Nikmatnya Gudeg Asli Yogya di Gudeg Ceker – Koyor Monggo Pinarak

Gudeg merupakan kuliner tradisional khas Yogyakarta yang terbuat atau berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan campuran santan, dan biasanya disajikan bersama dengan nasi, dengan tambahan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur ayam, tahu bacem beserta sambal goreng krecek. Walau pun gudeg seperti masakan di Jawa pada umumnya yang terasa nuansa manisnya, nyatanya gudeg disukai banyak orang. Apalagi pada waktu belakangan ini banyak gudeg dibuat dengan variasi lauk misalnya daging, membuat gudeg lebih bisa diterima lidah banyak orang.

Berbicara mengenai gudeg, tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan alternatif makan gudeg yang enak. Bagi Anda yang bermukim di wilayah Bintaro dan sekitarnya, jika Anda penggemar gudeg atau Anda ingin mencicipi kelezatan gudeg seperti gudeg yang berada di kota asalnya, Anda cukup mampir ke Taman Jajan Bintaro. Disini Anda bisa menemukan tempat makan gudeg yang enak dengan berbagai pilihan lauk yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Warung Gudeg Ceker – Koyor Monggo Pinarak, menempati sisi bagian utara dari Taman Jajan Bintaro. Ada beberapa kuliner yang pernah dibahas oleh Info Bintaro sebelumnya yang lokasinya berada pada deretan yang sama dengan Warung Gudeg Ceker Monggo Pinarak ini (Bakmi Jawa Pa’ Pom, Tempat Menikmati Kuliner Khas Jawa dan Saya Belum Pernah Makan Masakan Solo, Tapi Saya Langsung Suka Begitu Makan di Warung Timlo Solo). Warung gudeg yang bernuansa sederhana ini buka dari pukul 16.00-24.00. Tapi jangan salah, rasa gudeg yang disajikan tidak sesederhana penampilan gerainya.

gudeg_ceker_monggo_pinarak_1

Menu andalan dari warung gudeg ini adalah gudeg ceker, sesuai dengan namanya warungnya. Rasa nikmat nangka gudeg berpadu dengan nikmatnya kulit ceker yang lunak dengan rasa bumbu yang meresap, ditambah dengan pedasnya cabe rawit merah yang dicampurkan pada gudeg menimbulkan rasa gudeg yang pas. Kalau sudah begini, segelas teh manis hangat merupakan kombinasi yang pas sekali.

Disamping gudeg ceker, menu lain yang menjadi andalan warung gudeg ini adalah gudeg koyor. Koyor? Ya koyor atau urat adalah bagian urat sapi  yang berada di sekitar persendian tulang sapi. Koyor yang lembut dimasak dengan dengan santan dimana masih ada sedikit daging yang menempel terasa nikmat saat dikunyah bersama nasi dan sesuap nangka gudeg yang bercampur dengan krecek dan telur pindang. Jika Anda suka mengunyah tulang rawan dari sapi, koyor ini biasanya menempel pada bagian tulang rawan sapi, sangat nikmat memakannya sambil menghisap-hisap tulang rawannya.

gudeg_ceker_monggo_pinarak

Porsi gudeg dari Warung Gudeg Ceker Monggo Pinarak yang cukup banyak dijamin akan membuat Anda kenyang. Namun jika Anda masih merasa kurang kenyang, jangan kuatir Anda bisa memesan satu porsi lagi. Harga seporsi gudeg yang tidak mahal, rata-rata di bawah Rp. 20.000 dengan yang termahal cuma Rp. 25.000 membuat Anda tidak kuatir merogoh kocek dalam-dalam.

Untuk delivery order, Anda bisa menghubungi 0812 1909 0806.

 

(ES)

 

Leave a Comment