fokus perusahaan untuk menciptakan ekosistem digital di Indonesia khususnya di segmen anak […]
  • Telkomsel dan Iflix Meluncurkan Opsi Pembayaran Menggunakan Pulsa

    Telkomsel dan Iflix Meluncurkan Opsi Pembayaran Menggunakan Pulsa

    Iflix bermitra dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), hari ini meluncurkan opsi pembayaran menggunakan pulsa terintegrasi, menjadikan iflixVIP tersedia bagi para pengguna Telkomsel di seluruh Indonesia sebagai langkah pertama dari kemitraan strategis kedua perusahaan tersebut. Kini para pengguna Telkomsel bisa mendapatkan akses iflixVIP seharga Rp1.300/hari melalui opsi pembayaran menggunakan pulsa. Langganan iflixVIP bulanan akan dibanderol dengan […]
  • Royal Enfield Mendukung Budaya Kustom di Kustomfest 2018

    Royal Enfield Mendukung Budaya Kustom di Kustomfest 2018

    Perusahaan sepeda motor tertua di dunia yang masih beroperasi, Royal Enfield memproduksi sepeda motor dengan desain yang sederhana dan mesin yang tangguh untuk memberikan pengalaman berkendara yang sesungguhnya. Karena sifatnya yang sederhana, sepeda motor Royal Enfield mudah untuk dikustom dan dapat mewujudkan ekspresi diri. Royal Enfield terus mendukung para builders dan pemilik sepeda motor untuk […]

Tinggalkan Balasan