Ming. Nov 17th, 2019

Natifest 2016, Ajang Kreativitas Seni dan Teknologi SMK Bina Informatika Bintaro

Untuk merayakan 10 tahun berdirinya SMK Bina Informatika, sebuah sekolah kejuruan berbasis Information Technology (IT), mengadakan rangkaian acara yang dinamakan Natifest 2016. Natifest yang merupakan singkatan dari Bina Informatika Festival mengambil tema Between Art and Technology, ditujukan bukan hanya bagi siswa SMK Bina Informatika, melainkan juga bagi masyarakat umum.

natifest_2016_info_bintaro_1
Pengguntingan Pita Tanda Dimulainya Natifest 2016 Oleh Kepala Sekolah SMK Bina Informatika, Drs. Suherman AG, MM

Natifest 2016 bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat dalam seni dan teknologi, wahana pengenalan program sebagai bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) dari sekolah kepada masyarakat, mengembangkan kecerdasan multiple intelligence maupun sebagai sarana untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Yang menarik, walaupun SMK Bina Informatika merupakan sekolah vokasi yang berbasis teknologi tetapi dalam event Natifest ini seni menjadi fokus utama disamping teknologi. Menurut Wakil Kepala Sekolah SMK Bina Informatika, Meta Mustikasari, M.Pd, bidang IT walaupun notabene sarat teknologi namun juga berkaitan dengan seni, sebagai contoh dalam membangun suatu website, siswa perlu memiliki rasa seni, sehingga website yang dibangunnya bisa terlihat indah. Contoh lain seperti fotografi yang juga membutuhkan rasa seni dalam menggunakan kamera yang sarat dengan teknologi.

natifest_2016_info_bintaro_2
Workshop Pembuatan Website

Rangkaian acara Natifest 2016 terdiri atas Workshop (15/10), Fun Run (16/10), Lomba Kompetisi (28/10) serta Pentas Seni dan Penutupan (29/10).

Kegiatan workshop yang dinamai Natifest Workshop 2016 terbuka bagi masyarakat umum tanpa dikenai biaya, terdiri atas Merakit PC, Fotografi, Pembuatan Short Movie dan Pembuatan Website.

Natifest Fun Run 2016 merupakan kegiatan lari santai (fun run) yang bersamaan waktunya dengan kegiatan Car Free Day Bintaro.

Lomba Kompetisi yang dinamakan Natifest Competition 2016 terdiri dari bermacam-macam lomba seperti Lomba Mewarnai (SD), Cerdas Cermat (SD), Fotografi (SMP & SMA), Drawing (SMP), Short Movie (SMP & SMA), Merakit PC (SMP), Membuat Website (SMP & SMA), Lomba Band (SMP & SMA) serta Lomba Game Deta (SMP & SMA).

BACA JUGA  Spirit of Kartini, Ajang Lomba Memeriahkan Hari Kartini Bintaro Entertainment Center

Menurut Shiddiq, ketua panitia Natifest Workshop 2016, peserta kegiatan workshop tidak dipungut biaya karena merupakan bagian dari peran serta SMK Bina Informatika dalam mencerdaskan bangsa. Walaupun gratis, setiap peserta memperoleh fasilitas praktek yang memadai dan memperoleh sertifikat keikutsertaan saat berakhirnya kegiatan workshop. Sebelum masuk pada sesi praktek, peserta diberikan teori dasar praktis oleh staf pengajar SMK Bina Informatika sebelum diberikan kesempatan untuk melakukan praktek dengan didampingi oleh pengajar sehingga setiap peserta dapat memahami hal-hal dasar dari materi workshop yang diikutinya. Dengan mengikuti workshop ini diharapkan setiap peserta dapat mengembangkan keterampilannya.

natifest_2016_info_bintaro
Workshop Fotografi

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan